Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Tips Membangun Bonding yang Berkualitas Bersama si Kecil

Tips Membangun Bonding yang Berkualitas Bersama si Kecil

Di tengah kesibukan pekerjaan dan mengurus rumah tangga, orang tua perlu memahami betul bahwa anak memerlukan bonding yang baik dengan orang tua. Bonding adalah ikatan emosional yang kuat dan meliputi rasa cinta, kasih sayang, kebahagiaan, dan rasa aman. Dengan adanya bonding, anak akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Bonding ini dapat dibangun dengan mengupayakan quality time yang baik dan cukup antara orang tua dan anak. Dengan quality time ini, orang tua perlu memberikan perhatian dan fokus penuh kepada sang anak tanpa ada distraksi dari luar. Dengan begitu, rasa kasih sayang orang tua kepada anak akan tersampaikan dengan baik.

Gramedia Digital bersama Ibu Pembelajar Indonesia mengadakan Kids & Parents Festival pada tanggal 22 - 24 Juli 2022 guna mendukung Mama dan Papa untuk membangun bonding yang baik dengan si kecil. Acara ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan ditayangkan pada channel Youtube Tribunnews.

Di salah satu mata acaranya, ada webinar berjudul "Nak, Quality Time sama Mama Papa, Yuk!" yang mengajak para orang tua untuk lebih memahami betapa penting quality time serta tips dan trik dalam melakukannya. Mba Danesya Juzar, founder dari @productivemamas dan @tumbuhterampil, membagikan kisah dan pengalamannya dalam membagi waktu dengan sang anak.

Selain Mba Danesya Juzar, ada pula Mba Mutiara Hikma yang merupakan founder sekaligus CEO dari Educourse dan founder dari komunitas Ibu Pembelajar Indonesia. Tak hanya itu, ada juga Mba Anggia Aranangsari dari Gramedia Digital yang ikut membagikan pengalamannya kepada Mama dan Papa.

Tips dan Trik Memberikan Quality Time yang Berkesan untuk Anak

Mba Danesya Juzar membagikan pengalamannya dalam memberikan quality time yang menarik dan berkesan bagi anak-anaknya, yang berusia 9 tahun, 5 tahun, dan 2 tahun. Menurutnya, orang tua dapat menyesuaikan aktivitas quality time anak dengan hal-hal yang mereka sukai.

Ia sendiri fokus menerapkan project-based activity yang terdiri dari riset, eksekusi, dan refleksi. Mba Danesya menambahkan bahwa ia percaya cara belajar yang dilakukan oleh anak harus terintegrasi ke kehidupan nyata. Hal itu dilakukan agar anak siap dilepas saat orang tua tidak ada.

Webinar
Berlangsungnya Acara Webinar Parenting Kids & Parents Festival "Nak, Quality Time sama Mama Papa, Yuk!"

Ada berbagai cara untuk memberikan quality time yang bisa membuat anak produktif. Salah satunya adalah dengan mengaitkan pelajaran dengan keseharian mereka. Seperti ketika anak belajar matematika bagian pecahan angka, Mama dan Papa bisa mengaitkannya dengan berbagai sumber, contohnya dengan memasak pizza atau kue.

Bagi Mba Danesya, pengalaman belajar anak akan selalu berkesan karena ada tujuannya. Maka dari itu, Mama dan Papa perlu memahami dan menyesuaikan kesukaan anak-anak mereka, misalnya olahraga atau jalan-jalan. Dengan cara yang sederhana, anak bisa mengisi quality time mereka dengan cara yang produktif.

Lakukan Quality Time dengan Teknologi

Nah, selanjutnya ada pula sharing dari Mba Mutiara Hikma yang membagikan pengalamannya dalam membangun bonding dengan sang anak. Ia mengaku mendapatkan banyak sekali pelajaran tentang pendidikan orang tua saat tinggal di Korea Selatan, mulai dari cara memijat anak dan cara menjadi guru olahraga yang baik untuk anak.

Orang tua perlu memahami bahwa waktu yang diberikan untuk anak adalah bukan seberapa banyak waktunya, tetapi yang penting adalah kualitasnya. Jadi, sesederhana apapun quality time yang dilakukan orang tua, maka akan memberikan dampak yang sangat besar kepada anak.

Webinar
Berlangsungnya Acara Webinar Parenting Kids & Parents Festival "Nak, Quality Time sama Mama Papa, Yuk!"

Mba Mutiara juga menjelaskan bahwa anak di usia enam tahun adalah masa-masa mereka bermain. Mereka butuh lima jam main per hari, di mana dua setengah jam untuk bermain aktif dan sisanya adalah jam bermain pasif. Bermain pasif ini bisa dilakukan dengan bercerita, bermain games, dan belajar dari games.

Maka dari itu, menurut Mba Mutiara, orang tua dipersilahkan untuk mengenalkan gadget kepada anak, akan tetapi perlu ada kontrol dan pengawasan yang tepat. Jika digunakan dengan tepat, gadget bisa dijadikan salah satu metode untuk anak bermain.

Manfaatkan Gramedia Digital dan BOOKR Class untuk Bantu Menikmati Quality Time

Menanggapi sesi sharing dari Mba Danesya dan Mba Mutiara yang membahas tentang quality time dengan teknologi, Mba Anggia juga ikut membagikan pengalamannya dalam membangun bonding dengan anak. Ia merekomendasikan penggunaan e-book dalam mengisi quality time antara orang tua dan anak.

Mama dan Papa bisa menggunakan Gramedia Digital untuk membaca e-book tentang self-improvement, resep masakan, hingga parenting. Tak hanya buku untuk orang tua saja, Gramedia Digital juga menyediakan e-book untuk anak, mulai dari cerita dongeng hingga buku belajar.

Mba Anggia juga sangat merekomendasikan aplikasi BOOKR Class yang menyediakan ratusan e-book yang dapat menjadi media pembelajaran untuk anak. Dengan animasi dan audio yang menarik, BOOKR Class memberikan pengalaman berkesan bagi anak untuk mengenal ratusan buku dan cerita yang kemudian dilanjutkan dengan kuis dan games.

BOOKR Class menyediakan cerita-cerita internasional juga, lho. So, anak dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka juga. Bahkan, pembelajaran untuk anak juga disesuaikan sesuai kelas atau levelnya yang didasarkan dari umur dan kemampuan vocabulary beserta grammar.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai BOOKR Class, kamu bisa menemukannya pada artikel berikut ini >>> Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

Download BOOKR Class

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Kamu bisa menanyakan lebih lanjut mengenai BOOKR Class dan cara berlangganannya lewat chat WhatsApp Customer Service Gramedia Digital dengan klik di sini atau melalui email ke partner@gramedia.id.

Yuk, mulai berikan quality time terbaik Mama dan Papa kepada Si Kecil. ❤️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Nurseryworld.co

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter