Semangat Tante Sasa, Kisahkan Anak Kecil Pembawa Kebahagiaan

Semangat Tante Sasa, Kisahkan Anak Kecil Pembawa Kebahagiaan

. 3 min read

Novel bertema ringan, sederhana, dan menceritakan keseharian yang bisa dibaca dalam sekali duduk saja, tentu memiliki poin plus tersendiri. Buku ini pun akan sangat asyik dibaca untuk mengisi waktu luang.

Salah satu buku terbaru yang dapat menarik perhatian kamu dengan tema ringan dan bisa diselesaikan cepat adalah novel Semangat, Tante Sasa!. Buku yang ditulis oleh Thessalivia ini mengisahkan anak kecil yang dititipkan ke tantenya selama 40 hari. Tak disangka, ternyata anak ini dapat membawa kebahagiaan dan perubahan dalam diri tante Sasa yang begitu 'nyentrik'.

Tante Sasa adalah seorang wanita karir yang tiba-tiba menjadi pengasuh ponakannya bernama Velisa, saat neneknya sedang pergi haji dan orangtua Velisa yang telah meninggal dunia karena kecelakaan dua tahun sebelumnya.

Tokoh Velisa yang lucu namun agak menyebalkan, membawa warna tersendiri untuk novel metropop ini. Ada pula fakta menarik dari novel ini, ternyata judul awalnya bukanlah "Semangat, Tante Sasa!" melainkan "40 Hari Menjadi Ibu".

Novel metropop ini juga sempat diikutsertakan dalam kompetisi Gramedia Writing Project 2021 walaupun naskahnya belum selesai. Selanjutnya diikutsertakan pula dalam acara GWP Creative Writing Bootcamp Expert Class yang akhirnya berhasil membuat novel ini selesai hingga diterbitkan langsung oleh Gramedia Pustaka Utama.

Sekilas tentang ceritanya terdapat tiga pokok masalah inti yang dibahas dalam novel ini, yaitu persoalan Sasita merawat Velisa, hubungan buruk mama dan Sasita, serta toxic relationship antara Sasita dengan Seno yang sudah berkeluarga.

Yap, Sasita atau Sasa merupakan perempuan independent yang mapan dan mandiri. Tapi, ia mempunyai kebiasaan hura-hura sampai pulang malam setelah bekerja bersama teman-temannya. Bahkan, ia bisa sampai mabuk, dan Seno ada laki-laki beristri yang sedang ia dekati.

Sasa juga ternyata memiliki masa lalu yang cukup sulit dan berbelit, apalagi dengan ia yang berasal dari keluarga yang tidak lengkap. Hubungan kurang harmonis dengan mamanya yang membuat ia memiliki inner child berhasil membentuk karakternya menjadi seperti itu, hingga dewasa.

Walaupun awalnya sangat rumit dan terkesan terlalu mendadak dalam hidupnya, adanya Velisa anak almarhum kakak kesayangannya bernama Kak Vania yang berusia enam tahun, ternyata mampu membuatnya belajar banyak hal. Sasa akhirnya mencoba membangun hubungan baik dengan Velisa, serta memberikan perlindungan dan dukungan kepada keponakannya yang sudah tidak memiliki orang tua.

Sasa merupakan tokoh yang bertumbuh menjadi lebih baik dan sejalan dengan cerita yang amat menarik. Ia akhirnya bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih dewasa setelah ia tinggal bersama Velisa.

Orang bilang, anak-anak harus banyak belajar dari orang dewasa. Kenyataannya, justru orang dewasalah yang belajar banyak dari anak-anak di sekeliling mereka, terutama tentang kasih sayang dan keikhlasan.

Konflik masa lalu yang mencekam dapat diselesaikan dengan natural, hal ini tentunya sangat baik dan juga dapat dijadikan pelajaran hidup bagi pembacanya. Novel ini juga berisi banyak ilmu parenting, salah satunya berhasil membuat Sasa mengalihkan perhatian keponakannya dari gadget yang tentunya harus orang tua pahami juga, bagaimana cara yang baik untuk melakukannya.

Membelikan sesuatu untuk orang yang kita sayangi memang rasanya berbeda dibanding membeli untuk diri sendiri.

Sasita harus memiliki keterampilan baru dan juga mengatur prioritas keuangan agar bisa disisihkan untuk penghuni baru di apartemennya ini, yaitu keponakan kesayangannya. Pekerjaan, mengasuh ponakan, dan cinta lama yang menolak sembunyi semuanya menghantam Sasa secara bersamaan hingga membuatnya kelabakan dan kebingungan. Belum lagi masalah dengan ibunya yang belum terselesaikan. Semuanya terjadi seketika, bagai bom waktu yang siap meledak begitu saja.

Walaupun lebh banyak yang harus diurus, rasanya hati lebih hangat aja, gitu.

Semangat, Tante Sasa! dengan tema yang sederhana dan konflik yang sedemikian kompleks ini sangat wajib kamu baca, karena dalam setiap babnya memiliki pesan moral yang disampaikan oleh penulis. Tokoh-tokohnya mampu membuat pembaca masuk ke dunia Sasa tanpa tersisa hingga akhir halaman yang dipenuhi kisah amat manis.

buku Baca Bukunya dan Ikuti Kisahnya Disini!

Tunggu apalagi? Yuk, langsung aja klik gambar di atas, checkout, dan baca kisah menariknya!

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book di sini >>> Semangat, Tante Sasa! 🌻👩‍👧

Jangan khawatir, Admin masih memberikan diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com! Cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/bukucreavida