Saatnya Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran. Ini Tipsnya!

Saatnya Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran. Ini Tipsnya!

. 4 min read

Habis Lebaran terbitlah badan menjadi ‘lebaran’. Setelah menyantap semua makanan bersantan dan kue-kue manis, ada baiknya kita hempaskan agar tubuh kembali ideal dan bugar kembali. Dikutip dari berbagai sumber, coba ikuti tips berikut untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran.

Puasa Kembali

Sebulan penuh berpuasa membuat tubuh kita beradaptasi, sehingga nafsu makan tak berlebihan sepanjang hari. Jadi, coba kembali kendalikan diri dengan berpuasa. Diet puasa merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan lho.

tips
Sumber foto: iStockphotos

Kamu bisa melakukan sunnah puasa Syawal, sekaligus mendapatkan pahala. Kamu juga bisa melakukan intermittent fasting, di mana jam makan akan lebih diatur dan tetap diperbolehkan minum air putih selama berpuasa.

Coba baca buku "Diet Puasa: Sebuah Panduan Intermittent Fasting" yang menjelaskan secara lengkap bagaimana melakukan diet puasa dengan tepat, dilengkapi juga resep masakan untuk diet puasa selama 7 hari.

DietBeli dan Coba Diet Puasa Sekarang!

Rencanakan Makan Sehat dan Atur Porsinya

Saatnya kembali perbanyak asupan buah dan sayur. Selain baik untuk pencernaan, kedua makanan ini membuatmu kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa terkontrol. Jangan lupa konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, agar tubuh mendapatkan serat, vitamin, dan mineral dengan cukup. Perhatikan kembali metode memasaknya, pastikan tidak yang tinggi kalori, cepat saji, dan hindari makanan yang digoreng.

tips
Sumber foto: Unsplash

Mengatur porsi makanan juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari CNN Indonesia (2021), Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring terdapat 1/3 makanan pokok atau setara 150 gram nasi, 1/3 bagian untuk sayur, dan 1/3 lainnya gabungan dari protein dan buah.

“Aduhh, tapi aku tuh susah banget kalo ngilangin makanan favorit aku!”

Baiklah, tenang, mari kita coba Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan dari buku "DEBM" ini yang memberikan puluhan resep makanan enak, tapi badan bisa jadi lebih langsing. Ada steak daging, ikan bakar, makanan dengan keju dan susu, semua yang enak-enak masih bisa kita konsumsi di masa dietmu ini tanpa merasa kelaparan!

DietBeli dan Coba Diet Enak Sekarang!


Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh


Kurangi Cemilan Manis dan Berlemak

Lebaran kemarin pastinya tangan selalu membuka toples kue dan keripik kan? Cemilan-cemilan ini yang bikin berat badan bertambah. Makanan manis dan berlemak juga sumber berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, serta penyakit jantung lho. Hii seram!

tips
Sumber foto: Unsplash

Kalau memang mau ngemil, coba konsumsi kacang-kacangan karena bisa menekan rasa lapar lebih lama dan tinggi protein. Tentukan juga jam makan dan camilanmu. Ikuti secara konsisten agar metabolisme tubuh beradaptasi dan rasa lapar berlebih pun dapat teratasi dengan baik.

Boleh banget ngemil, tapi coba ikuti resepnya dari #DietKenyang ala Dewi Hughes yang dijelaskan secara lengkap dalam buku "Ngemil Yuk!". Ia meracik langsung cemilannya dan tetap bisa menikmati hobi ngemil tanpa takut dietnya gagal.

ngemilBeli dan Buat Camilan Sehat Enak Sekarang!

Istirahat dan Minum yang Cukup

tips
Sumber foto: Shutterstock

Lebaran dengan keluarga membuat kita lupa waktu saat bersenang-senang bersama. Kurangi begadangnya, saatnya tidur dengan cukup, karena saat tidur tubuh kita memperbaiki sel-sel yang rusak dan dapat menurunkan berat badan. Pastikan juga konsumsi minimal 2 liter air sehari, karena cairan sangat penting untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Berolahraga

Mau lemaknya cepat luruh ya imbangi dengan olahraga. Dengan kamu bergerak, akan membantu membakar kalori lebih cepat. Pilih olahraga yang disuka, agar waktu olahraga kamu semakin menyenangkan.

tips
Sumber foto: alodokter.com

Bisa juga dengan jalan kaki ringan setiap harinya, yang membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar dan merontokkan lemak. Berolahraga setidaknya 30 menit sehari ya.


Baca juga: Diet Sukses Ala Artis, Bisa Turun Hingga 20 kg Lebih!


Nah, semua lemak di tubuh runtuh kalau kamu bisa konsisten mengikuti tips-tips tadi. Dan masih ada cara diet lainnya yang bisa kamu coba melalui buku-buku ini. Psst, bisa jadi pilihan untuk mempelajari diet sehat yang cocok untuk kamu.

Sehat Dan Bugar dengan Diet GM: General Motors

dietBeli dan Coba Diet GM Sekarang!

Perusahaan General Motors menerapkan diet pada karyawannya yang dapat menurunkan berat badan 5-8 kg dalam waktu seminggu, dan berhasil menaikkan derajat kesehatan serta kebugaran manajemen, sekaligus menaikkan daya saing produk perusahaan tersebut. Buku ini menjelaskan bagaimana melakukan Diet GM yang tepat, dilengkapi dengan resep-resep dan tip.

Diet Ketogenik: Panduan & Resep Sehat

dietBeli dan Coba Diet Keto Sekarang!

Masih populer hingga saat ini, diet Ketogenik atau diet Keto dipercaya dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan sudah banyak testimoninya di media online. Supaya diet Keto kamu berhasil dan tanpa kesalahan, buku ini memberikan panduan memulai diet dengan benar, plus 90 resep sehat dari aneka snack, lauk, minuman, dan dessert yang enak!

Berani Langsing Mulai Sekarang!: Mendapatkan Tubuh Ideal

beraniBeli dan Pelajari Sekarang!

Biar kamu tahu macam-macam diet yang mungkin bisa kamu coba, di buku ini dibahas lebih lanjut dari TLC Diet, Mediterranean Diet, Weight Watcher, Flexitarian Diet, sampai Dash Diet. Yuk, pahami cara kerja diet ini agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai kemampuan tubuh.

*Tips terakhir: lakukan diet cara apapun secara disiplin dan konsisten agar menghasilkan penurunan berat badan yang maksimal!


Sumber foto header: Unsplash