Saatnya Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran, Ini Tipsnya!

Saatnya Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran, Ini Tipsnya!

Habis Lebaran terbitlah badan menjadi ‘lebar-an’. Setelah menyantap semua makanan bersantan dan kue-kue manis, ada baiknya kita hempaskan agar tubuh kembali ideal dan bugar.

Nah, berikut ada beberapa tips beserta rekomendasi buku yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan setelah lebar-an. Yuk, simak bersama!

5 Tips Menurunkan Berat Badan

1. Puasa Kembali

Sebulan penuh berpuasa membuat tubuh kita beradaptasi, sehingga nafsu makan tak berlebihan sepanjang hari. Jadi, coba kembali kendalikan diri dengan berpuasa. Diet puasa merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan lho.

Kamu bisa melakukan sunnah puasa Syawal, sekaligus mendapatkan pahala. Kamu juga bisa melakukan intermittent fasting, di mana jam makan akan lebih diatur dan tetap diperbolehkan minum air putih selama berpuasa.

Coba baca buku Diet Puasa: Sebuah Panduan Intermittent Fasting yang menjelaskan secara lengkap bagaimana melakukan diet puasa dengan tepat, dilengkapi juga resep masakan untuk diet puasa selama 7 hari.

DietBeli dan Coba Diet Puasa Sekarang!

2. Rencanakan Makan Sehat dan Atur Porsinya

Ini saatnya kembali perbanyak asupan buah dan sayur. Selain baik untuk pencernaan, kedua makanan ini membuatmu kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa terkontrol.

Jangan lupa konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, agar tubuh mendapatkan serat, vitamin, dan mineral dengan cukup. Perhatikan kembali metode memasaknya, pastikan tidak yang tinggi kalori, cepat saji, dan hindari makanan yang digoreng.

Mengatur porsi makanan juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring terdapat 1/3 makanan pokok atau setara 150 gram nasi, 1/3 bagian untuk sayur, dan 1/3 lainnya gabungan dari protein dan buah.

Aduhh, tapi aku tuh susah banget kalo ngilangin makanan favorit aku!

Baiklah, tenang, mari kita coba Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan dari buku "DEBM" ini yang memberikan puluhan resep makanan enak, tapi badan bisa jadi lebih langsing. Ada steak daging, ikan bakar, makanan dengan keju dan susu, semua yang enak-enak masih bisa kita konsumsi di masa dietmu tanpa merasa kelaparan!

DietBeli dan Coba Diet Enak Sekarang!


Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh


3. Kurangi Camilan Manis dan Berlemak

Lebaran kemarin pastinya tangan selalu membuka toples kue dan keripik bukan? Camilan-camilan ini yang bikin berat badan bertambah. Makanan manis dan berlemak juga sumber berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, serta penyakit jantung, lho. Hii, seram!

Kalau memang mau ngemil, coba konsumsi kacang-kacangan karena bisa menekan rasa lapar lebih lama dan tinggi protein. Tentukan juga jam makan dan camilanmu. Ikuti secara konsisten agar metabolisme tubuh beradaptasi dan rasa lapar berlebih pun dapat teratasi dengan baik.

Kamu boleh banget ngemil, tapi coba ikuti resepnya dari #DietKenyang ala Dewi Hughes yang dijelaskan secara lengkap dalam buku "Ngemil Yuk!". Ia meracik langsung camilannya dan tetap bisa menikmati hobi ngemil tanpa takut dietnya gagal.

ngemilBeli dan Buat Camilan Sehat Enak Sekarang!

4. Istirahat dan Minum yang Cukup

Lebaran dengan keluarga membuat kita lupa waktu saat bersenang-senang bersama. Kurangi begadangnya, saatnya tidur dengan cukup, karena saat tidur tubuh kita memperbaiki sel-sel yang rusak dan dapat menurunkan berat badan. Pastikan juga konsumsi minimal 2 liter air sehari, karena cairan sangat penting untuk melancarkan metabolisme tubuh.

5. Berolahraga

Mau lemaknya cepat luruh? Imbangilah dengan olahraga. Dengan kamu bergerak, hal ini akan membantu kamu membakar kalori lebih cepat. Pilih olahraga yang kamu sukai, agar waktu olahraga terasa semakin menyenangkan.

Bisa juga dengan jalan kaki ringan setiap harinya, yang membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar dan merontokkan lemak. Setidaknya kamu perlu berolahraga selama 30 menit sehari ya.


Baca juga: Diet Sukses Ala Artis, Bisa Turun Hingga 20 kg Lebih!


Nah, semua lemak di tubuh runtuh kalau kamu bisa konsisten mengikuti tips-tips tadi. Tapi, kamu masih bisa temukan cara diet lainnya melalui buku-buku ini. Bisa jadi pilihan untuk mempelajari diet sehat yang cocok untuk kamu, lho!

Rekomendasi Buku untuk Turunkan Berat Badan

1. Sehat dan Bugar dengan Diet GM: General Motors

dietBeli dan Coba Diet GM Sekarang!

Perusahaan General Motors menerapkan diet pada karyawannya yang dapat menurunkan berat badan 5-8 kg dalam waktu seminggu. Penerapan ini juga telah berhasil menaikkan derajat kesehatan serta kebugaran manajemen, sekaligus menaikkan daya saing produk perusahaan tersebut. Buku ini menjelaskan bagaimana melakukan Diet GM yang tepat, dilengkapi dengan resep-resep dan tip.

2. Diet Ketogenik: Panduan & Resep Sehat

dietBeli dan Coba Diet Keto Sekarang!

Masih populer hingga saat ini, diet Ketogenik atau diet Keto dipercaya dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan sudah banyak testimoninya di media online. Supaya diet Keto kamu berhasil dan tanpa kesalahan, buku ini memberikan panduan memulai diet dengan benar, plus 90 resep sehat dari aneka snack, lauk, minuman, dan dessert yang enak!

3. Berani Langsing Mulai Sekarang!

beraniBeli dan Pelajari Sekarang!

Biar kamu tahu macam-macam diet yang mungkin bisa kamu coba, di buku ini dibahas lebih lanjut dari TLC Diet, Mediterranean Diet, Weight Watcher, Flexitarian Diet, sampai Dash Diet. Yuk, pahami cara kerja diet ini agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai kemampuan tubuh.

4. Simple Diet for Muslimah: Diet Antiribet dan Hemat Budget

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Kamu udah nyoba berbagai jenis diet tapi masih gagal juga? Atau lihat cara-cara diet yang ribet dan susah saja udah bikin kamu males duluan? Eits, dengan buku ini, kamu nggak akan merasa begitu lagi.

Buku ini akan memberikanmu tips-tips seputar diet dan hidup sehat yang terinspirasi dari pola hidup Rasulullah SAW. Cocok banget untuk dicoba setelah Lebaran. Pokoknya, tips diet untuk muslimah ini jauh dari kata ribet dan tidak menguras budget. Wajib kamu cobain!

5. Ini Buku Diet: Sehat & Langsing dengan Diet Kekinian

bukuBeli dan Pelajari Sekarang!

Di tengah padatnya aktivitas, penting sekali untuk menjaga pola makan supaya nutrisi di tubuh kamu tetap terjaga. Masalahnya adalah, tak jarang dari kita yang bingung menerapkan metode diet mana yang cocok untuk kebutuhan tubuh. Nah, buku ini akan membantumu untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Dengan membaca buku ini, kamu akan berkenalan dengan berbagai jenis diet di seluruh dunia. Semuanya akan dijelaskan dengan lengkap dan detail, mulai dari sejarahnya, sampai jenis makanan yang perlu dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi selama menjalankan diet. Cocok banget untuk kamu yang baru pertama kali mencoba diet.

6. #BukanBukuDiet

bukuBeli dan Pelajari Sekarang!

Kali ini ada buku yang justru menyarankan kamu untuk nggak diet, lho! Hmm, kok bisa? Nah, di dalam buku ini, kamu akan diajak untuk mencari solusi selain diet untuk menurunkan berat badan. Buat kamu yang sudah kapok diet karena selalu gagal atau sudah mencoba berbagai macam obat penurun berat badan tapi masih belum ada perubahan, maka buku ini hadir untuk menjadi penyelamat kamu.

Dengan buku ini, kamu nggak perlu diet ketat atau mengonsumsi obat penurun badan. Latihan-latihan yang diajarkan juga bisa kamu lakukan di rumah. Praktis banget, kan? Kamu bisa cek akun Instagram @thefamousfitness untuk cek testimoninya juga, lho!

7. Diet Nge “Meal” ala Dr. Cindy #Makan Sering, Badan Ramping

bukuBeli dan Ikuti Tipsnya Sekarang!

Kamu perlu ikuti metode diet dari Dr. Cindy kalau kamu ingin berat badan tetap terjaga meski sering makan dan ngemil. Dr. Cindy akan mengajak kamu untuk memantau body composition, seperti lemak, otot, air, dan sebagainya, supaya asupan makanan kamu tetap sehat. Sekarang, kamu nggak perlu khawatir harus menahan lapar selama diet!

8. #Nggakperludiet: untuk Menjadi Langsing, Sehat, dan Awet Muda

bukuBeli dan Ikuti Tipsnya Sekarang!

Di buku ini, kamu nggak hanya mendapatkan tips menurunkan berat badan saja, tetapi juga dapat tips untuk menjadi lebih sehat dan awet muda. Uniknya, semua itu bisa kamu dapatkan tanpa perlu diet, lho! Tips-tips yang diberikan praktis dan mudah karena hadir dari pengalaman pribadi. Kamu hanya perlu niat, komitmen, dan disiplin yang kuat untuk melakukannya.

9. Move It!

bukuBeli dan Coba Pola Hidup Sehat ala Cynthia Lamusu Sekarang!

Perlu konsistensi dalam menjalani program diet. Meski dipenuhi dengan kesibukan, kita perlu ‘bangun’ dan ‘bergerak’ untuk merawat diri. Dengan begitu, fisik dan jiwa yang sehat dengan mudah kita dapatkan.

Di buku pertamanya ini, Cynthia Lamusu akan membagikan gaya hidup yang telah dilakukannya selama enam bulan dan membuat berat badannya turun hingga 22 kilogram. Mulai dari pola makan, olahraga, hingga resep makanannya, akan dibagikan secara lengkap di dalam ini. Ia juga menjelaskan pentingnya tidur yang cukup dan berpikir positif untuk menunjang program diet yang dijalani.


Baca juga: Bahaya yang Mengancam Jika Sering Begadang atau Kurang Tidur


Itu dia beberapa tips dan rekomendasi buku untuk membantu kamu menurunkan berat badan setelah Lebaran. Nah, jangan lupa juga untuk selalu konsisten dan disiplin agar penurunan berat badan kamu bisa maksimal, ya!

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com dengan diskon spesial, lho! Cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash

Penulis: Almira Rahma Natasya & Almanda Jazroh Hardiyanti


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter