Bahaya yang Mengancam Jika Sering Begadang atau Kurang Tidur

Bahaya yang Mengancam Jika Sering Begadang atau Kurang Tidur

. 4 min read

Semuanya pasti tahu dengan informasi mengenai jam tidur yang harus didapatkan oleh orang dewasa setidaknya 7-8 jam per hari. Namun, karena banyaknya kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan, waktu tidur jadi dikorbankan.

Padahal, tidur yang cukup bisa memperbaiki kondisi fisik dan mental. Dan untuk remaja, hormon pertumbuhan ini pun akan terlepas saat tidur, dan akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Seperti apa yang Bang Haji Rhoma Irama katakan, “jangan begadang kalau tiada artinya”. Begadang tidak pernah memberikan efek positif apapun pada kesehatan, justru memberikan sederet bahaya dan penyakit yang mengintai kamu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut dampak negatif yang akan kamu dapatkan jika kamu menyepelekan jam tidur!

1. Obesitas

bahaya
Sumber foto: Shutterstock

Kurang tidur mempunyai efek yang sama dengan jarang olahraga atau makan terlalu banyak. Tidur memberi dampak pada hormon leptin dan ghrelin yang keduanya bertanggung jawab mengatur rasa lapar dan kenyang pada tubuh. Kurang tidur juga berkaitan loh dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar.

2. Menurunkan Kemampuan Berpikir dan Buat Pikun

Begadang karena banyak kerjaan yang belum diselesaikan? Sebaiknya hindari dari sekarang ya! Karena dengan sering begadang, malah akan membuat diri kita sulit berkonsentrasi dan menurunkan tingkat kewaspadaan, serta kemampuan memecahkan masalah. Nah, hal ini bisa mengganggu keefektifan kita dalam belajar loh.

bahaya
Sumber foto: Science Daily

Gangguan berkonsentrasi ini akan berdampak negatif pula pada fungsi memori jangka pendek maupun panjang. Karena saat tidur, otak akan mengalami proses “sharp wave ripples” yang fungsinya untuk memindahkan ingatan dan memori ke otak (Halodoc, 07/07/18). Jika kamu begadang, tentunya proses ini tidak akan berlangsung dengan optimal.

3. Memicu Timbulnya Penyakit Serius

Seperti yang sudah dikatakan pada awal artikel, begadang hanya memberikan dampak negatif pada kesehatan. Beberapa penyakit mematikan bisa datang karena kurang tidur seperti stroke. Karena kualitas tidur yang tidak benar, pembuluh darah pun menjadi tak berfungsi secara optimal.

bahaya
Sumber foto: Alodokter

Begadang akan mengganggu tubuh dalam memproduksi antibodi dan sitokin untuk sistem daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari penyakit. Seperti diabetes, jantung, darah tinggi, dan lain-lain.

4. Mengganggu Mood

bahaya
Sumber foto: Halodoc

Kekurangan tidur hanya akan mengganggu kemampuan mental dan keadaan emosional. Kebiasaan begadang berisiko mengganggu emosi dan mudah gugup, tak percaya diri, dan moody. Gangguan tidur ini mengarah pada insomnia, yang juga sangat berkaitan dengan kondisi depresi.

5. Kulit Tampak Lebih Tua

bahaya
Sumber foto: iStockphoto

Tubuh yang kurang tidur akan melepaskan hormon kortisol penyebab stres. Hormon ini juga bisa memecah kolagen, sehingga membuat kulit tidak secara maksimal menghaluskan dan membuat elastis kulit. Akhirnya mata pun menjadi bengkak, mata hitam, timbul garis penuaan, hingga kulit kusam dan pucat.

Dalam buku Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi. Ditulis oleh Profesor Matthew Walker, seorang ilmuwan saraf yang mengarahkan laboratorium tidur dan neuroimaging di UC Berkeley, mempelajari bagaimana tidur berdampak pada kesehatan dan penyakit. Nah, buku ini menjabarkan secara ilmiah, bahwa tidur rutin selama 7-8 jam sehari sangat memberi dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental. Bahkan Bill Gates sang pencipta Microsoft akhirnya kembali berusaha tidur 8 jam semalam, dan tersadar akan bahaya jika tidur terlalu sedikit setelah membaca ini. (Kontan.co.id, 19/01/17)

Profesor
Profesor Matthew Walker (Sumber foto: news.berkeley.edu)

Buku ini sangat menarik dalam memberikan fakta bahwa tidur lebih penting bagi kesehatan daripada diet atau olahraga. Professor Matther mengeksplorasi 20 tahun penelitian mutakhirnya dan merangkum 17.000 lebih laporan ilmiah, yang akan memecahkan alasan mengapa tidur itu penting, dan akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan tubuh.

Ingin mengetahui secara lengkap manfaat tidur dan fakta-fakta mengejutkan lainnya dari bahaya kekurangan tidur? Saatnya baca buku ini sekarang!

Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi

WhyBaca untuk Ketahui Manfaat Tidur

Dari buku ini, kamu pun akan mengetahui tipe-tipe tidur, fakta ilmiah mengenai tidur, kepercayaan dan kebiasaan seputar tidur, dan tentunya cara sehat kiat mengatur waktu tidur yang tepat.

WhyKlik untuk Info Lebih Lanjut

Saatnya dapatkan buku ini dengan harga spesial! Promo berlaku hingga akhir Februari 2021, di mana kamu akan mendapatkan buku dengan harga Rp134.000 (harga normal Rp168.000). Beli sekarang yuk sebelum kehabisan!


Sumber foto header: instagram.com/bukugpu