6 Rekomendasi Novel yang Kisahkan Penjaga Jodoh Orang

6 Rekomendasi Novel yang Kisahkan Penjaga Jodoh Orang

Memiliki komitmen bertahun-tahun terkadang tidak selamanya bisa dijadikan patokan sebagai jodoh seseorang. Banyaknya pasangan yang berujung ditinggal nikah membuat mereka dijuluki sebagai "si penjaga jodoh orang".

Cerita asmara yang berjalan bukan hanya seumur jagung, ada banyak momen yang telah mereka jalani. Namun sayangnya, menghabiskan waktu bersama tidak semuanya bisa duduk bersama sampai ke pelaminan juga.

Ada berbagai macam faktor kenapa hal tersebut bisa terjadi, hubungan yang kandas setelah bertahun-tahun lamanya umumnya terjadi dikarenakan lemahnya komitmen, kurangnya komunikasi, tidak bisa menjalani LDR, atau karena hadirnya orang baru dalam kehidupan romansa yang mereka jalani.

Peran utama tidak selalu bersama dengan kita, adakalanya ia datang dari yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Maka, ini dia rekomendasi buku yang kisahkan sebagai penjaga jodoh orang super 'nyelekit'.

6 Rekomendasi Novel Kisahkan Penjaga Jodoh Orang

1. Blind Date - Aliazalea

Rencana hidup Titania Larasati seketika berantakan setelah mengetahui jika Brandon yang merupakan pacarnya selama tiga tahun ternyata selingkuh dengan sekretarisnya.

Bukan hanya membuat hati Titania sakit karena perilakunya saja, ternyata Brandon juga dengan teganya mengucapkan hal buruk kepada Titania dan berhasil membuat hati Titania jadi panas sampai-sampai ia rela mengeluarkan uang sebesar 2000 dollar atau sekitar Rp28.600.000 untuk membayar jasa blind date.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Titania Larasati berusaha untuk melupakan ucapan Brandon bahwa tidak akan ada laki-laki lain yang menginginkannya, namun ini cukup sulit baginya dan terlalu menyakiti harga dirinya. Hal ini membuat Titania berusaha keras menemukan dan membayar jasa blind date profesional yang sekaligus bisa menjanjikan pernikahan dalam waktu kurang dari enam bulan.

Dengan bantuan adiknya dan agen blind date yang pantang menyerah, Titania bertekad untuk membuktikan jika yang dikatakan Brandon adalah sebuah kesalahan paling fatal. Bahwa tidak sepantasnya, seseorang berkata seperti itu dan Titania berusaha untuk membuat Brandon menyesali segala ucapannya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Blind Date

2. Ganjil Genap - Almira Bastari

Setelah 13 tahun menjalin asmara, tentu bukan hal yang mudah jika tiba-tiba diputuskan begitu saja. Namun hal inilah yang dirasakan oleh Gala setelah ditinggalkan Bara. Meskipun berat, Gala berusaha untuk bangkit. Ditemani dengan sahabat-sahabat yang selalu mendukung dan mendampinginya, Gala berusaha mencari tambatan hati yang baru.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Tekadnya semakin kuat, karena ia mendadak jomblo di usianya yang menjelang berumur kepala tiga. Bersama ketiga sahabatnya yang bernama Nandi, Sydney, dan Detira, strategi pencarian jodoh Gala disusun sedemikian rupa demi menemukan pria idaman yang akan menjadi partner hidupnya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Ganjil Genap

3. Before I Met You - Achi Tm

Berawal dari cinta monyet, hubungan Tasya dan Zakki hampir sukses ke jenjang pernikahan. Namun, semua kemulusan itu berbalik 180 derajat saat perasaan labil menyerang Tasya terkait kondisi ekonomi Zakki.

Hubungan Tasya dengan Zakki sudah berlangsung cukup lama tapi terasa makin rumit. Zakki merupakan pria baik dan santun, bisa membimbing dan menjadi imam bagi Tasya. Namun, bagaimana akan melangkah ke masa depan jika kehidupan ekonomi Zakki tidak mendukung hingga membuat Tasya benar-benar terpuruk?

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Pada saat yang bersamaan, ada Arya yang semakin gencar memberi perhatian pada Tasya dan selalu menjanjikan kemapanan finansial dan perlindungan bagi gadis yang kini sebatang kara.

Tasya pun memutuskan menerima lamaran Arya. Hingga suatu hari Tasya menemukan kotak berisi surat-surat di kamar ibunya. Surat antara sang ibu dengan seorang pria yang bukan ayahnya hingga berhasil membuat Tasya merasa berada di persimpangan. Manakah jalan yang harus ia pilih untuk masa depannya?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Before I Met You

4. Ten Years Challenge - Mutiarini

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, itu merupakan kiasan yang cocok untuk Atya yang mendapatkan rentetan kejadian apes dalam hidupnya. Di usia 27 tahun ia diputuskan sepihak oleh Diga, lelaki yang telah dipacari selama 12 tahun lamanya sejak masa SMA. Atya juga mesti kehilangan pekerjaannya di perusahaan milik Diga.

Atya merasa sendirian dan nyaris tidak memiliki uang sepeserpun. Reuni SMA yang diharapkannya bisa sedikit menghibur, ternyata malah berakhir dengan buruk karena Diga datang dengan pacar barunya, dan di hadapan semua orang Atya dan Diga bertengkar hebat.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Atya merasa sangat malu hingga pada saat perjalanan pulang dari reuni, Atya mengalami kecelakaan, terbaring lemah di rumah sakit yang ternyata membawanya pada sesuatu yang amat bernilai bagi hidupnya. Saat Atya membuka mata dan melihat cahaya menyilaukan, ia justru mengalami hal ajaib dan mendapatkan kesempatan untuk menjalani kembali masa SMAnya.

Atya yang mendapatkan kesempatan berharga ini, mencoba kembali untuk memperbaiki semua kesalahan yang diperbuatnya saat remaja. Karena berfokus pada Diga, Atya berusaha mencari cara agar tidak kehilangan pria sempurna itu. Tapi ternyata hidup selalu memiliki rencana lain, sampai Atya dibuat bimbang ketika hatinya mulai terbuka pada pilihan lain yang terbentang di hadapannya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Ten Years Challenge

5. Trilogi Geez & Ann - Rintik Sedu

Trilogi novel ini ditulis oleh Rintik Sedu atau Nadhifa Allya Tsana yang telah berhasil diangkat menjadi film dan serial dengan judul yang sama. Novel ini berisi kisah perjuangan hubungan jarak jauh yang ternyata hubungan tersebut justru membuat perasaan mereka juga ikut menjauh, hingga bisa saling meninggalkan luka untuk satu sama lainnya.

Geez & Ann #1

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Seri pertama Geez & Ann kisahkan hubungan romansa mereka yang manis, namun agak sedikit rumit ketika Geez yang agak susah berbicara banyak terpaksa harus meninggalkan Ann ke Berlin dan menjalani hubungan LDR yang cukup panjang.

Geez & Ann #2

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Seri kedua kisahkan Ann yang ternyata telah ditinggalkan Geez sebulan lamanya tanpa komunikasi yang baik. Hingga akhirnya Ann menemukan jawabannya dan menghargai keputusan Geez.

Geez & Ann #3

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Seri ketiga akhirnya Geez kembali dari Berlin dengan kondisi baik dan siap untuk melanjutkan ceritanya dengan Ann. Semua yang Geez kira akan mudah dan indah, ternyata berbeda dengan Ann yang sudah mulai belajar merapikan hidupnya dan memulai cerita baru tanpa Geez.

Mereka berdua dihadapkan oleh dua pilihan antara cinta dan cita-cita. Geez berusaha untuk menjemput dan membawa Ann ke Berlin, namun hati kecil Ann tetap memilih untuk menetap di Jogja karena mimpi dan cita-citanya ada di sana. Begitu pula dengan Geez yang tak bisa meninggalkan Berlin karena semua rencana masa depannya sudah tersusun rapi di sana.

6. Resepsi - Smita Diastri

Menerima undangan resepsi pernikahan adalah perkara yang mudah, karena hanya memilih gaun yang pas, sepatu yang cantik, dan pasangan yang tepat untuk menemani dalam menghadiri acara. Urusan-urusan itu tidak pernah jadi hal yang sulit untuk Resi. Namun, kali ini undangan yang datang merupakan undangan resepsi dari Ranu, sang mantan pacar yang sudah 12 tahun putus nyambung dengan Resi.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Hal ini sungguh sangat sulit bagi Resi, karena enam bulan terkahir Resi masih meyakini bahwa suatu hari nanti di undangan resepsi itu akan tertulis namanya dan Ranu. Resi meyakini jika mereka masih saling menyayangi dan semesta juga masih selalu menghadirkan kebetulan-kebetulan yang mengubungkan Resi kembali dengan Ranu.

Resi selalu beranggapan jika jodohnya adalah Ranu, yang membuat Resi memikirkan 12 tahun kebelakang akan kesalahan apa yang pernah ia lakukan dan apa alasan Ranu menikahi Amelia. Waktu yang terus berjalan, membuat Resi hanya memiliki waktu satu minggu untuk mengenang kisah cinta dan masa lalunya sebelum mendatangi resepsi mantan pacarnya bersama dengan orang lain.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Resepsi


Baca juga: Semua akan Indah pada Akhirnya, Ini Rekomendasi Buku yang Happy Ending


Jodoh memang tidak kemana, namun percayalah jika Tuhan tidak akan pernah salah akan pilihanNya. Menjaga jodoh orang juga bisa dijadikan salah satu pelajaran hidup, bahwa kodratnya manusia akan tetap sama, yaitu datang dan pergi. Apapun yang terjadi, jika kamu dalam posisi ini maka berusahalah untuk berjuang dan melewatinya. 🤗

Kisah-kisah penjaga hati mana nih yang relate banget sama hidup kamu? Ikuti kisah mereka dan temukan jawabannya sebagai si penjaga hati terbaik dari buku-buku ini. 💖

Grameds, jangan sampai ketinggalan untuk ikuti semua diskon spesial yang ada di Gramedia.com ya! Cek semua promo menarik yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com juga bisa dikirim dan diambil dari seluruh toko Gramedia yang terdekat dari kotamu, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: Dok. Gramedia Digital


Enter your email below to join our newsletter