Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Novel Adaptasi Gramedia Writing Project yang Wajib Kamu Baca

Rekomendasi Novel Adaptasi Gramedia Writing Project yang Wajib Kamu Baca

Grameds, kamu sudah pernah dengar tentang Gramedia Writing Project belum? Bagi yang belum tahu, Gramedia Writing Project atau biasa disingkat GWP adalah sebuah platform untuk kalian yang senang menulis. Di platform ini, kamu bisa mempublikasikan hasil tulisanmu untuk dibaca oleh semua orang.

Kerennya menulis di GWP adalah tulisan kamu berkesempatan untuk dilihat langsung oleh para editor dari penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, m&c!, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Bhuana Ilmu Populer (BIP), Penerbit Buku Kompas, dan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Hal yang lebih menarik lagi adalah tulisan-tulisan yang ada di GWP memiliki potensi untuk diterbitkan secara resmi lho!

Ada beberapa cara agar tulisan diterbitkan, salah satunya melalui kompetisi The Writer’s Show yang biasanya tiap tahun dilakukan oleh GWP. Kompetisi ini dibuat dengan tujuan untuk menjaring penulis-penulis berbakat di Indonesia. Para penulis yang terpilih akan mengikuti kelas terkait kepenulisan novel bersama mentor yang merupakan editor-editor dari penerbit Kompas Gramedia Group, yang juga akan menjadi editor bagi para penulis.

Selain melalui kompetisi, ada beberapa hasil tulisan yang dilihat oleh penerbit melalui situs GWP. Nah, beberapa tulisan yang diajukan dalam #GWPublishing terpilih untuk terbit dalam bentuk e-book melalui Gramedia Digital, hingga berkesempatan diterbitkan cetak oleh para penerbit Kompas Gramedia Group. Berikut novel-novel adaptasi dari Gramedia Writing Project yang sudah berhasil diterbitkan.

Rekomendasi Novel Adaptasi Gramedia Writing Project

1. Asmaraloka - Arata Kim

Pilihan pertama sampai keenam, Admin akan membagikan novel-novel dari para pemenang The Writers Show 2020 lalu. Pertama kita akan membahas novel Asmaraloka, yang menceritakan tentang Isabella si wanita lugu dalam asmara walaupun usianya sudah menginjak 25 tahun. Meskipun begitu, faktanya Isabella pernah memiliki pacar saat dia baru memasuki jenjang SMA, namun hubungannya kandas setelah backstreet selama tiga tahun, karena sang pacar mengatakan bahwa mereka tidak bisa bersama lagi.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Kehidupan kantor Isabella yang tenang pun berubah setelah mengetahui bos barunya adalah Ethan, sang mantan saat SMA. Di tengah banyaknya proyek yang mereka kerjakan bersama, Isabella meyakinkan diri bahwa ia sudah tidak ada perasaan lagi terhadap Ethan, hingga terungkaplah alasan yang menyebabkan mereka saat itu harus putus dan membuat keyakinannya goyah. Akankah Isabella memaafkan Ethan? Langsung baca saja novelnya yaa!

Kamu juga bisa membaca versi e-book-nya di sini >>> Asmaraloka

2. Margo dan Rahasia Setengah Abad - Aghnia Sofyan

Margo akhirnya berhasil masuk salah satu SMA top, yaitu SMA Manggala Utama. Hanya butuh beberapa langkah lagi bagi Margo untuk masuk ekskul impiannya, yaitu Manggala Future yang selalu mencetak calon pengusaha sukses. Namun, langkah untuk masuk ekskulnya dijegal oleh Raja, si tukang rundung.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Raja menantang Margo untuk menyiapkan uang 15 juta sebagai tanda kontribusi. Di saat pencarian uang itulah Margo menemukan petunjuk tentang harta karun yang terkubur di balik tembok sekolah. Apakah Margo berhasil menemukan harta karunnya dan bergabung dengan Manggala Future? Baca langsung novelnya untuk tahu kelanjutannya ya!

3. BOYBAND: Your Dream is Yours - Felis Linanda

Teddy Zhung Dufei memiliki keinginan untuk menjadi manajer boyband yang berkualitas dan bertalenta di Taipei, namun suatu hari ia mengalami kesulitan. Dua dari lima personel boyband-nya terlibat skandal perkelahian yang membuat keduanya dipecat, dan Dufei hanya diberi waktu seminggu untuk mencari penggantinya.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Dufei pun akhirnya menemukan pengganti di hari terakhir, dan grup Sunrise Boys yang digawangi oleh Jordan tersebut berhasil debut. Di tengah kepopuleran mereka, muncul akun media sosial misterius yang membongkar aib Jordan dan hubungan antara Dufei bersama Shasha. Manajer grup Shiny Girls pun membuat situasi kedua grup semakin memanas. Penasaran kan dengan siapa dalang dibalik akun misterius tersebut? Yuk, baca novelnya segera!

4. Lost and Found - Thu Jun

Juli baru saja kembali ke Jakarta setelah sebelumnya berada di Korea untuk menghadiri acara idolanya. Di kopernya yang dibawa ada barang berharga, yaitu kaus yang ditandatangani oleh idolanya.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Sesampainya di Jakarta ia tersadar bahwa kopernya tertukar. Ketika melapor ke bagian Lost & Found, ia malah dituduh mencuri dan diburu oleh organisasi misterius, karena kopernya ternyata tertukar dengan Lion, seorang agen rahasia.

Dapatkah Juli mendapat kopernya kembali dan menyelamatkan dirinya? Langsung baca novelnya untuk mengetahui jawabannya! Kamu juga bisa membaca versi e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Lost and Found

5. Monster Minister - Aya Widjaja

Kalita Yuma adalah seorang karyawan di perusahaan startup. Ia tidak tahan dengan tuntutan target dari bosnya, apalagi pekerjaan tersebut membuat dirinya lelah secara fisik dan batin, jam kerja yang tak habis-habis, hingga membuat hubungannya dengan sang kekasih menjadi kandas. Atas saran ibunya, Kalita pun mengundurkan diri dan melamar menjadi staf di Kementerian Penerangan Informasi.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Setelah diterima, ia pun merasa lebih tenang walaupun mendapatkan penghasilan yang terjun bebas. Namun, ketenangannya itu seketika terhenti saat ia mengetahui bahwa Menteri Penerangan Informasi yang baru adalah mantan bosnya dahulu, yaitu Aldrich Avery Shaga.

Mengetahui hal itu, ia pun buru-buru melamar di tempat lain namun lamarannya tidak berhasil. Malah, ia diangkat menjadi sekretaris pribadi Pak Menteri! Dapatkah ia bertahan kali ini? Yuk, baca novelnya untuk mengetahui kelanjutannya! Kamu juga bisa baca versi e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Monster Minister

6. Untold - Riska Novianti

Kaymakli Altair jatuh cinta dengan Ralisha Adimasatya, seorang beauty influencer yang kehilangan mimpi besarnya. Mereka sempat berpapasan saat di Jerman dan bertemu kembali di Indonesia, hingga mereka menjalin hubungan asmara.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Namun, suatu hari Ralisha mengetahui sebuah rahasia besar Kaymakli dan itu menghancurkan hubungan mereka. Tidak hanya hubungan mereka, hubungan Kaymakli dengan kakaknya juga hancur yang membuat Kaymakli pergi ke Jerman untuk menjauhi mereka berdua.

Apa kira-kira yang membuat hubungan mereka menjadi retak? Baca novelnya untuk tahu kelanjutannya! Kamu juga bisa baca e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Untold


Baca juga: 18 Rekomendasi Novel Adaptasi Wattpad yang Paling Banyak Dibaca


7. Ours - Adrindia Ryandisza

Selanjutnya, kita akan menemukan novel adaptasi dari cerita yang sudah hadir di GWP sebelumnya. Pertama, kita kenalan dahulu dengan Andi dan Prita, pasangan yang sebelum menikah sudah bersepakat akan tinggal berdua saja dan hidup tenang sampai tua. Mereka sudah berdiskusi bahwa mereka akan hidup bahagia tanpa memiliki anak.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Sayangnya, prinsip keduanya tidak diterima baik oleh keluarga Andi yang konservatif. Keluarganya menganggap prinsip Prita melenceng dari kodrat wanita dan menuntut Prita untuk cepat-cepat hamil. Tidak cukup masalah keluarga, masalah mulai semakin banyak menghampiri mereka.

Kedai kopi yang terancam bangkrut memengaruhi pikiran Andi. Kenzo, teman kerja Prita yang baru saja bercerai tiba-tiba mendekatinya. Masalah lain juga datang pada Prita setelah ibunya yang mengabaikannya seumur hidup tiba-tiba menuntut perhatian darinya. Komunikasi mereka menjadi mulai terhambat.

Bagaimana cara Andi dan Prita mengatasi masalah rumah tangga mereka? Baca novelnya untuk tahu kelanjutannya! Kamu juga bisa baca e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Ours

8. Downpour - Ghyna Amanda

Yulenka sudah sedari kecil bersekolah di rumah. Namun pada saat dirinya sudah SMA, ia mengikuti keinginan ayahnya agar bersekolah di sekolah umum. Di tengah ketidakyakinan bahwa hal menarik tidak akan terjadi di SMA, Yulenka bertemu dengan Regulus yang saat itu sedang tidur di perpustakaan.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Yulenka menyebut dirinya mirip dengan rubah gurun. Walaupun sering tidur di perpustakaan, Regulus ternyata adalah siswa terpintar di sekolah. Pertemuannya dengan Regulus membuat dirinya sangat menantikan hari-hari bersekolah dan mereka pun akhirnya berpacaran.

Suatu hari saat menghadiri pameran universitas, ia mengetahui hal mengejutkan yang membuat dia menyadari bahwa dia sama sekali tidak tahu tentang pria yang menyatakan cinta saat hujan deras itu. Banyaknya rahasia yang ternyata dimiliki oleh Regulus pun mengetes kesetiaan Yulenka kepadanya.

Mau tahu apa rahasia yang dimiliki Regulus? Yuk, segera baca novelnya! Kamu juga bisa baca e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Downpour

9. Semangat, Tante Sasa! - Thessalivia

Sasita atau lebih akrab dipanggil Sasa adalah seorang wanita karir yang mendadak berubah menjadi pengasuh anak. Anak yang diurus tersebut adalah Velisa, anak dari kakaknya. Kakek dan nenek Velisa akan pergi haji yang membuat Sasa mau tidak mau harus merawatnya. Ia pun harus mengorbankan kebiasaannya bersenang-senang sampai larut malam untuk merawat keponakannya.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Kira-kira Sasa berhasil mengemban tugas berat tersebut nggak, ya? Baca novelnya untuk mengetahui kelanjutannya! Kamu juga bisa baca e-book-nya melalui Gramedia Digital di sini >>> Semangat, Tante Sasa!

10. Semester Tujuh Masih Jomblo - Eve Natka

Leia si jomblo di semester tujuh ini sangat kebingungan. Opungnya akan datang dari Medan dan Leia kalang kabut mencari cowok Batak untuk dikenalkan. Kebetulan sekali ada Alan, bos di tempat magang Leia yang sesuai dengan kriteria calon suami versi Opung dan ayahnya, yaitu baik, ganteng, dan yang terpenting, mengerti adat Batak! Alan pun juga mengajaknya pergi berkencan yang membuat jalan untuk bertungangan semakin lebar.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Namun, ada batu sandungan dalam hubungan keduanya. Ia tidak bisa bercerita ke banyak orang dan hanya bisa bercerita kepada Gomos, Rie, Liz, dan juga Joe. Joe adalah cowok yang sudah lama ditaksir oleh Leia dan dia sering memberi perhatian kecil kepadanya. Mau tahu kelanjutan cerita Leia? Yuk, segera baca novelnya!

11. Teori Tawa dan Cara-Cara Melucu Lainnya - Kai Elian

Kuma dapat dibilang memiliki keluarga yang seru dan lucu. Ayahnya adalah seorang pelawak senior, ibunya adalah seorang presenter radio dan televisi, serta adik laki-lakinya adalah seorang YouTuber dengan jutaan subscriber. Walaupun terdengar seru, ternyata itu sangat menyiksa Kumala, karena dia satu-satunya orang yang tidak lucu di keluarganya. Berapa kalipun mencoba, dia selalu gagal untuk membuat orang lain tertawa.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Kuma pun makin tertekan setelah dirinya diberi tiga bulan menyiapkan diri untuk tampil di “Ketawa Ketiwi”, acara lawak yang digagas oleh keluarganya. Kalau tidak lucu, ia terancam buat malu keluarganya sendiri! Namun, hidupnya berubah ketika dirinya bertemu dengan Bo, seorang pria yang tidak bisa tertawa. Pertemuan keduanya pun membuat Kuma menantang dirinya menjadi selucu mungkin agar Bo bisa tertawa.

Penasaran kelanjutan kisah Bo dan Kuma? Yuk, segera baca novelnya! Kalian juga bisa baca dalam versi e-book melalui Gramedia Digital di sini >>> Teori Tawa dan Cara Melucu Lainnya

12. Delicious Lips - Zulfairy

Zakia hidupnya nyaris tidak bercela. Ia adalah siswa teladan, diangkat menjadi wakil ketua osis, bergabung dengan tim basket putri, dan punya gebetan cowok bermasa depan gemilang bernama Mahaka. Namun, keteraturan dalam hidupnya perlahan buyar ketika dia bertemu Aro, cowo cupu tukang tawuran yang juga menjadi koki warung Betawi. Melihatnya menjadi koki membuatnya takut karena tangan kosong saja sudah bahaya, apalagi dibekali pisau.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Keteraturan dalam kehidupannya sehari-hari pun perlahan buyar ketika mereka ditempatkan dalam satu kelas. Aro yang di sekolah adalah cowok culun, gagap, dan pendiam, ternyata menjadi angin ribut yang membuat dirinya kewalahan. Zakia pun semakin penasaran pada sosok Aro yang memiliki banyak kejutan ini. Penasaran kelanjutan kisah Aro dan Zakia? Yuk, segera baca novelnya!

13. The Drummer - Handi Namire

Nah, mulai dari novel ini hingga terakhir adalah tulisan adaptasi dari GWP yang berhasil diangkat menjadi e-book dari #GWPublishing. Pertama, ada cerita dari Nessa si calon dokter yang hidupnya sudah diatur oleh orang tuanya. Setelah koas, ia harusnya pindah ke Melbourne untuk menjadi dokter di rumah sakit milik kakek dari ibunya, namun sebelum pindah ke Melbourne, ia bertemu drummer dari band Three Notes, band yang pernah digandrungi sebelum keputusannya dipengaruhi.

RekomendasiBaca e-Booknya di Sini!

Dua tahun sebelumnya, Three Notes memiliki dua groupies dan salah satunya adalah Nessa. Sang drummer yang bernama Galang menghadiahi stik drum kepadanya. Sejak saat itu, ia menjadi fans Galang dan bertekad untuk mempelajari drum. Sayangnya tak lama sejak pertemuan itu, Galang mengalami kecelakaan yang membuat dirinya kehilangan salah satu kaki dan harus keluar dari Three Notes. Kepergian Galang pun membuat Nessa menjadi kehilangan motivasi.

Bertemu kembali dengan Galang dan melihat dirinya terpuruk, Nessa bertekad untuk membantu Galang bangkit sebelum dirinya berangkat ke Melbourne. Dapatkah ia melakukannya? Yuk, baca e-book-nya untuk mengetahui kelanjutan kisah mereka!

14. L(oversize) - Nara Lahmusi

Namanya adalah Kanani atau biasa dipanggil Key. Dia adalah cewek unik bersuara renyah dan gurih. Key pernah membenci tubuh suburnya karena pernah menjadi target bully temen-temennya di klub Desmod sekolah. Tapi, itu semua nggak buat dia patah semangat untuk menjadi penyiar radio plus desainer keren yang akan sekolah di Paris.

RekomendasiBaca e-Booknya di Sini!

Kalau soal cinta, ya biasa saja. Justin yang katanya playboy di hadapan Kanani menjadi bukan siapa-siapa bahkan dia dikerjain terus sampai ingin bertaubat menjadi playboy. Mau tau kelanjutan kisah Key? Yuk, segera baca novelnya melalui aplikasi Gramedia Digital!

15. My Aspie Girl - Hannah Angie

Eva Dimitri adalah seorang putri dari keluarga politikus yang mengidap sindrom Asperger. Rasheed Raniri adalah anggota dari band terkenal bernama TETRA. Keduanya sama-sama memiliki masalah pribadi, Eva yang terlalu dikekang dan Rasheed menghadapi perceraian orang tuanya, serta kasus narkoba yang dia tutupi akhirnya terekspos. Ia pun terpaksa pindah sekolah.

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Siapa sangka ternyata Rasheed menjadi murid baru di sekolahnya Eva. Eva sendiri selalu mendengarkan lagu TETRA karena lirik lagu band tersebut merupakan jendela Eva untuk mengetahui seperti apa kehidupan normal. Tugas kelompok pun memaksa mereka untuk berinteraksi, dan setelah banyak berinteraksi ternyata mereka memiliki banyak kesamaan. Ingin tahu  lanjutan kisah lanjutan dari Rasheed dan Eva? Yuk, segera baca novelnya!

16. This Time Machine - HG Wells

Sang pengelana waktu salah perhitungan! Ia mengira peradaban dunia sudah semakin maju dan perdamaian abadi di tahun 802.701 masehi, namun kenyataannya itu salah. Bukan hanya dia terjebak di dunia yang sekarang sudah menjadi puing-puing misterius, mesin waktu miliknya pun juga hilang tanpa jejak.

Siapa yang mencuri mesin waktunya? Mengapa orang-orang di masa depan memiliki tubuh yang kecil dan ringkih? Lalu apa rahasia di balik pintu para monster mengerikan yang hanya muncul di malam hari? Dan apakah kehancuran dunia itu disebabkan oleh manusia? Untuk menemukan jawaban dari semua pertanyaan tersebut, yuk, segera baca novelnya!

RekomendasiBaca Bukunya di Sini!

Itu dia rekomendasi novel yang ditulis oleh para penulis berbakat di Gramedia Writing Project dan sudah diterbitkan oleh Gramedia. Kisah yang dibawakan oleh para penulis ini mampu mengantarkan cita rasa baru yang unik dalam sebuah novel.

Yuk, segera checkout dan koleksi bukunya yang sangat menarik dan wajib kamu baca! Jangan lupa cek dahulu berbagai promo menarik yang bisa kamu pakai di Gramedia.com biar belanja jadi makin maksimal! 🤩✨

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/gwp_id

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus