Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Awas Batal Puasa! Ini 7 Rekomendasi Buku yang Tunjukkan Makanan Lezat

Awas Batal Puasa! Ini 7 Rekomendasi Buku yang Tunjukkan Makanan Lezat

Puasa mengharuskan kita untuk menahan lapar dan dahaga dari fajar hingga senja. Yang biasanya di sela-sela waktu tersebut kita makan siang, nyemil, ataupun ngopi, kini hal-hal tersebut tak lagi menemani hari-hari kita.

Jika tak ada kegiatan, hari-hari pun terasa lebih lama dan membosankan sambil menunggu waktu bedug tiba. Nah, daripada diam, kita coba baca buku saja, yuk! Buku yang akan Admin sampaikan ini, bisa menggugah selera kamu karena berisi makanan-makanan lezat dan terasa kenikmatannya. 🤤

Penasaran ada makanan apa saja? Yuk, kita lihat sampai akhir!

7 Rekomendasi Buku yang Tunjukkan Makanan Lezat

1. Wizard Bakery

Seorang anak laki-laki berumur 16 tahun gemar mendatangi toko roti di dekat stasiun bernama Wizard Bakery setelah pulang dari sekolah. Ia seringkali datang ke sana untuk menunda pulang ke rumah yang ditinggali bersama ibu dan adik tirinya, karena ingin mengurangi waktu bersama mereka. Hubungan mereka memang tak harmonis, hingga suatu ketika ia dituduh melakukan hal buruk pada adik tirinya, dan membuatnya terpaksa kabur dari rumah di tengah malam.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Wizard Bakery jadi satu-satunya tempat yang bisa ia tuju. Tukang Roti yang sudah mengenalnya mempersilakan dirinya untuk bersembunyi dan tinggal di sana. Anak tersebut terpukau dengan keajaiban kue-kue di toko tersebut.

Ada Puding Kustar Pikiran yang jika dimakan bisa membuat kamu berkonsentrasi, Scone Kismis Perdamaian yang bisa membuat kita berbaikan dengan orang lain, Madeleine Nanas Patah Hati yang mampu membantu kita melupakan sakit hati dengan cepat, Sable Chocolat Tidak Terima Kasih yang bisa membuat orang menjauh dari kita, Muffin Telur Bisnis yang bisa mencegah usaha kita bangkrut, dan masih banyak kue ajaib enak lainnya.

Kue-kue tersebut sering dibeli pelanggannya agar keinginan mereka terkabul dengan mudah. Namun, anak laki-laki tersebut malah melihat sikap egois yang datang dari mereka demi kepentingannya sendiri. Bukan hanya kue-kue yang bisa membuat kita ingin mencicipi kelezatannya, buku ini juga memberikan pelajaran untuk berhati-hati pada permohonan yang kita panjatkan.

Kamu juga bisa baca versi e-book di sini >>> Wizard Bakery

2. 7 Tastes of Love

Kehidupan serba sempurna milik Kiriko ternyata tak membawanya bahagia. Hidup di apartemen mewah milik keluarga suaminya dan tidak diperkenankan lelah maupun memasak, membuat Kiriko bosan dan sangat rindu dengan masakan sederhana yang dibuat penuh cinta. Padahal, Kiriko sangat suka memasak dan ia ingin sekali memasak untuk suaminya.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Karena dilarang oleh suaminya, Kiriko pun akhirnya berbohong pergi ke tempat yoga yang padahal ia pergi ke panti jompo dan bekerja sebagai staf dapur. Nah, di sini kamu akan menemukan berbagai makanan Jepang yang lezat maupun makanan dari negara lainnya. Judul dari setiap bab dalam buku ini juga sangat menggugah selera, dari Ikan Salmon dengan Sup Krim dari Sake Kasu, Acar Tomat dan Mi Cina Dingin, Mizore Nabe dengan Wasabi, dan masih banyak lagi.

Buku ini dengan apik mendeskripsikan kenikmatan dan kelezatan dari perpaduan bahan pada menu makanan yang dibuat. Novel ini begitu hangat dan menghanyutkan, membahas dari cinta, persahabatan, hingga membawa isu kesehatan mental.


Baca juga: Semua akan Indah pada Akhirnya, Ini Rekomendasi Buku yang Happy Ending


3. The Bliss Bakery Trilogy

Rose tak sengaja melihat ibunya mengaduk halilintar ke dalam semangkok adonan! Hal ini membuatnya kaget dan semakin yakin jika orang tuanya menggunakan sihir untuk membuat roti-roti yang tak biasa di sebuah toko roti kecil milik keluarga Bliss. Ada kue Snickerdoodle Tidur Pulas, Macaroon Putih Mengembang, Kue Jahe Menyanyi, dan masih banyak kue enak ajaib lainnya.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Sewaktu ketika, orang tua Rose pergi dan memberi tanggungjawab kepada empat bersaudara ini untuk menjaga resep rahasia Bliss Cookery Booke. Orang tuanya berpesan untuk tidak mengizinkan siapa pun masuk dan tak boleh ada sihir. Hal ini membuat Rose kecewa karena dilarang menggunakan sihir.

Akhirnya, Rose dan kakaknya, Ty, memutuskan untuk bereksperimen dengan beberapa resep saat orang tuanya pergi. Mereka membuat Muffin Asmara dan Cookies Kebenaran, hingga tak disangka bahwa eksperimen tersebut membuat kekacauan di kota! Sanggupkah mereka menyelesaikan permasalahan ini sambil menutup rahasia? Temukan jawabannya dalam trilogi The Bliss Bakery yang bisa kamu temukan seluruh serinya di sini.

Kamu akan menemukan berbagai resep ajaib untuk membuat kue-kue lezat yang bisa memberikan keinginan sesuai yang kamu mau. Kamu juga bisa baca buku pertama Bliss dalam bahasa Inggris lewat e-book di sini >>> Bliss

4. Hiroshi Nohara’s Lunch Style

Sebagai pekerja kantoran, papanya Shin-Chan kerap kali kebingungan akan makan siang apa. Hiroshi Nohara, seorang manajer di kantor Futaba Shoji, merasa bahwa memilih menu makan siang setelah bekerja dengan giat ternyata merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukannya.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Nah, komik ini berisi penuh makanan pilihan Hiroshi saat santap siang setiap harinya, mulai dari Katsu, Sushi, Hamburger, Pancake, Yakisoba, Miso, Karage, Stuffed Bread, Tuna Donburi, Omellete, dan masih banyak makanan menggugah selera lainnya yang dimakan Pak Hiroshi.

Gambar makanannya terlihat jelas dan bisa bikin kamu menelan ludah. Narasi Hiroshi saat menyantapnya pun serasa membuat kita ikut merasakan makanannya. Pokoknya, komik ini tak hanya lucu karena kelakuan Pak Hiroshi saat cari makan siang, tapi juga bisa buat kita seketika lapar dan ingin menyantapnya!

Sudah ada tiga volume dari komik spin-off ini yang bisa kamu koleksi semuanya di sini.

5. Mitsume Cleaned The Plates Again Today

Mitsume adalah editor junior yang kini harus meneruskan blog kuliner populer di tempat kerjanya. Sebenarnya, ia tidak tahu sama sekali tentang makanan, bahkan ia saja tak pernah memasak sendiri. Sampai akhirnya, “mata kuliner” muncul di dahinya dan ia mampu melihat roh makanan.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Roh makanan ini bisa membuatnya hanyut dalam menyantap segala makanan hingga habis tak tersisa! Dalam menjelaskan tentang ciri khas makanannya pun ia dibantu oleh para roh makanan yang akan menjelaskan keunikan serta kelezatan mereka. Mulai dari makan daging yang juicy, makan soun dan Gyoza, hingga Beef Mayonnaise yang seketika lumer ketika digigit.

Mitsume tak hanya datang ke restoran makanan Jepang, tapi juga makanan dari Thailand, Italia, dan kuliner mancanegara lainnya. Oiya, makanan ini semuanya asli ada di dunia nyata! Karena restoran yang Mitsume datangi benar-benar ada. Alamat, jam buka, serta menu rekomendasinya tercantum dalam komik ini, sehingga rasanya seperti buku panduan kuliner Jepang.

Melihat Mitsume makan dan membaca penjelasan dari para roh makanan bisa membuat kita ngiler seketika dan ingin mencicipinya! Setelah baca volume pertama, jangan lupa untuk lanjut ikuti perjalanan Mitsume dalam mencari restoran terkenal lainnya di sini.

6. Lil Sis Please Cook for Me

Siapa yang sangat suka dengan kelezatan Okonomiyaki? Selain Okonomiyaki, ada pula Monjayaki yang cita rasanya mirip namun teksturnya lebih encer. Nah, komik ini akan menceritakan tentang Yuzuki yang terpaksa harus mengurus kedai Monjayaki milik orang tuanya di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Kedainya tersebut sangat ramai sampai akhirnya ia kewalahan dan meminta bantuan adik-adiknya yang sebenarnya tidak bisa terlalu diharapkan tersebut. Di sini kamu akan melihat bagaimana Yuzaki yang sebenarnya malas namun tetap giat mengurus kedai, membuat Monjayaki untuk pelanggan, memilih dan membeli bahan-bahan terbaik, serta kelakuan kocak dan menggemaskan dari adik-adiknya yang ikut memberikan inovasi untuk perkembangan bisnis mereka.

Komik ini cuma ada dua volume aja kok! Cocok untuk dikoleksi dan jadi teman mengisi waktu luang. Setelah baca ini, dijamin kamu langsung mau makan Monjayaki atau Okonomiyaki! Lanjut baca volume keduanya di sini ya.

7. Juru Masak Para Maiko

Kiyo bersama sahabatnya, Suu, berniat ingin menjadi geisha. Namun, Kiyo gagal karena dianggap tak berbakat, sedangkan Suu akhirnya lulus menjadi maiko atau geisha pemula. Ternyata, takdir Kiyo jatuh pada menjadi koki dapur pengganti untuk membuat masakan rumahan yang cocok untuk penghuni Okiya.

rekomendasiBaca dan Beli Sekarang!

Makanannya enak-enak, semua comfort food yang biasa disantap orang Jepang disajikan oleh Kiyo. Mulai dari makanan tradisional seperti Nabe, Mochi, Karage, Gyoza, Oyakodon, atau makanan barat seperti Cookies, Cake, Puding, Cream Stew, hingga Omurice. Kiyo mengulas benar-benar dari cara penyajiannya hingga cara menyantapnya untuk para geisha.

Yuk, ikuti perjalanan Kiyo menyiapkan makanan untuk para geisha di sini.


Baca juga: Mengenal Kehidupan Geisha Melalui Kisah Juru Masak Para Maiko


Bagaimana? Udah keburu ngiler ya? Hihihihi. 🤭

Buku-buku di atas bisa menemani kamu dalam mengisi waktu luang saat puasa, karena bahasannya ringan dan seru untuk dibaca. Siapa tahu makanan-makanan tersebut bisa jadi ide untuk menu berbuka ataupun saat sahur tiba. Eits, tapi jangan sampai bikin kamu batal, ya! 😝

Kira-kira, apa lagi ya buku-buku yang menunjukkan kelezatan makanan?

Jangan lupa untuk cek semua koleksi buku di atas di Gramedia.com dan dapatkan diskon spesial yang menunggu kamu! Langsung cek di bawah ini ya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus