Rekomendasi Buku yang Ajak Kamu Masuk ke Berbagai Toko Ajaib

Rekomendasi Buku yang Ajak Kamu Masuk ke Berbagai Toko Ajaib

. 7 min read

Bagi para pecinta buku, pasti sudah tidak asing lagi dengan buku bergenre fantasi. Buku dengan genre ini, biasanya paling banyak digemari oleh banyak kalangan, karena mampu membawa kita ke dalam dunia khayalan yang menakjubkan, yang tidak benar-benar ada di kehidupan nyata.

Selain akan membawamu ke dalam imajinasi yang tak terbatas, membaca buku bergenre fantasi juga dapat memperluas wawasan kamu. Saat ini, sudah ada banyak sekali buku-buku yang mengusung tema fantasi yang terbit di Indonesia, mulai dari buku lokal karya penulis Indonesia, sampai buku terjemahan karya penulis luar negeri.

Nah, kali ini Admin mau kasih kamu rekomendasi buku-buku bergenre fantasi yang akan mengajak kamu menjelajahi ke berbagai toko ajaib.

Rekomendasi Buku yang Ajak Kamu Masuk ke Berbagai Toko Ajaib

1. Keajaiban Toko Kelontong Namiya (The Miracles of the Namiya General Store) - Keigo Higashino

Buku dari penulis asal Jepang ini menceritakan tentang kisah mengharukan bertabur imajinasi dan petualangan menyentuh hati, dari tiga pemuda bernama Atsuya, Shota, dan Kohei. Kisah ini bermula di suatu malam saat mereka berusaha kabur dan bersembunyi dari aparat kepolisian.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Toko Ajaib di Sini!

Ketiga sahabat itu menemukan sebuah toko kelontong yang sudah tak terurus dan tidak berpenghuni selama puluhan tahun. Setelah berhasil membobol toko tersebut dan bersembunyi di dalamnya, mereka menemukan surat-surat aneh dan misterius yang mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat yang ternyata berisi permintaan saran.

Ketika mereka tertarik untuk membalas surat tersebut, ternyata surat itu malah membawa mereka ke dalam sebuah petualangan melintasi waktu yang menakjubkan. Dari petualangan tersebut, mereka juga belajar banyak hal tentang kehidupan melalui cerita orang-orang yang menulis kisah hidupnya dalam surat.

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book di aplikasi Gramedia Digital >>> Keajaiban Toko Kelontong Namiya

2. Dollagoot: Toko Penjual Mimpi - Lee Mi Ye

Novel fantasi karya penulis asal Korea Selatan yang terbit pada tahun 2021 ini, menceritakan tentang kisah keseharian pemilik toko serta para pegawai yang bekerja di toko tersebut, dan beberapa kisah pelanggan yang membeli mimpi lewat Toko Penjual Mimpi tersebut.

Orang-orang yang membeli mimpi lewat toko ini biasanya karena mereka memiliki rasa penyesalan, penasaran, atau hanya karena iseng belaka dan ingin mencoba serta merasakan hidup orang lain lewat mimpi yang mereka beli tersebut.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Toko Ajaib di Sini!

Nah, yang lebih uniknya lagi adalah metode pembayaran yang digunakan di toko ini tidak dibayar dengan uang ataupun barter seperti metode pembayaran pada umumnya, namun dibayar menggunakan "reaksi atau perasaan" sang pembeli setelah bermimpi. Misalnya, seperti rasa berdebar, nyaman, tenang, dan lain sebagainya.

Selain idenya yang unik dan ceritanya yang ringan, buku ini juga bisa dibilang sangat seru dan cukup membuat senang para pembacanya, karena terdapat banyak perbedaan karakter dari para pegawai toko yang akhirnya membuat cerita ini terasa semakin lucu. Selain itu, di buku ini penulis juga menyelipkan beberapa nasihat serta banyak sekali pelajaran yang bisa kamu ambil dari buku ini.

3. Into the Magic Shop - James R. Doty, MD

Karya dari penulis asal Amerika ini merupakan buku memoar atau autobiografi yang menceritakan tentang kisah sang penulis sendiri, yaitu James R. Doty. Buku memoar biasanya menceritakan sebuah peristiwa, kenangan, atau pengalaman seseorang yang ditulis kembali ke dalam sebuah tulisan layaknya sebuah novel.

Tidak seperti buku-buku biografi pada umumnya, di buku ini James R. Doty yang merupakan seorang ahli bedah saraf, menceritakan tentang pengalaman hidupnya, dari yang bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang luar biasa.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Toko Ajaib di Sini!

Kisah ini bermula ketika James yang terlahir dari keluarga miskin dan unhealthy family, bertemu dengan seorang wanita paruh baya bernama Ruth di sebuah toko sulap bernama Cactus Rabbit Magic Shop, saat dirinya berusia 12 tahun. Dari pertemuan yang tidak disengaja di antara keduanya tersebut, Ruth selalu membantu serta mengajarinya beberapa hal agar hidupnya menjadi lebih baik lagi. Sejak saat itu, cara pandang James tentang masa depan pun ikut berubah.

Selain itu, melalui buku ini ia juga mengajak para pembaca untuk selalu melakukan yang namanya kebaikan, memberikan beberapa tips dan trik cara menaklukkan ketakutan dan kecemasan yang ada diri kita, serta bagaimana mengontrol emosi dan pikiran agar menjadi lebih positif.

4. Wizard Bakery - Gu Byeong Mo

Tidak seperti karya buku-buku bertemakan magic bakery pada umumnya, di mana berisikan cerita yang “light and sweet”, buku ini bisa dikatakan cukup unik karena penulis berani mengangkat isu-isu yang cukup berat, seperti tentang child-abuse, bullying, dan pelecehan seksual. Meskipun cerita ini mengangkat isu yang berat, penulis berhasil menuturkan kisah ini dengan cara yang sederhana, tanpa membuat perasaan pembaca ikut terpilu.

Cerita bermula ketika seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang tinggal di keluarga yang jauh dari kata harmonis, memilih untuk kabur dari rumah sebelum hidupnya semakin kacau. Di tengah aksi kaburnya, ia secara tidak sengaja memasuki sebuah toko roti aneh yang menjual roti serta kue yang tidak biasa, di mana terdapat kandungan sihir di dalamnya.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Toko Ajaib di Sini!

Dari ketidaksengajaan tersebut, akhirnya sekitar dua kali sehari, anak laki-laki ini akan mengunjungi toko roti tersebut entah untuk membeli roti atau semata-mata hanya untuk bersembunyi, agar ia tidak perlu makan malam dengan ibu tirinya. Anak tersebut meminta si pemilik toko untuk merahasiakan hal ini.

Selain itu, hal yang membuat buku ini unik adalah disediakan dua ending yang berbeda. Ada dua pilihan hidup yang berbeda yang bisa dipilih oleh para pembaca, tergantung mana yang lebih disuka dan mau menerima yang mana.

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book di aplikasi Gramedia Digital >>> Wizard Bakery

5. The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss - Kathryn Littlewood

Buku pertama dari seri The Bliss Bakery ini menceritakan kisah keluarga Bliss yang memiliki sebuah toko roti yang tak biasa di sebuah kota kecil bernama Calamity Falls, Amerika Serikat. Keluarga ini terdiri dari Purdy Bliss dan Albert Bliss beserta keempat anak mereka, yaitu Thyme (Ty), Rosemary (Rose), Sage, dan Parsley (Leigh).

rekomendasiBaca dah Masuk ke Toko Ajaib di Sini!

Kisah ini bermula ketika anak-anak tersebut diberikan tanggung jawab oleh kedua orang tuanya untuk menjaga resep rahasia Bliss Cookery Booke, selama mereka pergi untuk membuat kue bagi orang-orang yang terkena flu di luar kota selama satu minggu. Sebelum pergi, mereka sempat berpesan kepada anak-anak agar tidak mengizinkan siapa pun masuk dan tidak boleh ada sihir.

Namun, segalanya berubah ketika seorang wanita asing bernama Lily tiba-tiba datang dan mengaku sebagai bibi dari kerabat jauh keluarga Bliss. Rose yang mulanya bersikukuh untuk tetap menjaga buku resep ajaib itu, akhirnya luluh setelah didesak oleh saudara dan pesona bibinya, dan sepakat untuk bereksperimen dengan resep-resep di Bliss Cookery Booke. Dari situlah akhirnya mereka menimbulkan banyak masalah dan kekacauan di Calamity Falls.

Seri novel The Bliss Bakery belum usai sampai di sini saja, masih ada enam buku lanjutannya yang perlu kamu ikuti semua kisahnya! Temui semua buku tersebut di sini >>> The Bliss Bakery Trilogy

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book berbahasa Inggris di aplikasi Gramedia Digital >>> Bliss


Baca juga: Awas Batal Puasa! Ini 7 Rekomendasi Buku yang Tunjukkan Makanan Lezat


Nah, itulah beberapa rekomendasi dari Admin terkait buku-buku bergenre fantasi yang akan mengajak kamu menjelajahi ke berbagai toko ajaib. Eits, tapi jangan close artikelnya dulu ya, karena Admin masih akan memberikan rekomendasi buku lainnya yang memiliki tema serupa (walau tokonya tidak ajaib) dan tak kalah seru khusus untuk kamu!

6. Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) - Murata Sayaka

Buku ini menceritakan tentang seorang wanita berusia 36 tahun bernama Keiko Furukura, yang telah bekerja di sebuah minimarket selama hampir setengah usianya. Sejak kecil, Keiko dianggap tidak normal oleh orang-orang sekitarnya, termasuk keluarganya sendiri.

Ia selalu berusaha meyakinkan orang-orang tersebut jika mereka telah salah menilai Keiko. Sayangnya, sekeras apapun usaha yang dilakukan Keiko, ia tetap menjadi anak yang tidak normal di mata mereka.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Tokonya di Sini!

Karena sudah lelah meyakinkan orang-orang serta keluarganya tersebut, akhirnya Keiko pun memutuskan untuk menutup diri dan terus berusaha menjauh dari orang-orang di sekitarnya. Hingga suatu hari ia tertarik untuk bekerja di minimarket.

Hal yang menarik dari buku ini adalah sebagai seorang penulis, Murata mampu menggunakan pengalamannya yang pernah bekerja di minimarket menjadi ide untuk ceritanya ini. Hal ini membuat suasana minimarket terasa lebih realistis, dan pemilihan kata yang digunakan oleh penulis juga sangat cocok untuk cerita ini, sehingga pembaca bisa ikut tenggelam dalam karakter Keiko.

Buku ini juga bisa kamu baca dalam versi e-book di aplikasi Gramedia Digital >>> Gadis Minimarket

7. Toko Kelontong Selatan - Zhang Ji

Buku yang baru terbit di Indonesia baru-baru ini merupakan buku yang terinspirasi dari toko kelontong milik Ayah dari sang penulis itu sendiri. Toko tersebut menjual barang-barang yang berasal dari Selatan, mulai dari leci kering, kayu manis kering, sampai makanan laut.

rekomendasiBaca dah Masuk ke Tokonya di Sini!

Buku ini menceritakan sesosok pemuda belia dan lugu bernama Qiulin, yang tiba-tiba harus menjalani kehidupan magang di sebuah toko kelontong pedesaan, pada masa turbulensi reformasi di Tiongkok di tahun 1970-an, setelah ayahnya terlibat masalah politik yang berujung pidana.

Di sela-sela kesedihan dan kesulitannya beradaptasi di lingkungan dan kehidupan yang baru ini, Qiulin menemukan kebaikan-kebaikan kecil dari Pak Tua penjual tahu yang berhasil menguatkan jiwanya. Selain itu, pengetahuan dan kemampuan berbisnis dari ketiga gurunya di Toko Kelontong Selatan tersebut juga telah memberinya keyakinan untuk mulai menapaki dunia perdagangan lebih serius lagi.


Baca juga: Kenali Literatur Asia Timur Melalui Buku-Buku Ini


Grameds, dari rekomendasi buku-buku di atas, mana nih yang sudah masuk ke dalam daftar TBR (to be read) kamu?

Yuk, segera koleksi buku-bukunya dengan harga yang spesial dan lebih hemat hanya di Gramedia.com! Cek juga semua penawaran menarik lainnya di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: pinterest.com/myfangirlife

Penulis: Ikha Destryani