Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Rekomendasi Buku untuk Dukung Literasi Anak di Rumah!

10 Rekomendasi Buku untuk Dukung Literasi Anak di Rumah!

Peran aktif dalam pemenuhan hak anak untuk memperoleh pendidikan dan pengetahuan dapat dilakukan, salah satunya melalui literasi membaca. Melalui kegiatan membaca anak akan memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan kemampuan berbahasa yang baik.

Seperti yang kita ketahui, membaca menurut KBBI adalah aktivitas mengeja atau melafalkan hal yang tertulis, dan memahami isi dari apa yang tertulis tersebut. Sayangnya, keterampilan membaca tidak terjadi dengan sendirinya tapi perlu diupayakan.

Nah, mengapa keterampilan membaca tidak terjadi secara alamiah? Diketahui bahwa tidak ada bagian otak yang secara bawaan didedikasikan untuk belajar membaca. Sebaliknya, ada bagian otak yang digunakan untuk bahasa lisan dan pengenalan objek, yang kita gunakan untuk membaca, hal ini pernah disampaikan oleh Ibu Roosie Setiawan dalam ToT Read Aloud 2023.

Anak yang sejak dini diberi literasi membaca sesering mungkin akan tumbuh menjadi anak yang berpengetahuan luas dan memiliki pemahaman bahasa yang lebih baik. Kegiatan ini akan sangat membantu dalam mengaktivasi otak di area yang berhubungan visual, pengenalan objek dan pemahaman bahasa.

3 Kegiatan Literasi Membaca di Rumah yang Bisa Bunda Coba!

Untuk Bunda yang ingin membantu si kecil menambah kebiasaan literasinya, Bunda bisa mengikutu 3 kegiatan literasi membaca di rumah. Berikut beberapa kegiatan literasi membaca yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah dan menyenangkan!

1. Membacakan Buku dengan Nyaring

Membacakan buku dengan nyaring dapat membantu anak memperluas kosa kata dan pemahaman mereka tentang bahasa dengan lebih efeketif! Anak-anak belajar melalui mendengarkan dan meniru, sehingga mendengarkan orangtua membaca membantu mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pengucapan kata, struktur kalimat, dan penggunaan bahasa yang benar.

2. Bookish Play

Bookish play melibatkan penggunaan buku sebagai bahan bermain dan eksplorasi kreatif. Dengan menggabungkan unsur bermain ke dalam literasi, anak cenderung lebih tertarik dan terlibat dalam membaca buku. Bookish play akan membantu menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan positif seputar buku, sehingga meningkatkan minat anak dalam membaca.

3. Mengajak Anak Berdiskusi

Melalui diskusi, anak dapat memperdalam pemahaman mereka tentang cerita, karakter, dan konsep yang ada dalam buku. Diskusi memungkinkan mereka untuk mengungkapkan pemikiran, mengajukan pertanyaan, dan berbagi interpretasi mereka. Ini membantu anak memperluas wawasan mereka dan melihat berbagai sudut pandang dalam membaca.

Itu dia beberapa kegiatan literasi membaca yang bisa Bunda coba di rumah. Selain menerapkan semua kegiatannya, jangan lupa untuk memberikan si kecil buku-buku terbaik! Untuk mendapatkan buku anak terbaik, Bunda bisa cek deretan buku dari Gramedia.com!

10 Rekomendasi Buku untuk Dukung Kegiatan Literasi Anak di Rumah

Ingin bangun kebiasaan anak cinta membaca? Grameds bisa menambah koleksi buku anak melalui Gramedia.com atau secara digital lewat Gramedia Digital.  Berikut 10 rekomendasi buku untuk mendukung kegiatan literasi membaca menyenangan dirumah.

1. My First Book Colors

Buku jenis boardbook yang bertujuan mengenalkan konsep warna. Terdiri atas 24 halaman dan menjelaskan tentang 10 warna beserta contoh objek benda yang ada disekitar. Anak bayi belum bisa ngomong, emang ngerti dibacain buku?

rekomendasiBeli Sekarang!

Nah, disinilah pengayaan bahasa dan kosakata dilakukan sedini mungkin, sejak mereka bayi. Untuk anak usia 1 tahun keatas, aktivitas membaca buku ini dapat dikreasikan dengan kegiatan bermain. Misalnya mengajak anak menemukan warna atau benda serupa yang ada dirumah.

2. Jojo si Jerapah Suka Menolong

Pecinta buku anak, tentu tidak asing lagi dengan karya-karya Watiek Ideo yang selalu menghadirkan cerita dari sudut pandang dan dunia anak. Seri cerita untuk membangun karakter ini hadir dengan tokoh animasi hewan yang tentu akan disukai anak, sedikit text dan didominasi dengan gambar serta warna menarik. Dapat dibaca bersama anak usia 2 tahun keatas.

rekomendasiBeli Sekarang!

Dalam buku ini dikisahkan Jojo si Jerapah sangat ringan tangan membantu temannya. Buku ini tidak hanya memberikan pesan moral agar anak punya empati dalam menolong sesama, tapi juga akan belajar mengenai bentuk, warna, dan juga benda-benda yang ada disekitar.

3. Aku Sayang Semuanya

Ilustrasi buku ini sangat cantik! Jenis picture book seperti Seri Pembaca Kecil ini selalui disukai oleh anak, karena untuk anak usia balita memang lebih cenderung senang melihat gambar dibanding teks. Namun, dari sinilah awal mereka akan menyukai membaca buku jika diberikan buku yang tepat sesuai kebutuhannya. Melalui buku ini anak diajak untuk mengenal dan menyayangi anggota keluarga, tetangga dan lingkungannya.

rekomendasiBeli Sekarang!

Selain itu, buku ini juga dapat digunakan untuk mengajak anak berdiskusi mengenai kegiatan kegiatan sehari-hari dan mengenal urutan kejadian. Wah, ternyata konsep matematika sederhana dalam keseharian bisa kita ajarkan ya lewat buku.

4. Cerdas Mengelola Sikap : Kutu-Kutu di Bulu Bili

Ingin megajarkan hal yang baik sama anak tapi kadang susah menyampaikannya? Nah Grameds bisa lakukan pendekatan melalui membaca buku ini bersama anak. Tokoh yang bernama Bili sangat suka bermain, tapi sayang dia sangat malas dan enggan untuk mandi. Padahal setiap hari Mama mengingatkan Bili untuk mandi dan seperti biasa Bili tidak mengikuti anjuran Mama.

rekomendasiBeli Sekarang!

Suatu hari badan Bili terasa gatal karena banyaknya kutu yang menempel dibulunya. Sejak saat itu Bili menyadari bahwa sikapnya selama ini tidak baik dan diapun mengetahui bahwa mandi membuat badan bersih dan segar. Di akhir halaman anak diajak untuk mewarnai, menghitung jumlah kutu, mencari perbedaan, menemukan bayangan, menyusun puzzle, dan juga mempelajari ekspresi Bili. Seru banget ya Grameds, 1 buku tapi bisa melakukan banyak literasi membaca bersama anak.

5. Cerita Bijak untuk Anak

Literasi membaca sejatinya tidak hanya untuk pemenuhan hak anak tapi juga untuk membantu menumbuhkan karakter yang baik pada anak. Buku yang terdiri dari 72 halaman ini dikemas dalam  5 cerita. Masing-masing cerita memiliki pesan moral untuk senantiasa bersikap jujur, rendah hati, disiplin, bertanggung jawab, dan mau bekerja keras. Hal lain yang menarik dibuku ini adalah aktivitas untuk mengajak anak memecahkan masalah, menebak huruf yang hilang, dan beragam aktivitas lainnya.

rekomendasiBeli Sekarang!

6. Goodnight, Goodnight Construction Site

Anak lagi suka banget di kendaraan-kendaraan konstruksi? Jika demikian, buku ini wajib ada di rak koleksi. Dikemas dengan cerita sangat menarik mengenai cara kerja kendaraan-kendaraan konstruksi di lokasi proyek. Buku ini terdiri atas 39 halaman dan anak akan disuguhi dengan beragam jenis kendaraan konstruksi mulai dari Truk derek, truk pengangkut, eskavator, dan kendaraan lain yang terlibat dengan masing-masing fungsinya agar pekerjaam dapat diselesaikan tepat waktu.

rekomendasiBeli Sekarang!

7. Sejuta Warna Pelangi

Tidak perlu diragukan lagi, buku Clara Ng selalu punya tempat dihati dengan cerita-ceritanya yang selalu penuh kehangatan. Banyak kalimat indah yang disuguhkan dalam buku ini, salah satu diantaranya tentang arti cinta seperti di bawah ini!

“Cinta adalah matahari  yang berwarna keemasan di langit membangunkan kamu. Bersama angin semilir yang sepoi-sepoi, cinta tersenyum menyapa fajar!”

Sembilan cerita penuh hangat terlalu sayang untuk dilewatkan dari buku ini dan 224 halaman mungkin akan terasa kurang untuk dibaca bersama anak.

rekomendasiBeli Sekarang!

8. Buku Pertamaku: Dinosaurus

Ingin menambah variasi jenis buku seperti buku referensi tapi tetap menyenangkan untuk dibaca? Buku ini adalah pilihan yang tepat. Hampir semua anak menyukai kisah dinosaurus dan mereka selalu penuh rasa ingin tahu mengenai jenis dinosaurus dan bentuknya.

rekomendasiBeli Sekarang!

Terdiri atas 56 halaman, buku ini menceritakan secara rinci awal mula munculnya dinosaurus, jenis-jenis yang ada di darat maupun dilaut, hingga penyebab kepunahannya. Meski ini termasuk jenis buku referensi yang cukup padat dengan kalimat, nami ilustrasi yang menarik menjadi daya pikat anak untuk menikmati cerita dinosaurus hingga akhir halaman

9. Lima Sekawan: Menyamarkan Teman

rekomendasiBeli Sekarang!

Punya anak yang sudah mulai memasuki fase menyukai buku dengan teks yang panjang? Maka buku karya Enyd Blyton bisa jadi pilihan dan hampir seluruh karyanya sangat legendaris disukai oleh anak-anak bahkan dewasa. Cerita petualangan dan penuh misteri menjadi daya tarik Seri Cerita Lima Sekawan. Grameds bisa mengajak ananda berdiskusi dan mencoba menebak misteri-misteri yang diceritakan dalam buku.

10. Antologi Cerita Anak Muslim di Mancanegara

Buku ini merupakan kompilasi 6 cerita dari pengalaman para penulisnya menempuh pendidikan di luar negeri. Cerita yang dibagikan sangat bagus untuk menambah dan memperkaya wawasan anak mengenai kehidupan sekolah anak-anak diluar negeri. Sama halnya dengan koleksi Enyd Blyton, buku ini direkomendasikan untuk anak yang telah menyukai cerita-cerita berupa teks, tanpa warna dan sangat minim dengan gambar.

rekomendasiBeli Sekarang!


Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Melatih Kreativitas Anak Saat Liburan Sekolah


Demikian 10 rekomendasi buku untuk memperkaya literasi membaca anak. Masih banyak lagi pilihan buku yang menarik untuk dikoleksi dari Gramedia. Kendala jarak yang jauh untuk mengakses buku yang berkualitas tidak lagi menjadi penghalang karena dapat dilakukan setiap saat baik melalui Gramedia.com atau secara digital lewat Gramedia Digital.


Sumber header: canva

Penulis: Farah


Enter your email below to join our newsletter