Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Rekomendasi Buku untuk Melatih Kreativitas Anak saat Liburan Sekolah

5 Rekomendasi Buku untuk Melatih Kreativitas Anak saat Liburan Sekolah

Liburan sekolah menjadi hal yang paling dinanti-nantikan oleh anak setelah menyelesaikan satu semester yang sibuk dengan pelbagai kegiatan akademik. Mereka bisa bermain sepuasnya, tidur lebih banyak, berwisata bersama keluarga, dan banyak lagi aktivitas yang biasanya tidak bisa dilakukan dengan leluasa selagi masa sekolah.

Tapi kepikiran nggak, sih, Grameds, bagaimana ya kalau Si Kecil malah jadi terlena dan lebih banyak bermain? Terkadang orang tua merasa khawatir tidak dapat mengakomodir si kecil dengan sesuatu yang dapat melatih kreativitas anak seperti yang mereka dapatkan saat di sekolah. Apakah Grameds juga merasa demikian?

Sesungguhnya, melatih kreativitas anak tidak melulu hanya dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan akademik saja. Peran keluarga di rumah justru berpengaruh besar untuk membentuk pribadi dan karakter anak yang aktif, mandiri, dan kreatif. Seorang anak yang kreatif mampu menghasilkan ide baru, menghadapi tantangan dengan solusi yang inovatif, serta mengekspresikan diri melalui berbagai bentuk kreasi.

Kesemuanya bisa dibentuk dan dilatih dengan bermain sambil beraktivitas di rumah. Seperti apa, sih, cara yang dapat orang tua lakukan untuk melatih kreativitas pada anak? Ikuti rekomendasi di bawah, ya, Grameds.

5 Tips Melatih Kreativitas Anak

1. Beri Kesempatan Eksplorasi

Rumah adalah tempat ternyaman bagi si Kecil untuk menjadi dirinya sendiri, termasuk untuk memuaskan apa pun yang menggelitik rasa penasarannya. Jadi, jangan buru-buru meninggikan suara ketika melihat si Kecil sibuk di dapur dengan tepung terigu yang berhamburan di lantai, ya, Grameds.

Si Kecil mungkin sedang mencoba untuk membuat sendiri adonan pancake favoritnya. Dengan arahan yang baik, aktivitas ini juga bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya karena berhasil menciptakan sesuatu yang ia sukai tanpa merepotkan ayah atau ibu.

2. Hindari Larangan Sebisa Mungkin

Mungkin terdengar tidak biasa, apalagi jika Grameds melihat si Kecil melakukan aktivitas yang cenderung beresiko atau kecil kemungkinan berhasilnya. Namun serta merta memberikan larangan seringkali malah menghambat daya kreativitas si Kecil, lho. Biarkan si Kecil mencoba dan melakukan kesalahan, karena ini merupakan bagian dari proses kreatif.

Alih-alih melarang si Kecil menggunakan korek api, Grameds bisa memandunya cara memakai korek api yang benar sekaligus menginformasikan manfaat serta bahaya api, agar si Kecil nanti paham akan pentingnya kehati-hatian saat berhadapan dengan api.

3. Tidak Pelit Pujian

Jadilah pendukung yang suportif bagi si Kecil melalui penghargaan dan pujian tulus, sekalipun hasil yang diperolehnya belum sempurna, ya, Grameds. Bangun kepercayaan dirinya melalui apresiasi di tiap proses yang telah dilakukannya, dengan kata-yang membangun dan memotivasi. Dengan berfokus pada usaha dan proses kreatif, si Kecil akan menjadi semangat untuk mencoba berkreasi lagi dengan lebih baik di lain waktu.

4. Berikan Informasi Sebanyak-banyaknya

Pengetahuan dan informasi tentunya akan memperkaya kreativitas dan pola berpikir si Kecil. Karenanya, jangan lelah mendukung si Kecil dengan memberikan wawasan yang beragam. Tapi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan umur si Kecil, ya, Grameds. Grameds bisa melakukannya dengan mengajak si Kecil membuat camilan sore, berkebun di belakang rumah, membacakan buku-buku seru dari Gramedia.com, atau bahkan sekedar bermain ular tangga bersama.

5. Jadilah Contoh yang Baik

Orang tua adalah role model terbaik bagi si Kecil. Dengan selalu menunjukkan minat dan dedikasi terhadap kegiatan kreatif, niscaya si Kecil akan terpacu untuk mengikuti. Ingat, si Kecil adalah peniru ulung! Grameds dapat berbagi pengalaman pribadi dalam berkreativitas ataupun membuat project bersama. Dan yang paling penting, jangan bosan dengan sejuta pertanyaan yang dilempar si Kecil, ya šŸ˜Š

Setelah menyimak kiat-kiat di atas, Grameds tidak perlu khawatir lagi. Si Kecil tetap bisa aktif dan kreatif meskipun sedang libur sekolah. Nah, untuk menambah keseruan, simak rekomendasi buku aktivitas untuk mendukung dan melatih kreativitas anak-anak berikut, yuk!

5 Rekomendasi Buku Aktivitas Anak yang Mendukung Kreativitas

1. Seri Kreativitas: Main, Yuk!

Buku aktivitas seru dari penerbit Mizan ini memiliki lebih dari 135 aktivitas menarik. Mulai dari menggunting, melipat, menempel, menggambar, melukis, merakit, dan mengikat yang kesemuanya mendukung perkembangan motorik anak. Seri Kreativitas: Main, Yuk! juga menyediakan tema yang beragam, seperti agama Islam, sejarah, seni, binatang, tumbuhan, teknologi, dan alam semesta. Sangat seru!

rekomendasiBeli Sekarang!

2. Smart Princess: Asah Logika & Kreativitas

Seorang princess yang baik itu tidaklah hanya cantik dan baik, tapi ia harus smart! Ajak si Kecil merasakan keseruan menjadi Princess yang cantik dan kreatif bersama buku aktivitas terbitan Elex Media Komputindo bertajuk Smart Princess: Asah Logika dan Kreativitas. Dengan lembar latihan yang mudah diikuti, serta karakter dan layout yang menarik, liburan pasti jadi makin mengasyikkan.

rekomendasiBeli Sekarang!

3. Opredo Creative Workbook: Gunting & Tempel Level Sulit

Menggunting dan menempel adalah cara efektif untuk melatih motorik halus si Kecil dan menyiapkan jemarinya untuk memegang alat tulis di fase menulis nanti. Opredo Creative Workbook: Gunting & Tempel Level Sulit membantu si Kecil dengan aktivitas mengguting dan menempel yang menyenangkan.

rekomendasiBeli Sekarang!

Aneka bentuk makanan, kendaraan, binatang dan gambar ilustrasi yang lucu, siap menemani si Kecil bermain sambil belajar. Pssttā€¦ Ā Jika si Kecil berhasil menyelesaikan aktivitas di Ā semua halaman, Ā akan ada topeng seru buatan sendiri di akhir halaman yang dapat digunakan bermain, lho!

4. Pinkfong Baby Shark - Buku Kreativitas Dinosaurus

Dino lovers berkumpul! Yuk, temui beragam jenis dinosaurus sambil bernyanyi dan bermain gembira bersama Pinkfong. Aneka aktivitas permainan yang dilengkapi gambar aktual serta model 3D ini akan mengajak si Kecil menjelajah dunia dinosaurus yang mengagumkan. Ditemani karakter Pinkfong yang imut, si Kecil akan belajar dan beraktivitas dengan metode yang menarik. Oh iya, ada 4 halaman stiker keren juga, lho, di dalamnya!

rekomendasiBeli Sekarang!

5. Siapa yang Kaulihat? - Buku Aktivitas Cari dan Temukan

Beberapa karakter Disney dan Pixar hilang! Ajak si Kecil berpetualang di dalam dunia Disney yang menakjubkan sambil mencari Woody, Moana bahkan Dumbo. Tentunya, ada banyak keseruan yang bisa si Kecil temukan secara detail mengenai cerita dongeng Disney populer di buku ini.

Buku aktivitas terbitan Gramedia Pustaka Utama ini memiliki banyak rahasia yang seru untuk diungkap, sekaligus memberikan edukasi dan hiburan yang menunjang imajinasi si Kecil. Berpetualang bersama Disney? Siapa takut!

rekomendasiBeli Sekarang!

Mendorong kreativitas pada anak dapat membantu mereka menjadi individu yang lebih kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menghadapi tantangan kehidupan. Didukung dengan buku-buku aktivitas seru untuk melatih kreativitas anak seperti di atas, waktu liburan si Kecil pasti jadi makin mengasyikkan. Yuk, dapatkan semua bukunya di Gramedia.com!


Sumber foto header: livetheadventureletter.com

Penulis: Retno D. Setyarini


Enter your email below to join our newsletter