Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

10 Rekomendasi Buku untuk Mempelajari Public Speaking

10 Rekomendasi Buku untuk Mempelajari Public Speaking

Bicara mungkin memang perkara mudah, tapi berbicara di depan publik nyatanya tidak sama mudahnya. Dengan ragam alasan, berbicara di hadapan publik menjadi momok bagi mereka yang kurang merasa percaya diri.

Padahal, public speaking merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang karier seseorang. Jika diperhatikan, orang-orang yang menduduki jabatan tinggi di sebuah instansi atau perusahaan adalah mereka yang memiliki kemampuan public speaking.

Namun tidak perlu khawatir, karena selalu ada kesempatan untuk mereka yang haus untuk belajar, 10 buku ini adalah rekomendasi terbaik untuk mulai belajar public speaking.

10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Public Speaking

1. Cepat & Mudah Lancar Public Speaking

Sekarang, public speaking atau berbicara di depan publik menjadi satu keahlian yang tampaknya harus dimiliki setiap orang. Pasalnya, kita kadang dituntut untuk berbicara di hadapan banyak orang, entah saat presentasi, rapat, di sebuah acara pesta, hingga didapuk menjadi pembawa acara.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Namun, apa jadinya jika kita tidak tahu bagaimana cara public speaking yang baik dan benar? Mematung, melarikan diri, atau belajar dari sekarang yang akan kamu pilih? Pastinya menerima tantangan dan terus belajar ya, Grameds!

Buku yang disusun sistematis ini cocok menjadi teman belajarmu. Selain memberikan pemahaman, di dalamnya kamu juga akan temukan tips dan trik untuk mengatasi hambatan yang mungkin terjadi seperti rasa takut saat berbicara di depan publik. Pelajari buku ini dan jadilah seorang ahli public speaking!

2. Lancar Berbicara, Mahir Berdebat, Terampil Menaklukkan Lawan

bukuDapatkan Bukunya di Sini!


Untuk dapat menyampaikan ide-ide yang menjadi jawaban atas permasalahan, rasanya keahlian komunikasi harus jadi prioritas. Hal ini karena bukan hanya isi pesan yang harus diperhatikan, cara penyampaiannya pun tidak kalah penting.

Buku ini akan mengajak kamu untuk menemukan potensimu khususnya di bidang komunikasi, seperti bagaimana caranya menjadi pribadi yang penuh percaya diri, cara mengatasi rasa gugup, cara berbicara yang berwibawa, caranya untuk menjadi the center of attention alias pusat perhatian, hingga cara membaca pikiran lawan bicaramu. Terdengar sangat menarik ya, Grameds?

3. Mudah dan Cepat Kuasai Public Speaking

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Kamu pernah mendengar istilah demam panggung? Demam panggung adalah sebutan untuk gangguan psikis seperti rasa khawatir, cemas, panik, atau takut berlebihan saat tampil di depan banyak orang.

Fyi, keahlian berbicara di depan umum atau public speaking dapat dipelajari. Bukan hanya soal bakat, tapi ini tentang kemauan untuk mengembangkan keterampilan. Nah, melalui buku ini kamu akan mempelajari bagaimana seorang pembicara dapat diminati oleh massa, dan juga acuan untuk membuat naskah pidato yang apik.

4. Cara Sukses Public Speaking

bukuDapatkan Bukunya di Sini!


Berbicara di depan publik adalah kebutuhan setiap manusia. Suka ataupun tidak suka, cepat ataupun lambat, setiap orang akan mengahadapi situasi di mana ia "dipaksa" untuk berbicara di depan umum. Kita tahu, berbicara di depan publik ini tidak bisa dianggap remeh, karena nyatanya ia sangat berpengaruh untuk keberlangsungan karier dan citra diri kita.

Maka segala hambatan yang hadir untuk bisa berbicara di depan publik dengan baik, rasanya patut untuk dihadapi. Dengan bekal pengetahuan mengenai bagaimana cara berbicara dengan baik di depan orang banyak meski lutut terasa gemetar dan hal lainnya dari buku ini, kamu akan siap memulai citra diri yang lebih  baik. Ditambah dengan dua bonus bab yang akan semakin membantu kamu menjadi pembicara yang keren dan andal!

5. Lancar Berbicara: Practical Public Speaking with EFT

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk menjawab tantangan masa kini dan yang akan datang. Akan tetapi, berbicara di depan umum (public speaking) bukanlah perkara yang mudah, sebab ada beberapa tantangan yang harus kamu lewati sehingga kualitas berkomunikasi kamu naik level.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Kalau kamu masih sering gemetar, takut, kurang percaya diri, dan grogi, saat berbicara di depan umum maupun berbicara dengan orang baru, itu artinya kemampuan berbicara kamu belum matang dan seni berbicara kamu belum terbentuk dengan sempurna.

Melalui metode EFT (Emotional Freedom Techniques), kamu akan dibimbing dengan bahasa yang inspiratif dan lugas agar mampu menemukan keberanian dan rasa percaya diri untuk berbicara di segala situasi dan kondisi. Saatnya upgrade skill public speaking-mu!

6. Jangan Minta Maaf!: Public Speaking and Communication Skills

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Kemampuan berbicara di depan umum harus dimiliki setiap orang, walaupun mereka bekerja di luar profesi yang membutuhkan kemampuan berbicara. Dengan kemampuan ini, seseorang mampu menyampaikan ide yang terkurung di dalam pikirannnya dengan berkesan.

Berbicara di hadapan publik bukan saja tentang pesan yang disampaikan, tapi juga pemilhan kata yang tepat, cara penyampaian yang powerful, dan intonasi yang pas adalah pelengkap yang tak boleh ketinggalan dan menjadi perhatian utama. Hal-hal mendetail dari public speaking lainnya akan kamu temukan di buku ini. Yuk, bersiap untuk mendapatkan segala manfaat dari menguasai public speaking!

7. Anti Panik Berbicara di Depan Umum

Menguasai ilmu public speaking semakin penting rasanya karena mampu membuka banyak peluang menguntungkan. Tapi, tahukah kamu kalau pembawa acara, MC, presenter, orator, dan protokol ternyata berbeda?

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Penulis akan memandu kamu untuk melenyapkan rasa takut berbicara, juga membekali kamu dengan keterampilan berbahasa, pengetahuan seputar ragam acara dan segala hal yang harus dipersiapkan.

Berpidatolah hingga meninggalkan kesan mendalam bagi audiens, speak like a CEO. Karena di dalamnya kamu juga akan menemukan pidato-pidato yang mengubah dunia, mulai dari pidato untuk peringatan suka cita, hingga pidato pada momen berkabung.

8. Bicara Itu Ada Seninya

Berbicara tentu sebenarnya mudah, tapi ada seni yang harus diterapkan agar dapat berubah menjadi skill yang baik dalam memenangkan persaingan untuk mendapatkan hati para pendengarnya.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Oh Su Hyang sebagai pakar komunikasi, melahirkan buku yang sarat akan teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi. Ia mengupasnya secara tuntas sampai ke faktor-faktor kecil namun krusial seperti intonasi, artikulasi, dan efisiensi kata.

Menurut Oh Su Hyang, seseorang yang mahir berbicara akan lebih sukses daripada yang lainnya. Setiap bagian dari buku ini akan membangun kepercayaan dirimu secara perlahan namun pasti.

9. Public Relation Itu “Dipraktekin”

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Bicara public speaking tentu erat kaitannya dengan public relation. Tidak hanya mengajarkan bagaimana seharusnya kita berbicara kepada publik, buku ini juga mengajarkan bagaimana pentingnya mengerti siapa audiens kita sebenarnya.

Dengan halaman yang penuh warna, buku dari Tim Westfix ini begitu terasa ringan untuk dibaca karena penyampaiannya yang juga singkat, padat, namun jelas. Buku ini akan membuatmu paham bahwa inti dari segala ketidakpercayaan diri kita setelah membaca berbagai tips adalah karena tidak dipraktekkan. Buku ini pun dapat menjadi obat yang tepat untuk ketidakpercayaan diri itu.

10. Tips & Trik Public Speaking

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Surya Fazar akan membuatmu menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan agar kemampuan berbicara di depan public dapat lebih baik. Mulai dari persiapan sebelum naik ke atas panggung, menjaga kepercayaan diri, hingga menjaga antusiasme audiens. Surya Fazar juga akan membagikan tips & trik dalam melakukan ice breaking agar suasana kembali lebih kondusif.


Baca juga: Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik


Sadari jika dirimu adalah public figure bagi kalanganmu, sadari bahwa kesan yang kita bawa, akan memengaruhi pandangan mereka setelahnya.

Itu dia 10 rekomendasi buku yang bisa kamu pilih untuk mulai mendalami skill dalam public speaking.

Jadi, buku mana yang akan kamu pilih? Buku mana pun itu, check out langsung bukunya hanya di Gramedia.com!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber header foto: Unsplash

Penulis: Meutia Ersa Anindita, Siti Rochmawati


Meutia Ersa Anindita

Meutia Ersa Anindita

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus