Public Speaking itu Penting, 5 Buku Ini Bisa Jadi Solusinya

Public Speaking itu Penting, 5 Buku Ini Bisa Jadi Solusinya

. 3 min read

Bicara mungkin memang perkara mudah, tapi berbicara di depan publik nyatanya tidak sama mudahnya. Dengan ragam alasan, berbicara di hadapan publik menjadi momok mereka yang kurang merasa percaya diri.

Padahal, public speaking merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang karier seseorang. Karena faktanya jika diperhatikan, orang-orang yang menduduki jabatan tinggi di sebuah instansi atau perusahaan adalah mereka yang memiliki kemampuan public speaking.

Namun tidak perlu khawatir, karena selalu ada kesempatan untuk mereka yang haus untuk belajar, 5 buku ini adalah rekomendasi terbaik untuk mulai belajar public speaking.

1. My Public Speaking

12 tahun menjadi seorang public speaker membawa Hilbram Dunar sebagai seorang yang pandai dalam berbicara. Kariernya terus meroket dan membawanya kepada sejumlah radio ternama di Indonesia seperti Hard Rock FM, Cosmopolitan FM, dan radio-radio lainnya. Tak sampai disitu, ia pun kerap kali menjadi host dalam sejumlah program televisi.

Dalam buku My Public Speaking, kamu akan mendapatkan kiat jitu yang tepat untuk tampil maksimal dalam berbagai kesempatan, seperti seminar, menginformasikan berita, bahkan menjual produk. Termasuk kepada bagaimana cara bertanya, menjawab, dan penggunaan bahasa tubuh yang meyakinkan.

publicspeaking

2. The Power of Public Speaking

Charles Bonar Sirait menjadi salah satu host ternama yang berbagi resep rahasia menjadi seorang public speaker yang baik dalam sebuah buku yang diberi judul The Power of Public Speaking.

Dalam bukunya yang terbit pada 2016 lalu ini, ia juga mengungkapkan beberapa kesalahan yang pernah ia buat dan sikap-sikap yang harus dihindari pada saat berbicara di hadapan publik.

publicspeaking

3. Tip & Trik Public Speaking

Surya Fazar akan membuatmu menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan agar kemampuan berbicara di depan public dapat lebih baik.

Mulai dari persiapan sebelum naik ke atas panggung, menjaga kepercayaan diri, hingga menjaga antusiasme audiens. Surya Fazar juga akan membagikan tips & trik dalam melakukan ice breaking agar suasana kembali lebih kondusif.

Sadari jika dirimu adalah public figure bagi kalanganmu, sadari bahwa kesan yang kita bawa, akan memengaruhi pandangan mereka setelahnya.

publicspeaking

4. Bicara Itu Ada Seninya

Berbicara tentu sebenarnya mudah, tapi ada seni yang harus diterapkan agar dapat berubah menjadi skill yang baik dalam memenangkan persaingan untuk mendapatkan hati para pendengarnya.

Oh Su Hyang sebagai pakar komunikasi, melahirkan buku yang sarat akan Teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi. Ia mengupasnya secara tuntas sampai ke faktor-faktor kecil namun krusial seperti intonasi, artikulasi, dan efisiensi kata.

Menurut Oh Su Hyang, seseorang yang mahir berbicara akan lebih sukses daripada yang lainnya. Setiap bagian dari buku ini akan membangun kepercayaan dirimu secara perlahan namun pasti.

publicspeaking

5. Public Relation itu "Dipraktekkin"

Bicara public speaking tentu erat kaitannya dengan public relation. Tidak hanya mengajarkan bagaimana seharusnya kita berbicara kepada publik, buku ini juga mengajarkan bagaimana pentingnya mengerti siapa audiens kita sebenarnya.

Dengan halaman yang penuh warna, buku dari Tim Westfix ini begitu terasa ringan untuk dibaca karena penyampaiannya yang juga singkat, padat, namun jelas.

Buku ini akan membuatmu paham bahwa inti dari segala ketidakpercayaan diri kita setelah membaca berbagai tips adalah karena tidak dipraktekkan. Dan buku ini dapat menjadi obat yang tepat untuk ketidakpercayaan diri itu.

publicspeaking


Itu dia 5 rekomendasi buku yang bisa kamu pilih untuk mulai mendalami skill dalam public speaking.

Jadi, buku mana yang akan kamu pilih? Buku mana pun itu, check out langsung bukunya di Gramedia.com!


Sumber header foto: Thenicl.com