Berbagai Fiksi Menarik untuk Dibaca di Hari Ibu

Berbagai Fiksi Menarik untuk Dibaca di Hari Ibu

. 3 min read

Berbeda dari negara-negara lain, hari ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember di Indonesia.

Perayaan hari ibu di negeri ini sudah ada sejak tahun 1953. Awalnya, hari ibu ditujukan untuk merayakan semangat perempuan Indonesia dan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Pada perkembangannya, hari ibu dijadikan sebagai hari spesial untuk menunjukkan kasih sayang kepada para ibu. Ada yang memberi kado, menghabiskan waktu bersama ibu atau berkomunikasi jarak jauh dengan ibu karena tak bisa bertemu.

Di hari yang spesial ini, Gramedia.com akan memberikan rekomendasi beberapa buku fiksi yang mengangkat cerita tentang ibu untukmu.

Semoga bacaan-bacaan ini mampu menghangatkan dan menyegarkan kembali ingatanmu akan kasih sayang seorang ibu, ya!

1. Dua Ibu

buku

Dua Ibu merupakan novel karya Arswendo Atmowiloto. Buku ini berisi kisah tentang kisah kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya.

Menariknya, sosok ibu dalam novel ini diceritakan membesarkan anak-anak yang juga bukan anak kandungnya. Namun, ia menyayangi anak-anak tersebut seperti anaknya sendiri.

Lewat buku ini, Arswendo menyampaikan pesan kepada calon pembaca, "Mereka yang merasa tidak pernah dilahirkan seorang ibu, dilarang keras membaca buku ini."

2. Little Women - Gadis-Gadis March

Little

Novel fiksi klasik Little Women bercerita kehidupan keluarga March dengan 4 anak perempuan yang tinggal di Amerika Serikat pada abad ke-19. Tokoh ibu dalam novel ini adalah Margaret March atau biasa dipanggil Marmee oleh putri-putrinya.

Meskipun novel ini tak secara khusus mengangkat cerita tentang ibu, Marmee sebagai sosok ibu dalam novel ini patut dijadikan teladan. Di tengah situasi perang dan finansial yang terbatas, Marmee tetap memberikan putri-putrinya cinta dan dukungan.

3. Ibuk

Ibuk

Buku Ibuk yang ditulis oleh Iwan Setyawan ini berhasil menjadi national best-seller. Dalam buku ini, sosok ibuk yang bernama Tinah hidup berkeluarga dan memiliki lima orang anak dalam kondisi keterbatasan.

Berbagai permasalahan hidup dihadapinya dengan kuat seperti angkot yang sering rusak, rumah yang bocor di kala hujan hingga biaya pendidikan anak yang besar. Ibuk rela bekerja keras untuk kehidupan anak-anaknya yang lebih baik.

4. Ke Mana Kau Pergi, Bernadette?

Ke

Buku Ke Mana Kau Pergi, Bernadette? merupakan novel terjemahan yang juga telah diangkat ke layar lebar dan tayang pada Agustus 2019. Bee adalah seorang putri yang meminta hadiah liburan ke Antartika kepada keluarganya.

Bernadette, ibunya yang menderita agorafobia, awalnya heboh melakukan persiapan tetapi tiba-tiba menghilang pergi entah kemana. Buku ini mengangkat cerita tentang sebuah keluarga yang mencari jati diri dan kekuatan cinta anak kepada sosok ibunya yang tak sempurna.

5. I Love You Mom (Edisi Baru)

I

I Love You Mom (Edisi Baru) berisi kumpulan cerita tentang ibu seperti kisah anak penjual bunga, surat ibu kepada anaknya dan rumah sederhana sebuah keluarga.

Buku ini akan membawamu kepada kenangan masa kecil yang tak terlupakan. Kamu juga bisa menceritakan isi buku ini kepada anak-anak karena ceritanya yang ringan serta ilustrasinya yang menarik.


Sumber foto header: Shutterstock