Merayakan Hari Ibu Nasional, Ini Rekomendasi Buku untuk para Ibu Hebat

Merayakan Hari Ibu Nasional, Ini Rekomendasi Buku untuk para Ibu Hebat

. 5 min read

Ibu merupakan sosok paling berharga, selalu menjadi pondasi utama, penyemangat raga, hingga penopang lara. Ibu adalah segala-galanya bagi kita semua. Maka dari itu, setiap tahunnya kita merayakan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember untuk memberikan rasa cinta kasih kepada sosok ibu yang luar biasa.

Pada hari spesial ini, sebagian orang merayakannya dengan memberikan hadiah, membuat kue bersama, atau bahkan berlibur ditempat yang indah. Peran ibu yang sangat berharga, bisa juga kamu jadikan momentum untuk mengetahui sejarah singkat penetapan Hari Ibu Nasional.

Sejarah Singkat Penetapan Hari Ibu Nasional

Dikutip dari situs resmi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA), Hari Ibu ditetapkan pada tanggal 22 Desember dengan sejarah yang cukup panjang.

Hal ini karena pergerakan perempuan di Indonesia akan tatanan patriarkinya sudah sangat melekat sejak dahulu kala. Kaum perempuan seringkali ditindas atas nama hukum adat dan hukum agama di berbagai budaya masyarakat Indonesia.

Hingga pada akhirnya, era kolonial semakin mengganas karena pada era ini para perempuan tidak hanya dijajah oleh feodalisme saja, melainkan para kolonialisme yang juga memelaratkan bangsa.

Munculnya sosok Kartini adalah angin segar bagi kaum perempuan. Adanya Dewi Sartika yang berhasil menyelenggarakan pendidikan untuk kaum perempuan melalui pembangunan sembilan sekolah, banyaknya gerakan atau aktivis perempuan, hingga koran dan media-media perempuan, membuat kaum perempuan berhasil bangkit dari keterpurukan dan penindasan.

sejarah
Dok. Indowarta

Pada tanggal 22-26 Desember 1928, Kongres Perempuan pertama dilakukan dan dihadiri oleh 30 perwakilan organisasi perempuan yang berada di pendopo Dalem Djajadipoeran, Yogyakarta. Kongres ini berfokus untuk meningkatkan hak-hak perempuan pada bidang pendidikan dan perkawinan.

Pergerakann perempuan tidak berhenti di kongres pertama, pada tanggal 20-24 Juli 1935 yang dilaksanakan di Jakarta, kongres ini berfokus pada pembentukan badan Kongres Perempuan. Akhirnya pada Kongres Perempuan ketiga di tahun 1938, hal tersebut menjadi awal ditetapkannya bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu Nasional.

Perayaan Hari Ibu diresmikan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 di tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

sejarah
Dok. Kompas.com

Untuk menemani dan menyambut Hari Ibu Nasional, berikut Admin berikan rekomendasi buku untuk para ibu-ibu hebat dengan topik bahasan mengenai self improvement dan cara mengasuh anak yang baik. Simak sampai selesai ya, karena semuanya oke banget untuk kamu baca atau kamu hadiahkan ke ibu tercinta yang gemar membaca.

Rekomendasi Buku untuk para Ibu Hebat

1. Ibu Boleh Marah: Mengelola Emosi Negatif Jadi Edukatif - Park Yun Mi

buku Baca dan Beli Sekarang!

Mengurus anak tanpa memarahinya tentu tidak semudah itu. Sesabar dan setenang apapun sosok Ibu, akan tetap sulit ketika ibu harus berhadapan dengan anak yang rewel dan sulit dikendalikan.

Biarpun anak-anak sedang dalam kondisi yang sulit untuk dikendalikan, menjadi sosok ibu membuat kita tidak boleh marah seenaknya dan meluapkan emosi secara berlebihan, sebab hal ini bisa berdampak buruk bagi psikologi anak.

Buku ini membantu para ibu menemukan cara yang tepat untuk mengekspresikan emosi dan amarahnya kepada anak dengan berbagai tips pengelolaan emosi yang baik untuk ibu.

2. Millennial Mom - Agnes Eka Febrianti

buku Baca dan Beli Sekarang!

"Ibu rumah tangga memang bisa sukses?". Ungkapan seperti itu seringkali terdengar dari para ibu, seolah-olah mimpi, cita-cita, dan dunia perempuan berhenti sewaktu ia memutuskan perannya menjadi seorang ibu rumah tangga. Nyatanya hal itu hanyalah asumsi belaka, karena masih banyak hal yang bisa dilakukan saat menjadi ibu rumah tangga.

Buku ini berisi perjalanan sang penulis, Agnes Eka Febriati, yang mencoba membuktikannya jika mengurus rumah tangga, mendampingi tumbuh si kecil, mengaktualisasi diri, dan bahkan mencapai impian serta cita-cita untuk bisa menjadi sukses dengan titel sebagai Ibu Rumah Tangga.  

3. Sarjana Ibu Rumah Tangga - Rizki Ayu Amaliah

buku Baca dan Beli Sekarang!

Ibu yang memilih bekerja, telah mengorbankan waktu kebersamaan dengan suami dan anak, sedang ibu yang memilih di rumah telah mengorbankan bakatnya demi menjalankan tugas full time sebagai seorang istri sekaligus ibu.

Buku ini akan membantu para ibu menjawab dan mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi dalam rumah tangga. Tidak hanya dikhususkan untuk perempuan, tetapi juga sangat cocok untuk lelaki yang ingin membina rumah tangga dan mengenal lebih dekat pasangannya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> Sarjana Ibu Rumah Tangga

4. Good Mom Made Mistake -  Astrid Savitri

buku Baca dan Beli Sekarang!

Ibu merupakan sosok paling hebat di dunia, mulai dari keluarga, pekerjaan, keuangan, semuanya bisa dikerjakan oleh ibu dengan sangat baik. Namun permasalahan yang kerap kali muncul di kalangan ibu-ibu juga perlu untuk diperhatikan, yaitu beratnya pikiran untuk mengelola itu semua. Buku ini akan membantu ibu dalam memahami pentingnya mengatasi stres dan cara mengelolanya dengan cara yang sehat.

5. Mom Survival Book - La Familia Jogja

buku Baca dan Beli Sekarang!

Menjadi seorang ibu bukanlah perkara yang sederhana, karena ibu dituntut untuk beradaptasi dengan cepat disegala kondisi dan situasi. Buku ini akan membantu para ibu untuk belajar menjadi ibu yang tangguh, kreatif dan inspiratif di segala kondisi.

6. Mom Juga Butuh Me Time - Lee Im Sook

buku Baca dan Beli Sekarang!

Menjadi ibu tentunya menyenangkan, tapi juga membuatnya jadi super sibuk. Buku ini akan menemani para ibu untuk meluangkan waktunya sejenak bagi dirinya sendiri. Ibu juga perlu melakukan me time seperti membaca, meminum minuman favorit hingga mendengarkan musik. Biarkan para ibu me time dan menjadi dirinya sendiri dengan cara yang sederhana dan bisa dilakukan kapan saja.

7. Mothers Journey - Sarah Fransiska

buku Baca dan Beli Sekarang!

Buku ini akan membahas tentang dunia baru bagi seorang perempuan, yaitu untuk pertama kalinya saat ia hamil dan melahirkan. Berbagai warna-warni kehidupan juga menarik diceritakan sebagai pengetahuan baru sang calon ibu.

Melalui kisah perjalanan sang penulis, mulai dari hamil dan mengalami kandungan lemah (inkompetensi serviks), berjuang agar ASI lancar, menyiapkan MPASI, hingga menjadi ibu yang tetap produktif berkarya tanpa mengabaikan buah hati. Penulisan dengan gaya storytelling, membuat buku ini tidak hanya asyik dibaca, tetapi juga kaya akan informasi yang penting diketahui oleh setiap calon ibu.

Grameds, jangan lupa sampaikan ucapan terima kasih kepada ibumu yang super hebat. Terima kasih banyak untuk semua ibu yang selalu berjuang dan berusaha keras selama ini. Sampaikan salam sayang untuk ibumu ya, selamat Hari Ibu! 🤗💖


Baca juga: Inspirasi Kado Istimewa di Hari Ibu


Ayo, segera ikuti promo-promo menarik di Gramedia.com! Dari berbagai diskon hingga penawaran spesial yang buat belanjamu makin maksimal. Klik gambar di bawah ini untuk cek promonya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia, lho. Sebentar lagi, toko-toko Gramedia di dekat rumahmu akan terjangkau semua untuk mengirimkan pesanan buku-buku kesayangan kamu dari Gramedia.com. Doakan semuanya berjalan dengan lancar ya! 🙏😉

Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: freepik.com