Rekomendasi Buku Cerita Rakyat yang Kaya Akan Pesan Moral

Rekomendasi Buku Cerita Rakyat yang Kaya Akan Pesan Moral

. 3 min read

Cerita rakyat menjadi salah satu hal menarik, yang bisa kita bacakan untuk anak-anak. Tentunya hal ini dapat meningkatkan imajinasi anak terhadap suatu cerita. Tak hanya itu cerita rakyat juga dapat membentuk karakter anak, karena pesan moralnya yang selalu disajikan loh.

Berikut Rekomendasi Buku Cerita Rakyat

1. Cerita Rakyat Indonesia, Sabang-Merauke

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku satu ini, menjadi salah satu rekomendasi pertama jika kamu ingin membacakan buku kepada si kecil. Buku ini merangkum cerita rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Seperti cerita rakyat dari Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan banyak lainnya. Cerita-cerita ini mengandung pesan moral yang berbeda dari setiap ceritanya. Dan tak hanya itu, cerita yang disajikan tentunya berbeda dari biasanya.

2. Cerita Rakyat Jawa Tengah: Asal Usul Huruf Jawa

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku ini dapat mengenalkan Aksara Jawa pada anak melalui cerita di dalamnya. Buku ini tak hanya menyajikan cerita rakyat saja, di dalamnya pun terdapat beberapa aktivitas yang dapat orang tua lakukan bersama anak di rumah. Dan tentunya untuk melatih motorik halus dan mengasah kecerdasan si kecil.


Baca juga: Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak


3. Seri Cerita Rakyat Dunia Cerita Rakyat Turki

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Turki merupakan negara yang berada di dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Eropa. Turki juga masih diperintah oleh para Sultan yang mempunyai istana-istana megah dengan menara tinggi dan kubah besar. Pada masa itu pula, seorang pembuat permen ternama menciptakan satu jenis makanan manis yang khas dari negara Turki sampai sekarang.

Jeli kenyal berbentuk kotak-kotak, yang ditaburi tepung gula warna putih. Rasanya bermacam-macam, ada madu, kacang-kacangan, buah-buahan, krim, bahkan air mawar. Hmm, lezat! Orang-orang menyebutnya Turkish Delight. Dan ini adalah bagian dari cerita rakyat yang dimiliki masyarakat Turki.

Buku Cerita Rakyat Turki ini mempunyai banyak rasa, yang tertuang dalam 12 cerita dengan kisah-kisah yang berbeda, seperti kisah sultan, putri dan pangeran, kisah ajaib, kisah cerdik pandai, kisah petualangan, dan kisah legenda. Bagaikan memakan potongan-potongan Turkish Delight yang manis dan lezat, membaca buku ini akan meninggalkan kesan tak terlupakan dalam imajinasi, dan hati siapa pun yang membaca.


Baca juga: 7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng


4. Seri Dongeng Nusantara: Bawang Putih dan Bawang Merah

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Cerita rakyat satu ini cocok bagi orang tua yang ingin membacakan kepada anak-anak, karena memiliki pesan moral yang mengajarkan pada anak untuk selalu bersikap baik. Selain itu, perbuatan jahat akan selalu mendapatkan balasan yang setimpal. Cerita ini juga dapat memberikan pengajaran kepada anak untuk selalu berbuat baik, di mana pun dan kapan pun.


Baca juga: Perhatikan Cara Ini Agar Manfaat Membaca Buku pada Anak Lebih Maksimal


5. Cerita Rakyat Timun Mas & Buto Ijo

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku ini cukup menarik karena merupakan buku pop up yang dapat membuat aktivitas membaca bersama si kecil jadi lebih asyik. Mengisahkan tentang sepasang suami istri yang hidup sederhana, namun belum dikaruniai anak.

Setiap malam ia berdoa agar diberikan momongan, hingga akhirnya mereka ke gua untuk menemui raksasa yang akan memberikan keturunan. Selang beberapa saat memohon ia diberikan biji-bijian timun. Saat tumbuh besar, ternyata di dalamnya ada bayi. Kemudian ia menamakan bayi tersebut Timun Mas.


Baca juga: Lebih Seru Menceritakan Kisah Timun Mas dengan Pop Up Book


Nah, itu dia beberapa rekomendasi buku cerita rakyat, yang akan membuat kegiatan belajar dan bermain di rumah bersama si kecil semakin menyenangkan. Langsung checkout buku-bukunya sekarang yaaa. Dan berita gembiranya lagi, kamu bisa menemukan berbagai promo diskon di Gramedia.com, dengan klik gambar di bawah ini. Langsung borong buku incaranmu sekarang yuk!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Agar belanja kamu makin mudah, Gramedia.com punya layanan "Pesan Antar". Chat via WhatsApp, produk yang ingin kamu beli. Lalu pilih pengiriman secara instant (khusus Jabodetabek). Paketmu akan tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: freepik.com