Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Bacaan Maudy Ayunda

Rekomendasi Buku Bacaan Maudy Ayunda

Siapa yang tak kenal pada sosok inspiratif muda yang satu ini? Ia adalah Maudy Ayunda. Ia aktif dalam dunia hiburan Indonesia sebagai aktris, model, penyanyi, dan penulis. Wanita kelahiran 19 Desember 1994 ini memulai kariernya dalam film Untuk Rena di tahun 2005. Kemudian, ia juga membintangi beberapa film lain, seperti Perahu Kertas (2012), Refrain (2013), dan Habibie & Ainun 3 (2019). Ia juga beberapa kali mengisi lagu soundtrack untuk film-film yang dibintanginya.

Di tengah kesibukannya, Maudy tetap mengutamakan pendidikannya. Wanita yang bernama asli Ayunda Faza Maudya ini telah menyelesaikan pendidikan S1 di Oxford University. Kemudian, ia melanjutkan S2 di Stanford University. Perjalanannya di dunia pendidikan menjadi inspirasi bagi kaum muda. Bagaimana tidak? Ia berhasil meraih gelar sarjana dan master dari dua universitas top di dunia.

Nah, sekarang Admin mau kasih rekomendasi buku-buku yang dibaca oleh Maudy Ayunda. Buku-buku ini direkomendasikan oleh Maudy di akun Instagram dan beberapa wawancaranya, lho. Yuk, kita simak bersama! Siapa tahu bisa ikut kecipratan pintarnya, hihihi. šŸ¤­

Rekomendasi Buku Bacaan Maudy Ayunda

1. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Buku ini akan terasa relatable di zaman sekarang yang semuanya serba cepat. Di dalam buku ini, Haemin Sunim akan mengajak kamu untuk menyadari pentingnya melambat dan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang lain. Kita juga belajar cara memaafkan diri dan berbelas kasih dengan orang lain.

Buku ini dilengkapi dengan lebih dari dua puluh ilustrasi berwarna. Visualnya yang memanjakan mata akan mendorong kita untuk bisa memahami pentingnya melambat. Dengan melambat, kita bisa nikmatnya merasakan hidup yang sederhana dan kehangatan dunia sekitar.

TheBaca Sekarang Di sini!

2. Start with Why - Simon Sinek

Bersama buku ini, kita akan belajar bagaimana berpikir kritis layaknya para pemimpin. Kita dapat mencontoh cara mereka berpikir, bertindak, dan berkomunikasi dengan orang lain. Semua itu dapat dimulai dengan kata "mengapa".

Buku ini sangat wajib dibaca oleh mereka yang masih di usia muda. Pembahasan dan pesan yang disampaikan Simon Sinek sangat bagus untuk melatih cara berpikir kritis dalam bekerja, berorganisasi, dan di kehidupan sehari-hari. Kita akan lebih paham mengenai tujuan dan berani mengambil keputusan dengan bertanya mengapa.

StartBeli dan Baca Sekarang!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Start With Why

3. Mengapa Kita Tidur - Matthew Walker

Pernahkah kamu memikirkan betapa pentingnya tidur? Jika kita kurang tidur, kita akan merasa tubuh menjadi kurang fit. Namun, apakah ada sains yang menjelaskan tujuan kita tidur?

Dalam buku ini, Matthew Walker akan menjelaskan penelitiannya mengenai tujuan tidur. Penelitian ini sudah ia lakukan selama 20 tahun di berbagai penjuru dunia demi melihat pentingnya tidur di samping kebutuhan dasar manusia lainnya, seperti makan, tidur, dan bereproduksi.

Dengan membaca buku ini, kita akan lebih memahami bagaimana tidur dan penyakit-penyakit seperti alzheimer, kanker, obesitas, dan diabetes, dapat saling berhubungan satu sama lain. Kita juga akan belajar apa yang terjadi selama tidur, pengaruh kafein dan alkohol dengan tidur, serta pola tidur yang seringkali berubah.

MengapaBeli dan Baca Sekarang!

4. Terdidik (Educated) - Tara Westover

Hidup di pegunungan Idaho bersama keluarganya yang terisolasi, membuat Tara Westover tidak mendapatkan pendidikan formal sampai ia menginjak usia 17 tahun. Ayahnya sangat menentang pendidikan dan pengobatan dari rumah sakit. Ā Mereka hanya menggunakan obat-obat herbal untuk mengatasi penyakit.

Tara berusaha untuk belajar otodidak, meski itu sama sekali bukan hal yang mudah. Namun, dengan kerja kerasnya, ia berhasil diterima di Brigham Young University. Ia pun mulai menimbang apakah ia sudah berjalan terlalu jauh? Atau masih ada jalan pulang untuknya?

MengapaBeli dan Baca Sekarang!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Terdidik (Educated)

5. Atomic Habits - James Clear

Buku ini direkomendasikan oleh Maudy Ayunda dalam videonya yang diunggah di Youtube. Di dalam video tersebut, ia juga mengulas buku ini dan mengaitkannya dengan cara-cara untuk membangun kebiasaan. Menurutnya, buku ini akan membantu kita untuk mengubah kebiasaan dengan cara yang seru.

Dalam buku ini, James Clear menjelaskan bagaimana tujuan saja belum cukup untuk mencapai hasil yang kita inginkan. Diperlukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat menjadi titik balik diri kita. Kebiasaan kecil itu nantinya akan berpengaruh pada karier, hubungan pribadi, dan hidup kita.

AtomicBaca Sekarang Di sini!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Atomic Habits

6. Sapiens - Yuval Noah Harari

Buku ini membahas tentang riwayat singkat umat manusia selama dua setengah juta tahun. Pada akhirnya hanya tersisa satu spesies, yakni Homo sapiens, dari sekitar seratus ribu tahun yang lalu. Hingga kemudian, spesies ini menyebar dan bertahan hingga sekarang, bahkan dapat mengubah kondisi planet.

Kita akan menilik sisi lain yang disembunyikan buku sejarah mengenai evolusi peradaban manusia. Buku ini membawa kita pada pertanyaan mengapa hanya manusia menjadi spesies yang dapat menguasai bumi. Buku ini berhasil menjadi Top Ten Bestseller versi majalah New York Times, lho!

BukuBaca Sekarang Di sini!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book berbahasa Inggris di sini >>> Sapiens

7. Milk and Honey - Rupi Kaur

Nah, kali ini ada buku puisi yang direkomendasikan Maudy Ayunda melalui akun Instagramnya. Dalam puisi-puisinya, Rupi Kaur membahas tentang kekerasan, cinta, dan kehilangan. Ia juga mengangkat bagaimana kita berdamai dengan perasaan sakit.

Kumpulan puisi di dalam buku ini akan mengajak kita melihat perjalanan menjadi sosok manusia. Ada empat bab dalam buku ini dengan tema yang berbeda, yakni luka, cinta, hancur, dan hari baru.

MilkBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: 5 Buku Puisi dengan Sampul Menarik Karya Penyair Indonesia


8. Ikigai - Hector Garcia & Francesc Miralles

Jika kamu mau tahu apa rahasia hidup bahagia dan panjang umur ala orang Jepang, maka buku ini wajib kamu baca. Ikigailah yang menjadi rahasia mereka. Ikigai menawarkan kebahagian dengan menemukan tujuan hidup. Bukan hanya terpusat pada tujuan hidup, kita juga akan belajar tentang menerima emosi dengan baik.

Dengan ikigai, kita memiliki alasan untuk menjalani hari setiap harinya. Inti-inti dari ikigai perlu kita terapkan dalam kehidupan. Tersenyum, terkoneksi dengan alam, santai, tetap aktif, dan dikelilingi oleh teman yang baik, menjadi poin utama untuk mencari ikigai.

BukuBeli dan Baca Sekarang!

9. Melihat Api Bekerja - M. Aan Mansyur

Kali ini ada buku dari penulis Indonesia, M. Aan Mansyur. Buku kumpulan puisi ini juga direkomendasikan Maudy Ayunda melalui akun Instagramnya. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi dari Emte alias Muhammad Taufiq.

Puisi-puisi yang ada di buku ini berkisah tentang banyak hal, mulai dari tentang perempuan, tentang menunggu, hingga tentang pergulatan batin. Membaca buku puisi ini rasanya seperti membaca buku fiksi. Namun, makna dalam puisi-puisi ini begitu nyata dan berat.

MelihatBeli dan Baca Sekarang!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Melihat Api Bekerja

10. 1Q84 - Haruki Murakami

Buku dengan judul unik ini terdiri dari tiga jilid. Ada dua tokoh yang bernama Tengo dan Aomame. Tengo adalah seorang guru privat di sebuah tempat bimbingan belajar sekaligus seorang ghost writer di sebuah perusahaan majalah. Sedangkan Aomame merupakan seorang instruktur seni bela diri sekaligus pembunuh bayaran.

Kedua karakter ini diceritakan secara terpisah dan bergantian satu sama lain. Namun, keduanya memiliki benang merah yang akan terungkap. Mereka juga dihadapkan dengan konfliknya masing-masing. Membaca buku ini akan membuatmu tertarik untuk memecahkan teka-teki dan misteri yang diciptakan Murakami.

BukuBaca Sekarang Di sini!

11. Dear Tomorrow - Ayunda Faza Maudya

Nah, kali ini ada buku yang ditulis oleh Maudy Ayunda sendiri, lho. Buku ini menceritakan tentang pengalaman dan pemikirannya. Ia membaginya ke dalam empat bagian, yakni dirinya sendiri (being yourself), mimpi (dreams), cinta (love), dan pikiran (mindsets). Ia juga menambahkan foto-foto untuk melengkapi tulisannya.

Dalam buku ini, Maudy berbagi segala hal tentang dirinya, apa yang ia suka dan tidak suka, serta hal-hal yang membuatnya semangat. Ia juga membagikan kutipan dan playlist lagu yang ia dengar. Melalui buku ini, kita akan mengenal lebih jauh sosok Maudy Ayunda.

DearBaca Sekarang Di sini!


Baca juga: 8 Rekomendasi Buku yang Dibaca Najwa Shihab


Itu dia buku-buku yang direkomendasikan Maudy Ayunda di berbagai platform. Nah, sosok yang cerdas dan inspiratif seperti inilah yang perlu dicontoh oleh kaum muda zaman sekarang.

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, lho! Tentunya dengan penawaran spesial untuk kamu. Ada berbagai diskon untuk berbagai produk pilihan yang bisa buat belanjaan kamu jadi lebih hemat! Yuk, cek gambar di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/maudyayunda

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus