Playlist Sendu Fiersa Besari, Lengkapi Kisah di Bukunya

. 2 min read

Bicara tentang syair puitis dan pujangga di era milenial, tentu akan mengacu pada beberapa nama, dan salah satunya adalah Fiersa Besari .

Fiersa Besari atau yang akrab disapa Bung ini, sudah dikenal lewat karya-karyanya yang mampu menyentuh hati pembaca, melalui kata-kata yang sendu, mendayu dan dekat dengan realita di sekitar.

“Kamu tahu, Sejarah Tuhan menciptakan kegelapan? Supaya kita mensyukuri keindahan kelap-kelip bintang. Percaya deh, bahkan saat hidupmu sedang gelap, akan selalu ada cahaya yang membantu kamu menamakan jalan keluar.
Yang perlu kamu harus belajar dan belajar ikhlas. "

Seperti kutipan di atas misalnya. Bagi penggemar Fiersa Besari tentunya tahu, kalau kalimat tersebut diambil dari buku 11:11, yang merupakan karya teranyar Fiersa Besari yang rilis di akhir 2018 lalu.

Kutipan itu hadir tak hanya dalam bentuk kata-kata, karena Fiersa Besari mempersembahkan 11 lagu yang seiring sejalan dengan 11 kumpulan cerpen yang ada di dalam buku 11:11.

Ke-11 lagu tersebut berjudul; And I Need You, Melangkah Tanpamu, Acak Corak, Home, Samar, Temaram, Kala, Glimpse, Harapan, Heart Thee, dan Senja Bersayap.

Yap, tak cuma menulis, pria yang berulang tahun setiap 3 Maret ini juga dikenal sebagai musisi. Lagu-lagu yang mengiringin 11 cerpen di buku 11:11 sebenarnya sudah terlebih dahulu ia buat, beberapa tahun silam.

Namun kemudian, dia mengembangkan ide untuk membuat cerita yang saling berkaitan dan bisa berdampingan dengan lagu-lagu yang sudah diciptakan tersebut.


Baca juga: Fiersa Besari Melompat dari Zona Nyaman Lewat 11:11


Bagi kamu yang sudah lama mengidolakan Fiersa Besari pastinya tahu, jika 11:11 bukan buku pertama yang memiliki lagu pendamping.

Sebelumnya ada album buku yang juga sudah dirilis oleh Fiersa Besari, berjudul Konspirasi Alam Semesta. Di album buku itu, terdapat 14 lagu yang juga mendampingi kisah yang ada di bukunya.

Lagu-lagu tersebut bisa menjadi sahabat saat membaca kisah-kisah di bukunya Grameds! Tak sampai di situ, di luar membuat lagu pendamping untuk kisah-kisah di bukunya, Fiersa Besari juga membuat lagu lainnya.

Seperti 15 lagu yang ada di album Tempat Aku Pulang , yang dirilis pada 2014 lalu. Meski tak berkaitan dengan buku karyanya, namun lagu-lagu di album ini juga cocok loh, jadi teman saat membaca buku karya Fiersa Besari, selain 11:11 dan Konspirasi Alam Semesta.

Gramedia.com sudah memilihkan 10 lagu Fiersa Besari, yang bisa Grameds nikmati sebagai teman membaca buku-buku karyanya. Berikut playlist lengkapnya.

1. Fiersa Besari - April

2. Fiersa Besari - Garis Terdepan

3. Fiersa Besari ft Tantri - Waktu Yang Salah

4. Konspirasi Alam Semesta

5. Hidup Kan Baik-baik Saja

6. Juara Kedua

7. Tempat Aku Pulang

8. Hingga Napas Ini Habis

9. Celengan Rindu

10. Nadir


Dari 10 lagu pilihan di atas, mana yang jadi favoritmu? Pastinya setiap lagu memiliki makna yang mendalam untuk pendengarnya.

Atau kalian lebih suka mengumpulkan quotes Fiersa Besari yang bikin baper? Kalau yang itu, kamu bisa langsung cek kumpulan quotes-nya di sini.

Sementara untuk kamu yang baru tahu tentang Fiersa Besari dan jadi penasaran dengan karya-karyanya, langsung pesan di Gramedia.com ya!

Atau cek kumpulan karya Fiersa Besari di sini. Selamat menikmati karya-karya sendu dari Fiersa Besari!


Sumber foto header: Fiersa Besari Instagram