Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Pentingnya Memiliki Hard Skill dan Soft Skill dalam Dunia Kerja

Pentingnya Memiliki Hard Skill dan Soft Skill dalam Dunia Kerja

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat hingga lahirnya revolusi Society 5.0, membuat banyak perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis yang mumpuni, tapi juga yang memiliki skill tambahan untuk membantu dalam mencapai tujuan perusahaan, baik itu hard skill maupun soft skill.

Hal ini terjadi karena dunia kerja pada saat ini telah berubah ke arah yang lebih dinamis, sehingga perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai kecerdasan dan skill yang baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dalam dunia kerja mereka.

Lalu, apa itu hard skill dan soft skill?

Pengertian Hard Skill dan Soft Skill

Secara tradisional, skill sering mengacu pada kemampuan teknis yang dimiliki oleh seseorang seperti kemampuan menggunakan suatu alat, mengolah data, mengoperasikan komputer, atau mengetahui pengetahuan tertentu. Kemampuan-kemampuan tersebut disebut dengan hard skills atau kemampuan teknis.

Hard skill ini sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh pekerja dalam rangka melaksanakan serangkaian tugas-tugas pokok untuk mencapai tujuan pekerjaan mereka, yang biasanya diperoleh dan terbentuk dari suatu kegiatan pelatihan atau pengalaman tertentu.

Berbeda dengan soft skill, kemampuan ini merupakan kemampuan karakteristik atau interpersonal yang dimiliki individu dalam merespon lingkungannya. Misalnya seperti kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, kemampuan beradaptasi, berpikir kritis, dan lain sebagainya.

pentingnya
Pentingnya Hard Skill dan Soft Skill dalam Dunia Kerja (Sumber Gambar: pexels.com/@olia-danilevich)

Seperti hard skill, soft skill ini juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, karena nantinya akan sangat berguna untuk membantu mengatasi persoalan-persoalan atau problem kecil yang sering muncul secara tiba-tiba dalam suatu perusahaan.

Maka dari itulah, kita sangat perlu untuk membekali diri kita sendiri dengan soft skill dan hard skill yang mumpuni. Karena semakin bagus soft skill dan hard skill yang kita kuasai dan dapat menyeimbangkannya dengan baik, maka akan semakin tertarik pula perusahaan untuk merekrut kita dan mempertahankan kita di perusahaannya.

Meskipun kita sudah bekerja di perusahaan tertentu, tidak ada salahnya untuk memperdalam skill atau mempelajari skill baru yang belum kita kuasai. Karena hal itu juga akan membantu kita untuk bisa terus beradaptasi dengan dunia kerja yang dinamis seperti sekarang ini. Jangan sampai kamu merasa cukup dengan skill yang kamu punya saat ini, yuk, kita mulai kembangkan diri jadi lebih optimal!

Nah, untuk kamu yang ingin mengembangkan atau ingin mempelajari kemampuan baru, kamu bisa mengikuti kelas online yang diadakan oleh Gramedia Academy.

Di kelas online ini, Gramedia Academy menyediakan bermacam-macam kelas yang bisa kamu pilih, mulai dari kelas memasak, kelas prakarya, kelas bisnis dan manajemen yang akan membantu meningkatkan soft skill kamu, kelas fotografi, kelas menggambar, kelas menulis yang dibimbing langsung oleh penulis terkenal, kelas parenting, dan masih banyak lagi!

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mengikuti Kelas Online Gramedia Academy atau KOGA, saat ini kamu bisa lho mengikuti kelas-kelas tersebut secara GRATIS, caranya seperti di bawah ini.

Cara Mendapatkan Kelas Online Gramedia Academy Secara Gratis

Cukup dengan membeli paket Full Premium Package Gramedia Digital selama 1 tahun, maka kamu akan mendapatkan kelas gratis di KOGA!

Setelah membeli dan melakukan pembayaran untuk paket Full Premium Package Gramedia Digital 1 tahun, kamu akan mendapatkan e-mail berisi kode voucher yang bisa kamu gunakan atau redeem di Gramedia Academy.

Di sana, kamu tinggal pilih kelas apa yang ingin kamu ikuti secara gratis, dan jangan lupa untuk redeem vouchernya dengan klik banner di awal halaman. Kamu tinggal isi dan lengkapi formulirnya, tim Gramedia Academy pun akan menghubungi kamu lagi untuk bisa mengikuti Kelas Online di Gramedia Academy!

premiumLihat Berbagai Kelas di Sini!

Promo ini hanya berlaku untuk kamu yang baru membeli paket Full Premium Package Gramedia Digital 1 tahun hingga tanggal 31 Juli 2022.

Eits, untuk kamu yang sudah menjadi pelanggan Full Premium Package, kamu nggak usah sedih! Kamu masih bisa mendapatkan diskon 60% untuk setiap pembelian paket kelas Gramedia Academy kok!

Gimana? Menarik banget kan? Sudah dapat baca sepuasnya selama setahun, bisa dapat kelas online gratis lagi! Yuk, beli sekarang paketnya atau bisa langsung klik di bawah ini!

premiumBeli Paketnya di Sini!


Baca juga: Untung Berlipat, Beli Full Premium Package Gramedia Digital Gratis Kelas di Gramedia Academy


Sumber gambar header: pexels.com/@fauxels

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus