Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Novel Jepang your name. Terbit dalam Bahasa Indonesia

Novel Jepang your name. Terbit dalam Bahasa Indonesia

Pertanyaan akankah novel your name. diterbitkan dalam bahasa Indonesia akhirnya terjawab. Penerbit Haru  merilis your name. karya Makoto Shinkai versi terjemahan pada 2020.

Penerbit Haru adalah penerbit yang kerap menerbitkan novel-novel terjemahan bahasa Indonesia yang berasal dari benua Asia seperti Jepang, Korea, bahkan Filipina.

“The Guardian berkata bahwa your name. (judul menggunakan huruf kecil dan diakhiri dengan titik) adalah sebuah ‘petualangan remaja yang memukau dan memilukan’. Pujian kritikus film Mark Kermode ini ditujukan atas film animasi your name. yang menyabet 66 penghargaan di dalam dan luar negeri Jepang, dan novelnya—Kadokawa Jepang melarang kita untuk menyebutnya light novel—akan diterbitkan oleh penerbit Haru pada 2020 mendatang,” tulis rilis pers yang didapat dari Penerbit Haru.

Kimi no Na Wa. atau yang lebih dikenal your name. begitu populer berkat filmnya yang rilis pertama kali pada 2016 dan menjadi box office baik di Jepang maupun di dunia.

Makoto Shinkai adalah orang di balik kehadiran your name. Ia adalah animator sekaligus sutradara dari film tersebut. Versi novelnya terbit sebulan sebelum filmnya rilis di Jepang.


Baca juga:


Ada dua tokoh utama dalam cerita ini: seorang pemuda kota dan seorang gadis desa. Suatu hari, mereka tiba-tiba bertukar tubuh dan hal itu berlangsung selama beberapa kali dan secara acak.

Keduanya mengira bahwa pertukaran tubuh itu adalah mimpi sampai-sampai berlaku seenaknya pada satu sama lain. Pada akhirnya, mereka menyadari bahwa pertukaran tubuh yang mereka alami bukanlah mimpi.

Kita akan dihadapkan pada perbedaan si pemuda dan si gadis yang sungguh kentara. Selain berbeda jenis kelamin, mereka juga beda tempat tinggal dan kepribadian.

Si pemuda yang bernama Taki Tachibana adalah orang kota yang individualistis dan pendiam. Sementara itu, si gadis desa bernama Mitsuha Miyamizu yang cerita dan gemar bersosialisasi.

jual
your name. karya Makoto Shinkai

Novel your name. akan membawa pembaca untuk mengerti kembali makna sebuah nama dalam pengidentifikasian seseorang. Pada zaman yang media sosial adalah medium yang tidak asing digunakan, setiap orang bisa melakukan tindakan positif dan negatif menggunakan nama pengguna atau akun anonim. Hal tersebut membuat orang-orang kerap berkomentar dan merespons sesuatu tanpa memikirkan akibatnya.

Namun, anonimitas juga tidak hanya terjadi di media daring. Dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang akan terjebak dalam mentalitas gerombolan dan mengikuti sehingga tidak diketahui siapa yang mengatakan apa dan kita tidak bisa menyodorkan sebuah nama untuk mengidentifikasi seseorang.

“Kedua kasus tersebut adalah contoh kasus ketika seseorang bersembunyi di balik anonimitas dan gerombolan yang berakhibat tiadanya sebuah nama,” tulis rilis pers tersebut.

Pada 2019, Makoto Shinkai merilis film Weathering with You dengan cerita dan tema yang berbeda. Seperti your name., Weathering with You juga dialihwahanakan menjadi novel dan diterbitkan pada Juli 2019 lalu. Apakah Penerbit Haru juga tertarik untuk menerbitkannya dalam bahasa Indonesia?

Dapatkan novel your name. karya Makoto Shinkai versi bahasa Indonesia di Gramedia.com!


Baca juga: 5 Komik Jadul yang Bikin Kangen Masa Kecil


Abduraafi Andrian

Content Team

Enter your email below to join our newsletter