10 Rekomendasi Buku Terbaru yang Bisa Kamu Buru di Promo Ulang Tahun GPU

10 Rekomendasi Buku Terbaru yang Bisa Kamu Buru di Promo Ulang Tahun GPU

. 9 min read

Setelah toko buku Gramedia didirikan pada tahun 1970, Bapak Kompas Gramedia yaitu P.K Ojong dan Jakob Oetama, kembali merintis usaha penerbitan pertama yang kini kita kenal dengan Gramedia Pustaka Utama (GPU). Bertahun-tahun hadir lewat buku-buku dari penulis terbaik sepanjang masa, baik dari dalam negeri hingga mancanegara, tak terasa kini GPU akan menginjak usia ke 48.

GPU adalah rumah bagi banyaknya judul buku-buku terbaik, terpopuler, dan terfavorit, baik fiksi maupun non fiksi. Buku sastra, novel hiburan, buku pengetahuan, pengembangan diri, hingga buku anak, hadir menghiasi koleksi pustaka GPU.

Di bulan Maret ini yang merupakan bulannya #bukuGPU, mari kita semarakan tema ulang tahun kali ini dengan #BergerakBersama. GPU ingin mengajak Grameds semua untuk mantap melangkah melampaui hal-hal yang sebelumnya terhenti atau tertunda. Tak hanya bergerak secara fisik, tapi bergerak bersama dengan budi dan hati kita.

GPU yang terus menghadirkan bacaan berkelas, kini memberikan hadiah spesial untuk kita semua. Di tanggal 5-19 Maret 2022, seluruh pembelian buku terbitan GPU diskon 25%. Untuk buku-buku tertentu, diskonnya capai 48%, lho. Selain itu, ada juga hadiah menarik yang bisa kamu dapatkan dan diskon ongkir Rp5 ribu untuk pengiriman menggunakan Anteraja. Jangan lupa masukkan kode "GPUXANTERAJA5" saat checkout!

Maka dari itu, Admin mau kasih tahu buku-buku terbaru terbitan GPU yang wajib kamu buru selama masa promosi ini. Check this out!

Rekomendasi Buku Terbaru GPU yang Wajib Diburu

1. Home Sweet Loan

Mari kita awali rekomendasi ini dengan novel yang menghibur karya dari Almira Bastari. Setelah bertahun-tahun Kak Almira tak terlihat dengan karya terbarunya, kini kita bisa kembali menikmati tulisan Kak Almira yang pasti sangat relate dengan anak-anak milenial sekarang, apalagi kalau bukan masalah “cari rumah”.

Tak hanya tentang sulitnya cari rumah di ibu kota yang sesuai budget, tapi perjuangan dalam mendapatkan rumahnya, drama keluarga hingga pasangan, tak ketinggalan dengan drama kantor yang rasanya relate dengan kita kaum-kaum pekerja.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Novel ini berisi kisah dari empat sahabat yang sama-sama ingin membeli rumah. Pertama kita kenalan dengan Kaluna, karyawan dengan gaji yang segitu-gitu aja selama bekerja bertahun-tahun, tapi ingin beli rumah demi keluar dari tempat tinggalnya sekarang yang juga dihuni oleh tiga kepala keluarga. Di tengah berjuang untuk menabung, kekasihnya merongrong untuk bisa menikah dengan mewah.

Lalu ada Tanisha, ibu satu anak yang menjalani long distance marriage, ingin mencari rumah murah dekat MRT yang bisa dihuni mertuanya juga. Kamamiya, selebgram yang ingin apartemen cantik demi menjunjung gengsi di media sosial dan bisa menikah dengan pria kaya. Terakhir dengan Danan, anak tunggal yang gemar hura-hura namun akhirnya sadar untuk membeli rumah demi pensiun dengan tenang. Berhasilkah mereka mendapatkan rumah idaman dan melewati segala rintangan untuk mencapainya?

2. Kita Pergi Hari Ini

Lanjut pada karya sastra terbaru dari penulis bernama unik. Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie yang kerap mengambil suara anak-anak dalam novel, kini kembali menulis dengan mengambil sudut pandang anak kecil. Di sini kita akan mengenal Mi, Ma, dan Mo yang baru melihat kucing luar biasa seperti Nona Gigi, kucing yang menjadi Cara Lain dari Bapak dan Ibu untuk menjaga Mi, Ma, dan Mo ketika mereka bekerja keluar untuk mencari uang.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Selama menjaga Mi, Ma, dan Mo, Nona Gigi mengajak mereka serta Fifi dan Fufu, anak kembar tetangga baru, untuk ikut bertualang mengunjungi tempat-tempat indah di Kota Terapung Kucing Luar Biasa. Mereka diajak ke tempat-tempat indah dalam mimpi-mimpi anak-anak baik-baik.

Meski bercerita dari sisi anak-anak, sebetulnya novel ini membahas segala isu orang dewasa yang dikritik oleh Ziggy. Mulai dari perbedaan stigma antara anak laki-laki dan anak perempuan, eksploitasi binatang, hingga perbedaan kelas yang terjadi di tengah masyarakat.

3. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Walaupun bukan buku terbaru karena pertama kali terbit di tahun 2014, namun novel ini wajib kalian baca. Apalagi, tahun lalu buku ini telah berhasil diangkat ke layar lebar dan memenangkan banyak penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Pada bulan Desember 2021 lalu pun film serta novel ini begitu ramai diperbincangkan dan kembali jadi best seller.

Novel yang cukup menghibur dan begitu ringan, tentang Ajo Kawir yang harus mengalami impoten mendadak karena suatu kejadian menegangkan saat ia masih remaja. Ajo Kawir bersama sahabat baiknya, Si Tokek, tumbuh menjadi remaja penuh masalah, pintar mencari gara-gara, dan gemar berkelahi.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Sebagai sahabat baik Ajo, Si Tokek selalu berusaha untuk membantu temannya itu menghadapi masalah impoten dengan berbagai cara. Sebelum mendapatkan jawaban atas permasalahan tersebut, Ajo jatuh cinta dengan Iteung, wanita yang menerima dirinya apa adanya, tanpa memedulikan aib yang dimiliki Ajo.

Mereka pun menikah dan saling mencinta. Namun, kesabaran Iteung ternyata bertemu batasnya juga. Ajo yang malang kini harus menghadapi cobaan, tentang siapa ayah dari anak yang dikandung Iteung. Masalah silih berganti hingga Ajo bisa menerima masalah pada dirinya tersebut. Tapi, bagaimana Ajo menghadapi segala masalah batin dan hati yang harus dilalui?

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

4. Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama

Selain novel Indonesia, Admin juga mau kasih rekomendasi novel terjemahan dari luar negeri. Apalagi, buku ini adalah karya dari penulis mega best seller kenamaan Jepang. Keigo Higashino menulis cerita ini di masa pandemi, hingga latar waktu dalam novel ini pun berada di masa pandemi Covid-19 pula.

Di sebuah desa kota kecil dan terpecil, bahkan nyaris terlupakan di saat pandemi seperti sekarang, telah ditemukan mayat yang tergeletak di halaman rumahnya sendiri. Ia adalah mantan guru SMP yang sangat disegani, hingga membuat banyak siswa yang meminta nasihat padanya meski dirinya telah pensiun sekalipun.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Polisi pun tidak tahu siapa yang telah mencekik guru itu hingga tewas di halaman depan rumahnya sendiri. Semua murid yang hadir di kota tersebut untuk reuni pun jadi termasuk dalam daftar orang-orang yang dicurigai.

Di saat polisi kebingungan mencari jawaban, si pembunuh merasa lega karena identitasnya tidak akan pernah ketahuan. Namun, putri korban muncul bersama pamannya yang merupakan seorang mantan pesulap eksentrik, untuk mencari jawaban atas siapa yang membunuh ayahnya tersebut.

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama

5. Happiness Battle

Sekarang kita menuju novel terjemahan baru dari Korea Selatan, yang mengambil isu tentang kepalsuan dalam media sosial dan berujung pada malapetaka. Di apartemen super mewah yang berada di Gangnam, sepasang suami istri ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan. Sang suami bernama Kang Do-joon ditikam di punggung, sementara istrinya, Oh Yoo-jin, ditemukan tewas bergelantungan.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Sahabat baik Yoo-Jin semasa SMA, Mi-ho, terdorong untuk menyelidiki kasus aneh tersebut, karena polisi secara resmi menyatakan jika Yoo-jin bunuh diri setelah menikam suaminya. Ia menemukan fakta bahwa Yoo-jin dan beberapa ibu TK terlibat “perang kebahagiaan” di media sosial.

Perang tersebut maksudnya adalah berlomba-lomba mengunggah foto untuk memamerkan diri bahwa mereka adalah orang yang paling bahagia, karena memiliki suami penyayang, barang paling mewah, dan anak paling pintar. Mi-ho pun curiga, namun bagaimana ia menemukan titik terang atas kematian sahabatnya tersebut?

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Happiness Battle

6. The Comfort Book

Setelah novel-novel menghibur dan bisa jadi teman pengisi waktu luang, sekarang kita coba baca buku pengembangan diri yang menenangkan hati. Buku ini ditulis oleh Matt Haig, salah satu penulis yang pernah berbagi cerita tentang masa hidupnya yang pernah dilanda depresi pada buku Alasan untuk Tetap Hidup, hingga kini ia menemukan kembali kebahagiaannya.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Bagi kalian yang kini tengah merasa tersesat, bingung, atau bahkan stres, buku inspirasional ini akan menemani sekaligus membantu kamu kembali menemui semangat hidup. Matt Haig membagikan cara penyembuhannya dalam menghadapi stres dan depresi yang pernah ia lalui, termasuk cerita dari orang lain.

Ada banyak kalimat-kalimat menenangkan yang membuat kamu serasa dipeluk ketika membacanya. Buku ini memang sangat meditative dan mengingatkan kita bahwa harapan bisa datang dari mana saja serta kapan saja.

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> The Comfort Book

7. Semua Orang Butuh Curhat

Kala kita terserang masalah, menghadapi cobaan yang pelik, atau sekadar berbagi keluh kesah, curhat jadi salah satu cara untuk meringankan sedikit permasalahan yang sedang kita hadapi. Memang tak selalu memberikan solusi, tapi setidaknya kita merasa ada orang yang mau mendengar keresahan kita.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Namun, di saat orang tak memiliki teman untuk curhat, ada tempat curhat profesional seperti psikolog. Di sini lah sang penulis yang merupakan seorang terapis benar-benar sadar bahwa semua orang butuh curhat, sekalipun ia seorang terapis yang kerap mendengar curhatan pasiennya.

Ia pun berbagi pengalamannya dalam melihat pola curhatan, baik itu dari pasien, dari terapis, maupun dari dirinya sendiri saat menjadi pasien dan jadi terapis. Buku ini memperlihatkan berbagai sisi cerita yang mampu membuat kita tertawa bahkan menangis.

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Semua Orang Butuh Curhat

8. Di Bawah Langit Putih

Sebelumnya Elizabeth Kolbert menulis buku Kepunahan Keenam yang membagikan fakta tentang mengapa manusia bisa mengubah tatanan dunia hingga mampu membawa kita ke kepunahan bahkan kehancuran bumi. Kini, kita akan melihat penjelajahannya ke berbagai negara dan menemukan ilmuwan-ilmuwan yang melakukan hal untuk melestarikan alam.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Elizabeth menemui ahli biologi yang mencoba melestarikan ikan paling langka di dunia pada Gurun Mojave, bertemu dengan insinyur yang mengubah emisi karbon menjadi batu di Eslandia, hingga bersama ahli fisika yang mempertimbangkan menembakkan sesuatu ke stratosfer untuk mendinginkan bumi.

Buku ini akan memperlihatkan bagaimana harapan-harapan tersebut mampu menyelamatkan bumi, sekaligus menjadi tantangan berat yang kita hadapi. Buku ini pun kembali menjadi best seller serta dibaca oleh Barack Obama dan Bill Gates.

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Di Bawah Langit Putih

9. Mommyclopedia: 89 Resep Makanan Anak 2-3 Tahun

Para ibu pintar pasti sudah tahu betul dengan seri buku Mommyclopedia, yaitu buku yang memberikan segala ilmu, tips, dan trik terkait merawat si kecil hingga proses pemberian MPASI. Nah, tahun ini ada hadiah baru untuk para ibu, yaitu buku kumpulan resep makanan bergizi yang cocok untuk anak berumur 2-3 tahun.

Semua resep dari buku ini sudah disesuaikan dengan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak berumur 2-3 tahun. Bahan-bahannya juga mudah didapat dan terjangkau, serta mudah untuk dipraktikkan. Anak-anak dijamin suka dengan semua resepnya!

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

10. Petualangan Jack dan Piggy Natal

Nah, untuk si kecil yang kini sudah bisa membaca kalimat penuh, buku anak karya J.K. Rowling ini sangat cocok untuk dibaca karena keseruannya yang mampu menarik perhatian anak-anak. Kalimatnya pendek-pendek dan tak terlalu panjang di setiap babnya, serta di tiap bagian terdapat ilustrasi yang lucu.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Ceritanya cukup sederhana namun memukau, tentang mainan yang dapat hidup di malam natal. Cerita ini diawali dengan anak laki-laki bernama Jack yang kehilangan boneka babi kesayangannya karena dibuang oleh saudara tirinya. Padahal, boneka itu selalu menemani Jack di kala sedih maupun senang. Di hari natal, Jack pun diberikan boneka baru yang sama persis dengan Si Piggy. Namun, Jack tetap merasa bahwa boneka terbarunya itu bukan lah Si Piggy yang begitu ia sayangi.

Jack bertekad untuk mencari Si Piggy kesayangannya. Hingga ketika malam hari Jack ingin keluar mencari Si Piggy, benda-benda di kamarnya hidup termasuk Piggy Natal, boneka barunya. Tak disangka, Piggy Natal yang baik hati berniat membantu Jack mencari Si Piggy. Ini dia kisah petualangan mereka yang begitu seru dan menegangkan demi mendapatkan kembali Si Piggy!

Buku ini tersedia dalam versi e-book di sini >>> Petualangan Jack dan Piggy Natal


Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Buku Sastra Terpopuler Terbitan GPU


Buku bacaan yang sangat menghibur tapi juga menambah wawasan kamu ini, wajib banget diburu karena telah menjadi best seller! Selain buku-buku di atas, kamu bisa cek buku-buku terbitan GPU lainnya di bawah ini.

Klik untuk Info Lebih Lanjut

Selain promo dari ulang tahun GPU, masih ada promo spesial lainnya yang sedang berlangsung di Gramedia.com, lho. Cek semua promo menarik di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Mau borong banyak buku tapi takut ongkir mahal? Tenang, kini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari seluruh toko Gramedia yang terdekat dari kotamu. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com