Ini Dia 10 Buku Sastra Terpopuler Terbitan GPU

. 5 min read

Sastra tak melulu berupa puisi. Novel, cerpen, dongeng ataupun naskah drama juga merupakan bagian dari karya sastra. Pecinta buku sastra memang tak banyak, namun sekali jatuh cinta dengan sastra kamu akan sulit untuk bangun dan melepaskannya.

Jika ingin mencoba mencintai sastra, yuk simak buku-buku sastra terpopuler terbitan Gramedia Pustaka Utama (GPU) yang telah Gramedia.com pilihkan di bawah ini.

1. Hujan Bulan Juni, karya Sapardi Djoko Damono

SDD

Hujan Bulan Juni merupakan salah satu novel trilogi Sapardi Djoko Damono yang paling banyak diburu. Manis-getir kisah Sarwono dan Pingkan dituangkan begitu penuh makna oleh Sapardi. Hujan Bulan Juni tidak berhenti tenar sampai kumpulan kata, tapi juga dilirik untuk diadaptasi ke layar lebar, yang dengan apik diperankan oleh Adipati Dolken dan Velove Vexia.

Sebelum beralih menjadi novel, Hujan Bulan Juni terlebih dahulu terbit merupa kumpulan puisi, yang kemudian juga disisipkan ke dalam novel bersama dengan Sarwono untuk Pingkan, kekasihnya.

Kumpulan puisi Hujan Bulan Juni telah dialihbahasakan ke dalam empat bahasa yaitu Inggris, Jepang, Arab, dan Mandarin.

2. Surti + Tiga Sawunggaling, karya Goenawan Mohamad

Surti + Tiga Sawunggaling

Novel sastra ini merupakan karangan Goenawan Mohamad. Buku ini lahir dari hasil eksperimen Goenawan yang ingin membuat karya sastra dalam bentuk novel.

Naskah fiksi ini bercerita mengenai Surti dan tiga burung Sawunggaling yang tiap malamnya keluar dari kain yang dibatik seorang perempuan bernama, Surti.

Tiga burung ini kerap membawa kisah yang senantiasa membuat Surti terhibur. Burung-burung ini kerap membawakan cerita tentang Jen, seorang komandan gerilya, aktivis pergerakan yang mati dibunuh tentara Belanda.

3. Laluba, karya Nukila Amal

Laluba

Buku sastra karangan Nukila Amal ini mendapatkan penghargaan sebagai buku sastra terbaik Badan Bahasa Kemendikbud tahun 2010 dan juga menjadi karya sastra terbaik majalah Tempo tahun 2015.

Merupakan hal yang sulit dalam menulis sebuah cerita pendek, namun buku ini berhasil dibuat dengan bahasa yang memikat namun minim dengan kata-kata yang sulit dimengerti. Sehingga tak heran, cerita-cerita di dalamnya akan sukses menyentuh para pembacanya.

4. Kereta Tidur, karya Avianty Armand

Kereta Baru

Kumpulan cerita pendek karangan Avianty Armand ini menceritakan berbagai kisah. Kisah-kisah melankolis yang ada dalam buku ini membuat para pembacanya berduka ketika menutup lembaran terakhir buku ini.

Setiap cerita di dalam bukunya membuat kita memiliki pemaknaan baru tentang hal-hal yang biasa kita temui dalam kehidupan, seperti konflik cinta, masalah keluarga, dan pertanyaan atas eksistensi manusia.

Unik, indah, dan mengusik dengan jalan cerita yang tak terduga.

5. Aku Ini Binatang Jalang, karya Chairil Anwar

Aku Ini Binatag Jalang

Buku ini berisikan koleksi sajak karya penyair legendaris yang tak lekang oleh waktu, Chairil Anwar. Kumpulan sajak yang tertulis dalam buku ini adalah kumpulan karya-karya orisinil Chairil sejak tahun 1942 hingga 1949.

Buku ini ditujukan bagi para pecinta sajak Chairil yang juga ingin membaca isi surat-surat Chairil yang ditulis kepada karibnya, H.B. Jassin untuk menggambarkan "keadaan jiwa"nya kala itu.

6. Celana, karya Joko Pinurbo

Celana

Judul dan cover buku ini memang sangat unik dan menarik. Siapa yang menyangka buku ini adalah sebuah buku sastra. Buku ini berisikan 44 Sajak Joko Pinurbo yang dapat membuat para pembacanya tak habis pikir, digetarkan jiwanya, dan dijatuhkan hatinya pada sastra.

Menariknya, di akhir buku ini terdapat kata penutup dari penyair sastra legendaris, Sapardi Djoko Damono.

7. Amba, karya Laksmi Pamuntjak

Amba

Novel sastra berlatar sejarah ini mengisahkan kehidupan dan kisah cinta Amba, anak seorang guru di sebuah kota kecil Jawa Tengah. Kisah cintanya yang getir membuat karya ini menjadi sebuah karya sastra yang besar bagaikan sinar yang menerangi jalan dan membantu kita membuka dunia.

Novel karya Laksmi Pamuntjak ini telah mendapatkan banyak penghargaan dan pujian dari orang-orang terkenal. Salah satunya oleh Jose Eduardo Agualusa, Kandidat shortlist Man Booker International Prize 2016 untuk A General Theory of Oblivion, yang juga merupakan pemenang Independent Foreign Fiction Prize 2007 versi harian Independent untuk The Book of Chameleons.

8. Buku Latihan Tidur, karya Joko Pinurbo

Buku Latihan Tidur

Buku ini bukan buku latihan tidur biasa. Ibarat martabak, buku latihan tidur edisi kali ini adalah edisi terbatas dan pakai telur! Karena buku ini berisi Kumpulan puisi terbaru Joko Pinurbo, lengkap dengan CD musikalisasi hasil gubahan Oppie Andaresta, musisi sekaligus penyanyi yang terkenal dengan lagu-lagu kritik sosialnya.

Dapatkan sensasi ngantuk sekaligus baper saat membaca Buku Latihan Tidur karya Joko ini sembari mendengar iringan lagu gubahan Oppie.

9. Lelaki Harimau

LELAKI HARIMAU

Telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Italia, Jerman, dan Korea. Lelaki Harimau merupakan novel sastra besutan Eka Kurniawan yang termasuk paling ringan untuk dibaca. Meskipun begitu, novel ini telah meraih penghargaan Book of the Year dari IKAPI 2015.

Kisah surealis yang menceritakan kisah Margio yang terseret dalam tragedi pembunuhan paling brutal. Namun Margio menyanggahnya,

“Bukan aku yang melakukannya, ada harimau di dalam tubuhku”

Buku ini akan membawamu pada pergulatan psikologi masing-masing tokohnya yang berbenturan dengan realitas kehidupan yang seharusnya dijalani dengan waras-waras saja.

10. Perihal Gendis, karya Sapardi Djoko Damono

Perihal Gendis

Buku ini adalah karya terbaru Sapardi Djoko Damono yang baru saja dirilis di akhir tahun 2018. Perihal Gendis ditulis saat Eyang Sapardi sedang dalam pemulihan sakit.

Dalam buku ini terdapat 15 puisi panjang dan juga ilustrasi abstrak berwarna yang digambar oleh SDD sendiri. Berbeda dengan buku-buku puisi karya Sapardi sebelumnya, buku ini hanya fokus pada satu karakter, yaitu Gendis. Itulah sebabnya SDD menamakan buku ini sebagai kitab puisi.


Jika ingin mencari buku-buku sastra GPU terpopuler lainnya, yuk segera kunjungi Gramedia.com. Karena sepanjang bulan November ini, Gramedia.com memberikan promo khusus berupa diskon 25% untuk buku-buku sastra pilihan terbitan GPU.

Promo ini berlaku mulai tanggal 14 - 30 November 2018. Syarat dan ketentuan berlaku ya.

PROMO GPU


Header image source: Sidomi.com