Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Nutrisi dan Aktivitas Menyehatkan yang Cocok untuk Anak Generasi Alpha

Nutrisi dan Aktivitas Menyehatkan yang Cocok untuk Anak Generasi Alpha

Lahir dan besar di era teknologi informasi yang serba maju, anak-anak generasi Alpha (rentang tahun kelahiran 2010 - 2025) tentu akan menghadapi banyak sekali tantangan sekaligus kesempatan di masa yang akan datang.

Maka dari itu, mereka perlu memiliki kemampuan belajar progresif, yaitu kemampuan belajar yang terus berkembang, yang dapat membentuk empat karakter anak hebat, seperti eksplorasi, berpikir kritis, jiwa kepemimpinan, dan empati. Hal ini dilakukan agar anak nantinya bisa meraih kesuksesan di masa depan.

Untuk mengasah kemampuan belajar progresif anak, bisa dimulai dengan melakukan berbagai aktivitas kecil yang bisa dilakukan bersama orang tua, misalnya dengan bermain permainan yang dapat melatih problem solving dan critical thinking si kecil, seperti menyusun puzzle, bermain permainan bongkar pasang seperti balok atau lego, dan tangram.

Tak hanya itu, membiarkan anak melakukan aktivitas yang dapat melatih kemampuan fisiknya juga bisa dilakukan sebagai wujud eksplorasi anak. Tentunya tetap harus dalam pemantauan orang tua, ya.

Aktivitas fisik sangat perlu dilakukan oleh anak-anak generasi Alpha, lho, karena bergerak juga merupakan bagian dari stimulasi untuk anak. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh dokter anak sekaligus penulis buku Cemong Books: MPASI 101, Panduan Praktis dan Lengkap Nutrisi Anak, dr. Citra Amelinda, dalam webinar parenting “Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha, Apa Saja?” pada rangkaian kegiatan Kids and Parents Festival Gramedia Digital x Ibu Pembelajar Indonesia di hari Sabtu, 23 Juli 2022 lalu.

Selain itu, dr. Citra juga mengatakan bahwa, aktivitas fisik ini juga perlu dilakukan karena setiap anak memiliki anjuran bergeraknya masing-masing sesuai dengan usia mereka. Untuk anak usia di bawah 1 tahun, anjuran bergeraknya adalah minimal 30 menit perhari, yaitu dengan mengajak anak melakukan aktivitas floor time atau tummy time.

Kemudian untuk anak usia 1 sampai 5 tahun batas bergeraknya adalah 3 jam perhari. Orang tua bisa mengajak anak melakukan berbagai aktivitas yang dapat melatih serta meningkatkan perkembangan sensorik dan motorik anak. Sedangkan untuk anak usia 5 sampai 18 tahun, anjuran bergeraknya adalah 1 jam untuk aktivitas fisik modern ke atas, contohnya aktivitas yang membuat mereka agak lelah.

nutrisi
Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Anak Generasi Alpha (Sumber Gambar: dok. Gramedia Digital)

Aktivitas-aktivitas tersebut tidak harus dilakukan di luar rumah, orang tua juga bisa memanfaatkan teknologi dan barang atau alat yang ada di rumah sebagai media untuk mendukung proses belajarnya.

Seperti yang dilakukan oleh Cantika Felder, influencer active mom dan zumba trainer untuk anak-anak, ia mengatakan bahwa ketika ia melakukan kegiatan olahraga di pagi hari, ia juga akan mengajak anaknya untuk melakukan aktivitas tersebut bersama-sama. Namun hal itu ia lakukan tanpa ada unsur paksaan dan aktivitas tersebut juga mereka lakukan dengan cara yang fun, sehingga anak juga tertarik untuk melakukan apa yang sedang orang tuanya lakukan. Misalnya dengan menggunakan musik yang ceria yang akan membuat anak ingin menari.

Selain itu, Cantika juga sering mengajak sang anak melakukan kegiatan fisik di luar rumah, misalnya dengan jalan-jalan santai di sekitar rumah dan bermain sepeda. Aktivitas ini ia lakukan selain untuk membuat anaknya menjadi lebih banyak bergerak, namun juga untuk memperkenalkan hal-hal baru kepada sang anak lewat lingkungan di sekitarnya, misal dengan mengenalkan jenis-jenis hewan yang mereka temukan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

“Orang tua harus pintar dan tahu bagaimana cara untuk menyalurkan energi anak dengan kegiatan yang positif, tentunya yang dapat mendukung proses belajarnya, agar anak juga nantinya tidak terlalu fokus terhadap digitalisasi ini.” - Cantika Felder
nutrisi
Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Anak Generasi Alpha (Sumber Gambar: dok. Gramedia Digital)

Namun perlu diingat, bahwa orang tua juga tidak bisa selalu menghindarkan atau melarang anak untuk menggunakan teknologi dan internet, karena hal itu merupakan salah satu bagian yang hadir dan mereka gunakan di kehidupan sehari-harinya, gehingga orang tua juga harus tahu bagaimana cara agar anak-anak mereka yang merupakan anak generasi Alpha ini bisa bebas mengakses internet dan berkreasi serta mengambil manfaat di dalamnya, namun dapat tetap membuat mereka aman dan nyaman.

Hal itu sejalan dengan apa yang dr. Citra katakan, di mana beliau mengatakan bahwa teknologi dan internet akan selalu ada dan hadir di setiap kehidupan anak-anak sekarang, sehingga anak pun harus hidup dan berdampingan dengan hal tersebut. Namun, di sini orang tua perlu memperhatikan bahwa penggunaan teknologi dan internet itu harus proporsional dan harus sesuai dengan komposisinya.

Kalau penggunaan teknologi dan internet tersebut untuk belajar, menimba ilmu, berkomunikasi dengan keluarga lain yang lebih jauh, itu tidak masalah. Tapi kalau hanya untuk bermain games dan menonton video, tentu hal ini harus ada batasannya.

Anggia Aranangsari, selaku Assistant Manager Gramedia Digital mengatakan bahwa ada banyak sekali media atau aplikasi di internet yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua dalam membantu proses belajar si kecil, salah satunya yaitu aplikasi BOOKR Class.

nutrisi
Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Anak Generasi Alpha (Sumber Gambar: dok. Gramedia Digital)

BOOKR Class merupakan media pembelajaran sekaligus bermain yang menyenangkan untuk anak dalam mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi asal Hungaria ini memiliki banyak sekali e-book interaktif yang tak hanya memperlihatkan gambar statis, tapi juga terdapat gambar-gambar animasi lucu yang dapat bergerak dan bersuara (audio-visual book). Selain itu, di setiap akhir cerita juga akan ada kuis dan games interaktif yang berkaitan dengan cerita yang sudah dibaca oleh anak.

Dengan tampilannya yang lebih berwarna dan banyaknya cerita yang seru serta games-games edukatif, tentu aplikasi ini akan sangat dapat menarik minat baca dan meningkatkan daya imajinasi, daya ingat dan kemampuan belajar, serta pemahaman anak dalam berbahasa Inggris.

Nutrisi dan Kebutuhan Gizi untuk Anak Generasi Alpha

Untuk mendukung kemampuan belajar progresif anak, selain dengan menstimulasinya melalui berbagai aktivitas, para orang tua juga perlu menyediakan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk anak. Asupan nutrisi dan gizi yang tepat akan sangat berguna dalam membentuk dan mematangkan sel-sel otak anak.

Hal ini penting, karena menurut dr. Citra, anak-anak generasi Alpha saat ini kebanyakan mengonsumsi makanan-makanan organik, fusion food atau makanan kekinian, dan makanan sejenisnya. Padahal baik orang dewasa maupun anak-anak sangat membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi seimbang, yang membedakan hanyalah proporsinya.

nutrisi
Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Anak Generasi Alpha (Sumber Gambar: dok. Gramedia Digital)

Maka dari itu, orang tua perlu memperhatikan proporsi makan anak, jangan sampai ada satu nutrisi yang jumlahnya terlalu banyak. Karena jika hal itu terjadi, maka hal itu akan berdampak pada kesehatan si kecil di masa yang akan datang. Perlu diingat juga bahwa makanan-makanan yang dilabeli sehat, belum tentu benar-benar sehat, sehingga orang tua tetap perlu memperhatikan kandungan nutrisi seimbang pada setiap makanan yang dikonsumsi si kecil.

Qonita Rachmah, yang merupakan seorang ahli gizi juga mengatakan bahwa, agar pertumbuhan anak dapat berjalan dengan optimal, orang tua perlu memberikan asupan gizi yang tepat dan seimbang pada anak selama masa pertumbuhannya. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik itu zat gizi makro, yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak, maupun zat gizi mikro, yang terdiri dari vitamin dan mineral.

Selain jenis gizi tersebut, jumlah nutrisinya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, usia, jenis kelamin, dengan tetap memperhatikan prinsip makanan. Konsep gizi seimbang juga termasuk menjaga aktivitas fisik serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

nutrisi
Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Anak Generasi Alpha (Sumber Gambar: dok. Gramedia Digital)

Jika Mama dan Papa ingin menyaksikan webinar parenting “Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha, Apa Saja?” ini secara keseluruhan, Mama dan Papa bisa menyaksikan pada laman Youtube Tribunnews di bawah ini.

Kemudian untuk Mama dan Papa penasaran dengan BOOKR Class, Mama dan Papa bisa membacanya lebih lanjut di artikel berikut >>> Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

Download BOOKR Class

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Kamu bisa menanyakan lebih lanjut mengenai BOOKR Class dan cara berlangganannya lewat chat WhatsApp Customer Service Gramedia Digital dengan klik di sini atau melalui email ke partner@gramedia.id.

Yuk, mulai berikan gizi dan aktivitas sehat terbaik kepada si Kecil. ❤️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: pexels.com/@bruna-saito-895761

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter