Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Pentingnya Mengajak Anak Berdiskusi untuk Pengaruhi Rasa Patuhnya

Pentingnya Mengajak Anak Berdiskusi untuk Pengaruhi Rasa Patuhnya

Grameds, kamu setuju kan, kalau komunikasi menjadi kunci harmonisnya suatu hubungan? Baik itu hubungan dengan teman, pasangan, partner kerja, orang tua, bahkan dengan anak.

Yap, berkomunikasi dengan anak memiliki seninya sendiri, karena ia sedang dalam tahap pertumbuhan yang mungkin levelnya masih jauh dari level kita berada sekarang. Jadi, harus berhati-hati dalam pemilihan kata, juga perilaku saat berinteraksi.

Sebagai orang dewasa khususnya orang tua, kamu sudah tahu belum, kenapa penting memiliki komunikasi yang baik dengan anak?

Alasan Mengapa Orang Tua Harus Berdiskusi dengan Anak

1. Memberikan Pengaruh terhadap Kepercayaan Diri Anak

Sebagai lingkungan yang paling dekat, tentu hubungan dengan orang tua turut andil membentuk rasa percaya diri anak. Perlakuan yang diberikan akan membekas hingga anak dewasa. Jika orang tua terbiasa untuk percaya pada anak dan memberikan kata-kata positif, ia tumbuh dengan memiliki rasa bahwa dirinya bisa dan layak dipercaya.

Mengajak
Mengajak Anak Berdiskusi Pengaruhi Rasa Patuhnya (Sumber Gambar: istockphoto)

2. Membuat Anak Merasa Lebih Berharga

Membahas kesehatan mental tentunya akan sangat terkait dengan pola asuh yang kita terima. Inilah saat yang tepat untuk Ayah dan Bunda memberikan bekas pola asuh yang baik bagi anak, sehingga anak tidak memiliki luka batin akibat pola pengasuhan yang salah.

Pola asuh dan pendidikan di rumah oleh orang tua merupakan cikal bakal pembentukan karakter dan kepribadian anak. Maka, orang tua bertanggung jawab untuk menciptakan kondisi yang kondusif di rumah bagi tumbuh kembang anak.

3. Membantu Anak Membangun Hubungan dengan Orang Lain

Ibarat simulasi memulai dan membina hubungan bermasyarakat, sangat ideal untuk orang dapat memberikan simulasi bagaimana harus bersikap yang tepat saat bersama orang lain.

Mengajak
Mengajak Anak Berdiskusi Pengaruhi Rasa Patuhnya (Sumber Gambar: istockphoto)

4. Hubungan Antara Orang Tua dan Anak Semakin Erat

Siapa yang tidak senang memiliki hubungan baik yang memberikan banyak benefit dari hubungan tersebut? Selain akan membuat suasana rumah menjadi nyaman, hubungan yang harmonis antar anggota keluarga juga akan mengaktifkan sel-sel bahagia dalam tubuh. Selepas pulang kerja orang tua tidak hanya kembali pulang ke sebuah bangunan bernama rumah, namun rumah sesungguhnya yang dapat menghilangkan segala penat dan lelah usai beraktivitas.

Mengajak
Mengajak Anak Berdiskusi Pengaruhi Rasa Patuhnya (Sumber Gambar: istockphoto)

Menurut Psikolog Roslina Verauli, orang tua biasanya bermasalah dengan anak ketika anak mulai berkembang untuk menjadi dirinya sendiri. Biasanya, anak yang mulai bisa bicara, mulai bisa mengurus dirinya sendiri, dan berarti mulai banyak keinginan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, diskusi antara anak dan orang tua dibutuhkan. Namun perlu diingat, bahwa diskusi harus mengikuti usia anak. Misalnya, saat anak masih kecil, bentuk diskusi yang dilakukan bukan dengan cara yang serius, melainkan diskusi di sela-sela kegiatan seperti bermainnya.

Dengan berdiskusi, anak akan merasa penting dan dihargai, dan sebagai orang tua, kita akan semakin memahami si kecil, sehingga kita dapat menempatkan diri dengan tepat, membuat anak nyaman, kemudian mengarahkannya untuk patuh pada apa yang kita katakan.

Kemudian, apakah treatment diskusi untuk setiap jenjang usia anak sama? Atau ada cara khusus yang sesuai dengan tingkat pendidikan anak? Mari kita cari tahu jawaban dan solusinya pada webinar No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anakyang akan berlangsung pada Minggu, 24 Juli 2022 melalui Zoom Meeting.

Webinar ini merupakan salah satu kegiatan yang akan berlangsung pada serangkaian acara Kids & Parents Festival, yang diselenggarakan oleh Gramedia Digital bersama Ibu Pembelajar Indonesia (IPI), untuk merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

KidsKlik untuk Info Lebih Lengkap!

Bagi kamu yang ingin belajar bagaimana caranya berdiskusi dengan anak tanpa drama, webinar "No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anak" akan membahas tentang tips dan trik dalam membangun bonding serta menginisiasi diskusi dengan anak.

Dibicarakan langsung oleh praktisi dan para profesional, yaitu psikolog anak dan remaja Jovita Maria Ferliana, penulis buku anak Watiek Ideo, dan influencer parent Jogi Hutabarat, webinar ini akan dilaksanakan pada pukul 14.00 - 15.00 WIB. Yuk, jadi great parents yang makin mengenal si kecil lewat webinar edukatif ini! 🤗😍

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Selain webinar, masih ada kegiatan lainnya untuk si kecil yang berlangsung selama tanggal 22-24 Juli 2022. Semua kegiatannya membuat kamu sebagai orang tua mampu mengembangkan wawasan parenting, dan si kecil mampu mengasah kreativitasnya dengan kegiatan-kegiatan seni. Tentunya seluruh kegiatan ini akan lebih mengakrabkan hubungan anak dan orang tua! Terdengar seru dan mengasyikkan, bukan? Yuk, kita kepoin seluruh rangkaian acaranya!

Kegiatan Virtual untuk Orang Tua dan Anak

Kids & Parents Festival berisi lima kegiatan virtual untuk anak dan orang tua. Seluruh rangkaian acara dalam Kids & Parents Festival ini akan diadakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada tanggal 22-24 Juli 2022. Segera dicatat, ya!

Hari Pertama Kids and Parents Festival

Di hari pertama ini ada webinar parenting untuk para orang tua yang ingin tahu serba-serbi quality time bersama anak yang efektif melalui literasi dan digitalisasi. Webinar bertajuk "Nak, Quality Time Sama Mama Papa, Yuk!" akan berlangsung bersama Mutiara Hikma, CEO dari Educourse, platform belajar online STEAM Learning (Science, Technology, Engineering, Art, Math), sekaligus founder dari komunitas IPI, dan bersama Danesya Juzar,  founder dari @productivemamas, yang membagikan informasi mengenai wisata dan kegiatan edukatif untuk anak dan keluarga. Webinar ini akan berlangsung pada pukul 19.00 - 20.30 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Webinarnya!

Hari Kedua Kids and Parents Festival

Di hari kedua akan ada kegiatan yang edukatif untuk anak, yakni “Fun Storytelling Time with BOOKR!”. Acara story telling bersama BOOKR Class ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 10.00 - 11.00 WIB via Zoom Meeting.

Bersama Rika Triyani selaku Coach Komunitas Pendongeng, beliau akan mendongengkan salah satu animated books di aplikasi BOOKR Class dengan cara yang fun, mengasyikkan, dan akan sangat menarik untuk anak-anak. Selain itu, ada pula Novalya Putri selaku Editor Buku di BIP yang ikut meramaikan dongeng nanti.

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Tak hanya kegiatan untuk anak-anak, di hari kedua ini juga ada webinar parenting yang bertajuk Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha: Apa Saja?, yang akan membahas tentang asupan nutrisi dan kegiatan menyehatkan untuk anak generasi Alpha, yakni mereka yang lahir mulai dari tahun 2010.

Webinar ini akan dihadiri oleh dr. Citra Amelinda, seorang dokter anak, konsultan laktasi, sekaligus penulis buku MPASI 101, dan juga oleh Cantika Felder, influencer dan zumba trainer untuk anak-anak. Webinar ini akan berlangsung pada pukul 14.00 - 15.30 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Webinarnya!

Hari Ketiga Kids and Parents Festival

Kemudian, di hari ketiga akan ada aktivitas edukatif untuk anak, yakni Let’s Doodle & Color Together!. Aktivitas ini akan mengajak si kecil untuk belajar menggambar dan mewarnai bersama Luluk Nailufar, seorang illustrator dan digital content creator. Kegiatan ini akan berlangsung pada Minggu, 24 Juli 2022 pukul 10.00 - 11.00 WIB.

KidsKlik untuk Ikutan Kegiatannya!

Mama dan Papa juga masih bisa ikutan webinar parenting di hari ketiga ini, yakni webinar bertajuk “No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anak” seperti yang sudah di bahas di atas.

Harga Tiket dan Berbagai Keuntungannya!

Harga tiket setiap kegiatan virtual ini adalah Rp100.000 saja, lho. Selain mendapatkan ilmu dari para pembicara, orang tua dan anak juga akan mendapatkan berbagai benefit yang menarik dan bermanfaat. Untuk pembelian tiket aktivitas anak, yakni “Fun Storytelling Time with BOOKR!” atau “Let’s Doodle & Color Together!”, tiket peserta sudah termasuk:

  1. Langganan BOOKR Class senilai Rp49.000
  2. Kids Premium Package Gramedia Digital senilai Rp49.000
  3. Voucher free trial course dari Educourse
  4. Voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  5. e-Certificate

Eits, untuk pembelian tiket webinar orang tua juga akan mendapatkan benefit menarik, lho. Mama dan Papa yang membeli tiket webinar “Nak, Quality Time sama Mama Papa, Yuk!”, “Nutrisi dan Kegiatan Produktif untuk Generasi Alpha: Apa Saja?”, atau “No Drama Please! Tips Berdiskusi Asyik dengan Anak”, akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  1. Full Premium Package Gramedia Digital 1 Bulan senilai Rp99.000
  2. Voucher free trial course dari Educourse
  3. Voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  4. e-Certificate

Hadiah Bagi 3 Penanya Terbaik

Masih ada hadiah melimpah dari rangkaian acara Kids & Parents Festival, lho! Untuk Mama dan Papa yang mengikuti webinar parenting dan menjadi penanya terbaik, maka berhak untuk mendapatkan hadiah! Hadiahnya apa saja, ya?

Untuk juara pertama dan kedua akan mendapatkan Goodie Bag IPI, free Educouse 1 Bulan, dan Astro Poin sebanyak Rp250.000. Sedangkan untuk juara ketiga akan mendapatkan Goodie Bag IPI dan free Educourse 1 Bulan. Hadiah-hadiah ini akan diberikan kepada para penanya terbaik di setiap acara webinar.

Lebih Hemat dengan Harga Pre-Sale dan Bundling

Nah, bagi Mama dan Papa yang udah nggak sabar untuk segera pesan tiketnya, kalian bisa beli tiket pre-sale yang sudah dapat potongan harga, lho! Dengan harga pre-sale, kalian cukup membeli tiket seharga Rp50.000 saja untuk setiap aktivitas. Hemat sampai 50%, lho!  Tiket pre-sale ini hanya dijual pada tanggal 11-20 Juli 2022 saja. So, jangan sampai tertinggal, ya!

KidsKlik untuk Beli Tiket Bundling Day 2!

Selain itu, Mama dan Papa juga bisa nih beli tiket bundling untuk 2 tiket di hari yang sama. Akan ada harga tiket pre-sale untuk bundling pada hari kedua dan tiga, yakni pada tanggal 23 dan 24 Juli 2022. Untuk tiket bundling, Papa dan Mama bisa mendapatkan 2 tiket untuk kegiatan di hari tersebut dengan harga Rp80.000 saja!

KidsKlik untuk Beli Tiket Bundling Day 3!

Dengan begitu, orang tua dan anak bisa mengajak teman untuk mengikuti acara ini. Dengan harga Rp80.000, keuntungan lain yang bisa didapatkan dari tiket pre-sale bundling ini adalah sebagai berikut:

  1. Langganan BOOKR Class 1 Bulan senilai Rp49.000
  2. Langganan Kids Premium Package 1 Bulan senilai Rp49.000
  3. Langganan Full Premium Package 1 Bulan senilai Rp99.000
  4. 2 voucher free trial course dari Educourse
  5. 2 voucher belanja Astro dengan diskon 15% (minimal belanja Rp.100.000 dengan maskimal diskon Rp50.000)
  6. 2 e-Certificate

Melimpah banget, kan? Udah nggak sabar untuk pesan tiketnya? Yuk, Admin kasih tau tata cara pemesanan tiket Kids & Parents Festival kali ini. Simak informasinya, ya!

Cara Pemesananan Tiket Kids & Parents Festival

Pertama, kamu perlu klik link pendaftaran sesuai dengan acara yang ingin kamu ikuti.

Jumat, 22 Juli 2022

Sabtu, 23 Juli 2022

Minggu, 24 Juli 2022

2. Masuk dengan Akun IPI Kamu

Setelah klik tautan di atas, kamu perlu masuk ke akun kamu. Jika belum memiliki akun, maka kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar akun, kamu perlu mengisi data nama, alamat email, nomor hp (WA), dan alamat rumah.

3. Klik “DAFTAR / BAYAR"

Kamu perlu scroll ke bawah deskripsi acara dan klik “DAFTAR”. Setelah itu, akan muncul nominal yang harus dibayar. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran, kamu akan dialihkan ke aplikasi atau layar pilihan untuk membayar. Setelah pembayaran berhasil, akan ada keterangan “BERHASIL”.

5. Kembali ke Detail Acara untuk Masuk Grup WA

Setelah sukses melakukan pembayaran, kamu perlu kembali ke detail acara. Di sana akan tertera tautan untuk masuk ke grup WhatsApp yang akan memberimu informasi seputar Kids & Parents Festival. Jangan lupa untuk masuk ke grup tersebut agar selalu update dengan acara ini.


Baca juga: Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!


Jadi, jangan lupa untuk segera ikuti serangkaian aktivitas dan webinar di Kids & Parents Festival! Dijamin, semua kegiatannya sangat inspiratif, edukatif, dan menyenangkan. Apalagi, banyak hadiah bertebaran yang bisa kamu dapatkan. Yuk, ajak si kecil, keluarga, atau kerabat lain untuk ikutan!

Sampai bertemu di Kids & Parents Festival! 🤗💕


Sumber foto header: istockphoto.com

Penulis: Siti Rochmawati

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter