Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Light Novel, Coba Sensasi Baca Novel dengan Ilustrasi Bergambar

Rekomendasi Light Novel, Coba Sensasi Baca Novel dengan Ilustrasi Bergambar

Kamu pastinya sudah tahu kalau buku memiliki beberapa jenis dan genre. Di antaranya ada kamus, komik, dan novel yang sudah akrab dengan kita. Biasanya, novel akrab dengan buku penuh dengan tulisan, ada yang halamannya banyak, ada juga yang tipis dan cocok untuk dibaca sekali duduk. Ternyata, novel tidak hanya satu jenis seperti yang umumnya kita tahu, lho. Ada juga jenis lain yang masih belum banyak diketahui orang, yaitu light novel.

Buku versi light novel ini akan memberikanmu sensasi membaca novel yang berbeda. Nah, sekarang Admin akan kasih tahu hal-hal penting tentang novel satu ini sekaligus rekomendasi bukunya. Kedengaran menarik, bukan? Lanjut baca sampai bawah, ya!

Apa Itu Light Novel?

Light novel atau disebut dengan novel ringan, merupakan subkultur sastra Jepang berbentuk seperti novel yang disertai dengan ilustrasi anime atau manga. Biasanya buku ini ditujukan untuk pembaca remaja usia sekolah menengah.

Light novel termasuk dalam istilah bahasa Jepang yang meminjam kosakata bahasa Inggris, namun bukan bagian dari idiom Inggris. Di Jepang sendiri novel jenis ini disebut ranobe, singkatan dari raito noberu.

eperpus
Japannese Light Novel (Sumber gambar: wookey.com)

Light novel bisa dikatakan sebagai bentuk evolusi dari majalah roman picisan Jepang (pulp magazine). Untuk menarik minat pembaca, mulai tahun 1970-an mulailah disisipkan ilustrasi ke dalam cerita dan menyertakan artikel mengenai film, anime, dan game populer. Topik bahasannya pun berkembang menyesuaikan minat generasi muda zamannya.

Karena popularitasnya sangat meroket di Jepang, maka penerbit secara berkala mencari bakat baru dengan mengadakan kontes tahunan yang berhadiah uang dan penerbitan novel. Dengeki Novel Prize adalah kontes terbesar di Jepang dengan partisipasi peserta mencapai 2.000 judul per tahun!

Light novel bisa jadi pilihan kamu para penyuka budaya pop Jepang untuk memulai kebiasaan membaca buku. Novel ini memiliki ilustrasi di dalamnya, sehingga kamu akan terhibur oleh visualnya, lebih terbayang wajah karakter, latar, dan adegan dari sebuah narasi.

eperpus
English Light Novel (Sumber gambaer: aminoapps.com)

Ciri Khas Light Novel

Berbeda dengan novel yang cenderung tebal dan memiliki banyak bab, light novel biasanya hanya memiliki halaman yang sedikit, sangat jarang melebihi 200 halaman. Selain memiliki ilustrasi di dalam halaman cerita, ilustrasi pun tampil pada sampul buku seperti komik pada umumnya.

Jumlah keseluruhan kata dalam ceritanya berkisar 40.000 hingga 50.000 kata dan sering kali diterbitkan dengan jadwal yang berdekatan. Untuk ukurannya novel-novel ringan ini dibuat dalam format asalnya edisi Jepang, yaitu pada ukuran 10.5 cm x 15 cm.

Kebanyakan penikmat light novel adalah anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Tema yang diangkat pun menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari remaja sekolah menengah, mulai dari persahabatan, percintaan, hingga fantasi. Namun faktanya, tidak jarang orang-orang yang sudah memasuki usia kepala dua juga ikut membacanya, karena mampu menjadi hiburan ringan di kala penat.

Gaya bahasa yang digunakan pun dibuat simpel dan sederhana dalam paragraf yang terdiri dari satu atau tiga kalimat. FYI, light novel telah menjadi sumber adaptasi anime paling umum saat ini, baik yang ceritanya telah tamat ataupun masih on going, lho, Grameds.

Lalu bagaimana dengan perkembangan light novel di Indonesia sendiri? Walaupun jumlah light novel masih sedikit sekali dibandingkan novel-novel pada umumnya di toko-toko buku, namun dengan banyaknya penggemar manga dan kebudayaan pop Jepang di Indonesia, light novel mendapat sambutan hangat, baik light novel asal Jepang yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, maupun light novel karya penulis Indonesia.

Nah, di Indonesia sendiri, penerbit yang cukup sering merilis light novel dari Jepang adalah Elex Media Komputindo dan m&c! dengan imprint Penerbit Clover. Meski belum banyak yang rilis, namun hingga saat ini penerbit kerap kali merilis light novel terbaru dan yang paling ditunggu-tunggu penggemar.

Lalu, ada light novel apa saja sih yang sudah bisa kamu nikmati? Berikut tujuh rekomendasi light novel yang patut kamu coba baca.

Rekomendasi Light Novel yang Wajib Kamu Baca!

1. Sword Art Online

SwordBaca Sekarang di Sini!

Serial light novel satu ini memang cukup populer semenjak keberadaannya pada serial anime dan film. Novel ini berlatar di masa depan yang berfokus pada dunia permainan realitas virtual, MMORPG. Dengan Nerve Gear, helm virtual reality yang merangsang panca indera pengguna melalui otak mereka, pemain dapat merasakan dan mengontrol karakter game mereka lewat pikiran.

Saat semua pemain telah log in untuk pertama kalinya, akhirnya mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat log out kecuali telah mencapai lantai 100 menara permainan dan mengalahkan bos terakhir. Namun, jika avatar mereka meninggal dalam permainan, tubuh mereka juga mati di dunia nyata.

Kirito yang telah log in ke dalam SAO dengan cepat memahami sistem game ini. Kirito tahu jika ia telah mempertaruhkan nyawanya, namun pertemuan dengan gadis bernama Asuna membawa perubahan baginya. Ia juga bertemu dengan banyak pemain dengan berbagai profesi dan cara berpikir yang berbeda.

Meski tidak bisa kembali ke “dunia nyata”, masing-masing dari mereka akan menceritakan kisahnya menjalani hidup dalam Sword Art Online dengan penuh tawa dan air mata.⁠ Apakah Kirito dapat terbebas dari dunia virtual ini?⁠

SwordBaca Sekarang di Sini!

Novel fantasi ini sangat mengasyikan untuk diikuti. Perjuangan dalam memenangkan game, romantisme, pertemanan, dan segala problema pelik yang membuat para tokoh terjebak antara dua dunia, membuat Sword Art Online mampu menghipnotis siapa pun yang membacanya!

2. Bungo Stray Dogs

Sama seperti sebelumnya, novel ini pun berawal dari serial manga dan menjadi anime. Komiknya pun sedang digarap oleh penerbit Elex Media Komputindo, lho! Sambil menunggu komiknya hadir, kita coba baca seri light novel-nya dahulu.

Kira-kira, gimana jadinya kalau dua individu yang sangat jauh berbeda, dipersatukan untu menjadi duo detektif dengan kemampuan supranatural? Nah, ada Doppo Kunikida, seorang detektif yang idealis sekaligus kaku dari “Biro Detektif Bersenjata”, sebuah biro dengan keahlian menyelesaikan kasus-kasus berbahaya yang tak bisa ditangani oleh kepolisian bahkan militer sekalipun. Semua hal berjalan sesuai idealismenya, tapi lama kelamaan, ia harus berjuang bersama pegawai baru yang mencurigakan, eksentrik, serta maniak bunuh diri bernama Osamu Dazai.

BungoBaca Sekarang di Sini!


Baca juga: 10 Komik Best Seller hingga Bulan Juni 2022


3. Fate/Strange Fake

Fate adalah seri yang begitu populer dan mendunia saat ini. Berawal dari sebuah video game berjudul Fate/stay Night, seri ini kini telah menyebar dan mendominasi banyak media seperti anime, komik, drama CD, bahkan film.

Ada banyak "semesta Fate" yang diciptakan, seperti Fate/Zero, Fate/Apocrypha, Fate Grand Order, Fate/Prototype, Fate/EXTRA, PRISMA ILYA, Hollow Ataraxia, dan masih banyak lagi. Light novel ini menjadi salah satu semesta Fate yang ditulis oleh penulis novel terkenal Jepang bernama Ryohgo Narita.

Fate/Strange Fake mengambil latar kota fiksi Snowfield, Amerika Barat. Disebut strange dan fake, karena pertarungan memperbutkan Holy Grail ini memang sengaja mereplika Holy Grail War ketiga di Fuyuki, namun sayangnya gagal dan berantakan, sehingga banyak hal yang nggak wajar. Walaupun begitu, para Magi dan Heroic Spirit tetap mengerahkan tenaganya untuk tetap memenangkan Holy Grail War yang palsu ini.

SwordBaca Sekarang di Sini!

Ada kelanjutan yang tidak diceritakan di legenda, dimulai di Snowfield, Amerika. Ayaka Sajou tengah terlibat dalam hal tentang Holy Grail War yang penuh kepalsuan. Partisipasi Servant misterius yang bahkan tak diketahui oleh para dalang di balik Holy Grail War ini membuat situasi semakin kacau.

SwordBaca Sekarang di Sini!

Dengan menjadikan Holy Grail War palsu sebagai persembahan, Holy Grail War yang asli akan bangkit. Itulah mekanisme skala besar yang digadang-gadang oleh para dalang peperangan di Snowfield ini. Para Heroic Spirit baru yang dipanggil oleh kubu dalang satu per satu mulai menampakkan sosoknya. Tidak ketinggalan, satu Class yang berbeda dari Class lainnya ikut terpanggil dalam Holy Grail War ini.

SwordBaca Sekarang di Sini!

4. Tokyo Ghoul:Re [Quest]

Siapa yang mengikuti seluruh seri Tokyo Ghoul? Light novel ini wajib masuk daftar bacaan kamu juga ya!

“Ghoul” yang memakan manusia dan pemburunya, CCG, hidup “berdampingan” di Tokyo. Ada Qs si maniak game yang jatuh cinta pada hari libur, dan ada gadis yang terus bertempur dalam “Aogiri Tree”. Banyak kejadian yang terjadi dalam kisah ini, mulai dari pembuatan dessert oleh kelompok investigator elite dan fotografer yang menyelinap ke taman gourmet, serta riak yang muncul pada Festival Seni CCG. Semuanya berbaur epik dalam kisah di buku ini!

tokyoBaca Sekarang di Sini!

5. Light Novel Detektif Conan: Private Eyes` Requiem

Serial Detektif Conan juga nggak kalah memiliki light novel-nya sendiri. Bahkan, ada banyak light novel Conan yang sudah terbit di Indonesia, dengan berbagai kisah menarik di dalamnya.

tokyoBaca Sekarang di Sini!

Untuk kali ini, Conan datang ke Miracle Land, tempat yang ditunjuk klien untuk melakukan investigasi bersama kawan detektif lainnya. Free pass ID berbentuk jam tangan yang diberikan kepada mereka di sana ternyata dipasangi bom dan akan meledak jika mereka tidak dapat memecahkan kasus dalam waktu dua belas jam!

Conan pun memulai investigasi demi menyelamatkan Ran dan kelompok detektif cilik yang tidak tahu apa-apa. Di tengah penyelidikannya, ia bertemu dengan Heiji Hattori dan Saguru Hakuba yang memakai ID yang sama.

6. Light Novel One Piece: Chopper's Kingdom on The Island of Strange Animals

LNBaca Sekarang di Sini!

One Piece juga punya koleksi light novel! Untuk yang satu ini, menceritakan tentang salah satu kru bajak laut Luffy bernama Tony Tony Chopper, yang terpisah dari rombongannya dan terdampar di sebuah pulau bernama Pulau Mahkota. Kemudian, ia diangkat menjadi raja binatang yang baru. Buruknya lagi, terdapat konflik internal yang membuat pulau tersebut bergejolak disebabkan gerombolan Count Butler yang juga mengincar harta karun. Akankah Luffy dan kawan-kawan berhasil mengatasinya?

7. Light Novel Naruto: Blood Prison

LNBaca Sekarang di Sini!

Nggak kalah dari komik legend di atas, petualangan Naruto masih berlanjut di light novel ini! Pada cerita ini, dia dituduh menjadi dalang percobaan pembunuhan dari sosok penting. Ia harus merasakan dikurung di penjara yang sulit untuk ditembus. Apakah Naruto berhasil membuktikan kalau dirinya bersalah? Atau justru malapetaka lain malah menimpanya?


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Yap, itu tadi beberapa hal seputar light novel yang bisa mengunggah kamu untuk mencoba sensasi baru dalam membaca novel. Semua rekomendasi buku di atas wajib kamu baca dan siap menemani hari kamu!

Semua novel tadi dan light novel lainnya bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Jangan lupa, cek semua promo yang sedang berlangsung di bawah ini. Koleksi semua light novel di atas jadi lebih hemat, deh!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: twitter.com/yenpress

Penulis: Siti Rochmawati


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus