Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Demon Slayer: To The Hashira Training, Lebih Seru Komik Aslinya?

Demon Slayer: To The Hashira Training, Lebih Seru Komik Aslinya?

Grameds, kamu sudah tahu, belum?🧐

Akhir Februari lalu, film Demon Slayer: To The Hashira Training resmi ditayangkan pada beberapa jaringan bioskop di Indonesia, mulai dari Cinema XXI, CGV, dan Cinepolis. Setelah sukses dengan filmnya yang sebelumnya, Demon Slayer: Mugen Train pada tahun 2021 silam, tahun ini Demon Slayer: To The Hashira Training pun rilis dan menuai perbincangan banyak orang.

Seperti namanya, film Demon Slayer: To The Hashira Training ini merupakan gabungan dari episode terakhir anime Season 3 yaitu Swordsmith Village Arc dan episode awal Hashira Training Arc.

Pppst tidak sedikit pula orang yang membanding-bandingkan filmnya  dengan komik original-nya yang sudah lama tamat, loh!🤫

Nah, pertanyaannya, kira-kira mana yang lebih bagus, komik original Demon Slayer atau film yang satu ini? Gramin kasih bocoran nih, apa saja perbedaan antara keduanya dimulai dari garis besar timeline-nya!

Sebelum itu, spoiler alert dulu🚨 artikel ini mengandung secuil spoiler, yah! Kalau kamu penasaran dengan spoiler-nya, cussss langsung baca aja, deh!

Timeline Film Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba To The Hashira Training

Film ini dimulai dengan scene akhir pertarungan Tanjiro, Nezuko, dan Genya melawan Hantengu, iblis upper moon urutan keempat yang memiliki kemampuan membelah dirinya menjadi tujuh berdasarkan emosinya. Mereka diharuskan untuk memenggal kepalanya sampai putus agar iblis tersebut benar-benar mati😣

Namun, sayangnya, perjuangan mereka tidak semudah itu. Di saat mereka hampir berhasil memenggal Zohakuten, salah satu tubuh Hantengu yang berbadan kecil, iblis tersebut berhasil melarikan diri karena terjatuh lewat tebing yang curam😫

Merasa kekuatan regenerasinya melemah, Hantengu yang sudah tidak memiliki kedua tangan dengan pedang Tanjiro yang masih tertancap di lehernya kemudian memutuskan mencari manusia untuk dimakan sebelum waktunya matahari terbit. Tanjiro berusaha sekuat tenaga untuk mengejar dan memenggal leher iblis itu dengan menggunakan pedang nichirin yang dilemparkan oleh Muichiro dari atas tebing😨

Tanpa adanya rasa khawatir, Nezuko turut menuruni tebing dan menghampiri kakaknya Tanjiro. Dia berusaha memberitahu bahwa iblis tersebut masih mengejar tiga warga desa ahli pedang yang tersisa⚔

Setelah melihat kepala yang terpenggal tadi, ternyata diketahui bahwa itu bukanlah tubuh utama melainkan salah satu dari tujuh tubuh clone milik Hantengu. Tak lama kemudian, terbitlah scene matahari mulai terbit yang menyebabkan Nezuko, yang telah menjadi iblis, ikut terbakar.

Tanjiro yang kebingungan sekarang dihadapkan oleh dua pilihan; menyelamatkan adiknya atau mengejar Hantengu yang hampir membunuh warga-warga tadi. Kawan-kawannya yang lainnya juga masih jauh di atas tebing sana sehingga tidak bisa membantunya. Di tengah momen krusial itu, Nezuko memberi isyarat dengan menendang kakaknya untuk menolong para warga terlebih dahulu💪

Menggunakan indera penciumannya yang tajam, akhirnya Tanjiro dapat menemukan letak tubuh Zohakuten, yaitu tepat di dalam jantung tubuh clone-nya yang sedang berlari. Tanpa pikir panjang, ia langsung menebas tubuh clone sekaligus kepala Zohakuten hingga mati. Tanjiro terduduk dengan lemas dan menangisi kematian adiknya, Nezuko, yang diyakini telah habis terbakar sinar matahari😱

Scene selanjutnya benar-benar membuat haru penonton. Betapa dibuat kagetnya kita saat mengetahui Nezuko menyusul kakaknya dengan berjalan sendiri di bawah sinar matahari😥 Sungguh sesuatu yang sangat mustahil untuk para iblis!

Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi?🤨

Penonton kemudian mendapat penjelasan singkat Tamayo, seorang iblis pembantu manusia yang memang sedang meneliti sampel darah Nezuko sejak season pertama anime berakhir. Menurutnya, komponen darah Nezuko terus-menerus berubah dalam waktu yang sangat singkat sehingga diperkirakan bahwa tak lama lagi Nezuko akan kebal cahaya matahari😶‍🌫️

Kabar menggembirakan ini pada akhirnya bisa dirasakan juga oleh Kibutsuji Muzan, villain utama dari serial Demon Slayer. Muzan langsung merencakanan untuk mengatur ulang strategi dari mencari tanaman blue spider lily sebagai tanaman penyembuh penyakitnya menjadi mengincar nyawa Nezuko😣

Ia beranggapan kalau memakan Nezuko akan memberikan kekuatan baru baginya untuk bisa menangkal efek paparan sinar matahari secara langsung. Dengan inilah pada akhirnya tubuh yang dimiliki akan bersifat abadi, sempurna, dan tidak bisa dikalahkan siapapun.

Non-Canon Event Sanemi dan Obanai yang Tidak Ada dalam Manga!

Arc selanjutnya dimulai dengan scene Shinazugawa Sanemi, Iguro Obanai, beserta dua orang slayer lainnya sedang menyelidiki kasus penculikan orang setiap malamnya. Beruntungnya mereka, tak lama setelah itu terdengar teriakan seorang anak gadis yang diculik oleh seorang laki-laki berbadan besar. Mereka pun mengikutinya hingga menemukan sebuah gedung yang terbengkalai.

Tak lama setelah memasuki gedung tersebut, mereka ternyata dicegat oleh gerombolan iblis yang memang sudah menunggunya. Di sinilah kemudian terlihat Sanemi mengeluarkan jurus-jurus pamungkasnya sebagai seorang hashira angin. Di sisi lain, dalam layar lebar kita juga akan dibuat terkesima dengan perwujudan teknik berpedang serpent style milik Iguro yang menyerupai Kaburamaru, ular putih peliharaannya.

Setelah berhasil mengalahkan semua iblis-iblis yang ada, tersisalah satu iblis penculik sang gadis. Walaupun mereka berdua berhasil memojokkannya, iblis tersebut berhasil kabur dengan memasuki dimensi lain markas tempat tinggal para iblis lainnya, yaitu Infinity Castle.

Preview Hashira Training Arc

Beberapa minggu kemudian, tampaklah Tanjiro yang sudah siuman setelah dirawat total di Mansion Kupu-Kupu. Desa para ahli pedang diceritakan sudah dipindahkan demi alasan keamanan mereka. Scene kemudian berpindah ke rumah pimpinan Ubuyashiki, tempat di mana diadakan pertemuan darurat antar hashira dengan Amane yang mewakilkan kehadiran suaminya, Kagaya, yang sudah tidak bisa hadir.

Amane kemudian memberitahu para hashira untuk berwaspada karena Muzan tentunya akan mengincar Nezuko dalam waktu yang singkat. Ia juga mendapat laporan bahwa Mitsuri dan Muichiro sempat mendapatkan tanda aneh yang mirip dengan yang dimiliki para pendekar pedang yang hampir menewaskan Muzan dulu. Singkat waktu, para hashira diharuskan untuk mengadakan berbagai pelatihan untuk memunculkan tanda ini sebagai persiapan melawan pasukan iblis dari Kibutsuji Muzan yang bisa akan menyerang kapanpun saja.

Film Demon Slayer: To The Hashira Training ini ditutup dengan segelintir scene di mana semua Hashira sibuk mempersiapkan pelatihan tersebut berdasarkan kemampuan masing-masing yang diunggulkan. Tak hanya itu, gagak peliharaan keluarga Ubuyashiki juga menghampiri rumah Tamayo untuk mengajaknya bekerja sama dengan Demon Slayer Corps demi mengalahkan Kibutsuji Muzan.

Kesimpulannya, Mana yang Harus Kamu Pilih?

Untuk kamu yang sebelumnya sudah mengikuti serial Demon Slayer dari season awal hingga season tiga, bisa Gramin bilang film ini kurang greget untuk kamu tonton☹️ Hal ini dikarenakan film tersebut sebagian besar memuat recap akhir cerita season 3 dan rapat antar hashira yang membahas persiapan untuk menggelar pelatihan mereka.

Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa film Demon Slayer ini hanya menjadi batu loncatan film promosi yang berfungsi memecut rasa penasaran penonton dengan alur cerita Demon Slayer season keempat yang akan tayang pada bulan Mei tahun ini nanti.

Nah, buat detail cerita yang lebih greget pastinya cuma bisa kamu temui di original story-nya, yakni yang dalam bentuk komik!✨ Sudah menjadi rahasia umum kalau versi buku atau komik suatu film biasanya memuat cerita lebih lengkap dengan detail yang berbeda dari film. Kamu bisa menemukan komik lengkap Demon Slayer di Gramedia.com, Grameds!🤩

Rekomendasi Komik Demon Slayer Terpopuler

Buat kamu yang mau mengetahui terlebih dahulu jalan cerita anime Demon Slayer ini hingga tamat, Gramedia.com punya solusinya untukmu! Berikut ini adalah 5 komik Demon Slayer terpopuler di Gramedia.com!👇

1. Demon Slayer Volume 1

demonBeli di Sini!

Hidup Tanjiro tiba-tiba hancur saat ia pulang ke rumah dan melihat rumahnya berlumuran darah, seluruh keluarganya dibantai iblis dan hanya tersisa Nezuko, adik perempuannya yang masih hidup namun Nezuko sudah berubah menjadi iblis. Ia berusaha keras agar Nezuko kembali saat nyawanya hampir terancam. Giyu, salah satu pembasmi iblis muncul saat itu dan membuat Tanjiro berusaha menghindar dari serangan Giyu yang ingin membunuh Nezuko.

Akhirnya Giyu memutuskan untuk tidak membunuh Nezuko dan mengutus Tanjiro pergi menemui seseorang. Tanjiro pun mengikuti perintah Giyu dan bertekad untuk membalas dendam keluarganya serta menjadikan Nezuko kembali menjadi manusia.

2. Demon Slayer Volume 2

demonBeli di Sini!

Setelah berhasil melewati seleksi akhir ujian untuk menjadi anggota Kisatsutai,Tanjiro ditemani Nezuko yang telah sadarkan diri, pergi ke suatu kota di mana para gadis muda dikabarkan menghilang secara misterius! Apakah ini juga ulah iblis?

3. Demon Slayer Volume 3

demonBeli di Sini!

Kediaman Tamayo diserang oleh dua iblis yang mengendalikan bola dan panah. Kedua iblis itu merupakan bawahan Kibutsuji yang ingin membunuh Tanjiro dan Nezuko. Tanjiro dan Nezuko bekerja sama untuk membunuh kedua iblis yang sudah menghancurkan kediaman Tamayo.

Tanjiro mendapatkan bantuan Yushiro untuk melihat arah bola dari iblis tersebut. Sementara Tanjiro melawan iblis bola, Nezuko pun melawan iblis panah itu. Apakah Tanjiro dan Nezuko berhasil memenangkan pertarungan melawan dua iblis suruhan Kibutsuji?

4. Demon Slayer Volume 4

demonBeli di Sini!

Begitu Tanjiro keluar usai mengalahkan iblis pengguna tsuzumi, dia melihat Zenitsu Agatsuma tengah dipukuli secara sepihak oleh seorang pemuda bertopeng babi hutan. Tanjiro berusaha menghentikan pemuda itu, tapi setelahnya dia yang jadi incaran!

Usai beristirahat, Tanjiro dan kawan-kawan mendapat perintah darurat dari Kisatsutai dan menuju suatu gunung yang menyeramkan! Rahasia apa yang tersembunyi di gunung itu?

5. Demon Slayer Volume 5

demonBeli di Sini!

Tanjiro dan kawan-kawan akhirnya beranjak menuju Gunung Natagumo dan bertarung begitu alot melawan keluarga iblis laba-laba penghuni gunung tersebut! Zenitsu terkena racun yang akan mengubahnya menjadi laba-laba, Inosuke dan Tanjiro menjadi bulan-bulanan iblis raksasa yang berperan sebagai ayah.

Ujung pertarungan mereka belum tampak. Di tengah keputusasaan itu, adakah yang bergerak menyusul mereka di belakang?!

6. Demon Slayer Volume 6

demonBeli di Sini!

Tanjiro berhasil mengalahkan Iblis Laba-laba dengan perjuangan keras. Akan tetapi, salah satu petinggi di Kisatsutai, Shinobu Kocho, ternyata mengincar Nezuko. Tanjiro pun turut ditangkap bersama Nezuko. Saat tersadar, Tanjiro sudah berada di markas utama Kisatsutai dan dikelilingi para Hashira, para ahli pedang terkuat pasukan.

7. Demon Slayer Volume 7

demonBeli di Sini!

Tanjiro berangkat ke jalur Pembunuh Iblis untuk menyelamatkan saudara perempuannya dan membalaskan dendam keluarganya! Di Jepang era Taisho, Tanjiro Kamado yang baik hati mencari nafkah dengan menjual arang. Tapi hidupnya yang damai hancur ketika iblis membantai seluruh keluarganya. Adik perempuannya Nezuko adalah satu-satunya yang selamat, tetapi dia sendiri telah berubah menjadi iblis!

Tanjiro memulai perjalanan berbahaya untuk menemukan cara mengembalikan adiknya menjadi normal dan menghancurkan iblis yang menghancurkan hidupnya. Usai memulihkan diri di bawah naungan salah seorang Hashira, Shinobu, Tanjiro dan kawan-kawan kini berhasil menguasai Zenshuchu secara paripurna.

Lalu, datanglah tugas baru untuk menyusup ke Kereta Uap Mugen dan membasmi iblis yang bersemayam di sana bersama En Hashira, Rengoku. Akan tetapi, Tanjiro dan kawan-kawan malah terjebak di dalam mimpi buatan si iblis! Apakah ada jalan bagi mereka untuk meloloskan diri dari jeratan musuh?

8. Demon Slayer Volume 8

demonBeli di Sini!

Tanjiro dan kawan-kawan yang pergi menaiki kereta uap “Mugen” untuk menemui salah satu Hashira. Namun, Rengoku Kyojuro, malah terjebak dalam perangkap iblis. Ternyata, salah satu iblis utusan Muzan Kibutsuji telah mempersiapkan jebakan.  Tanjiro dan kawan-kawan terperangkap dalam “mimpi abadi” yang dipersiapkan Enmu. Namun, rencananya kacau saat Tanjiro yang pertama kali sadar akan jebakan mimpi itu berhasil bangun dari tidurnya.  

Tanjiro yang menghadang Enmu bertarung sengit dan berhasil memenggal kepala Enmu, tapi ternyata itu tidak membunuhnya. Enmu malah menyatu dengan badan kereta dan menjadi sulit diserang. Ia juga menjadikan para penumpang yang tertidur di dalam kereta sebagai sanderanya.

9. Demon Slayer Volume 9

demonBeli di Sini!

Tanjiro dan kawan-kawan beranjak ke “kota malam” yang menjadi sarang iblis bersama "Otobashira" Tengen Uzui. Di sanalah ketiga istri Tengen yang juga "kunoichi", hilang kontak setelah menyusup untuk mengumpulkan informasi. Demi penyelidikan lebih lanjut, Tanjiro dan kawan-kawan harus menyusup dengan menyamar sebagai wanita.

Tetapi lokasi iblisnya tetap belum ditemukan. Di tengah situasi membingungkan itu, tangan-tangan mematikan iblis menculik para "oiran". Mampukah Tanjiro dan kawan-kawan menemukan iblis tersebut?

10. Demon Slayer Volume 10

demonBeli di Sini!

Pertarungan sengit Tanjiro melawan iblis Daki masih terus berlanjut! Tanjiro mampu menyamai kekuatan lawan dengan Hinokami Kagura. Akan tetapi, dia telah melewati batas kemampuannya? Nezuko dan Uzui pun menggantikan Tanjiro. Tetapi pertarungan melawan Daki sang iblis Jyogen ternyata memasuki babak baru!


Baca Juga: Pertarungan Sengit Hashira dan Iblis Tingkat Tinggi di Demon Slayer 8


Nah, itu hanya kesepuluh volume komik Demon Slayer terpopuler. Buat kamu yang mau baca komiknya lengkap dari jilid satu sampai yang terbaru, jangan khawatir! Di Gramedia.com kamu bisa menemukan serial komik Demon Slayer lengkap dengan cara klik di sini!

Gak cuma itu, belanja komikmu bisa lebih murah dengan klaim diskon menarik dari Gramedia.com. Lagi ada promo Teman Membaca sampai tanggal 17 Maret ini. Pilihan buku Gramedia didiskon hingga 20%! Untuk informasi selengkapnya klik gambar di bawah ini, ya!

kumpulanTemukan Promo Spesial di Sini!

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Gramedia.com

Penulis: Ivory Ayeisha Namira, Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter