Kendala dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Kendala dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia sejatinya sudah dimulai sejak lama. Berbagai kurikulum dan metode pengajaran bahkan telah dikembangkan oleh pemerintah, guna meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai bahasa Inggris, salah satunya dengan memperkenalkan bahasa Inggris lebih dini, dimulai dari Sekolah Dasar.

Sayangnya, mengajarkan bahasa Inggris untuk anak itu memang susah-susah gampang. Hal ini terjadi karena masih banyak ditemukannya masalah serta hambatan yang memengaruhi proses pelaksanaan program tersebut, sehingga hasil yang dicapai pun belum maksimal. Salah satu hambatan tersebut terlihat dari proses belajar mengajar di ruang kelas, mulai dari suasana kelas yang tidak kondusif karena banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas, dan tidak menariknya media belajar yang disediakan oleh sekolah.

Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

1. Jumlah Siswa yang Begitu Banyak dalam Satu Kelas

Banyaknya jumlah siswa di dalam satu kelas, membuat suasana kelas yang seharusnya menyenangkan menjadi tidak kondusif. Padahal dalam pengajaran bahasa, jumlah siswa di dalam satu kelas seharusnya dibatasi agar siswa bisa fokus dalam kegiatan belajarnya.

Pada kenyataannya, sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan memiliki kelas dengan jumlah siswa mencapai 30-40 siswa dalam satu kelasnya, sehingga membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi tidak ideal. Terkait banyaknya jumlah siswa yang ada di ruang kelas, sebenarnya hal tersebut bisa diatasi oleh para guru dengan membagi siswanya menjadi beberapa kelompok.

kendala
Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (Sumber Gambar: Tempo/Eko Siswono Toyudho)

Johnson & Johnson (1994) bahkan mengatakan bahwa terdapat tiga kelebihan membagi siswa menjadi berkelompok, yaitu:
1. Menciptakan suasana interaksi antara siswa dengan siswa
2. Merubah budaya siswa dari kerja individu menjadi kerja dalam satu kelompok
3. Membuat suasana yang lebih variatif sehingga membuat siswa bisa menunjukkan kemampuannya secara maksimal.

Selain itu, dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok juga akan memudahkan para guru untuk memberikan materi dan memperhatikan anak muridnya. Karena dalam proses belajar untuk siswa sekolah dasar, biasanya memang memerlukan perhatian yang lebih, mengingat usia mereka yang masih belia.

2. Media Belajar yang Kurang Memadai

Di Indonesia kebanyakan guru memakai buku pelajaran sebagai penuntun mereka dalam memberikan materi. Namun, ada beberapa guru yang mengalami masalah karena kurangnya buku yang tersedia. Ditambah dengan para guru yang tidak mempunyai pedoman terkait buku lainnya yang layak, serta memenuhi standar untuk dipergunakan sebagai materi pembelajaran di kelas.

Kalaupun di sekolah tersedia banyak buku pelajaran yang bisa digunakan, kebanyakan dari buku-bukunya pun kurang menarik untuk anak siswa sekolah dasar. Misalnya terlalu banyak tulisan di dalam buku, kurangnya gambar yang menarik, sehingga hal tersebut menghambat atau menurunkan motivasi siswa dalam proses belajarnya.

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi apabila guru memiliki metode mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan kreatif, yang bisa membuat anak didiknya merasa enjoy, bersemangat, dan senang dengan materi yang disampaikan. Misalnya dengan mengajak para siswanya belajar di luar kelas (moving class), entah di lapangan, taman, atau ruangan lain selain kelas mereka.

kendala
Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (Sumber Gambar: Canva)

Dilansir dari Tribunnews.com, Kunjana Rahardi, salah satu pakar sosiolinguistik dari Universitas Gajah Mada, juga mengatakan bahwa metode dan fokus pembelajaran bahasa Inggris memang haruslah diubah menjadi lebih menyenangkan. Hal ini dilakukan agar dapat mendorong para siswa untuk mempraktikkan bahasa Inggris secara lebih aktif.

Selain itu, guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, guru juga bisa memanfaatkan media pengajaran lain, misalnya menggunakan barang-barang yang berkaitan dengan kegiatan mereka sehari-hari, menonton film, mendengarkan musik, menggunakan gerakan tubuh, bermain games, menggunakan gambar, dan lain sebagainya. Metode-metode menyenangkan tersebut penting untuk dilakukan agar proses belajar mengajar di kelas tidak monoton dan membosankan.

Selain guru mata pelajaran bahasa Inggris, sebenarnya pihak sekolah juga harus ikut turut andil dalam membantu proses belajar mengajar tersebut, salah satunya dengan menyediakan fasilitas dan media belajar mengajar yang baik dan lengkap, sehingga kegiatan siswa di kelas pun dapat berlangsung dengan lancar. Nah, salah satu fasilitas yang bisa diberikan adalah dengan menghadirkan media pengajaran bahasa Inggris dari BOOKR Class.

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!⤵️🛒

dampakBerlangganan Sekarang!



Sumber foto header: Shutterstock

Penulis: Ikha Destryani

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter