Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Kendala dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Kendala dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia sejatinya sudah dimulai sejak lama. Berbagai kurikulum dan metode pengajaran bahkan telah dikembangkan oleh pemerintah, guna meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai bahasa Inggris, salah satunya dengan memperkenalkan bahasa Inggris lebih dini, dimulai dari Sekolah Dasar.

Sayangnya, mengajarkan bahasa Inggris untuk anak itu memang susah-susah gampang. Hal ini terjadi karena masih banyak ditemukannya masalah serta hambatan yang memengaruhi proses pelaksanaan program tersebut, sehingga hasil yang dicapai pun belum maksimal. Salah satu hambatan tersebut terlihat dari proses belajar mengajar di ruang kelas, mulai dari suasana kelas yang tidak kondusif karena banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas, dan tidak menariknya media belajar yang disediakan oleh sekolah.

Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

1. Jumlah Siswa yang Begitu Banyak dalam Satu Kelas

Banyaknya jumlah siswa di dalam satu kelas, membuat suasana kelas yang seharusnya menyenangkan menjadi tidak kondusif. Padahal dalam pengajaran bahasa, jumlah siswa di dalam satu kelas seharusnya dibatasi agar siswa bisa fokus dalam kegiatan belajarnya.

Pada kenyataannya, sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan memiliki kelas dengan jumlah siswa mencapai 30-40 siswa dalam satu kelasnya, sehingga membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi tidak ideal. Terkait banyaknya jumlah siswa yang ada di ruang kelas, sebenarnya hal tersebut bisa diatasi oleh para guru dengan membagi siswanya menjadi beberapa kelompok.

kendala
Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (Sumber Gambar: Tempo/Eko Siswono Toyudho)

Johnson & Johnson (1994) bahkan mengatakan bahwa terdapat tiga kelebihan membagi siswa menjadi berkelompok, yaitu:
1. Menciptakan suasana interaksi antara siswa dengan siswa
2. Merubah budaya siswa dari kerja individu menjadi kerja dalam satu kelompok
3. Membuat suasana yang lebih variatif sehingga membuat siswa bisa menunjukkan kemampuannya secara maksimal.

Selain itu, dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok juga akan memudahkan para guru untuk memberikan materi dan memperhatikan anak muridnya. Karena dalam proses belajar untuk siswa sekolah dasar, biasanya memang memerlukan perhatian yang lebih, mengingat usia mereka yang masih belia.

2. Media Belajar yang Kurang Memadai

Di Indonesia kebanyakan guru memakai buku pelajaran sebagai penuntun mereka dalam memberikan materi. Namun, ada beberapa guru yang mengalami masalah karena kurangnya buku yang tersedia. Ditambah dengan para guru yang tidak mempunyai pedoman terkait buku lainnya yang layak, serta memenuhi standar untuk dipergunakan sebagai materi pembelajaran di kelas.

Kalaupun di sekolah tersedia banyak buku pelajaran yang bisa digunakan, kebanyakan dari buku-bukunya pun kurang menarik untuk anak siswa sekolah dasar. Misalnya terlalu banyak tulisan di dalam buku, kurangnya gambar yang menarik, sehingga hal tersebut menghambat atau menurunkan motivasi siswa dalam proses belajarnya.

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi apabila guru memiliki metode mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan kreatif, yang bisa membuat anak didiknya merasa enjoy, bersemangat, dan senang dengan materi yang disampaikan. Misalnya dengan mengajak para siswanya belajar di luar kelas (moving class), entah di lapangan, taman, atau ruangan lain selain kelas mereka.

kendala
Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (Sumber Gambar: Canva)

Dilansir dari Tribunnews.com, Kunjana Rahardi, salah satu pakar sosiolinguistik dari Universitas Gajah Mada, juga mengatakan bahwa metode dan fokus pembelajaran bahasa Inggris memang haruslah diubah menjadi lebih menyenangkan. Hal ini dilakukan agar dapat mendorong para siswa untuk mempraktikkan bahasa Inggris secara lebih aktif.

Selain itu, guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, guru juga bisa memanfaatkan media pengajaran lain, misalnya menggunakan barang-barang yang berkaitan dengan kegiatan mereka sehari-hari, menonton film, mendengarkan musik, menggunakan gerakan tubuh, bermain games, menggunakan gambar, dan lain sebagainya. Metode-metode menyenangkan tersebut penting untuk dilakukan agar proses belajar mengajar di kelas tidak monoton dan membosankan.

Selain guru mata pelajaran bahasa Inggris, sebenarnya pihak sekolah juga harus ikut turut andil dalam membantu proses belajar mengajar tersebut, salah satunya dengan menyediakan fasilitas dan media belajar mengajar yang baik dan lengkap, sehingga kegiatan siswa di kelas pun dapat berlangsung dengan lancar. Nah, salah satu fasilitas yang bisa diberikan adalah dengan menghadirkan media pengajaran bahasa Inggris dari BOOKR Class.

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi media pembelajaran dan bermain yang menyenangkan untuk siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. BOOKR Class hadir dengan tampilan yang lebih berwarna, lewat berbagai cerita dan games edukatif di dalamnya. Tentunya, hal ini sangat berbeda dengan buku pelajaran konvensional seperti yang disediakan oleh sekolah, karena BOOKR Class hadir melalui benda yang paling disukai oleh anak-anak saat ini, yaitu gadget dan komputer.

Selain menjadi media pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa, BOOKR Class juga akan sangat membantu para guru dalam mengajar dan menilai perkembangan kemampuan siswa-siswanya. BOOKR Class memiliki fitur Teacher Dashboard yang berisi modul pembelajaran dan bisa digunakan untuk mengajar di kelas. Selain itu, fitur ini juga memudahkan guru dalam memberikan dan menilai tugas, serta mampu memberikan informasi mengenai perkembangan anak, dengan data statistik yang sangat mudah dibaca.

Aplikasi yang berasal dari Hungaria ini, sudah dipilih oleh 25 ribu guru di seluruh dunia, mulai dari Hongkong, Yunani, dan Lebanon, untuk menjadi tambahan media pembelajaran di sekolah. Aplikasi ini dibuat oleh para expert di bidang pendidikan dan mengikuti metodologi yang terbukti efektif dalam mengajarkan siswa dalam berlatih reading, listening, spelling, pronounciation, vocabulary, dan grammar.

BOOKR Class, Aplikasi Pengajaran Bahasa Inggris

Di BOOKR Class, para siswa nantinya akan belajar bahasa Inggris melalui buku cerita digital interaktif yang dilengkapi dengan gambar animasi, efek suara, serta fitur-fitur lainnya, yang dapat menarik minat baca dan meningkatkan pemahaman anak (audio-visual book).

Cerita-cerita yang disediakan aplikasi BOOKR Class pun bermacam-macam, mulai dari cerita rakyat, klasik, hingga modern terfavorit di dunia. Selain itu, BOOKR Class juga bekerjasama dengan berbagai penerbit unggulan di seluruh dunia dalam menghadirkan cerita yang sarat akan makna, termasuk penerbit asal Indonesia.

Di aplikasi tersebut terdapat 24 animated books dari penerbit Indonesia, yang seluruhnya dari penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP). Delapan di antaranya merupakan cerita rakyat Nusantara, seperti The Story of Malin Kundang, Prince Amat Mude, The Crying Stone, dan masih banyak lagi.

Harga Spesial BOOKR Class

BOOKR Class sudah diberikan predikat “outstanding” atau luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan BOOKR Class yang sudah mendapatkan predikat dari negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

BOOKR Class sudah bisa digunakan hanya dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play dan App Store untuk versi mobile, atau pada Microsoft Store dan Mac App Store untuk versi desktop.

Kini, akses penggunaan BOOKR Class sudah bisa kamu beli melalui Gramedia, lho! Di masa liburan sekolah ini, Gramedia memberikan diskon spesial yang bisa kamu dapatkan mulai tanggal 15 Juni - 31 Agustus 2022.

Khusus sekolah atau instansi lainnya yang ingin menggunakan BOOKR Class sebagai tambahan media mengajar, kamu bisa mendapatkan diskon 20% untuk semua pembelian paket langganan B2B (Business-to-Business), mulai dari Rp2.500.000 untuk paket puluhan pengguna selama satu bulan maupun per tahun.

bookrKlik untuk Pesan!

Yuk, segera berlangganan paket B2B (Business-to-Business) agar kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan! Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo dan produk BOOKR Class, kamu bisa hubungi Customer Service kami di email ini atau melalui chat Whatsapp di 081977892020.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai kelebihan BOOKR Class untuk guru, kamu bisa membacanya lebih lanjut dalam artikel berikut >>> BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris


Sumber foto header: Shutterstock

Penulis: Ikha Destryani

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus