Kenali Emosi dalam Diri Melalui Buku-Buku Ini

Kenali Emosi dalam Diri Melalui Buku-Buku Ini

. 5 min read

Emosi selalu tercipta dalam diri dan sudah sewajarnya manusia memiliki emosi, mulai dari emosi yang positif hingga negatif. Emosi positif membuat hidup kita lebih baik, namun jika hidup dikelilingi oleh emosi negatif, maka hidup terasa mulai kehilangan arah hingga menimbulkan kemarahan dan kebencian.

Hal inilah yang harus ditekan, bahwasanya manusia itu harus selalu bisa menangani dan menghadapi emosi negatif yang muncul dalam dirinya. Emosi negatif yang muncul secara berlebihan akan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, berikut Admin rekomendasikan 10 buku yang bisa bantu kamu mengenal emosi dalam diri dan belajar untuk menangani emosi negatif menjadi lebih baik.

10 Rekomendasi Buku untuk Mengenal dan Menangani Emosi

1. Emotional Healing Therapy - Irma Rahayu

bukuKenali Emosimu di Sini!

Emosi tidak bisa diremehkan, karena emosi negatif bisa menjadi penyebab berbagai masalah dalam kehidupan, seperti gangguan fisik, penyakit kronis, hambatan finansial, karir, dan pasangan.

Buku ini akan mengajarkan kamu terapi praktis untuk melepaskan emosi bawah sadar, yang membantumu menemukan tujuan hidup, memperoleh kesehatan fisik dan psikis, serta memperbaiki hubungan dengan pasangan dan orang-orang terdekat.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Emotional Healing Therapy

2. Jurus Jitu Mengelola Emosi - Ken Lindner

bukuKenali Emosimu di Sini!

Emosi memang sangat sulit untuk dikendalikan, terutama jika berada dalam situasi tertekan. Emosi negatif selalu merusak tindakan, menjauhkan impian, membunuh kemampuan, dan mengalami kegagalan. Buku ini akan memberikan tujuh langkah menguasai emosi negatif dan mengubahnya menjadi kekuatan diri agar bisa menyelesaikan rencana dan mewujudkan impian.

Dalam bukunya diberikan berbagai cara dan tips menarik dalam menguasai dorongan emosi yang berpotensi merusak diri. Buku ini mampu membuatmu berpikir jenih dalam mengelola emosi dan membuat pilihan hidup lebih baik sehingga selalu dikelilingi oleh lingkungan yang positif.

3. Theory of the Emotions - Jean Paul Sartre

bukuKenali Emosimu di Sini!

Emosi merupakan keadaan yang berlangsung secara berulang-ulang dan seringkali dialami pada saat-saat sulit dalam hidup. Namun, manusia tetap bisa mengontrol dan mengendalikannya.

Manusia tidak boleh hidup dikelilingi oleh emosi yang negatif, namun kita yang harus mengendalikan emosi. Buku ini menjelaskan teori hingga analisis kritis namun tetap mudah dipahami. Selain itu, gambaran baru pada dunia psikologi tentang memahami perasaan pun ada dalam buku ini.

4. Kecerdasan Emosional - Daniel Goleman

Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, adalah orang yang menonjol di kehidupan nyata. Mereka pasti memiliki hubungan yang dekat dan hangat di lingkungannya.

bukuKenali Emosimu di Sini!

Rendahnya kecerdasan emosional dapat menghambat perkembangan intelektual seseorang. Bahkan anak-anak dengan kecerdasan emosional yang rendah bisa mengalami depresi, gangguan makan, dan agresivitas.

Perlu dipahami bahwa kecerdasan emosional tidak ditentukan sejak lahir, namun bisa dipelajari dan dikembangkan. Buku ini memberikan pendoman rinci tentang bagaimana peran orang tua dan sekolah memanfaatkan kesempatan emas masa kanak-kanak dengan mengenalkan dan mempelajari cara mengelolah kecerdasan emosional.


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Tahun 2021


5. Be Free and Happy - Triyono Kartono

bukuKenali Emosimu di Sini!

Setiap orang jelas menginginkan perasaan bahagia dalam hidupnya. Maka wajar jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk memiliki perasan bahagia, salah satunya mencari informasi tentang bagaimana cara bahagia.

Buku ini memberikan paket lengkap tentang arti bahagia dan cara mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Dilengkapi dengan langkah-langkah aplikatif yang disajikan dalam buku ini, tentunya sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh semua kalangan.

6. Seni Berdamai dengan Emosi - Asti Musman

bukuKenali Emosimu di Sini!

Berbagai pesoalan selalu datang dalam hidup, entah itu masalah ringan atau bahkan berat sekalipun. Kadang persoalan-persoalan itu dapat diatasi dengan waktu yang singkat, akan tetapi ada kalanya memakan waktu yang lebih lama.

Buku ini akan memberikan teori dan praktik penyembuhan diri sendiri yang berkaitan dengan masalah kejiwaan, melalui latihan-latihan sederhana untuk melepaskan persoalan kejiwaan di masa lalu yang masih terbawa hingga saat ini. Yap, persoalan di masa lalu ternyata dapat memengaruhi perilaku kita di hari ini dan masa depan. Maka, beban dan persoalan harus segera dilepaskan.

7. Control Your Emotion - Ameera Alexandra

bukuKenali Emosimu di Sini!

Bukan emosi yang mengontrol kita, tapi kitalah yang harus bisa mengontrol emosi. Itulah yang dipaparkan dalam buku ini terkait tips-tips menundukan beragam emosi yang sering kali tidak terkendali.

Buku ini menjelaskan secara rinci mengenai cara mengelola dan mengendalikan emosi. Ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, tentunya akan membuat pembaca memahami berbagai emosi dasar yang dimiliki setiap manusia dan bagaimana cara mengendalikannya.

8. Make Your Emotion Work For You - J. Maurus

bukuKenali Emosimu di Sini!

Perasaan memang jangan ditahan atau ditekan, namun tidak semua emosi bisa dilampiaskan begitu saja. Buku ini membahas mengenai cara mengembangkan emosi positif dengan mengendalikannya menjadi lebih baik.

Buku ini mampu membuat kita mengenal dan mengombinasikan antara emosi yang mengekang dan melepaskannya secara tepat untuk meraih kebahagiaan, seperti menyeimbangkan kebahagiaan hidup.

9. Memahami dan Mengelola Emosi - Aloysius Germia Dinora

bukuKenali Emosimu di Sini!

Depresi, trauma, dan stres dapat terjadi oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Semua bisa mengalami hal ini jika tidak bisa memahami dan mengelola emosi yang ada pada dirinya sendiri.

Buku ini bagai terapi jiwa agar bisa bebas terbelenggu dari emosi, seperti cara untuk bersabar menangani stres dan panik, mengelola masalah, menjaga kesehatan, dan menerima kegagalan sebagai bagian dari hidup untuk mencapai kesuksesan.

10. Berdamai dengan Emosi - Asti Musman

bukuKenali Emosimu di Sini!

Buku ini wajib dimiliki bagi mereka yang kesulitan mengatur emosinya, seperti gelisah karena rasa sedih atau tidak nyaman karena harapan-harapan yang tidak kunjung tercapai.

Buku ini mampu mengenalkan kamu dengan emosi dalam hidup, membuatmu mengenal lebih dalam tentang ragam emosi, gangguan emosi, emosi dan ekspresi wajah, efek menekan emosi, efek melampiaskan emosi, reaksi sosial, gangguan emosi, hingga emosi yang dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang.


Baca juga: Cara Kontrol Emosi agar Amarah Terkendali


Kenali emosi dalam diri dan kendalikan dengan energi positif yang bisa membuatmu menjadi lebih baik.

Jangan sampai ketinggalan untuk ikuti semua diskon spesial yang ada di Gramedia.com ya! Cek semua promo menarik yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia yang terdekat dari rumahmu, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: freepik.com