Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Hari Sumpah Pemuda

5 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Hari Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 Oktober, seluruh penjuru Tanah Air memeringati Hari Sumpah Pemuda. Proses yang dilalui oleh para muda-mudi bangsa Indonesia hingga Sumpah Pemuda dihasilkan tidaklah mudah. Apalagi dengan masih eksisnya kedudukan pemerintah kolonial Belanda pada masa itu.

Mulanya, pemuda-pemudi Indonesia berkumpul dalam Kongres Pemuda I yang diadakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Melalui rapat ini, muncul dorongan terkait penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dipelopori Muhammad Yamin.

Pun tercipta organisasi baru yang dibentuk dari gabungan beberapa organisasi di Indonesia, yakni Jong Indonesia (Pemuda Indonesia). Diikuti dengan pembentukan PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).

Hingga pada tanggal 27-28 Oktober 1928, diselenggarakanlah Kongres Pemuda II. Ketika itu, untuk pertama kalinya Sang Saka Merah Putih berkibar dengan diiringi lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan bersama alunan biola sang pencipta, W.R. Supratman.

Puncak dari Kongres Pemuda II adalah pengucapan ikrar oleh pemuda-pemudi bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928.

SUMPAH PEMUDA

Momen tersebut menjadi bentuk persatuan muda-mudi bangsa Indonesia serta salah satu tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tanggal 28 Oktober untuk mengingatkan seluruh anak bangsa akan perjuangan dan semangat mereka.


Baca juga: Fakta Unik Pelopor Sumpah Pemuda Muhammad Yamin


Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda?

Berikut adalah rekomendasi kegiatan-kegiatan berfaedah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi Hari Sumpah Pemuda.

1. Mengikuti Upacara

296150816_e75c0d3ac9_oSource: Liputan6.com

Kalau biasanya kamu mengucapkan janji siswa dalam upacara biasa di sekolah, akanlah berbeda dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Seperti para pemuda-pemudi bangsa yang hadir dalam Kongres Pemuda II, kamu juga akan melafalkan tiga butir ikrar dalam teks Sumpah Pemuda. Tak lupa lagu Indonesia Raya yang turut dilantunkan bersama dengan pengibaran Sang Merah Putih.

2. Mengunjungi Museum Sumpah Pemuda

museum-sumpah-pemudaSource: Travelklik.com

Museum Sumpah Pemuda berada di Jakarta, tepatnya Jalan Kramat Raya Nomor 106. Ternyata dulunya, gedung Museum Sumpah Pemuda adalah tempat di mana Kongres Pemuda II diselenggarakan.

Di dalam museum ini, kamu bisa melihat langsung biola yang digunakan W.R. Supratman untuk menciptakan lagu Indonesia Raya. Ada juga kumpulan bendera dan foto-foto kegiatan organisasi pemuda pada masa itu, dokumen bersejarah, serta berbagai koleksi lainnya.

Keseluruhan koleksi Museum Sumpah Pemuda dipamerkan dalam beberapa ruang pameran, yang disusun sedemikian rupa mengikuti kronologi peristiwa dirumuskannya Sumpah Pemuda.

3. Ziarah ke Makam Pahlawan

ziarah-makam-pahlawanSource: Metrotvnews.com

Para pemuda-pemudi Indonesia dalam Kongres Pemuda I dan II bisa dibilang termasuk pahlawan kemerdekaan Indonesia. Mereka telah menjadi pemersatu muda-mudi dari segala organisasi di Indonesia, untuk terus semangat mencita-citakan kemerdekaan Indonesia. Pun bagi mereka yang gugur dalam medan perang demi mengusir para penjajah.

Berziarah ke makam para pahlawan ini tak sekadar memanjatkan doa bagi mereka. Namun, juga sebagai bentuk terima kasih dan pengingat kita akan perjuangan seluruh pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia.

4. Kerja Bakti

P_20150727_073117Source: sdnpuntukdoro3.blogspot.com

Kegiatan yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Kegiatan kerja bakti ini dapat dilaksanakan untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda.

Bisa dikatakan serupa, tapi tak sama dengan apa yang dilakukan para pemuda-pemudi dalam Kongres Pemuda I dan II. Para muda-mudi bangsa Indonesia saat itu tak memandang perbedaan yang ada di antara mereka. Akan tetapi, mereka bersama-sama mengobarkan semangat demi mencapai Indonesia yang bebas dari para penjajah.

Sementara, dalam kerja bakti juga terkandung makna kebersamaan, di mana ada unsur gotong royong atau bekerja bersama-sama dengan saling membantu. Misalnya, kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah atau sekitar rumah.

5. Baca Buku

Salah satu kegiatan berfaedah yang dapat kamu lakukan guna memeringati Hari Sumpah Pemuda adalah membaca buku. Berbagai buku yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, dapat memperluas wawasan anak bangsa akan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Berikut beberapa buku yang dapat kamu baca untuk mengisi aktivitasmu di Hari Sumpah Pemuda.

Buku Saku Tempo: Muhammad Yamin, Penggagas Indonesia yang Dihujat dan Dipuja

Kenali Muhammad Yamin lebih dalam dan ketahui fakta unik dari beliau di balik peran krusialnya terhadap Indonesia, yang juga menjadi pelopor Sumpah Pemuda.

SeriDapatkan Bukunya di Sini!

Mantappu Jiwa - Jerome Polin Sijabat

Mengetahui persoalan-persoalan hidup yang telah dialami oleh si master matematika kenamaan seantero YouTube, yaitu Jerome Polin, hingga berhasil mendapatkan beasiswa penuh S1 di Jepang, serta segudang prestasi lainnya.

mantappuDapatkan Bukunya di Sini!

Pemuda Hebat Penuh Manfaat

Kumpulan tulisan dan renungan untuk pemuda yang ingin memberikan kontribusi positif kepada orang lain, agar menjadi pribadi yang bermanfaat dengan memaksimalkan potensi dan kemampuan diri, sehingga mampu jadi orang yang berpengaruh.

pemudaDapatkan Bukunya di Sini!

#MilennialInvestors: Investasi Ala Milenial

Belajar berbagai instrumen investasi dari saham hingga reksadana, yang cocok untuk milenial dalam meraih pundi-pundi dan tabungan yang melimpah.

milenialDapatkan Bukunya di Sini!

Masih Belajar - Iman Usman

Baca cerita dari pendiri perusahaan teknologi pendidikan paling terkenal di Indonesia. Iman Usman membagikan perjalanan hidupnya, dari hambatan, penolakan, dan bagaimana proses belajar mampu membuatnya sukses dalam karir dan berdampak pada masyarakat sosial di usia muda.

masihDapatkan Bukunya di Sini!


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Pemuda yang hebat adalah ia yang berpengatahuan luas, salah satu caranya bisa dengan gemar membaca buku. Tak perlu ragu untuk membeli buku, karena di Gramedia.com akan selalu ada promo menarik, diskon berlimpah, dan penawaran spesial lainnya. Temukan promo yang up to date pada Gramedia.com di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header image source: Unsplash


Junika Kasih

Junika Kasih

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus