Jelang Hari Anak, Mengenal Seri Novel Mata dari Okky Madasari

Jelang Hari Anak, Mengenal Seri Novel Mata dari Okky Madasari

. 3 min read

Satu bulan mendatang, atau tepatnya 23 Juli, akan diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Kalau sudah berbicara tentang hari anak, tentunya banyak hal terkait anak-anak yang rasanya ingin diperbaiki atau dibuat menjadi lebih baik, demi tumbuh kembang para penerus bangsa.

Salah satunya adalah masalah minimnya buku bacaan anak hasil produksi dalam negeri. Padahal buku bacaan anak bisa menjadi salah satu faktor positif yang bisa membantu memperluas pengetahuan anak.

Sementara itu, di saat minimnya buku anak hasil karya anak bangsa, Okky Madasari yang selama ini dikenal sebagai penulis sastra dan novel dewasa, memutuskan merilis sebuah seri novel anak, yang nantinya akan berjumlah empat buku.

Tentunya ini menjadi angin segar di bagi orangtua yang merasa sulit menemukan buku yang cocok untuk si buah hati tersayang. Namun, seperti apa ya kira-kira, seri novel anak yang ditulis oleh Okky Madasari?

Melalui channel youtube-nya, Okky Madasari mengenalkan seri novel Mata hasil karyanya. Menurutnya, ada lima poin yang perlu diketahui tentang seri novel anak tersebut. Apa saja lima poin tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Pertama seri novel Mata merupakan seri novel anak

"Sejak awal menulis buku pertama Mata di Tanah Melus saya sudah membayangkan ini akan membayangkan ini akan jadi seri novel yang bisa dibaca anak-anak bahkan sejak mereka baru bisa membaca, kelas 2 SD bahkan kelas 1 SD, anak SMP dan tentu saja orang dewasa, pembaca pada umumnya," tutur Okky dalam video unggahannya itu.

Di poin pertama itu juga, Okky menjelaskan jika sejak awal ia sudah berencana merilis seri ini menjadi empat buku. Sejauh ini sudah dirilis tiga buku; Mata di Tanah Melus, Mata dan Rahasia Pulau Gapi dan Mata dan Manusia Laut. Buku keempat, meski belum selesai ditulis, namun Okky sedikit membocorkan bahwa bukunya akan becerita tentang Mata di dunia purba.

2. Seri novel Mata adalah cerita petualangan

"Ini berdasar keyakinan saya, bahwa kisah petualangan adalah yang paling digemari anak-anak," ungkap Okky Madasari.

Karena menurutnya, anak-anak selalu penasaran dengan hal-hal yang belum mereka ketahui, anak-anak ingin datang ke tempat yang belum mereka datangi, dan selalu bertanya ada apa di sana, di tempat baru yang belum mereka ketahui.

Jadi benang merah seri novel Mata adalah petualangan Matara ke berbagai tempat di Indonesia.


Baca juga:


3. Mengangkat cerita tentang Indonesia

"Jadi melalui seri novel Mata saya ingin membangun imajinasi keindonesiaan bahkan sejak pembaca masih berusia sangat muda," lanjut Okky Madasari.

Sejak novel pertama, Okky mengangkat NTT khususnya Belu, perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Di buku kedua, mengangkat Ternate. Lalu yang ketiga di Kepulauan Tenggara Pulau Sulawei tepatnya di Wakatobi.

Sementara di buku keempat nanti, Okky sudah merencanakan kisah Mata yang akan pulang ke Jawa.

4. Terdapat kritik sosial di dalamnya

Cerita tentang Matara selalu tidak jauh dari bagaimana Okky Madasari menuliskan karya sastra. "Jadi jika selama ini pembaca saya mengenal saya menghadirkan kritik sosial dalam novel saya, hal itu saya pertahankan di seri novel Mata,"

Berbagai konflik tentunya dituliskan dengan bahasa anak, agar lebih mudah dipahami. Contohnya seperti yang ada di buku kedua, Mata dan Rahasaia Pulau Gapi.

Konflik utamanya bagaimana Matara mempertahankan warisan sejarah yang akan digusur untuk dibangun pusat perbelanjaan dan sejenisnya.

5. Juga ada kritik sistem pendidikan di setiap kisahnya

"Pendidikan sekolah adalah semesta utama bagi anak-anak kita hari ini. Ketika kita melihat bahwa ada yang layak dikritik tentu itu hal yang integral untuk disampaikan ketika saya mengangkat cerita tentang anak-anak untuk anak-anak," tambah penulis yang juga ibu satu anak tersebut.

Okky berusaha menyentil tentang permasalahan yang terjadi di Indonesia. Salah satunya tentang orangtua yang memaksakan sang anak untuk masuk ke sekolah favorit. Karena hal-hal seperti itu tentu saja bukan cuma mengganggu psikologis sang anak tapi juga orangtuanya.


Kelima hal tentang seri novel anak dari Okky Madasari tersebut cukup menarik sebagai alasan mengajak buah hati membacanya. Tertarik untuk membaca bersama buah hati?

Grameds bisa langsung memesan buku-buku seri Mata tersebut di Gramedia.com. Atau bisa juga membaca versi e-book di Gramedia Digital. Untuk memudahkan, Grameds juga bisa berlangganan Kids Premium Package, seharga Rp 45 ribu/bulan, untuk bisa membaca koleksi buku anak yang ada di Gramedia Digital. Selamat membaca!


Sumber foto header: Okky Madasari Youtube Channel