Jangan Cuma FOMO, Pelajari Dahulu tentang Kripto dari Buku-Buku Ini

Jangan Cuma FOMO, Pelajari Dahulu tentang Kripto dari Buku-Buku Ini

. 5 min read

Saat ini makin banyak orang yang melek untuk melakukan investasi. Dengan berinvestasi, setidaknya kita mempunyai jaminan kehidupan yang sejahtera di masa depan.

Nah, salah satu instrumen investasi yang beberapa tahun ini sedang naik daun adalah aset digital bernama kripto. Banyak yang mulai memilih investasi ini karena nilainya yang bisa melambung tinggi dan bisa memberikan keuntungan yang lebih besar dalam waktu singkat, namun dengan risiko yang lebih tinggi pula.

Walaupun beberapa orang sudah mencicipi keuntungan dari investasi kripto, ini semua perlu dipelajari dengan baik, karena jika kita tidak paham betul dengan jalannya transaksi, bukan keuntungan yang kita dapat tapi malah ‘boncos’ di kemudian hari.

Apa Itu Kripto?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang digital yang tidak tersedia dalam bentuk fisik. Tidak terlihat, namun memiliki nilai, dan semua transaksinya tercatat dalam sistem teknologi blockchain (rantai blok), yang keamanannya sangat sulit untuk diretas, karena teknologi ini hampir tidak mungkin dipalsukan.

Transaksinya terbuka dan bebas, lebih transparan, sehingga bisa dilihat oleh siapa pun dan kapan pun. Jadi, transaksi cryptocurrency tidak menggunakan pihak ketiga seperti bank ya, tapi semua transaksinya diamakankan melalui blockchain tadi yang seperti buku besar bank.

Kalau kamu pernah mendengar Bitcoin, Ethereum, atau Dogecoin, itu semua adalah koin kripto yang memiliki nilai masing-masing. Bisa digunakan untuk transaksi seperti pembayaran atau transfer dari satu orang ke orang lainnya secara online, sebagai aset investasi, dan bisa dijadikan sebagai alat pembayaran transaksi pembelian online, dengan ditukarkan menjadi mata uang lain, seperti Dollar, Yen, Rupiah, dan mata uang lainnya (Republika.co.id, 2022).

Saat ini mulai banyak publik figur yang terjun ke dunia kripto, bahkan beberapa artis mulai mengembangakan token kriptonya sendiri, seperti ASIX dan I-COIN. Token kripto ini berbeda dengan koin, karena mereka tidak memiliki blockchain sendiri tapi beroperasi pada blockhain milik koin kripto lain.

Tingginya animo terhadap aset digital ini, memberikan beragam respon dari masyarakat, tapi tak jarang juga yang membuat mereka tertarik untuk berinvestasi dengan instrumen ini. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih aset yang diperdagangkan.

"Fitur yang menentukan dari cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah" (Liputan6.com, 2022).

Cryptocurrency berpotensi memberikan kamu nilai return yang lebih besar, namun risiko dari aset cryptocurrency sendiri adalah fluktuatif yang tinggi dan minim regulasi. Jadi, jangan sampai kamu mudah tergiur dan hanya ikut-ikutan tanpa memahami betul bagaimana cara kerja mata uang kripto ini, ya.

Rekomendasi Buku Tentang Ilmu Kripto atau Cryptocurrency

Rasa FOMO (Fear of Missing Out) ini, lebih baik diredam dahulu dengan memperdalam ilmu kripto. Jika fundamental kamu sudah kuat, diharapkan kamu bisa waspada terhadap ancaman kerugian dalam memilih investasi ini, atau bahkan kamu bisa lebih jago melakukannya karena mampu menarik keuntungan.

Buku-buku berikut ini bisa membantu kamu mengenal ilmu kripto dari dasar, dan cara memilihnya dengan bahasa yang mudah dimengerti, serta cocok untuk investor pemula. Yuk, kita simak rekomendasi bukunya!

1. Ilmu CryptoBelvin Tannadi

Di dunia persahaman, Belvin Tannadi sudah dikenal luas sebagai influencer dunia investasi. Jejak karir dan pengalaman bertahun-tahun sebagai seorang trader maupun investor, ia bagikan dalam buku-buku saham yang dibuatnya.

Karena kini mata uang kripto makin fenomenal, ia pun tak ketinggalan mengeluarkan buku ini sebagai bekal bagi para pemula yang baru mengenal kripto. Buku ini menjelaskan ilmu kripto dari yang paling dasar, hingga ke cara trading dan analisisnya.

rekomendasi
Beli dan Pelajari Sekarang!


Baca juga: Apa itu Bitcoin? Kenali Mata Uang Kripto dari Buku-Buku ini, Yuk!


2. Strategi Mudah Trading dan Investasi CryptocurrencyRyan Filbert

Tak hanya Belvin Tannadi, praktisi pasar saham Indonesia yang telah meraih penghargaan sebagai tokoh inspiratif pasar modal oleh bapak Joko Widodo ini juga mulai membagikan ilmu trading dan cara investasi di dunia kripto.

Buat kamu yang masih bingung apa itu blockchain, bagaimana keamanan dari mata uang kripto, apa itu Bitcoin, dan segala teknologinya, buku ini akan memberikan penjelasannya melalui tiga aspek, yaitu teknologi, keuangan, dan hukum. Semua seluk beluk dari A sampai Z mengenai mata uang kripto bisa kamu temukan dalam buku ini.

rekomendasi
Beli dan Pelajari Sekarang!

3. Simple Trading, Simple Investing - Ryan Filbert

Masih dari buku Ryan Filbert, untuk buku yang satu ini akan memperluas pikiran kamu bahwa strategi investasi itu tidak rumit, lho. Perlu diketahui juga, bahwa strategi yang kompleks tidak serta merta punya peluang menguntungkan.

Puluhan tahun pengalaman Ryan Filbert bersama tim berkecimpung di dunia investasi, menemukan bahwa strategi yang kompleks tidak selalu lebih baik dari yang sederhana. Nah, buku ini akan membantu kamu dalam mengenali trading dan investasi dengan cara yang mudah, namun tetap bisa memberikan keuntungan!

rekomendasi
Beli dan Pelajari Sekarang!

4. Dragon Slayer Trading StrategyWilliam Win Yang

Masih membahas tentang strategi, buku kali ini mampu membuat kamu paham akan cara kerja sistem saham, crypto, forex, index, maupun commodity, untuk memprediksi trading dengan tingkat akurasi yang nyaris sempurna.

Melakukan trading tentunya bisa membawa kamu pada keuntungan atau kerugian. Maka dari itu, buku ini pun membagikan juga cara mengamankan diri saat krisis, bagaimana mengakumulasi kekayaan saat masa kemakmuran dan memanennya saat krisis, serta apa yang sebaiknya dilakukan saat kita sudah terlanjur terjerumus dalam krisis.

rekomendasi
Beli dan Pelajari Sekarang!

5. Why? Cryptocurrency & Blockchain - Mata Uang Kripto dan Rantai-BlokYeaRimDang

Karena gaungnya yang sudah meluas ke penjuru dunia, mungkin anak-anak banyak juga yang penasaran dengan apa itu Bitcoin dan mata uang kripto. Nah, seri komik pendidikan Why akhirnya merilis buku ini demi menjawab rasa penasaran anak.

Semua tentang Bitcoin, blockchain, dan cryptocurrency, disajikan melalui komik dengan konten yang disesuaikan untuk anak-anak sehingga lebih mudah dipahami dan lebih menarik untuk dibaca. Lewat petualangan tokoh Komji dan Omji, anak-anak mampu mengenal teknologi mata uang kripto dengan narasi yang menghibur. Jika kamu mau mengenal kripto dengan cara yang menyenangkan tanpa sulit memahaminya, mungkin buku ini juga cocok untuk kamu baca.

rekomendasi
Beli dan Pelajari Sekarang!


Baca juga: Memahami Bitcoin Melalui Why? Cryptocurrency and Blockchain!


Yuk, kita pelajari dahulu sampai mengerti betul apa itu mata uang kripto, sebelum menaruh dana pada aset tersebut. Kelima buku di atas sudah bisa kamu pesan sekarang juga di Gramedia.com!

Temui juga berbagai promo spesial di Gramedia.com yang memberikan kamu keuntungan lebih di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com kini bisa lebih hemat ongkir! Karena bisa dikirim dan diambil dari seluruh toko Gramedia di seluruh Indonesia. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com

Mari raup cuan yang melimpah!


Sumber foto header: Unsplash