Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Film dan Serial Korea yang Diangkat dari Novel Populer

Film dan Serial Korea yang Diangkat dari Novel Populer

Grameds, tahu nggak kalau saat ini banyak film dan serial asal Korea Selatan yang diadaptasi dari novel? Bahkan beberapa di antaranya diadaptasi dari novel-novel best seller karya dari penulis-penulis terkenal, lho, seperti novel karya Han Kang, Jeong You-Jeong, dan Cho Nam-Joo.

Dari sekian banyak novel asal Korea Selatan yang diangkat menjadi film dan serial, tujuh diantaranya sudah berhasil diterjemahkan dan dirilis di Indonesia lho! Mau tahu apa saja novel tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Film dan Serial Korea yang Diangkat dari Novel Populer

1.  My Brilliant Life

Buku yang pertama kali dirilis pada tahun 2011 ini, telah diadaptasi menjadi film pada tahun 2014, yang dibintangi oleh aktris Song Hye-Kyo, aktor Gang Dong-Won, dan aktor cilik Jo Sung-Mok.

Bercerita tentang sepasang orang tua muda dan anak mereka yang menderita progeria, sebuah kelainan langka yang membuat tubuhnya menua lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya. Baik di film maupun bukunya, kita akan diajak untuk melihat bagaimana perjalanan hidup mereka, mulai dari pertemuan pertama kedua orang tua muda tersebut sampai sang anak, yaitu Han Areum, lahir dan didiagnosis menderita progeria.

Selain itu, kita juga diajak untuk melihat bagaimana seorang anak dengan tulus memandang kagum kepada kedua orang tuanya dengan segala lebih dan kurangnya, serta bagaimana orang tua akan selalu tegar dan mau berjuang sekuat tenaga hanya untuk kebahagiaan anaknya.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

2. School Nurse Ahn Eunyoung

Terdiri dari sepuluh bab dengan kisah yang berbeda pada setiap kasusnya, buku ini bercerita tentang pengalaman-pengalaman aneh dan misteri yang dialami oleh Eunyoung, seorang perawat SMA M, dan In-Pyo, seorang guru sastra klasik sekaligus pewaris dan cucu dari pendiri SMA M.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Selain perawat, di dalam buku ini, Eunyoung juga diceritakan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan tidak biasa, di mana ia bisa melihat hal-hal tidak kasat mata. Namun hal-hal tersebut bukanlah hantu atau arwah, melainkan ektoplasma, yaitu suatu energi spiritual yang tidak hanya dimiliki oleh seseorang yang sudah mati tetapi juga dimiliki oleh seseorang yang masih hidup.

Bahkan energi tersebut juga dimiliki oleh suatu benda, dengan wujud seperti gumpalan layaknya sebuah jeli. Dari situlah kemudian kita akan diajak untuk melihat bagaimana perjuangan Eunyoung dalam menguak rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik dinding-dinding sekolah SMA M bersama guru In Pyo.

Pada tahun 2020, buku ini kemudian diadaptasi ke dalam sebuah serial drama Korea dengan judul The School Nurse Files yang tayang pada layanan streaming digital Netflix sebanyak enam episode. Serial ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama seperti Jung Yu-Mi dan Nam Joo-Hyuk.

Baca versi e-booknya di sini >>> School Nurse Ahn Eunyoung

3. 7 Tahun Kegelapan (7 Years of Darkness)

Dirilis pada tahun 2011 lalu, buku ini juga telah diadaptasi ke bentuk film pada tahun 2018, dengan judul Seven Years of Night (7년의 밤). Filmnya sendiri diperankan oleh sederet aktor dan aktris ternama, seperti Jang Dong-Gun, Ryoo Seung-Ryong, Ko Gyung-Pyo, Moon Jeong-Hee, dan masih banyak lagi.

Baik pada buku maupun filmnya, penulis dan sutradara berhasil membuat cerita ini menjadi sangat meyakinkan dengan gambaran psikologis dan latar belakang hidup dari masing-masing karakternya. Selain itu, latar tempat di Waduk Seryeong yang digambarkan dengan rinci pun berhasil membuat suasananya yang sepi dan mencekam bisa benar-benar terasa oleh para pembaca serta penontonnya.

Kisah ini bermula ketika seorang anak laki-laki bernama Seowon, yang juga merupakan anak dari seseorang yang dituduh sebagai pembunuh pada kasus tujuh tahun silam yang terjadi di Danau Seryeong, menemukan sekotak paket tak berpengirim yang memberikan ia informasi mengenai fakta-fakta dan kebenaran yang ia cari selama ini, yaitu terkait kejadian misterius dan penuh teror yang terjadi pada tujuh tahun lalu tersebut.

Melalui paket itu, akhirnya kebenaran mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada tujuh tahun lalu pun mulai terkuak. Ia seolah-olah kembali berada di masa itu, melihat segalanya dari sudut pandang pamannya, ayahnya, ibunya, bahkan ayah dari anak perempuan yang meninggal di Danau Seryeong.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> 7 Tahun Kegelapan (7 Years of Darkness)


Baca juga: Daftar Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best Seller


4. Pachinko

Serial dari Apple TV+, yaitu Pachinko yang tengah ramai diperbincangkan, merupakan serial adaptasi dari novel yang dirilis pada tahun 2017. Buku dan serial ini mengisahkan tentang Sunja, seorang gadis desa yang polos dan anak dari pemilik losmen kecil, yang terlibat kisah asmara dengan Hansu, seorang makelar kaya raya dan berkuasa, yang telah memiliki keluarga di Jepang.

Sunja yang mengetahui bahwa dirinya hamil dan merasa bahwa hubungan di antara mereka tidak berjalan dengan baik, akhirnya memutuskan untuk menikah dengan pria lain yang bernama Baek Isak. Sunja yang ikut bersama suaminya untuk bermigrasi ke Jepang, mau tidak mau harus meninggalkan sang ibu di tanah kelahirannya.

Di Jepang, Isak adalah satu-satunya orang yang Sunja kenal selain saudara laki-laki Isak yang bernama Yoseb beserta istrinya, Kyung Hee. Di awal kepindahannya tersebut, Sunja sempat merasakan kesulitan untuk membiasakan diri dengan lingkungan barunya. Karena impiannya untuk memiliki kehidupan baru yang indah di Jepang rupanya tak berjalan dengan mulus. Sunja dan Isak malah mendapatkan stigma negatif dari penduduk Jepang yang saat itu tidak mudah untuk menerima kehadiran orang Korea di negara mereka.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Akhirnya, mereka pun sering mendapatkan berbagai macam hinaan dan diskriminasi dari orang-orang Jepang di sekitar mereka. Namun meskipun begitu, mereka harus tetap berjuang untuk bertahan hidup.

Baca versi e-booknya di sini >>> Pachinko

5. Vegetarian

Buku karya Han Kang yang pertama kali terbit pada tahun 2007 ini, telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan telah memenangkan Man Booker International Prize di tahun 2016. Kemudian pada Oktober 2009 lalu, buku ini resmi difilmkan.

Dibintangi oleh sederet aktor dan aktris terkenal asal Korea Selatan, baik buku maupun filmnya menceritakan kisah seorang wanita biasa sekaligus istri bernama Yeong-Hye, yang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian setelah mengalami mimpi-mimpi buruk yang berkepanjangan.

Namun, keputusan Yeong-Hye yang memilih untuk menjadi seorang vegetarian itu malah membawa masalah besar, yang tidak hanya membuat mentalnya terganggu, tetapi juga memengaruhi kehidupan orang-orang di sekitarnya. Yeong-Hye bahkan harus dirawat di rumah sakit jiwa dan divonis menderita penyakit skizofrenia dan anoreksia karena menolak memakan makanan apapun.

Dengan membaca buku serta menonton filmnya, kita akan jadi lebih jauh lagi menyelami tentang kehidupan para tokohnya yang berantakan, serta akan ikut merasakan semua perasaan yang dialami oleh mereka ketika hal-hal tersebut terjadi, mulai dari rasa marah, frustasi, bingung, sampai gejolak nafsu.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

6. Nunafan.com: Her Private Live

Terdiri dari dua seri, buku ini mengisahkan tentang Jo Ara, wanita anggun berumur tiga puluh tahun yang juga merupakan seorang koki sekaligus pemilik restoran berkelas bernama Gowa. Dibalik sifat anggunnya tersebut, ternyata ia menyimpan satu rahasia yang tidak diketahui oleh siapapun, yang ternyata adalah seorang penggemar dan admin dari situs penggemar salah satu anggota grup idol populer bernama Jun.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Bahkan, Ara yang sangat menggilai Jun itu sampai rela melakukan berbagai cara agar bisa bertemu dengannya, salah satunya dengan cara mendekati dan menarik kakak Jun yang bernama Mi Hyeon, untuk bekerja di restoran miliknya. Tentu dengan tetap menutupi rahasia bahwa ia merupakan penggemar berat dari adik Hyeon.

Namun, suatu hari, Hyeon tiba-tiba mengetahui rahasia dan identitas Ara yang merupakan seorang admin dari situs Nunafan.com karna tidak sengaja melihat dari komputer Ara yang dibiarkan dalam keadaan menyala. Dari situlah kemudian kisah mereka pun terus berlanjut sampai menghadirkan buih-buih cinta di antara keduanya.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Berdasar pada novel inilah, kemudian pada tahun 2019 yang lalu, buku ini diadaptasi ke dalam sebuah serial yang diperankan oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Park Min-Young, Kim Jae-Wook, Ahn Bo-Hyun, Kim Bo-Ra, Rapper One, dan masih banyak lagi. Meskipun ada beberapa bagian yang dirombak, seperti nama tokoh dan pekerjaan para tokohnya, namun serial ini tetap memiliki kesamaan dari buku aslinya.

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Nunafan.com: Her Private Life Vol. 1, Vol. 2

7. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 (Kim Ji-Yeong, Born in 1982)

Di tengah budaya patriarki yang kental, Kim Ji-Yeong yang lahir sebagai perempuan harus menerima tekanan sosial yang begitu besar dalam menjalani hidupnya. Ia dan kakak perempuannya bahkan harus mendapatkan berbagai diskriminasi gender dan tuntutan dari keluarganya sendiri, terutama dari sang ayah dan neneknya. Tidak hanya di rumah, Ji-Yeong juga harus merasakan diskriminasi tersebut di mana pun ia pergi, mulai dari tempat umum, sekolah, sampai tempat kerjanya.

novelKoleksi dan Dapatkan Bukunya Disini!

Meski lahir dan hidup di tengah budaya seperti itu, berkat usaha dan kerja keras yang dilakukannya selama ini, Ji-Yeong akhirnya bisa meraih mimpinya dan memiliki karir yang bagus. Ia bahkan bisa menikah dengan pria yang dicintainya, yaitu Jeong Dae Hyeon, seorang pria yang selalu mendukung apapun pilihan dan yang dilakukan Ji-Yeong.

Semuanya berjalan dengan normal bahkan setelah menikah hidupnya pun terbilang berkecukupan. Namun ternyata semua itu berubah dan memuncak saat Kim Ji Yeong akhirnya mengandung. Di mana ia yang harus merelakan karirnya dan tetap tinggal di rumah sebagaimana kebanyakan perempuan yang sudah berumah tangga, yang akhirnya membuatnya harus mengalami depresi.

Karena bukunya membahas soal isu feminisme, buku ini bahkan sempat menjadi topik paling panas diperbincangkan di Korea Selatan, terlebih saat bukunya diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 2019 dan diperankan oleh aktor dan aktris ternama, yaitu Gong Yoo dan Jung Yu-Mi.

baca versi e-booknya di sini >>> Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 (Kim Ji-Yeong, Born in 1982)


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Itu dia deretan novel terjemahan Korea yang diadaptasi menjadi film dan serial. Biar makin seru dan tahu ceritanya semakin detail, jangan lupa untuk baca novelnya dahulu ya, dan semua buku di atas bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.com!

Oiya, ada banyak promo-promo menarik yang sangat sayang untuk kamu lewatkan lho, mulai dari diskon, harga spesial, hingga penawaran menarik lainnya! Jadi, yuk segera klik gambar di bawah ini dan langsung checkout bukunya sekarang sebelum kehabisan!!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: YTN

Penulis: Ikha Destryani


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus