10 Fakta Unik The Umbrella Academy yang Perlu Kamu Tahu

10 Fakta Unik The Umbrella Academy yang Perlu Kamu Tahu

. 7 min read

Sebelum band rock My Chemical Romance mencuri perhatian kita semua dengan lagu dan aksi panggung yang atraktif, Gerard Arthur Way sang vokalis ternyata memiliki aspirasi untuk menulis dan menghasilkan karya komik.

Gerard Way sendiri adalah lulusan New York's School of Visual Arts, dan sempat magang di DC Comics. Impiannya untuk meluncurkan komik menjadi kenyataan, di mana ketika album The Black Parade dirilis tahun 2007, Gerard berhasil merilis komik The Umbrella Academy di bawah naungan Dark Horse Comics, penerbit komik dan manga di Amerika.

Kecintaannya pada komik dimulai dengan gebrakan awal Gerard saat menulis komik di usia 16 tahun pada 1993 silam. Dikenal dengan nama Garry Way pada masa itu, cowok berumur 41 tahun ini sudah menerbitkan serial komik berjudul “On Raven's Wings pada bulan April 1994.

SAPARDI
Sumber: americanhorrors.com

Buat kamu yang sudah menunggu dari lama serial live-actionnya, tahun ini akhirnya kita bisa menikmati The Umbrella Academy season 1, yang ditayangkan perdana bulan Februari lalu.

Sederet aktor dan aktris kawakan digandeng untuk membintangi film ini, di antaranya Ellen Page, Mary J. Blige, Tom Hopper, Cameron Britton, Robert Sheehan, Emmy Raver-Lampman, Adam Godley, Aidan Gallagher, David Castañeda, John Magaro, Ashley Madekwe dan Colm Feore.

The Umbrella Academy digambarkan sebagai keluarga superhero, di mana cerita bermula saat terjadi kelahiran yang aneh di tahun 1989 dari para wanita yang tidak ada tanda-tanda mengandung sebelumnya.

43 anak lahir dan 7 anak yang luar biasa diadopsi Sir Reginald Hargreeves, seorang pengusaha dan miliarder yang kemudian mempersiapkan anak-anak angkatnya menjadi superhero untuk menyelamatkan dunia.

Meskipun Sir Reginald Hargreeves membawa 7 anak angkat ke rumahnya, hanya 6 anak yang memiliki ‘kekuatan’ yang menjadi anggota The Umbrella Academy. Sedangkan Vanya anak ke-7, sering diberi tahu oleh Hargreeves bahwa tidak ada yang istimewa tentang dirinya.

Ini dia ke-6 anggota The Umbrella Academy: nomor 1 Luther Hargreeves (Spaceboy), nomor 2 Diego Hargreeves (The Kraken), nomor 3 Alison Hargreeves (The Rumor), nomor 4 Klaus Hargreeves (The Seance), The Boy (Number Five), nomor 6 Ben Hargreeves (The Horror).


Tahukah kamu?

1. The Umbrella Academy dibuat untuk menyalurkan perasaan sedih Gerard Way

SAPARDI
Sumber: The Umbrella Academy Volume 1: Apocalypse Suite/Dark Horse Comics

Komik The Umbrella Academy lahir di tahun 2007, dimana Gerard Way yang menulis cerita serta mengilustrasikan versi aslinya, kemudian ilustrator asal Brazil; Gabriel Bá menggambar ulang karya masterpiece tersebut dalam volume pertama, Apocalypse Suit.

Musisi sekaligus pencetus The Umbrella Academy mengungkapkan jika komik ini dibuat untuk menyalurkan perasaan sedihnya, ketika keretakan terjadi pada band My Chemical Romance.

Dengan kekuatan visual yang menakjubkan, jalan cerita yang membawa pembacanya dalam perjalanan yang emosional, komik ini menuai respon positif dan mendapat tempat khusus di hati para penggemarnya.

Volume pertama dalam seri The Umbrella Academy berjudul The Umbrella Academy: Apocalypse Suite. Lalu disusul seri komik keduanya yang terbit tahun 2008, yaitu The Umbrella Academy: Dallas, dan diikuti seri ketiga, The Umbrella Academy: Hotel Oblivion, yang akan dirilis pada 20 Agustus 2019 mendatang.

2. Akankah ada kelanjutan seri berikutnya?

SAPARDI
Sumber: Pinterest

Well, Gerard Way merencanakan akan ada 5 volume lagi untuk komik The Umbrella Academy. Namun mereka berdua tidak ingin mengerjakannya dengan terburu-buru, maka itu baik Gerard dan Gabriel tidak memberitahukan kapan komik ini akan rampung. Hmm, semoga saja dalam waktu dekat ini kita doakan ya.

3. Gerard Way muncul sebagai cameo

SAPARDI
Sumber: techgirl.co.za

Pasti kalian tau kalau Vanya menerbitkan sebuah autobiography yang menceritakan kehidupannya bersama The Umbrella Academy serta alasan kepergiannya. Nah, coba perhatikan dengan seksama, ketika Vanya menarik bukunya dari rak buku Hargreeves dan membaliknya, Gerard Way muncul sebagai cameo yang sangat menarik. Pada bagian belakang buku, Gerard Way menulis review tentang buku Vanya loh, hehe..

Gerard menulis:

“An incredible read…a revealing portal into the life of Vanya Hargreeves and the life she has lived. I couldn’t put it down!”

4. Soundtrack dalam film ini betul-betul luar biasa!

SAPARDI
Sumber: buzzfeed.com

Mulai dari instrumen yang indah hingga berbagai lagu dari para musisi legendaris, seperti Queen-Don’t Stop Me Now, The Doors-Soul Kitchen, Radiohead-Exit Music (For a Film), Noel Gallagher's High Flying Birds-In the Heat of the Moment, sampai The Kinks-Picture Book. Gerard Way juga ikut mengisi soundtrack dengan lagu berjudul Happy Together (feat. Ray Toro). Udah dengar belum?


Baca juga: 11 Playlist Kece The Umbrella Academy. Mana Favoritmu?


5. The Umbrella Academy dan Doom Patrol

SAPARDI
Sumber: Christos Kalohoridis/Netflix

Ternyata, Gerard Way begitu terinspirasi dengan Grant Morrison, penulis yang menciptakan Doom Patrol. Bahkan Morrison sampai muncul dalam dua video musik dari album My Chemical Romance 2010, Danger Days: True Lives of the Fabulous Killjoys.

Ada kesamaan pula antara kedua cerita, di mana menampilkan dermawan eksentrik yang tinggal bersama tim superhero. Uniknya lagi nih, TV series Doom Patrol dan The Umbrella Academy yang ditayangkan di Netflix melakukan debut pada hari yang sama, yaitu 15 Februari 2019.

6. Peran Number Five jatuh pada aktor berusia 15 tahun

SAPARDI
Sumber: unpause.asia

Aidan Gallagher, aktor yang memerankan Number Five mengaku sempat merasa sedih dan mengira tidak akan dapat kesempatan memerankan Number Five. Hal ini dikarenakan ia terlambat ketika mengikuti audisi dan jadi orang terakhir yang di audisi.

Namun ternyata, peran Number Five justru dipercayakan kepadanya, dan tanpa menyia-nyiakan kesempatan yang datang, Aidan langsung mempelajari karakter Number Five lewat komik, untuk mendapatkan postur Number Five dengan benar.

Nah, jika Aidan sempat ragu tidak akan mendapatkan peran yang dia inginkan, begitu pula dengan Steve Blackman (showrunner).  Steve Blackman sempat khawatir tidak akan mendapatkan aktor yang tepat untuk memerankan The Boy, dikarenakan ia telah mengaudisi ratusan anak-anak dan tidak ada yang cocok.

Tetapi ketika Steve melihat video audisi dari Aidan, Steve langsung yakin jika Aidan sangat sempurna untuk memerankan tokoh Number Five!

7. Harus bertahan syuting pada suhu -10°c

SAPARDI
Sumber: atlasofwonders.com

Selama adegan pemakaman, para kru dan pemeran The Umbrella Academy yang melakukan syuting di Toronto, harus bertahan pada suhu -10°c yang sangat dingin! Di suhu super dingin seperti di dalam kulkas ini, atau mungkin lebih dingin lagi, mereka harus struggle dengan hujan buatan yang ada di lokasi. Brrr!

Nah, pada adegan inilah para pemain menjadi dekat satu sama lainnya, ketika mereka untuk pertama kalinya duduk bersama-sama di dekat pemanas ruangan untuk menghangatkan badan.

8. Sebelumnya akan dibuat menjadi film layar lebar oleh Universal Pictures

SAPARDI
Sumber: syfy.com

The Umbrella Academy ternyata awalnya akan dibuatkan versi film layar lebar oleh Universal Pictures. Dengan rencananya menggaet Mark Bomback (The Wolverine) dan Rawson Marshall Thunder (Central Intelligence) yang akan menulis skenarionya. Namun keputusan akhir, komik tersebut dibuat menjadi TV series.

Bocorannya lagi, untuk membuat one season untuk TV series, Gerard Way dan Steve Blackman (showrunner) membutuhkan waktu 18 bulan untuk membuatnya. Wah, jadi makin nggak sabar untuk nonton season 2-nya!

9. Mary J. Blige melakukan sendiri semua adegan laganya

SAPARDI
Sumber: thisisrnb.com

Mary J. Blige yang memerankan tokoh Cha-Cha pembunuh bayaran dengan sang partner Hazel, mengaku jika ia memang sangat menginginkan peran tersebut.

“I wanted to play a super badass. I already played the mother, and I could play the mother 10 more times, but I needed to do this. I need to do this so I can get it out of my system, and then do it again,” ungkap Mary J. Blige.

Dua tokoh pembunuh bayaran yang memakai topeng sangat menantang bagi aktris berusia 48 tahun ini. Dan menariknya lagi, Mary J. Blige melakukan sendiri semua adegan laganya, loh!

Dalam satu pembicaraan lewat telepon dengan Steve Blackman, J. Blige bilang, "If you let me punch and shoot and do my stunts, I’m in.” Dan keseriusan J. Blige memang enggak main-main, ia melakukan pelatihan senjata dan martial arts setiap hari untuk melakukan adegan yang berat.

10. Mengintip lokasi syuting dengan bangunan yang menakjubkan

SAPARDI
Sumber: atlasofwonders.com

Series The Umbrella Academy mengambil lokasi di sekitar Toronto dan Hamilton (Ontario, Canada). Nah, pintu masuk rumah The Umbrella Academy yang merupakan kediaman Sir Reginald Hargreeves ini ternyata memang ada bangunan aslinya. Tepatnya berada di 4 King St E in Hamilton.

SAPARDI
Sumber: vikpahwa.com

Nah, kalau bangunan yang sangat cantik ini adalah Joey & Toby Tanenbaum Opera Centre di Toronto. Bisa tebak enggak adegan mana yang mengambil lokasi di sini? Yup, benar banget, halaman yang diperlihatkan dalam adegan pemakaman mengambil lokasi di opera centre ini, loh.

SAPARDI
Sumber: atlasofwonders.com

Sedangkan bagian depan apartemen Vanya ini juga ada bangunan aslinya. Tepatnya berada di Queen Street East, Toronto.


Jadi, karakter superhero mana yang jadi favoritmu?

SAPARDI
Sumber: Gramedia.com

Sumber foto header: Umbrella Academy Promotional image