5 Fakta BlacKkKlansman, dari Kisah Nyata Pahit Berujung Piala Oscar

5 Fakta BlacKkKlansman, dari Kisah Nyata Pahit Berujung Piala Oscar

. 2 min read

Salah satu film yang mendapat sorotan di Academy Awards 2019 adalah BlacKkKlansman. Tak kalah bersaing dengan film-film bergengsi lainnya, film adaptasi novel karya Ron Stallworth ini juga mendapat apresiasi tinggi.

BlacKkKlansman berkisah tentang Ron Stallworth, detektif kulit hitam pertama yang bertugas di Colorado Springs Police Department. Di sana ia mendapat tugas untuk menyamar dan masuk ke dalam kelompok Ku Klux Klan (KKK), dan diminta untuk membongkar kejahatan yang dilakukan kelompok tersebut.

Namun perjalanan tugasnya tak semudah itu, karena dia harus menghadapi hal-hal rasisme yang hadir di sepanjang penugasannya. Spike Lee, sutradara film ini dengan cerdik memilih genre comedy crime untuk film ini.

Meski bertemakan rasisme yang terkesan serius, berkat sang sutradara, BlacKkKlansman justru dipenuhi guyonan satir. Membuat film ini terasa menyenangkan dan juga tepat dalam penyampaian pesan.

Tak heran jika kemudian film yang dirilis pada Agustus 2018 lalu ini meraih penghargaan Piala Oscar 2019 untuk kategori Best Adapted Screenplay.

Untuk lebih banyak mengetahui tentang film yang dibintangi John David Washington dan Adam Driver ini, yuk baca lebih lanjut daftar di bawah ini.

1. Memenangkan skenario adaptasi terbaik

BlacKkKlansman adalah film adaptasi berdasarkan novel berjudul Black Klansman, karya Ron Stallworth. Seperti nama sang penulis, tokoh di dalamnya pun bernama Ron Stallworth. Pasalnya buku ini berisikan memoar yang dialaminya sendiri.

2. Pembelian hak film

Meski film ini baru dirilis 2018 lalu, orang-orang di balik layar film ini sudah membeli hak film untuk buku pada 2015 lalu. Baru pada September 2017, Spike Lee menandatangani persetujuan menjadi sutradara film ini.

3. Dirilis di Festival Film Cannes

Di Amerika Serikat, film ini dirilis pada 10 Agustus 2018. Perilisan ini bertepatan dengan ulang tahun pertama White Supremacist Unite the Right rally.

Namun sebelumnya, film ini lebih dulu dirilis di Festival Film Cannes, pada 14 Mei 2018. Di kedua kesempatan tersebut, film ini mendapatkan komentar dan review positif dari para kritikus film.

4. Perbedaan antara buku dan filmnya

Di film ini, diceritakan terjadi di tahun 1972. Namun di cerita aslinya, terjadi pada 1979. Selain itu, sosok Philip Flip Zimmerman, bukan lah nama asli di kejadian sesungguhnya.

Terakhir, adanya tragedi pemboman di film ini hanyalah untuk menambah ketegangan dan bagian dari dramatisasi di dalam film.

5. Meraih enam nominasi Oscar 2019

Meski hanya menyabet satu kemenangan di Oscar 2019, untuk kategori skenario adaptasi terbaik, namun secara keseluruhan, film ini masuk enam kategori Oscar 2019.

Kategori tersebut di antaranya, Film Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik (Adam Driver), Skenario Adaptasi Terbaik (Charlie Wachtel, David Rabinowitz, Kevin Willmott, dan Spike Lee), Sutradara Terbaik (Spike Lee), Musik Original Score Terbaik, dan Penyuntingan Film Terbaik.

BlackkKlansman

Sumber header foto: Vox.com