Di Balik Tirai Aroma Karsa: Karya Nonfiksi Pertama Dee Lestari

. 2 min read
“Tantangan utama yang dialami Dee Lestari sewaktu menggarap Aroma Karsa, yang berunsur teka-teki dan petualangan adalah, pada bagaimana mengungkap petunjuk demi petunjuk sekaligus bagaimana dan kapan melakukan kecohan.”

Kutipan yang diambil dari Instagram Penerbit Bentang Pustaka itu adalah bagian menarik dari buku Di Balik Tirai Aroma Karsa karya Dee Lestari. Buku yang sedang dalam masa pre-order itu berisi tentang apa-apa saja yang dilakukan Dee Lestari saat riset sampai kepenulisan karya termasyhurnya, Aroma Karsa. Di Balik Tirai Aroma Karsa juga merupakan karya nonfiksi pertama Dee Lestari.

Kabar kehadiran Di Balik Tirai Aroma Karsa sudah menyebar bahkan sejak lima bulan Aroma Karsa terbit. Tepatnya, pada Agustus 2018 lalu melalui akun Instagram-nya, Dee sudah mengumbar lahirnya Di Balik Tirai Aroma Karsa. Hanya saja, saat itu, buku tersebut diterbitkan dalam bentuk digital.

“Dilengkapi hampir 200 foto, buku ini akan mengulas proses kreatif, riset, dan kiat menulis dari perjalanan penulisan ‘Aroma Karsa’ secara mendetail,” ujar Dee dalam akun Instagram @deelestari.

Buku
Buku-Buku Dee Lestari

Hingga saat ini, Dee Lestari telah menerbitkan lebih dari 10 karya fiksi. Beberapa yang terkenal antara lain seri Supernova yang terdiri atas enam buku; buku pertamanya, Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh sudah diangkat ke layar lebar pada 2014 dan dibintangi oleh Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, dan Arifin Putra. Karya Dee lain yang juga sudah difilmkan adalah Perahu Kertas dan Filosofi Kopi.


Baca juga: 5 Karya Terbaik Dee Lestari yang Wajib Dibaca


Karier Dee Lestari diawali bersama Rida Farida dan Sita Nursanti dalam grup musik RSD yang merupakan singkatan Rida, Sita, Dewi. Pada 1995, album pertama RSD berjudul Antara Kita rilis. Lalu, pada 2001, Dee menerbitkan karya perdananya berjudul Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh.

Baru-baru ini, melalui akun Instagram-nya, Dee mengabarkan bahwa Filosofi Kopi sudah terbit dalam edisi Bahasa Jepang. Edisi tersebut diterjemahkan oleh Keiko Nishino dan Hiroaki Kato dan diterbitkan oleh Sofia Press.

Kisah perjalanan karier Dee Lestari selengkapnya dapat di baca di sini: Dua Sisi Dee Lestari dari Masa ke Masa.

Di Balik Tirai Aroma Karsa tidak hanya karya yang ditunggu-tunggu para penggemar karya-karya Dee Lestari atau disebut aDEEction, tetapi juga para calon penulis yang ingin belajar soal kepenulisan ala Dee Lestari. Dapatkan buku ini segera!


Grameds bisa langsung memesan buku Di Balik Tirai Aroma Karsa dan karya-karya Dee Lestari lainnya di Gramedia.com.


Sumber foto header: Instagram Bentang Pustaka