Berawal dari Wattpad, Mereka Jadi Penulis Buku Sukses

Berawal dari Wattpad, Mereka Jadi Penulis Buku Sukses

. 4 min read

Apakah kamu senang berimajinasi dan menuangkannya ke dalam tulisan? Merasa berpeluang untuk diterbitkan, tapi tidak pede kalau tulisanmu diterima penerbit?

Menulis hingga menerbitkan hasilnya ke dalam sebuah buku memang bukan perkara mudah. Apalagi dengan seleksi ketat dari para penerbit. Akan tetapi, tidak ada kata menyerah. Tulisanmu masih memiliki peluang untuk diterbitkan.

Mungkin bisa dimulai dengan mengunggahnya ke platform online untuk menulis dan membaca, yakni Wattpad. Siapa tahu akan dilirik penerbit.

Beberapa penulis buku best seller pun ternyata tak sedikit yang mengawali karir menulisnya melalui unggahan di Wattpad lho.

Yuk, tengok 5 penulis yang mengawali karirnya dari Wattpad hingga akhirnya jadi penulis buku sukses. Siapa saja ya?

Erisca Febriani

Wattpad-Erisca-febrianiSource: Zetizen.com

Erisca Febriani merupakan novelis asal Lampung kelahiran 25 Maret 1998 yang gemar menulis. Pada awalnya, hobi Erisca itu tidak didukung kedua orang tuanya. Namun dirinya tak langsung putus asa. Erisca pun mencoba peruntungan dengan mengunggah tulisannya di Wattpad.

Karya pertama yang dibagikannya melalui Wattpad adalah Dear Nathan. Siapa sangka, ternyata Dear Nathan menyita perhatian banyak pembaca di dunia maya.

Kepopulerannya berhasil mengubah wujud Dear Nathan, dari daring ke buku cetak. Bahkan, kisah cinta masa remaja Nathan dan Salma itu sukses diangkat ke film yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles.

Setelah perjuangannya berbuah manis, Erisca tidak langsung berpuas diri. Gadis yang sekarang berkuliah di Universitas Lampung Jurusan Agroteknologi ini masih terus berkarya. Selain Dear Nathan, tulisan Erisca yang sudah diterbitkan lainnya adalah Serendipity, Sekeping Hati, dan Hello Salma.

Michelle J.

Wattpad-Michelle-JSource: Julajuli.com

Mungkin ada yang masih asing dengan namanya. Michele J. memang bisa dibilang ia masih baru di dunia tulis-menulis. Bermula dari kesepakatan dengan teman-temannya untuk lomba menulis di Wattpad dengan hadiah es krim bagi yang mendapat pembaca terbanyak. Michelle pun menyelesaikannya hanya dalam waktu sekitar seminggu.

Ternyata, The Nerd Can Fight karya Michelle lah yang maju sebagai pemenang. Tulisannya yang berbahasa Inggris itu dibaca 6,8 juta orang dengan 56% di antaranya adalah pembaca dari Amerika Serikat.

Selain mendapat es krim, bonus tak terduga pun diraih Michelle. Tulisan yang dikarangnya saat berusia 14 tahun itu turut dilirik penerbit.

Tak hanya dalam bahasa Inggris, The Nerd Can Fight juga diterbitkan dalam versi bahasa Indonesia. Secara singkat, novel itu bercerita tentang anak-anak yang terus semangat meski sering di-bully. Oleh karenanya, kisah yang diceritakan Michelle tersebut menggugah hati dan banyak menjadi inspirasi bagi pembacanya.

Arumi Ekowati

Wattpad-Arumi-EkowatiSource: Kompasiana

Setelah hengkang dari profesinya sebagai arsitek, Arumi E. banting setir menjadi penulis. Ia memang sudah hobi menulis sejak dulu. Debutnya dimulai sejak tahun 2005 dengan menulis cerita pendek yang banyak dimuat di majalah anak sampai remaja. Baru pada tahun 2011, Arumi menulis novel. Sebelum diterbitkan ke dalam buku, ia sempat menulis juga di Wattpad.

Hanya dalam tiga tahun awalnya berkarir sebagai penulis, Arumi telah menerbitkan 14 novel. Keuletan wanita yang hobi traveling itu dalam menyisihkan waktu setiap hari untuk menulis bisa dibilang menjadi salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas menulisnya.

Banyaknya novel produksinya tersebut tentu tak memengaruhi kualitas cerita yang selalu ditulis secara rapi dan pastinya menarik. Bahkan seringkali karya-karya Arumi selalu menduduki kategori best seller.

Beberapa di antaranya adalah Love in Montreal, Love in Adelaide, Love in Sydney, Road to Your Heart, Love in Ho Chi Min, dan Tahajud Cinta di Kota New York. Hingga kini, ia masih terus berkarya. Novel terbarunya yang berjudul Aku Tahu Kapan Kamu Mati saat ini tengah duduk manis di jajaran rak best seller Gramedia.com.

Valerie Patkar

Valerie-Patkar-1Source: BIP

Sudah lama Valerie Patkar senang membaca buku. Dari kegemarannya tersebut, gadis lulusan Teknik Pertambangan ini iseng menulis. Wattpad pun dijadikan Valerie sebagai wadah untuk membagikan tulisannya sejak tahun 2015. Kebanyakan karya yang ditulisnya bergenre romance.

Tampak hilir mudik para pembaca tulisan Valerie yang signifikan di platform maya itu. Tanpa disangka-sangka, salah satu karangan Valerie mencuri perhatian penerbit. Pada bulan Maret 2018, Claires, buku pertamanya yang diadaptasi dari Wattpad akhirnya terbit. Claires bahkan berhasil bertengger di deretan buku best seller.

Saat ini, Valerie sedang disibukkan dengan proses persiapan sekuel Claires dengan judul Deverra yang katanya segera menyusul untuk diterbitkan. Dirinya juga tengah menulis Loversation, seri kedua dari salah satu karangannya di Wattpad yang berjudul Nonversation.

Almira Bastari

Wattpad-Almira-BastariSource: Detik.com

Wanita yang bekerja sebagai Analis Keuangan ini sudah gemar menulis sejak SD. Baru ketika duduk di bangku SMA, Almira Bastari mulai menulis novel. Setelah sembilan tahun menulis, Almira mencoba peruntungan dengan mengunggah tulisannya ke Wattpad. Ternyata, cerita yang ia bagikan itu meraup banyak pembaca hingga dilirik penerbit dengan novel pertamanya berjudul Melbourne (Wedding) Marathon (2017).

Pada tahun 2018, Almira kembali meluncurkan novel kembali. Berjudul Resign!, karya Almira yang satu ini lagi-lagi menarik perhatian banyak pecinta buku. Bayangkan saja, baru empat bulan sejak awal penerbitan, Resign! sudah dicetak ulang sebanyak empat kali. Wow, pencapaian yang begitu luar biasa!

Secara singkat, Resign! menceritakan kisah empat karyawan kantoran yang menamakan diri mereka cungpret alias “kacung kampret”. Mereka sedang berada di ambang batas kesabaran dalam menghadapi perilaku si bos.

Keempatnya berlomba untuk resign, yang “cabut” terakhir harus mentraktir yang menang di restoran mewah. Kisah para cungpret ini diceritakan secara lugas dengan berbagai lelucon menghibur. Dijamin bikin ngakak!


Dari lima penulis di atas, siapa yang paling menginspirasimu?

Yuk, belajar dari pengalaman Almira Bastari dan Valerie Patkar dalam Talk Show “How to Get Your Book Published” di The Readers Fest! Selain talk show, pesta buku yang dihelat oleh Gramedia.com tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara menarik, seperti bazar buku, workshop, hingga music performance.

Catat tanggalnya ya!

Readers