Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

9 Penulis Indonesia Sukses yang Berawal dari Wattpad

9 Penulis Indonesia Sukses yang Berawal dari Wattpad

Apakah kamu senang berimajinasi dan menuangkannya ke dalam tulisan? Merasa berpeluang untuk diterbitkan, tapi tidak pede kalau tulisanmu diterima penerbit?Menulis hingga menerbitkan hasilnya ke dalam sebuah buku memang bukan perkara mudah. Apalagi dengan seleksi ketat dari para penerbit. Akan tetapi, tidak ada kata menyerah. Tulisanmu masih memiliki peluang untuk diterbitkan.

Mungkin bisa dimulai dengan mengunggahnya ke platform online untuk menulis dan membaca, yakni Wattpad. Siapa tahu akan dilirik penerbit. Beberapa penulis buku best seller pun ternyata tak sedikit yang mengawali karir menulisnya melalui unggahan di Wattpad, lho.

Yuk, tengok sembilan penulis yang mengawali karirnya dari Wattpad hingga akhirnya jadi penulis buku sukses. Siapa saja ya?

9 Penulis Indonesia yang Mengawali Karirnya dari Wattpad

1. Mia Chuz

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/mia_chuzaimiah)

Beberapa dari kalian mungkin ada yang sudah tidak asing dengan nama penulis berdarah Minangkabau yang satu ini, karena baru-baru ini, namanya memang semakin terkenal ketika salah satu karya menulisnya berhasil diadaptasi ke dalam web series pada tahun ini.

Eria Chuzaimiah atau yang lebih dikenal dengan nama Mia Chuz ini merupakan salah satu penulis Indonesia yang memulai karir menulisnya pada Wattpad sejak tahun 2017.

Meskipun tidak terlalu menguasai teknik menulis, namun dengan modal nekat dan ingin mencoba, ia pun mulai menuangkan ide cerita dan imajinasinya di platform tersebut. Ternyata, salah satu cerita yang ia bagikan itu berhasil meraup banyak pembaca hingga dilirik oleh penerbit bahkan sutradara film. Karya tersebut berjudul Wedding Agreement (2018) yang dibintangi oleh Refal Hady dan Indah Permatasari.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Novel ini menceritakan tentang kisah rumah tangga dari sepasang pengantin baru yang menikah tanpa didasari cinta karena perjodohan dari orang tua mereka. Sepulangnya dari acara pernikahan mereka, sang suami bahkan tega mengajukan sebuah surat perjanjian pernikahan yang berisi kontrak cerai setelah setahun masa pernikahan.

Selain novel tersebut, ada beberapa karya Mia Chuz dari Wattpad lainnya yang juga berhasil diterbitkan ke dalam bentuk buku, seperti Dearest Mai (2019), After Wedding Agreement (2020), dan After You (2020).

2. Cecillia Wang

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/ce.wng)

Cecillia Wangsadinata atau yang kerap dipanggil Cecil Wang merupakan salah satu penulis asal Indonesia yang sangat berbakat. Ia merupakan seorang content manager di perusahaan Siden yang berlokasi di New York, Amerika Serikat.

Di tengah kesibukannya sebagai content manager, ia juga merupakan seorang penulis buku yang bisa dibilang sangat sukses. Namun dibalik kesuksesannya sebagai penulis, ternyata ia harus melalui perjalanan yang tidak mudah. Karya tulisnya diketahui pernah ditolak sebanyak 15 kali oleh sejumlah penerbit, termasuk yang menjadi penerbit karyanya sekarang.

Meskipun begitu, Cecilia Wang pantang menyerah dan terus melakukan berbagai usaha, salah satunya dengan memanfaatkan platform Wattpad, sebagai media untuk mempublikasikan karya menulisnya kepada masyarakat luas. Dari situlah kemudian pintu karir kepenulisannya terbuka.

Lewat karya pertamanya yang berjudul Inevitably in Love, ia pun memulai debutnya sebagai seorang penulis. Tak pernah ia sangka, karyanya tersebut ternyata mendapatkan banyak sekali respon positif dan berhasil dibaca oleh 1,8 juta orang. Bahkan karyanya ini juga berhasil membuat beberapa pihak penerbit yang akhirnya menawarkan untuk menerbitkan karya Cecil yang satu ini.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Diterbitkan pada tahun 2017 oleh penerbit Bukune, Inevitably in Love menceritakan tentang Marshall Tjahrir yang harus bertemu kembali dengan sang mantan istri, Tavella Sastrawidjaja, yang mengkhianatinya pada proyek pembuatan kilang minyak yang melibatkan dua keluarga besar dari pihak Marshall dan Tavella. Melalui kisah keduanya ini, serial cerita tentang keluarga Tjahrir pun dimulai.

Setelah novel pertamanya ini berhasil laris di pasaran, Cecilia Wang diketahui terus menjalin kerja sama dengan penerbit Bukune dan seluruh karya Cecilia sampai saat ini diterbitkan oleh penerbit tersebut. Karya Cecilia Wang lainnya yang berhasil dibukukan, yaitu Invitation Only (2017), Evermore (2018), The Sentimental Reasons (2018), The Sentimental Things (2018), Lumière Blanche (2019), Some Kind (2019), dan beberapa buku lainnya yang hanya dijual dalam sistem PO pada laman blog pribadinya.

3. Wulanfadi

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/wulanfadila)

Perempuan kelahiran tahun 1999 yang memiliki hobi membaca dan menulis sejak kecil ini memiliki nama asli Wulan Fadila Fatia. Dalam menyalurkan hobi menulisnya, Wulan pun menerbitkan karya menulisnya melalui platform Wattpad dan berhasil menyelesaikan lebih dari 50 cerita.

Bahkan beberapa dari karyanya tersebut ada yang berhasil memenangkan The Watty Awards juga lho Grameds, yaitu sebuah penghargaan tahunan yang diadakan Wattpad bagi para penulis di seluruh dunia. Wahh, keren banget ya!

Karya pertama dan yang menjadi debutnya sebagai penulis buku fisik adalah A : Aku, Benci & Cinta. Novel ini dirilis pada tahun 2015 oleh penerbit Best Media dan telah diadaptasi ke dalam film layar lebar pada tahun 2017 yang diperankan oleh Jefri Nichol, Indah Permatasari, Amanda Rawles dan Brandon Salim.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Novel A: Aku, Benci & Cinta menceritakan tentang persaingan, persahabatan, percintaan, dan pergolakan batin seorang lelaki bernama Alvaro Radyana, si cassanova terpopuler dan ketua osis di SMA National High terhadap teman perempuan sekaligus wakil ketua osis, Anggia Serenia Quinindha.

Alvaro yang sebelumnya selalu menganggap Anggia sebagai lelucon, tiba-tiba merasakan cemburu ketika Anggia mengenal Alexander, teman masa kecilnya. Perasaan aneh yang seharusnya Alvaro rasakan hanya pada cinta pertamanya, Athala yang sedang terbaring koma pun kian tumbuh dan dirasakan ketika berdekatan dan semakin mengenal sosok Anggia.

Sukses dengan karyanya yang berjudul A: Aku, Benci, dan Cinta, ia pun terus berkarya di platform Wattpad tersebut dan menghasilkan berbagai tulisan yang diminati oleh banyak orang. Bahkan beberapa karya tulisannya tersebut juga lagi-lagi berhasil menarik perhatian beberapa penerbit dan kembali dialih bukukan, seperti R: Raja, Ratu, & Rahasia (2016), Matt & Mou (2016), Daisy (2019), dan masih banyak lagi.

4. Rintik Sedu

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/ntsana)

Penulis muda yang sempat populer di media sosial ini memiliki nama asli Nadhifa Allya Tsana. Ia merupakan seorang penulis sekaligus penyiar podcast pada salah satu layanan penyiaran musik asal Swedia, Spotify.

Tsana diketahui sudah mulai gemar menulis sejak ia masih duduk di bangku SMA. Melalui kegemarannya tersebut, ia pun memulai kegiatan menulisnya dengan mempublikasikan beberapa karya tulisannya di beberapa media, mulai dari mading sekolah, blog pribadi miliknya, sampai pada platform Wattpad.

Dari Wattpad dan karya pertamanya yang berjudul Geez & Ann (2017), nama Rintik Sedu kemudian mulai dikenal oleh masyarakat luas. Banyaknya komentar positif yang ia terima dari para pembaca, bahkan membuat novelnya tersebut berhasil mendapatkan perhatian dari seorang editor, dan dari situlah awal Tsana memulai karir kepenulisannya secara profesional.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Novel yang berkisah tentang kisah cinta remaja dan hubungan jarak jauh antara dua pasang kekasih, Keana Amanda atau Ann dan Gazza Chayadi atau Geez ini bahkan berhasil menarik perhatian produser film hingga berhasil diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 2021 yang diperankan oleh Junior Roberts dan Hanggini Purinda Retto.

Novel Geez & Ann sendiri hingga saat ini telah memiliki 3 cerita dalam 3 novel berbeda yang berkelanjutan, ada Geez & Ann #1, #2, #3, ditambah dengan sebuah novel yang berkisah tentang rahasia Geez, Buku Rahasia Geez (2018).

Selain Geez & Ann, karya Tsana yang paling fenomenal lainnya adalah Kata (2018), yang juga berhasil meraih kesuksesan dan diadaptasi ke film layar lebar. Kemudian, Tsana juga berhasil mempublikasikan beberapa karya puisinya, seperti Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang (2020) yang merupakan kolaborasi pertamanya bersama salah satu penulis lawas Indonesia, yaitu Eyang Sapardi Djoko Damono, Buku Minta Dibanting (2020), dan Buku Minta Disayang (2021).

5. Erisca Febriani

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/eriscafebriani)

Erisca Febriani merupakan novelis asal Lampung kelahiran 25 Maret 1998 yang gemar menulis. Pada awalnya, hobi Erisca itu tidak didukung kedua orang tuanya. Namun dirinya tak langsung putus asa. Erisca pun mencoba peruntungan dengan mengunggah tulisannya di Wattpad.

Karya pertama yang dibagikannya melalui Wattpad adalah Dear Nathan. Siapa sangka, ternyata kisah cinta masa remaja Nathan dan Salma itu berhasil menyita perhatian banyak pembaca di dunia maya. Kepopulerannya tersebut bahkan berhasil mengubah Dear Nathan ke buku cetak, dan pada tahun 2017 novel ini juga berhasil diadaptasi ke film layar lebar yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Dirilis pada tahun 2016, novel debutnya sebagai penulis buku ini mengisahkan tentang percintaan dan persahabatan antara Nathan dan Salma, dua murid SMA yang memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang.

Mereka yang bertemu pertama kali dalam aksi menyusup diam-diam di gerbang samping sekolah karena sama-sama terlambat mengikuti upacara ini, tiba-tiba menjadi kian dekat setelah mengalami beberapa kejadian secara bersamaan yang akhirnya membuat benih-benih cinta tumbuh di antara keduanya.

Setelah perjuangannya berbuah manis, Erisca tidak langsung berpuas diri dan masih terus berkarya hingga saat ini. Selain Dear Nathan, karya Erisca lainnya juga ada yang berhasil diterbitkan ke dalam buku fisik seperti Serendipity (2016), Sekeping Hati (2017), dan Hello Salma (2018), Thank You Salma (2019), Kisah untuk Geri (2019), Pancarona (2021), dan Goodbye Daniel (2021).

6. Michelle J

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: Julajuli.com)

Bermula dari kesepakatan dengan teman-temannya untuk lomba menulis di Wattpad dengan hadiah traktiran makan sepuasnya bagi yang mendapat pembaca terbanyak, Jean Angelina Michelle Julianto atau lebih dikenal dengan nama Michelle J. pun menyelesaikan karya pertamanya hanya dalam waktu sekitar seminggu. Ternyata, The Nerd Can Fight karya Michelle lah yang maju sebagai pemenang.

Tulisannya yang berbahasa Inggris itu bahkan dibaca oleh 6,8 juta orang dengan 56% di antaranya adalah pembaca dari Amerika Serikat. Selain berhasil mendapatkan hadiah berupa traktiran makan sepuasnya dari tiga temannya, bonus tak terduga pun diraih Michelle. Tulisan yang dikarangnya saat berusia 14 tahun itu pun turut dilirik oleh penerbit dan berhasil dialih bukukan pada tahun 2016.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Tak hanya dalam bahasa Inggris, The Nerd Can Fight juga diterbitkan dalam versi bahasa Indonesia. Secara singkat, novel ini bercerita tentang seorang gadis bernama Cassandra atau Casey yang kerap mendapat gangguan dari teman-temannya.

Meskipun ia jago bela diri, alih-alih membalas perbuatan temannya, Casey si kutu buku yang penampilannya selalu dianggap aneh ini malah melawan dengan caranya sendiri, dengan membantu teman-teman senasib yang juga jadi korban bullying di sekolah.

Karena banyaknya pesan perilaku positif dan edukasi yang disisipkan di dalam novel ini, kisah yang diceritakan oleh Michelle tersebut pun mampu menggugah hati dan banyak menjadi inspirasi bagi pembacanya.

7. Arumi Ekowati

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/arumi_e)

Setelah hengkang dari profesi sebelumnya yang merupakan seorang arsitek, Arumi Ekowati atau yang juga dikenal dengan nama Arumi E. pun banting setir dan memilih untuk menjadi seorang penulis buku.

Kegiatan tulis-menulis ini sebenarnya merupakan hobi dan sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan sejak tahun 2005 ia telah menulis berbagai cerita pendek yang berhasil dimuat di beberapa majalah anak sampai remaja. Pada tahun 2011, barulah ia berfokus dan memulai menulis sebuah novel. Sebelum diterbitkan ke dalam buku, ia juga sempat menulis dan mempublikasikan beberapa karyanya di Wattpad.

Hanya dalam tiga tahun awalnya berkarir sebagai penulis, Arumi telah menerbitkan 14 novel. Keuletan wanita yang hobi traveling ini dalam menyisihkan waktu setiap hari untuk menulis, bisa dibilang menjadi salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas menulisnya.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Banyaknya novel produksinya tersebut tentu tak memengaruhi kualitas cerita yang selalu ditulis secara rapi dan pastinya menarik. Bahkan seringkali karya-karya Arumi selalu menduduki kategori best seller. Beberapa di antaranya adalah Love in Adelaide (2016), Love in Sydney (2016), Love in Montreal (2016), Road to Your Heart: Love in Ho Chi Min (2017), Aku Tahu Kapan Kamu Mati (2018), dan masih banyak lagi.

Hingga kini, ia masih terus berkarya. Novelnya yang berjudul Merindu Cahaya de Amstel (2015) bahkan berhasil diadaptasi ke dalam film pada tahun 2022. Film yang diperankan oleh Amanda Rawles dan Bryan Domani ini menceritakan tentang kisah pahit kehidupan Khadijah, seorang gadis Belanda yang memutuskan untuk masuk Islam.

Gadis yang memiliki nama asli Marienvenhofen ini tertarik untuk belajar tentang Islam dan memutuskan menjadi mualaf ketika ia habis berkunjung dari rumah salah satu temannya yang di Turki. Namun, keputusannya untuk masuk Islam tersebut ternyata ditentang oleh keluarganya. Bahkan ia diusir dan tidak lagi dianggap dalam keluarganya, termasuk oleh ayah dan ibu kandungnya sendiri.

8. Valerie Patkar

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/galeriepatkar)

Sudah lama Valerie Patkar senang membaca buku. Dari kegemarannya tersebut, gadis lulusan Teknik Pertambangan ini pun iseng menuliskan sebuah cerita dan menjadikan Wattpad sebagai wadah untuk membagikan tulisannya sejak tahun 2015.

Bekal isengnya tersebut ternyata membuahkan hasil yang tidak ia sangka-sangka, di mana salah satu karangan Valerie yang berjudul Claires ternyata berhasil mencuri perhatian penerbit. Pada bulan Maret 2018, Claires, kemudian menjadi buku pertamanya yang berhasil diangkat ke dalam bentuk novel fisik.

Saking banyaknya pembaca yang menyukai novel romance pertamanya tersebut, novel Claires bahkan berhasil masuk ke dalam jajaran novel best seller hanya dalam waktu 20 hari saja. Novel ini mengisahkan tentang Claire yang jatuh cinta pada seorang casanova bernama Ares Nota yang tidak berhenti mengekori dirinya ketika ia sedang menjalin hubungan jarak jauh dengan kekasihnya yang bernama Kai.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Seperti menyiram minyak tanah pada api yang menyala, Ares seakan membuat api itu berkobar. Ares yang mulanya hanya iseng untuk bermain-main dengan Claire dan ingin menguji kesempurnaan hubungan yang dimiliki Claire dan kekasihnya yang bernama Kai itu malah berujung jatuh pada permainannya sendiri.

Karya Valerie lainnya yang berhasil ia alih bukukan dan berhasil masuk ke dalam daftar buku-buku best seller adalah Nonversation (2019), Game Over (2020), Luka Cita (2022). Selain itu juga ada karyanya yang berjudul Serangkai, yang juga berhasil ia alih bukukan pada tahun 2021.

9. Almira Bastari

penulis
Penulis Indonesia yang Memulai Karirnya dari Wattpad (Sumber Gambar: instagram.com/almirabastari)

Wanita yang bekerja sebagai Analis Keuangan ini sudah gemar menulis sejak duduk di bangku SD. Baru ketika duduk di bangku SMA, Almira Bastari mulai menulis novel. Setelah sembilan tahun menulis, Almira mencoba peruntungan dengan mengunggah tulisannya ke Wattpad. Ternyata, cerita yang ia bagikan itu meraup banyak pembaca bahkan novel pertamanya yang berjudul Melbourne (Wedding) Marathon berhasil dilirik oleh penerbit dan dialih bukukan.

Buku yang terbit pada tahun 2017 ini mengisahkan tentang hubungan fake relationship yang terjalin antara dua tokoh utama, yaitu Sydney Deyanira dan Anantha Daniswara. Dengan latar kota Melbourne dan segala kesibukan mahasiswa perantauan, Sydney tiba-tiba ditawari sebuah pekerjaan sambilan menjadi juru masak untuk salah satu pengusaha Indonesia kaya raya yang tinggal di sana.

Pekerjaan inilah yang kemudian membawanya bertemu dengan Anantha, taipan muda asal Indonesia sekaligus sang bos yang sedang bingung mencari pacar bohongan untuk dibawa ke rentetan pesta pernikahan. Saking bingungnya, Anantha pun sampai nekat meminta pelayannya sendiri, yaitu Sydney untuk menjadi kekasih bohongannya.

penulisKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kemudian pada tahun 2018, Almira kembali menerbitkan salah satu karyanya di Wattpad yang berjudul Resign!. Karya Almira yang satu ini lagi-lagi menarik perhatian banyak pecinta buku. Bayangkan saja, baru empat bulan sejak awal penerbitan, Resign! sudah dicetak ulang sebanyak empat kali bahkan sampai bertengger pada posisi best seller begitu lamanya. Wow, pencapaian yang begitu luar biasa!

Pada tahun 2020, karya Almira lainnya yang berjudul Ganjil Genap pun berhasil dialih bukukan. Novel yang lagi-lagi berhasil masuk ke dalam jajaran buku-buku best seller ini menceritakan tentang kisah asmara Gala, si tokoh utama perempuan, dan pencariannya akan cinta setelah dirinya mendadak diputuskan oleh sang kekasih yang telah menjalin cinta bersamanya selama tiga belas tahun.

Kini, tepatnya pada 16 Februari 2022, Almira kembali hadir dengan karya terbarunya yang berjudul Home Sweet Loan. Novel yang juga berhasil menduduki jajaran buku-buku best seller di Gramedia ini bercerita tentang kehidupan dan perjuangan dari empat orang sahabat yang memiliki nasib dan latar belakang kehidupan yang berbeda, namun memiliki misi yang sama, yaitu berburu rumah idaman dengan kriterianya masing-masing, yang tentunya tidak mudah untuk diwujudkan oleh mereka.


Baca Juga: 8 Penulis Indonesia yang Hobi Bertengger di Jajaran Best Seller


Dari sembilan penulis di atas, siapa nih yang paling menginspirasimu?

Untuk kamu yang belum memiliki buku-buku dari penulis-penulis tersebut, yuk, segera koleksi dan dapatkan bukunya sekarang juga di Gramedia.com!

Selain itu, saat ini Gramedia juga sedang ada promo-promo menarik yang sangat sayang untuk kamu lewatkan lho! Jadi, langsung checkout dan gunakan promo di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto Header: instagram.com/almirabastari

Penulis: Junika Kasih & Ikha Destryani


Junika Kasih

Junika Kasih

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter