Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV

Daftar Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV

Bicara soal film dan serial televisi, sutradara film seolah tak pernah kehabisan cerita dan ide menarik untuk disuguhkan kepada para penikmatnya. Mereka selalu memiliki variasi terhadap ide dan kreativitas tema film yang akan diangkat, salah satunya dengan mengadaptasi novel-novel terbaik ke layar lebar.

Bukan hanya novel kontemporer, novel sastra klasik yang masih memiliki tempat di hati para pecinta literatur dan penikmat film hingga sekarang pun juga sering menjadi inspirasi bagi para pembuat film. Nah, berikut daftar buku-buku klasik dunia yang telah diadaptasi ke dalam film dan serial TV.

Rekomendasi Buku Klasik Dunia yang Diadaptasi ke Film/Serial TV

1. Little WomenLouisa May Alcott

Berlatar belakang pada abad ke-19, novel ini menceritakan tentang kehidupan keluarga March yang terdiri dari empat gadis bersaudara, yaitu Meg, Jo, Beth, dan Amy, yang memiliki berbagai macam kepribadian namun saling melengkapi, serta ibu mereka yang bernama Marmee.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Di tengah kondisi keluarga yang berat dan ditinggal oleh sang ayah yang harus bertugas dalam Perang Saudara yang terjadi di masa itu, kelima anggota keluarga March yang dulunya merupakan sebuah keluarga yang cukup berada, kini harus hidup sederhana dan banting tulang untuk menafkahi keluarga mereka.

Bersama Laurie, seorang pemuda yang merupakan tetangga sekaligus teman masa kecil keempat gadis March, mereka juga berusaha untuk meraih impian mereka masing-masing. Berdasar pada novel inilah, kemudian pada tahun 2019, Little Women diadaptasi ke dalam sebuah film yang diperankan oleh Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, dan Timothée Chalamet.

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Little Women

2. Anne of Green GablesLucy M. Montgomery

Dirilis pertama kali pada tahun 1908 silam, novel yang merupakan buku pertama dari seri Anne of Green Gables ini, kini telah diadaptasi ke dalam sebuah serial drama yang tayang pada Netflix di tahun 2017 dengan judul Anne with an E.

Serial yang dibintangi oleh Amybeth McNulty, Geraldine James, R. H. Thomson, Dalila Bela, dan Lucas Jade Zumann, menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari seorang gadis berambut merah bernama Anne Shirley dengan kepribadiannya yang unik, ceria, bersemangat, dan penuh imajinasi, selama tinggal di Green Gables, sebuah rumah pertanian di Desa Avonlea, Kanada.

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Indonesianya di Sini!

Di desa itu, ia tinggal bersama dua kakak beradik dari keluarga Cuthbert, yaitu Marilla dan Matthew Cuthbert yang merupakan keluarga angkat sekaligus orang yang mengadopsi Anne Shirley dari sebuah panti asuhan saat ia berusia 11 tahun.

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Inggrisnya di Sini!

Baca versi e-book bahasa Inggrisnya di sini >>> Anne of Green Gables


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


3. The Count of Monte CristoAlexandre Dumas

Pada tahun 2002 silam, novel ini telah diadaptasi ke dalam sebuah film yang dibintangi oleh Jim Caviezel, Guy Pearce, Dagmara Dominczyk, Henry Cavill, dan masih banyak lagi. Kemudian pada tahun 2018, novel ini juga pernah diadaptasi ke dalam sebuah serial Jepang dengan judul The Count of Monte-Cristo: Great Revenge.

Novel ini berkisah tentang seorang pelaut muda bernama Edmond Dantes, yang menyamar sebagai Count of Monte Cristo untuk membalas dendam kepada orang-orang yang pernah mengkhianatinya dan bertanggungjawab atas penahanannya di sebuah pulau terpencil.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> The Count of Monte Cristo

4. Jane EyreCharlotte Brontë

Jane Eyre merupakan seorang gadis yatim piatu yang tinggal bersama dengan keluarga dari saudara laki-laki ibunya, Mr. Reed. Di rumah itu, Jane kecil selalu diperlakukan dengan kejam dan tidak adil oleh sang bibi, Mrs. Reed, dan ketiga sepupunya beserta pelayan-pelayan yang bekerja di keluarga Reed, karena dianggap sebagai duri dalam daging keluarga Reed yang terhormat.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Lowood, ia kemudian bekerja sebagai seorang pengajar untuk anak perempuan Mr. Rochester, seorang tuan tanah yang sinis dan misterius, dan tidak kembali ke kediaman sang paman. Seiring berjalannya waktu dan seringnya waktu perjumpaan antara Jane dengan Mr.Rochester, Jane pun mulai menyimpan perasaan cinta pada Mr. Rochester.

Sayangnya, perasaan itu harus ia pendam karena ada begitu banyak perbedaan di antara ia dan Mr. Rochester. Namun, akankah semudah itu bagi Jane untuk menghapus perasaannya terhadap Mr. Rochester?

Berkisah pada salah satu karya fiksi klasik terpopuler sepanjang masa inilah, kemudian pada tahun 2011 novel ini diadaptasi ke dalam sebuah film yang dibintangi oleh Mia Wasikowska, Michael Fassbender, dan Jamie Bell. Selain itu pada tahun 1996 dan 2006, novel ini juga telah beberapa kali diadaptasi ke dalam sebuah film dengan judul serupa.

Baca versi e-booknya di sini >>> Jane Eyre

5. Les MisérablesVictor Hugo

Les Misérables telah dipopulerkan ke dalam berbagai adaptasi seni dan fiksi, termasuk sebuah musikal pada tahun 1980 sampai 1985, sebuah film pada tahun 1978 dan 2012, serta serial televisi pada tahun 2018 yang diperankan oleh Lily Collins, Dominic West, Olivia Colman, Joseph Quinn, dan masih banyak lagi.

Kehidupan Jean Valjean dan keluarganya yang begitu miskin hingga kelaparan, membuat ia mengambil sebuah keputusan untuk mencuri sepotong roti dari salah satu toko di daerah ia tinggal. Namun keputusan untuk mencuri sepotong roti tersebut ternyata malah membuatnya menjadi budak kapal dan dijatuhi hukuman penjara selama 19 tahun.

Meskipun Jean akhirnya dibebaskan dari hukuman tersebut, namun ia merasa bahwa selamanya ia tidak akan pernah bebas. Karena dengan embel mantan narapidananya itu, tidak akan ada kebaikan dari dirinya lagi yang bisa dipercaya oleh orang lain. Namun semuanya berubah ketika ia bertemu Monsinyur Myriel, seorang uskup dan satu-satunya orang yang mau menerima kedatangannya di Kota D.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa Baca versi e-booknya disini >>> Les Misérables

6. Far from the Madding Crowd — Thomas Hardy

Menjadi gadis cantik dengan sifatnya yang iseng, Bathsheba Everdene akhirnya harus menghadapi kisah hidup yang sulit ketika harus memilih di antara tiga laki-laki yang naksir padanya. Ketiga lelaki itu adalah Gabriel Oak si sang penggembala, Mr. Boldwood si pria tua yang sangat kasmaran kepada dirinya, dan Sergeant Troy yang gombal dan penuh tipu muslihat.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Novel karya Thomas Hardy ini telah beberapa kali di adaptasi ke dalam sebuah film, dan pada tahun 2015 kembali diadaptasi ke dalam sebuah film yang dibintangi oleh Carey Mulligan, Matthias Schoenaerts, Michael Sheen, Tom Sturridge, dan Juno Temple.

7. Lord of the Flies — William Golding

Menjelang akhir Perang Dunia, sebuah pesawat yang berisikan sekelompok anak-anak sekolah tiba-tiba jatuh dan terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Karena tidak ada orang dewasa di pulau tersebut, mereka pun bersama-sama berusaha untuk bertahan hidup dan membangun peradaban di pulau itu.

Namun, tatanan, struktur, dan sistem masyarakat yang sebelumnya berhasil mereka bentuk dan telah berjalan dengan lancar, tiba-tiba runtuh saat harus berhadapan dengan teror, dosa, kejahatan, dan permasalahan lain yang mereka hadapi di pulau itu. Harapan yang mereka bangun selama ini pun turut lebur, termasuk harapan akan penyelamatan dan pulang kembali ke rumah.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Novel yang berhasil memenangkan hadiah nobel ini telah diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 1963 dan 1990 yang dibintangi oleh salah satu aktor ternama, yaitu James Badge Dale. Selain itu, pada tahun 1975, novel ini juga pernah diadaptasi ke dalam sebuah film Filipina dengan judul Alkitrang Dugo.

8. Wuthering HeightsEmily Brontë

Mengisahkan tentang cinta tak sampai antara Heathcliff dan Catherine Earnshaw, kisah dalam novel ini telah diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 1939 dan 2011 yang dibintangi oleh Kaya Scodelario, James Howson, dan Solomon Glave.

Latar belakang Heathcliff yang tidak jelas dan dengan statusnya yang merupakan anak pungut telah menyurutkan niat Catherine untuk menikahinya, bahkan Catherine akhirnya memutuskan menikah dengan Edgar Linton yang tak lain merupakan saingan dan musuh bebuyutan Heathcliff sedari kecil.

Dengan perasaan putus asa, dengki, serta dendam yang mengakar dalam dirinya, Heathcliff pun kemudian memutuskan untuk melarikan diri dan menyusun rencana besar dalam hidupnya. Ia bertekad akan kembali sebagai seorang pria kaya dan berpendidikan, lalu membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang sebelumnya telah menghancurkan hidupnya.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Baca versi e-booknya di sini >>> Wuthering Heights

9. Sense and SensibilityJane Austen

Terbit pertama kali pada tahun 1811 silam, novel ini menceritakan tentang kakak beradik Dashwood, Elinor, dan Marianne, yang memiliki sifat dan kepribadian bertolak belakang. Sang kakak, Elinor, lebih mengedepankan akalnya (sense) dalam segala hal, sedangkan Marianne cenderung lebih mementingkan perasaan (sensibility).

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Indonesianya di Sini!

Kepribadian tersebut kemudian mengiringi perjalan mereka dalam mencari cinta sejati. Dalam perjalanan tersebut banyak masalah percintaan yang rumit dan memilukan yang harus mereka hadapi. Pada mulanya, mereka hanya menghadapinya dengan pendekatan yang sesuai dengan karakter bawaan mereka masing-masing, namun ternyata hal itu tidak berjalan dengan baik.

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Inggrisnya di Sini!

Sampai akhirnya mereka mengetahui bahwa dalam kehidupan, sense dan sensibility pada diri seseorang harus berjalan secara berdampingan dan tidak bisa hanya mengedepankan salah satunya. Berdasar novel inilah, pada tahun 1995, novel ini diadaptasi ke dalam film, dan pada 2008, novel ini juga diadaptasi ke dalam serial televisi.

Kamu juga bisa baca versi e-book bahasa Inggrisnya di sini >>> Sense and Sensibility

10. The Great GatsbyF. Scott Fitzgerald

The Great Gatsby merupakan salah satu novel klasik legendaris yang terbit pertama kali pada tahun 1925. Novel ini menceritakan tentang sesosok pria bernama Jay Gatsby, seorang jutawan misterius yang diceritakan dari sudut pandang tetangganya, Nick Carraway, seorang pendatang baru di New York yang sedang merintis karirnya sebagai seorang pialang saham.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Secara garis besar, novel ini mengisahkan tentang bagaimana Gatsby berusaha untuk memperoleh kembali cinta Daisy, seorang wanita yang dicintainya di masa lalu yang juga merupakan sepupu dari Nick. Semua itu diceritakan dalam balutan kehidupan kelas atas yang penuh glamor di era 1920-an.

Saking legendarisnya, novel ini bahkan sampai diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 2013 yang diperankan oleh sederet aktor dan aktris terkenal, seperti Leonardo DiCaprio, Tobey Maguire, Carey Mulligan, Elizabeth Debicki, dan masih banyak lagi.

Baca versi e-booknya di sini >>> The Great Gatsby

11. DraculaBram Stoker

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Tepat 1 Januari 2020 saat tahun baru kemarin, serial TV Dracula (2020) rilis di Netflix. Serial yang hanya terdiri atas tiga episode itu dibuat oleh tim kreator yang sama dengan serial TV Sherlock, yaitu Steven Moffat dan Mark Gatiss.

Miniseri Dracula (2020) diadaptasi dari karya klasik tersohor karya Bram Stoker yang pertama kali rilis pada 1897. Dracula bercerita tentang Vlad Dracula yang menjadi haus darah setelah pasangannya Elisabeta melakukan bunuh diri.

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Dracula

11. EmmaJane Austen

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Indonesianya di Sini!

Pada tahun 1996, Emma sebetulnya telah diangkat menjadi film yang disutradarai oleh Douglas McGrath. Namun pada tahun 2020, Emma kembali diadaptasi ke dalam sebuah film yang disutradarai oleh Autumn de Wilde dengan Anya Taylor-Joy menjadi pemeran utamanya.

Jane Austen adalah yang pertama memperkenalkan Emma dalam buku karangannya yang berjudul sama. Buku tersebut diterbitkan pertama kali pada tahun 1815, dan menceritakan tentang Emma Woodhouse yang terlahir dari keluarga terhormat namun tidak memiliki keinginan untuk menikah.

rekomendasiKoleksi Versi Bahasa Inggrisnya di Sini!

Baca versi e-book bahasa Inggrisnya di sini >>> Emma

12. David CopperfieldCharles Dickens

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Nama David Copperfield diperkenalkan oleh Charles Dickens pada tahun 1850. Karya ini memiliki judul lengkap The Personal History, Adventures, Experience and Observation of David Copperfield the Younger of Blunderstone Rookery (Which He Never Meant to Publish on Any Account). Ya, sepanjang itu!

Karya kedelapan Charles Dickens tersebut telah diadaptasi ke dalam sebuah film pada Mei 2020. Bertajuk The Personal History of David Copperfield (2020), film tersebut disutradarai oleh Armando Iannucci. Karakter David Copperfield sendiri diperankan oleh aktor Dev Patel.

13. The Invisible ManH.G. Wells

Kamu suka karya bergenre fiksi ilmiah? Ada The Invisible Man yang tayang pada Februari 2020. Film itu diarahkan oleh sutradara Leigh Whannell dan dibintangi oleh Elisabeth Moss dan Oliver Jackson-Cohen.

Film tersebut disarikan dari The Invisible Man karya H.G. Wells yang terbit pertama kali pada 1897. Ceritanya tentang seorang ilmuwan bernama Griffin yang menemukan cara untuk jadi tidak terlihat. Sayangnya, ia tidak bisa menampakkan tubuhnya kembali.

The
Koleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa baca versi e-book bahasa Inggrisnya di sini >>> The Invisible Man

14. The Voyages of Doctor DolittleHugh Lofting

Pernah punya keinginan dapat berbicara dengan binatang? Doctor Dolittle bisa melakukannya. Diperankan oleh Robert Downey Jr., film Dolittle tayang pada Januari 2020. Film tersebut disutradari oleh Stephen Gaghan.

Dolittle diadaptasi dari karya Hugh Lofting berjudul The Voyages of Doctor Dolittle. Pertama kali terbit pada tahun 1922 dan memenangkan penghargaan Newbery Medal tahun 1923, karya ini bercerita tentang seorang dokter hewan yang harus mencari obat ke sebuah pulau mistis untuk menyembuhkan Ratu Victoria.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> The Voyages of Doctor Dolittle

15. The Secret GardenFrances Hodgson Burnett

Film The Secret Garden tayang pada April 2020 dan disutradarai oleh Marc Munden, serta dibintangi oleh Colin Firth dan Julie Walters. Sebelumnya, cerita yang sama sempat dibuatkan filmnya pada tahun 1949 dan 1993.

Pengarang Amerika Serikat kelahiran Inggris, Frances Hodgson Burnett, menerbitkan novel ini pertama kali pada tahun 1911. Karya klasik tersebut bercerita tentang seorang anak yatim-piatu bernama Mary Lennox yang harus tinggal bersama pamannya di daerah bernama Yorkshire.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Baca versi e-booknya di sini >>> The Secret Garden

16. The Call of the WildJack London

Karya klasik Jack London berjudul The Call of the Wild telah diadaptasi dalam bentuk film pada Februari 2020. Film ini disutradari oleh Chris Sanders serta dibintangi oleh Harrison Ford dan Dan Stevens.

The Call of the Wild berkisah tentang seekor anjing yang bertahan hidup di Alaska selama masa Klondike Gold Rush. Itu adalah masa migrasi sekitar 100.000 orang berkat adanya prospek emas yang tertimbung di sepanjang sungai Klondike, Yukon, Kanada.

rekomendasiKoleksi dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> The Call of the Wild


Baca juga:


Itu dia deretan buku klasik dunia yang diadaptasi menjadi film dan serial TV. Biar makin seru dan tahu ceritanya semakin detail, jangan lupa untuk baca bukunya dahulu ya, dan semua buku di atas bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.com!

Agar kegiatan belanjamu makin maksimal, yuk segera klik gambar di bawah ini karena ada banyak sekali promo-promo menarik yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Koleksi semua buku di atas jadi lebih hemat, deh! 🤩

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Shutterstock / Stevemart

Penulis: Abduraafi Andrian, Ikha Destryani


Abduraafi Andrian

Content Team

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus