Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Belajar 5 Love Language dari Karakter Cowok Fiksi Idaman Berikut Ini!

Belajar 5 Love Language dari Karakter Cowok Fiksi Idaman Berikut Ini!

Grameds, kamu pasti sudah sering dengar tentang love language, bukan? Dengan adanya penjelasan mengenai love language–yang pertama kali dipaparkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya The Five Love Language–kita jadi memahami bahwa cara seseorang mencintai dan menerima cinta berbeda-beda. Bisa jadi ketika ada seseorang yang mengekspresikan rasa sayangnya pada kamu, kamu tidak menyadarinya karena ia menyampaikannya dengan bahasa yang berbeda dengan yang biasa kamu terima.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memahami love language kamu sendiri. Memahami love language akan membuat kamu dapat mengomunikasikan perasaan kamu dengan jauh lebih baik, terutama jika kamu sedang berada dalam hubungan khusus dengan seseorang. Akan jadi masalah kalau kamu dan dia memiliki love language yang berbeda dan tidak menemukan jalan tengah untuk mengatasi perbedaan tersebut, bukan?

Yuk, kita pelajari contoh-contoh love language dari cowok-cowok fiksi berikut ini!

5 Love Language dari Cowok Fiksi Kesayangan Kamu

1. Physical Touch

via GIPHY

Seseorang dengan physical touch sebagai love language yang paling dominan akan merasa dicintai lewat kontak fisik, misalnya pelukan, berpegangan tangan, dan sentuhan lainnya yang mengandung afeksi. Ketika mereka memiliki kedekatan secara fisik dengan seseorang, secara otomatis hubungan emosi mereka dengan pasangan juga lebih erat dan dekat.

Untuk kamu yang memiliki love language physical touch, mungkin kamu bisa relate dengan tokoh Segara Alam dari buku Pulang karya Leila S. Chudori.

loveYuk, Ketemu Segara Alam!

Dalam buku fiksi historis yang berfokus pada Tragedi G30S ini, kamu akan menelusuri kisah para eksil politik yang terdampar di luar negeri, terkatung-katung tak bisa pulang ke tanah air karena di sana mereka dicap sebagai anggota PKI. Lintang, putri semata wayang dari seorang eksil di Paris, memutuskan untuk datang ke tanah air ayahnya demi membuat film dokumenter tentang sejarah kelam Indonesia. Di sanalah ia bertemu dengan Segara Alam yang berhasil menawan hatinya.

Selain kisah cinta rumit antara Lintang dan Alam, kamu juga akan mendapatkan banyak pelajaran berharga mengenai sejarah yang sampai saat ini masih simpang siur. Dalam buku ini, kamu juga akan dibawa menyelami kerusuhan 1998 ketika para mahasiswa dan aktivis memaksa Presiden Soeharto turun dari jabatannya sebagai presiden.

2. Words of Affirmation

via GIPHY

Menerima kata-kata manis berisi pujian, semangat, pernyataan cinta, dan kata-kata afeksi lain adalah bentuk cinta yang diterima dan diberikan oleh seseorang dengan love language dominan words of affirmation. Jika kamu ingin membuat mereka bahagia, kamu dapat mengungkapkan rasa sayang kamu dengan tulus secara rutin, memuji hal-hal kecil yang dilakukan oleh pasangan kamu, dan mengirim surat cinta atau notes pendek berisi kata-kata penyemangat.

Tokoh yang identik dengan love language words of affirmation adalah karakter legendaris ciptaan penulis legendaris–Sukab karya Seno Gumira Ajidarma!

Dalam buku Sepotong Senja untuk Pacarku, dikisahkan Sukab begitu terpesona dengan keindahan senja yang ia lihat, hingga ia ingin membagikan keindahan tersebut pada kekasihnya, Alina. Ia akhirnya memotong senja tersebut dan mengirimkannya kepada sang kekasih, diiringi dengan kata-kata mesra dan kisah bagaimana ia mencuri senja tersebut. Dikirimi kata-kata manis beserta senja yang indah, auto bikin meleleh para words-of-affirmation lovers, nih!🫠

loveYuk, Ketemu Sukab!

"Alina tercinta, bersama surat ini kukirimkan padamu sepotong senja—dengan angin, debur ombak, matahari terbenam, dan cahaya keemasan."

Selain kisah mesra Sukab dan Alina, kamu juga bisa membaca cerita-cerita yang tak kalah bagus lainnya dalam buku Sepotong Senja untuk Pacarku yang sudah hadir dengan cover baru ini!

3. Acts of Service

via GIPHY

Kalau love language kamu adalah acts of service, kamu akan mudah merasa dicintai ketika kamu dimanjakan oleh pasangan kamu. Misalnya, dibukakan pintu ketika kamu akan masuk atau keluar suatu ruangan, dibantu membuka tutup botol minum, atau dibuatkan kopi di pagi hari. Apalagi untuk para perempuan, rasanya seperti diperlukan bagai ratu, bukan?👑

Ketika seseorang melakukan sesuatu untuk membuat hidup kamu terasa lebih mudah, sekecil apa pun hal tersebut, dan kamu merasa dicintai karenanya, bisa jadi kamu memiliki love language dominan acts of service.

Banyak cowok fiksi yang memenuhi semua persyaratan yang bisa menaklukkan hati seorang perempuan dengan love language acts of service, namun salah satu cowok fiksi yang dijamin bakal bikin kamu superbaper adalah Huang Lei dari novel A Love Like This karya Ayu Rianna.

loveYuk, Ketemu Lei!

A Love Like This bercerita tentang kisah cinta Huang Lei dan Selena Fortier, dengan trope yang tak pernah gagal membuat pembaca 'halu': childhood friends to lovers! Persahabatan dengan Selena membuat lidah Lei kaku, tak mampu menyatakan cinta yang selama ini ia pendam. Butuh waktu lama dan jalan yang naik turun sampai ia bisa bertemu dengan Selena di restoran The Capital Beijing, dalam kondisi Selena yang rapuh dan butuh seseorang untuk meyakinkan dirinya bahwa ia berhak dicintai.

Tentu saja jalan yang mereka tempuh untuk bisa bersama tak mulus, namun kini, Lei tak bisa lagi menyia-nyiakan kesempatan kedua yang ia miliki. Kisah cinta manis Lei dan Selena, bersama penganan-penganan manis yang disediakan di The Capital Beijing, dijamin sukses bikin kamu baper, deh!

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!

4. Quality Time

via GIPHY

Menikmati waktu berkualitas bersama orang yang kamu sayang tentunya menjadi momen berharga yang selalu ingin kamu miliki. Namun, bagi orang-orang dengan love language quality time, waktu bersama dengan orang terkasih adalah hal yang mutlak wajib dimiliki. Ketika kamu selalu menyisihkan waktu kamu untuk orang yang kamu sayangi–di tengah kesibukan yang kamu jalani setiap harinya–mendengarkan cerita yang mereka tuturkan dengan perhatian yang tidak terbagi, maka kamu adalah seseorang dengan love language dominan quality time.

Karakter Aiman di novel Ganjil Genap karya Almira Bastari sesungguhnya memenuhi nyaris semua love language, namun sepertinya quality time adalah love language andalannya. Tiada hari tanpa Gala, deh, pokoknya!

loveYuk, Ketemu Aiman!

Bersama Aiman, Gala akhirnya menyadari ada orang yang sebegitu besar menyayanginya, sampai rela melakukan apa pun untuk bisa bersamanya. Kisah cinta 13 tahunnya bersama Bara, sang mantan kekasih yang tahu-tahu tunangan dengan orang lain, dinyatakan berakhir dengan tragis. Kehadiran Aiman adalah hal yang mampu menyelamatkan hatinya yang hancur berantakan.

Kisah Gala, Aiman, dan Bara dalam novel Ganjil Genap akan segera difilmkan, jadi jangan sampai ketinggalan keseruannya!


Baca juga: Ganjil Genap Karya Almira Bastari akan Segera Difilmkan!


5. Gifts

via GIPHY

Memberi atau menerima gifts atau hadiah adalah hal yang lumrah dalam suatu hubungan. Namun, bagi sebagian orang, ketika ia menerima simbol cinta berupa hadiah. Hadiah yang diharapkan bukanlah hadiah yang mahal, namun hadiah yang memiliki makna spesial di dalamnya. Orang dengan love language ini biasanya merasa sangat dicintai ketika pasangannya meluangkan waktu dan energi untuk memikirkan dengan baik hadiah yang diberikan.

Kita contoh saja karakter Abel Fergani dari buku Jakarta Sebelum Pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Abel secara rutin mengirim bunga mawar, hyacinth biru, dan melati secara anonim ke kamar Emina. Rasa penasaran Emina membawanya bertemu dengan si pengirim, yang ternyata sensitif terhadap cahaya, suara, dan sentuhan. Mereka menelusuri Jakarta dini hari, mengikuti jejak surat cinta misterius yang ditemukan Emina dalam buku yang dipinjamnya dari tetangga kakek-neneknya.

Kisah cinta manis antara Abel dan Emina yang dihalangi oleh banyak keterbatasan akan memberikan pembaca pengalaman membaca yang unik, terutama bagi para pecinta buku romance.

loveYuk, Ketemu Abel!

Seseorang mungkin memiliki potensi untuk menerima atau memberikan bentuk rasa cintanya dalam kelima love language, namun selalu ada satu love language yang dominan dan paling sering digunakan. Kamu bisa memastikan yang mana love language dominan kamu dengan memperhatikan bagaimana kamu berinteraksi dengan orang-orang yang kamu sayang selama ini. Siapa tahu saja kamu relate dengan karakter-karakter cowok fiksi idaman tersebut.🤭

Jadi, yang mana love language kamu, nih, Grameds?🥰

Dapatkan buku-buku menarik lainnya di Gramedia.com dengan penawaran menarik yang tersedia, ya. Yuk, langsung cek di banner berikut ini!🛒⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto: freepik.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter