Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Bagaimana Cara Membuat Anak Hobi Membaca Buku? Cek Tipsnya Disini!

Bagaimana Cara Membuat Anak Hobi Membaca Buku? Cek Tipsnya Disini!

Saat ini membaca sudah menjadi kegiatan yang cukup berat untuk dilakukan oleh para anak. Meskipun saat ini teknologi sudah banyak memudahkan anak untuk menggali informasi dengan cepat dan praktis tanpa membaca buku, membaca tetap tidak bisa ditinggalkan karena pada dasarnya, membaca dapat memberikan seseorang khazanah dan wawasan yang secara tidak langsung membentuk pribadinya.

Salah satu indikator kecerdasan anak di suatu bangsa adalah tingginya tingkat literasi di dalam negara itu. Sedangkan, menurut data statistic UNESCO, dari total 61 negara, Indonesia berada di urutan ke-60 dengan tingkat literasi yang sangat rendah.

Tentunya, hal ini menjadi suatu hal yang sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan! Akan tetapi, rantai kemalasan membaca ini bisa diputus dari Bunda! Berikut ini Bunda akan mengetahui beberapa tips untuk membantu anak suka dan hobi membaca buku!

4 Tips Menarik Anak Membaca Buku

Setiap masalah pasti punya solusinya! Meski tingkat literasi di Indonesia terbukti rendah dari tahun ke tahun, kabar baiknya, kita masih bisa mengubah pola membaca anak-anak! Pada dasarnya, anak-anak masih berada di fase berkembang yang sangat pesat. Mereka masih menyerap perkembangan bahasa dengan baik, bisa memahami banyak kosa kata dengan antusias, dan sedang senang-senangnya berimajinasi.

Oleh karena itu masih ada beberapa tips dan cara untuk membantu anak-anak suka membaca buku! Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak hobi membaca buku!

1. Luangkan Waktu Baca Bersama

Satu hal penting yang perlu dipertimbangkan saat ingin menarik anak membaca buku adalah dengan menjadi contoh yang baik untuk anak. Anak terbiasa meniru kebiasaan orang lain. Mereka juga lebih mudah menyimpan memorinya jika mengalami kegiatan yang seru bersama orang yang mereka ingat. Oleh karena itu, meluangkan waktu baca bersama adalah salah satu strategi yang bisa membantu mereka menyukai kegiatan membaca.

Webinar
Luangkan Waktu Baca Bersama (Sumber Gambar: tigerkubz)

Untuk membantu mereka mengingat semua kegiatan membaca, lakukanlah diskusi mengenai isi buku bersama anak. Bimbing mereka untuk memahami konsep dari suatu jalan cerita sekaligus bantu mereka untuk mengalami interaksi sosial yang mengasyikkan dari kegiatan membaca tersebut!

2. Buatlah Rutinitas Membaca

Jika anak sudah mulai menunjukkan ketertarikan pada kegiatan membaca buku yang dilakukan bersama, jangan lupa untuk konsisten membuat rutinitas membaca! Hal ini penting untuk dilakukan agar anak bisa memahami kegiatan ini sebagai pola yang berlangsung lama dan terbentuk menjadi kebiasaan. Selain itu, membuat rutinitas membaca akan membantu mereka menggali minatnya pada buku bacaan yang diinginkannya.

3. Berikan Anak Kesempatan Memilih

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membantu anak menyukai buku adalah dengan memberikan anak kesempatan untuk memilih buku yang ia senangi. Hal ini mungkin terjadi saat anak dan Bunda sudah mulai memiliki pola membaca buku bersama.

Jika mulanya buku bacaan selalu dipilihkan oleh Bunda sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak, kini biarkan anak memilih bukunya sendiri jika ia sudah mulai menyukai membaca buku. Buku dengan ilustrasi yang menarik dan narasi yang menyenangkan lebih baik diterima oleh anak, jika mereka mulai menyukainya, biarkan anak mendapatkan kesempatan untuk membacanya. Hal ini akan membantu anak merasa terlibat dan membuat mereka lebih bersemangat untuk membaca.

Selain itu, sediakan akses ke perpustakaan atau toko buku juga untuk membantu anak memperoleh buku yang mereka inginkan dengan lebih leluasa.

4. Gunakan Bahan Pendukung

Webinar
Gunakan Bahan Pendukung (Sumber Gambar: tigerkubz)

Tips lain yang bisa kamu lakukan saat ingin mengajak anak hobi membaca buku adalah menggunakan bahan pendukung saat membaca. Anak cenderung lebih mampu berkonsentrasi jika kognitifnya ikut berperan, oleh karena itu jika sedang membaca, Bunda bisa menggunakan bahan pendukung berupa gambar, video, atau alat visual untuk memahami konsep buku tersebut dengan lebih maksimal.

Seluruh bahan pendukung tersebut bisa kita temukan pada buku digital! Apalagi saat ini portabilitas buku yang mudah diakses kapanpun di mana saja sudah menjadi urgensi semua orang saat ini. Buku digital dapat menawarkan fitur interaktif seperti animasi, gambar berwarna, suara, dan video bergerak yang tidak bisa didapat pada buku konvensional untuk membuat kegiatan membaca bisa lebih menyenangkan.


Baca Juga: Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal


Kini, ketersediaan layanan buku digital juga bisa kamu temukan di sekolah, lho! Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital hadir sebagai sebuah proyek acara yang dapat menyediakan sarana berbagi pengalaman, pengetahuan, saran, dan rumusan mengenai perpustakaan digital di sekolah.

Dihadiri langsung seorang Pustakawan Ahli Muda Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital bekolaborasi dengan ePerpus Gramedia, Kompas Gramedia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan menghadirkan seluruh Kepala Sekolah dan Kepala Pustakawan di sekolah untuk mempelajari pentingnya tren digitalisasi perpustakaan dalam dunia pendidikan.

Saat ini Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital untuk Sekolah Penggerak di wilayah Jakarta Timur 1 dan 2 sudah dilaksanakan dan akan terus berlangsung di seluruh wilayah Jakarta lainnya. Diharapkan acara ini dapat menjadi ajang pembuka inspirasi untuk kemajuan literasi digital bagi seluruh anak-anak terdidik di seluruh wilayah Jakarta.

Dengan begitu targetnya adalah akses buku digital akan lebih mudah dijangkau oleh banyak anak di sekolah karena ePerpus Gramedia bisa membantu memberikan layanan pembuatan perpustakaan digital di sekolah!

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengajak anak suka membaca buku! Mulai dari meluangkan waktu baca bersama hingga memanfaatkan bahan pendukung seperti buku digital. Kini, kamu bisa dapatkan akses buku digital dengan mudah bersama Gramedia Digital dan ePerpus Gramedia!

Masih banyak buku cerita yang bisa Bunda pilih bersama si buah hati. Semuanya tersedia di Gramedia.com dan jangan lupa untuk temukan berbagai promo menarik agar belanja jadi lebih hemat dan maksimal! Langsung klik di bawah ini untuk ketahui semua promonya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: shutterstock.com


Enter your email below to join our newsletter