Mengenal Apa itu Urban Thriller dari Tiga Penulis Novelnya

Mengenal Apa itu Urban Thriller dari Tiga Penulis Novelnya

. 3 min read

Ada banyak sekali genre dalam karya fiksi yang tersedia untuk dinikmati. Pernahkah kamu mendengar apa itu urban thriller? Sebelum mendefinisikan urban thriller, kamu perlu tahu dulu apa itu genre thriller.

Dalam sebuah acara gelar wicara bertajuk "From Tragedy to Story" di Gramedia Matraman (25/9), tiga penulis novel dengan lini Urban Thriller yang diterbitkan Noura Publishing menjelaskan apa itu genre thriller dan subgenre urban thriller dari pandangan mereka masing-masing. Ketiganya adalah Vie Asano penulis Suicide Knot, Eva Sri Rahayu penulis novel Playing Victim, dan Jacq penulis Every Wrong Thing.

Menurut Vie Asano, thriller merupakan genre yang ciri-ciri utamanya adalah menegangkan dalam cerita. Namun, menegangkan (thrilling) saja tidak cukup karena yang membedakan thriller dengan genre lainnya ada pada ticking clock atau deadline. Vie mencontohkannya saat dia mengunggah cerita urban thriller-nya ke platform menulis digital.

“Contohnya kemarin kita harus ngepos seminggu sekali (ceritanya) yang berarti ada deadline hari H di mana saya harus ngepos. Itu adalah ticking clock yang harus dikejar dan ketegangan menuju ke ticking clock itu adalah thriller,” ujar Vie.

Genre fiksi lain yaitu suspense memiliki daya menegangkan yang sama dengan thriller di dalam cerita. Hanya saja, genre suspense tidak ada ticking clock atau deadline yang harus dicapai. Genre horor malah berbeda karena sudah pasti melibatkan dunia yang tidak kasatmata seperti hantu dan hal-hal gais atau mistis lain.


Baca juga:


Mengenai apa itu urban thriller, Eva Sri Rahayu menjelaskan bahwa itu adalah anak dari genre thriller yang lebih mirip dengan psychological thriller. “Thriller itu biasanya ada korban dan pembunuhan yang diperlihatkan secara detail banget. Tapi, kalau psychological thriller itu lebih ke meneror secara psikologi di mana tidak mengharuskan tokoh-tokoh dan kematiannya di dalamnya diceritakan secara detail,” terang penulis Playing Victim itu.

Jacq berpendapat bahwa yang membedakan urban thriller dengan kisah thriller lain adalah dekat dengan kehidupan sehari ini. Ia mencontohkannya dengan novel karyanya Every Wrong Thing. “Kalo Every Wrong Thing sendiri itu kan latar belakangnya di kantor jadi sesuai lah sama temen-temen yang bekerja kantoran,” kata Jacq. Ia pun menggatakan tentang Every Wrong Thring yang tipis dan tidak setebal novel-novel thriller lain.

Urban Thriller Noura Publishing

Novel-Novel
Novel-Novel Urban Thriller Noura Publishing

Lini Urban Thriller punya Noura Publishing sudah menerbitkan 8 buku. Tiga novel ditulis olehpenulis kawakan yang kerap menulis karya fiksi horor dan thriller yaitu Hush Little Baby karya Anggun Prameswari, Ve karya Vinca Callista, dan Carmine karya Ruwi Meita. Ketiganya diterbitkan pada 2018 lalu.

Lima novel lini Urban Thriller lainnya dipilih dari kontes penulisan karya bergenre urban thriller yang diselenggarakan oleh penerbit Noura Publishing beberapa waktu lalu. Kontes tersebut memilih lima cerita dari lima penulis berbeda yang masing-masing ceritanya harus diunggah ke platform menulis digital Wattpad.

Kelimanya kemudian dialihwahanakan dalam bentuk buku. Mereka adalah Dua Dini Hari karya Chandra Bientang, The Good Neighbor karya Ilham Mahendra, Playing Victim karya Eva Sri Rahayu, Every Wrong Thing karya Jacq, dan Suicide Knot karya Vie Asano.

Perwakilan dari Noura Publishing Suhindrati Shinta yang hadir dalam acara gelar wicara "From Tragedy to Story" menjelaskan kenapa tertarik untuk membuat lini Urban Thriller. Ia melihat kisah genre thriller tentang kehidupan kota itu masih sedikit.

“Kami melihat banyak sekali persoalan-persoalan, kalau lihat di televisi, khususnya di ibukota atau kota-kota besar lain yang sebenarnya bagus untuk diangkat jadi sebuah novel. Sebelumnya, kami berhasil di thriller terjemahan. Kenapa nggak bikin thriller versi lokal?” ujar Shinta.

Noura Publishing memang kerap menerbitkan karya-karya fiksi bergenre thriller terjemahan. Beberapa novel thriller terjemahan yang diterbitkan Noura Publishing adalah The Girl on the Train dan Into the Water karya Paula Hawkins, serta The Woman in Cabin 10 karya ruth Ware.

Bagi para penggemar novel thriller, silakan jajal karya fiksi thriller lokal dalam lini Urban Thriller terbitan Noura Publishing. Dapatkan di Gramedia.com!