Anak Bilingual Punya Tingkat Kecerdasan yang Lebih Tinggi, Fakta atau Mitos?

Anak Bilingual Punya Tingkat Kecerdasan yang Lebih Tinggi, Fakta atau Mitos?

Dewasa ini, banyak orang tua yang menginginkan anaknya fasih berbahasa asing selain Bahasa Indonesia. Bahasa asing yang paling sering diajarkan misalnya adalah Bahasa Inggris. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua ketika anaknya lancar menggunakan dua bahasa, atau disebut juga bilingual.

Ternyata, mengajarkan Si Kecil untuk mahir bilingual tidak sulit, lho. Justru, seorang anak sebaiknya diajarkan sejak dini untuk berbahasa dengan bahasa ibu dan bahasa asing. Keterampilan berbahasa dikuasai dengan cepat justru ketika anak berusia di bawah tiga tahun (batita). Dalam usia ini, anak-anak memiliki kecepatan belajar berkali-kali lipat dibandingkan orang dewasa. Selain itu, anak-anak juga memiliki kemampuan pelafalan yang lebih tinggi dalam belajar bahasa asing. Hal ini tentunya membuat anak yang sudah terbiasa menggunakan bahasa asing sejak kecil menjadi lebih fasih.

Penelitian mengatakan bahwa kebanyakan anak bilingual memiliki tingkat kecerdasan rata-rata yang lebih tinggi daripada anak-anak yang hanya berbicara dalam satu bahasa. Menurut praktisi bahasa asal Inggris, Elizabeth Allen, anak dapat mulai diajarkan berbahasa asing dari usia 3 tahun. Sampai usia 11 tahun, anak masih dapat mempelajari bahasa asing dengan cepat. Namun, tentu saja lebih baik jika anak terpapar lingkungan bilingual sejak dini.

Sumber: freepik.com

Anak bilingual memiliki keunggulan lain selain tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Hal ini juga memengaruhi kemampuan kognitif, sosial, dan komunikasi anak. Simak pembahasannya di sini, yuk!

Keunggulan Anak Bilingual

1. Memiliki konsentrasi tinggi

Mempelajari dua bahasa membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan melatihnya sejak dini, anak akan terbiasa menajamkan konsentrasinya untuk beberapa hal sekaligus. Menurut sebuah jurnal penelitian, anak bilingual juga memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang multitasker.

Sumber: freepik.com

2. Lebih kritis dalam berpikir

Berpikir kritis merupakan hal yang sangat berguna bagi semua orang. Jika sejak kecil kita sudah terlatih untuk berpikir kritis, hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk mengasah pola pikir kritis di kemudian hari. Anak yang memiliki pola pikir kritis juga cenderung lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya. Menguasai dua bahasa sekaligus, misalnya Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, akan membuat anak belajar untuk menyampaikan pendapatnya dengan baik dalam dua bahasa tersebut.

3. Memiliki ingatan dan daya tangkap yang lebih baik

Anak yang menguasai dua atau lebih bahasa memiliki ingatan yang lebih baik daripada anak yang hanya menguasai satu bahasa. Terlatih untuk berbicara dalam dua bahasa menjadikan anak terbiasa mengingat kata-kata, frasa, dan kalimat-kalimat dalam bahasa yang berbeda dan bahkan menerjemahkan bahasa yang satu ke bahasa yang lainnya. Anak bilingual juga dapat lebih baik memahami penjelasan atau pesan yang disampaikan oleh orang lain.

4. Memperluas wawasan anak

Menguasai dua bahasa tentunya mempermudah seseorang untuk berbicara dengan orang asing. Hal ini akan memperluas wawasan anak karena ia dapat memperoleh informasi dari banyak orang. Selain itu, anak yang sudah terbiasa berbahasa asing sejak kecil juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pendidikan ke luar negeri, lho!

Lantas, bagaimana agar anak dapat diajari menggunakan dua bahasa sejak kecil? Apakah anak perlu mengikuti kursus atau memiliki jadwal belajar rutin? Simak tips yang sudah Admin susun berikut ini, yuk!

Tips Mendidik Anak Bilingual atau Multilingual di Rumah

1. Gunakan bahasa yang benar dan jelas sejak anak masih kecil

Kebanyakan orang senang mengajak bayi mengoceh dengan bahasa yang tidak jelas atau kadang disebut juga 'bahasa bayi'. Padahal, dalam satu tahun pertama, fondasi berbahasa bayi sedang terbentuk. Meskipun belum memahami benar makna kata-kata yang ia dengar, kemampuannya untuk berbicara dan memahami harus distimulasi dengan mengajaknya berbicara dengan bahasa yang benar dan jelas. Kemampuannya akan semakin berkembang jika ia diberikan stimulasi yang tepat.

Sumber: freepik.com

2. Menggunakan bahasa yang berbeda di tempat yang berbeda

Jika anak sudah terbiasa berbicara dalam Bahasa Indonesia di luar rumah, Ayah dan Bunda bisa membiasakan anak untuk berbicara dalam bahasa lain di rumah. Misalnya, kalau sudah di rumah, Ayah dan Bunda bisa mengajak anak bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Tentu saja orang tua dan semua orang yang ada di rumah juga harus terlibat dalam percakapan ini, agar anak terbiasa berada di lingkungan yang bilingual sejak dini.

3. Belajar lewat lagu dan permainan

Anak-anak biasanya senang mendengarkan lagu. Untuk membuat Si Kecil terbiasa menggunakan dua bahasa, perdengarkan lagu dalam bahasa asing padanya. Misalnya, lagu Twinkle Twinkle Little Star atau lagu Baby Shark yang populer pada tahun 2020an. Menyanyikan lagu dalam bahasa lain juga dapat menstimulasi kemampuan anak menggunakan dua bahasa. Begitu pun ketika mengajak anak bermain. Misalnya, anak diberikan petunjuk atau aturan permainan dalam Bahasa Inggris.

4. Membacakan buku cerita dalam dua bahasa

Cara ini juga merupakan salah satu cara yang efektif. Membacakan anak cerita sebelum tidur memiliki banyak manfaat, lho. Apalagi jika cerita yang dibacakan tersebut dinarasikan dalam dua bahasa. Selain belajar menggunakan bahasa lain, orang tua juga dapat membiasakan anak untuk memiliki hobi membaca.

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

Kemajuan teknologi mempermudah para orang tua untuk menerapkan metode ini pada Si Kecil. Kini, Ayah dan Bunda dapat menggunakan BOOKR Class untuk melatih kemampuan bilingual sekaligus meningkatkan minat baca anak. Buku digital interaktif yang dapat diakses melalui gadget ini menyediakan banyak fitur yang pastinya dapat membantu Si Kecil untuk belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua!


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class.


Buku digital yang disediakan di BOOKR Class tidak hanya berbentuk halaman-halaman dua dimensi,  tetapi juga menyediakan animasi dan suara yang membantu anak untuk memahami dan menikmati cerita dalam buku tersebut dengan lebih asyik. Dalam setiap buku juga tersedia educational games yang dapat membantu untuk melatih kemampuan anak dalam memahami isi bacaan serta melatih kemampuannya dalam Bahasa Inggris.

Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Hanya dnegan $2.99/Rp49.000 kamu bisa mengakses aplikasi BOOKR Class selama sebulan penuh atau seharga $29.99/Rp479.000 untuk berlangganan selama setahun.

Kamu juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class dengan mengeklik link berikut ini! >>> Subscribe BOOKR Class.


Sumber gambar header: bookrclass.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter