7 Rekomendasi Buku Seru yang Bisa Ajak Kamu Time Travel

7 Rekomendasi Buku Seru yang Bisa Ajak Kamu Time Travel

. 6 min read

Kisah misterius penjelajahan waktu memang menarik untuk diperbincangkan. Banyaknya buku-buku yang mengisahkan time travel dengan menembus batas waktu, tentu masih menjadi misteri yang ingin sekali untuk dipecahkan.

Berbagai teori tentang penjelajahan waktu, dari para ilmuan hingga masyarakat awam sekalipun, masih belum bisa terpecahkan hasilnya walaupun sejumlah orang telah mengaku sebagai penjelajah waktu yang datang dari masa lalu atau masa depan.

Media sosial juga seringakali dibuat heboh akan isu perjalanan waktu, tapi faktanya hal ini tidak ada bukti valid yang benar-benar nyata. Perjalanan waktu selalu berhasil membuat banyak orang penasaran, hingga karya-karya seperti film dan buku-buku pun banyak yang mengangkat kisah penjelajahan waktu ini.

Teknologi yang semakin maju, seiring perkembangan zaman juga membuat banyak orang menjadi bimbang, apakah perjalanan waktu yang lebih cepat dari kecepatan cahaya ini benar-benar nyata, atau hanya fiksi belaka? Yuk, ikuti semua kisah-kisah si penjelajah waktu dan temukan berbagai kisah menariknya melalui buku-buku ini.

7 Rekomendasi Buku Penjelajah Waktu

1. Funiculi Funicula - Toshikazu Kawaguchi

Kisah penjelajah waktu yang pertama, hadir dalam sebuah kafe yang berada di gang kecil kota Tokyo. Kafe misterius dan penuh dengan keajaiban ini ternyata mampu menarik seorang wanita, seorang perawat, dan seorang kakak yang ingin mengubah masa lalunya agar jauh dari rasa penyesalan.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Yap, kafe ini bisa membawa mereka pergi ke masa lalu. Namun, retetan peraturan yang harus dilakukan mulai dari mereka harus duduk di kursi yang telah ditentukan, apapun yang mereka lakukan takkan bisa mengubah kenyataan, hingga harus segera menghabiskan kopi yang disajikan sebelum kopi itu dingin, tak membuat mereka mundur untuk kembali menemui orang tersayang. Jika peraturan tidak dipatuhi, ancaman tak dapat kembali ke masa sekarang akan mereka hadapi.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Funiculi Funicula

2. Ten Years Challenge - Mutiarini

Buku ini kisahkan Agastya Renandi yang merasa hidupnya telah hancur pada usia 27 tahun. Diga, pacarnya sejak SMA tiba-tiba memutuskannya secara sepihak. Agastya atau biasa dikenal dengan Atya menjadi terpuruk, merasa kesepian, dan nyaris tidak punya uang sepeserpun.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Hingga pada acara reuni SMA, hanya ini yang bisa ia harapkan agar bisa mendapatkan bahagia dan menghibur hari-hari kelamnya. Namun, semesta berkehendak lain karena acara yang didatanginya berakhir buruk. Diga datang dengan pacar barunya, dan di hadapan semua orang mereka bertengkar hebat yang membuat Atya terlihat seperti pecundang.

Atya yang terpukul dan merasa semesta sangat tidak adil baginya, membuatnya ingin segera memperbaiki segala kesalahannya. Sampai pada perjalanan pulang reuni, Atya mengalami kecelakaan, namun saat membuka matanya ia justru mengalami hal ajaib dan kembali ke masa SMA untuk memperbaiki segala kesalahannya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Ten Years Challenge

3. Destination: Jakarta 2040 - Mashuri

Berbicara mengenai konsep waktu memang tidak akan pernah ada habisnya dan bagaimana alam semesta benar-benar bekerja. Ilmu fisika, berulang kali dijadikan landasan utama, tetapi masih belum bisa juga untuk membuktikannya.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Dalam buku ini, mengisahkan sosok Ilyas yang sedang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu. Waktu telah memilih Ilyas untuk merasakan perjalanan manipulasi waktu, untuk merusak kisah asmara dirinya dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba pada tahun 2040.

Perasaan Ilyas yang tetap sama, bagai mimpi bagi Alisa ketika akhirnya ia bisa melihat kembali kekasih yang telah menghilang selama 25 tahun dari hidupnya. Kehilangan Ilyas, membuat Alisa penasaran dan mencoba mengetahui fakta dibalik distorsi waktu ini, apakah ini perjalanan yang harus dihadapi, atau lebih baik dihindari?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Destination : Jakarta 2040

4. English Classics: The Time Machine - H.G. Wells

H.G. Wells berhasil menggambarkan kehidupan manusia di masa depan dan buku ini menjadi novel fiksi ilmiah paling terkenal sepanjang sejarah. Si Penjelajah Waktu dapat menembus waktu hingga akhir abad ke-19 pada tahun 802.701. Di sana ia justru menemukan kehidupan ironi.

Novel ini menceritakan mengenai penjelajah waktu yang berhasil menciptakan mesin waktu, lalu terdampar di dunia yang jauh dari bayangannya. Di dunia lain yang membuatnya terdampar ini, ternyata memiliki dua ras bangsa manusia, yaitu Eloi yang hidup di permukaan bumi, dan Marlock yang hidup di bagian bawah bumi.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Eloi merupakan kelas masyarakat kaya dan tidak berguna yang ternyata diberi makan dan pakaian oleh Morlock, sementara kelas masyarakat yang miskin bernama Morlock ini, mereka selalu dipaksa bekerja keras oleh Eloi.

Kaum Morlock yang sudah diubah menjadi manusia pekerja kasar dan kuat itu sangat membenci kaum Eloi. Sampai akhirnya, kaum Morlock menemukan kesempatan pertama untuk membalas dendam, dan naik ke permukaan bumi untuk mengabisi kaum Eloi.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> English Classics: The Time Machine

5. Miss Peregrine's Peculiar Children#3: Perpustakaan Jiwa-Jiwa -  Ransom Rigss

Buku ini mengisahkan anak laki-laki dengan kemampuan yang luar biasa bernama Jacob Portman. Ia berumur 16 tahun dan baru mengetahui kemampuan dahsyat yang dimilikinya.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Ternyata, Jacob mampu menjelajahi masa-masa bersejarah untuk menyelamatkan rekan-rekan peculiar dari benteng yang dijaga ketat. Selain Jacob, gadis yang bernama Emma Bloom ternyata mampu mengeluarkan api dari ujung-ujung jarinya. Ada juga Addison MacHenry, sosok anjing dengan indra penciumannya yang tajam mampu melacak anak-anak yang telah hilang.

Mereka berkelana dari London zaman modern ke labirin di Devil’s Acre, yaitu perkampungan paling kumuh di seluruh Inggris pada zaman Victoria. Dari sanalah nasib anak-anak peculiar di seluruh dunia akan ditentukan, hingga mereka bertemu para monster mematikan, pertarungan epik, dan petualangan yang menegangkan.

Menariknya lagi, buku ini banyak menyertakan foto-foto masa lalu yang belum pernah diterbitkan di media sosial atau bahkan platform pencarian manapun, yang mana hal ini mampu menciptakan pengalaman membaca yang sangat unik dan menarik.

6. The Diary of Time - Stanley Meulen

Novel ini diawali dalam kisah yang terjadi pada tanggal 1 Januari 1965. Danakitri mendapatkan hadiah tahun baru, yaitu sebuah buku harian dari kakaknya yang bernama Kayana.

Melalui diari ini, Danakitri mencurahkan berbagai kisah cerita keluarganya, pesta yang didatangi polisi ketika memutar lagu The Beatles, jalanan monas yang masih dibangun, hingga suara rentetan tembakan didekat rumahnya pada pagi hari di tanggal 1 Oktober 1965.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Berbagai peristiwa penting terekam baik dalam dirinya dan diari ini, seperti mencekamnya Jakarta setelah 30 September, tentang perkenalannya dengan Soe Hok Gie, lalu pengalaman menyaksikan konser akbar Woodstock 1969 di New York.

Kelak diari ini diharapkannya menjadi benda penuntun bagi Basupati, sang kakak nomor dua yang mengalami koma panjang sejak 1968. Danakitri berharap, lewat buku hariannya ini, Basupati bisa menyusuri hari-harinya yang hilang.

7. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino

Dari buku ini kalian akan memasuki perjalanan waktu yang tak diduga bersama tiga sahabat yang bernama Shota, Atsuya, dan Kohei. Mereka adalah kawanan pencuri yang saat itu sedang dikejar polisi, namun mobil mereka mendadak bermasalah. Sebuah toko yang tak berpenghuni pun dijadikan pilihan mereka untuk bersembunyi.

bukuIkuti Kisah Sang Penjelajah Waktu Disini!

Awalnya hanya ingin bersembunyi dan tidur sampai keesokan pagi, tapi mereka malah mendapatkan pengalaman aneh. Ada surat-surat yang datang melalui pintu toko yang berisi curahan hati soal masalah yang dihadapi oleh pengirimnya. Mereka meminta saran kepada pemilik toko tersebut, yang tak lain bernama Kakek Namiya.

Mereka bertiga memutuskan untuk membalas setiap surat yang masuk. Anehnya, ternyata pengirim-pengirim surat tersebut berasal dari masa lalu, sehingga pada malam itu ada aliran waktu yang aneh. Surat-surat itu membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu. Hanya dalam satu malam, hidup ketiga sahabat itu tidak akan pernah sama lagi.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Keajaiban Toko Kelontong Namiya


Baca juga: 10 Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller Selama Tahun 2021


Ayo, segera miliki semua buku-buku menarik di atas! Jangan takut dompet jadi tipis karena ada diskon spesial yang bisa kamu temukan di Gramedia.com! Cek semua promonya yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Selain itu, belanja di Gramedia.com juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia yang terdekat dari rumahmu*, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: freepik.com

*Tersedia di toko-toko Gramedia daerah Jabodetabek dan Jawa Barat