Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku yang Berjudul Makanan Tapi Membahas Lebih dari Sekadar Makanan

Rekomendasi Buku yang Berjudul Makanan Tapi Membahas Lebih dari Sekadar Makanan

Rekomendasi buku yang akan Admin berikan kali ini unik banget, lho! Kita bakal lihat buku-buku pilihan yang berjudul sama dengan nama makanan, tetapi isinya bukan soal resep masakan.

Buku-buku yang bakal Admin rekomendasikan ini, membahas lebih dari sekadar persoalan makanan saja, lho. Tak hanya buku fiksi, tapi ada juga yang non-fiksi, dan mampu memberikan kamu insight baru yang super seru. Nah, daripada kamu penasaran, yuk, kita simak bareng-bareng hingga selesai!

Rekomendasi Buku Berjudul Makanan Tapi Membahas Lebih dari Sekadar Makanan

1. Arum Manis - Teguh Affandi

Kita mulai dari buku terbitan baru GPU di bulan Mei 2022 ini. Buku perdana dari Teguh Affandi ini, berisikan kumpulan cerpen-cerpennya yang pernah dipublikasikan sebelumnya, maupun dari karyanya yang terbaru. Ada kisah tentang hubungan yang toxic, lelaki yang tergila-gila pada aroma kekasihnya, dan masih banyak lagi. Buku ini menawarkan kisah yang bergairah dan mempertanyakan tentang kesetiaan.

ArumBaca Sekarang Di sini!

Imajinasi Teguh Affandi dalam buku ini perlu diapresiasi. Ia menyajikan cerita-cerita dalam buku ini dengan membaurkan batas antara yang realis dan surealis. Namun, apakah kisah dalam cerpen-cerpen tersebut sama manisnya seperti camilan arum manis? Mari kita coba baca bersama-sama.


Baca juga: Buku Kumpulan Cerpen yang Bisa Temani Akhir Pekanmu Jadi Lebih Berwarna


2. Sambal & Ranjang - Tenni Purwanti

Sinopsis buku ini mengisahkan tentang seorang suami yang memiliki kebiasaan makan sambal sebelum tidur. Istrinya harus menuruti keinginan sang suami, namun, ia baru mengetahui kalau sambal termasuk afrodisiak yang membuat suaminya selalu ingin bercinta setiap kali makan sambal buatan sang istri. Layaknya sambal, buku ini membawa kisah yang pedas, tetapi membuat ketagihan para pembaca.

SambalBaca Sekarang Di sini!

Eits, mungkin kamu mengira ceritanya hanya seputar apa yang dijelaskan di sinopsis saja. Akan tetapi, pada kenyataannya buku ini membawa kisah lain. Buku ini mengangkat 16 kumpulan cerita yang mengangkat isu gender dan patriarki.

Semua tokoh perempuan dalam setiap judul memiliki karakter dan permasalahannya masing-masing. Ada yang berada dalam hubungan toxic, seorang ibu rumah tangga yang ingin memulai buka usaha, wanita yang trauma dengan cinta, hingga kekerasan seksual. Mereka semua berjuang dengan statusnya sebagai seorang perempuan hingga merasakan pergulatan batin.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Sambal & Ranjang

3. Perjamuan Khong Guan - Joko Pinurbo

Siapa yang tak tahu biskuit legendaris ini? Dalam buku ini, Joko Pinurbo mengambil inspirasi dari kaleng biskuit Khong Guan dan ia tuangkan dalam bentuk puisi. Masih dengan ciri khas Joko Pinurbo, ia menulis puisi-puisinya dengan cara yang unik dan jenaka, tetapi penuh dengan kritik sosial.

PerjamuanBeli dan Baca Sekarang!

Buku yang rilis pada tahun 2020 ini cocok untuk kamu yang baru tertarik pada buku-buku puisi. Sang penulis membaginya ke dalam empat kaleng sesuai tema masing-masing. Bahasa yang digunakan dalam puisinya ini sangat dekat dengan realitas sehari-hari. Buku setebal 134 halaman ini mampu “menyentil” para pembaca melalui pesan-pesan sosial yang disampaikan.

Ketika aku tiba
di ambang pelukmu,
kudengar kumandang rindu
dan pekik petasan
dalam kaleng Khong Guan.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Perjamuan Khong Guan

3. I Want To Die but I Want To Eat Tteokpokki 2 - Baek Se Hee

Ini adalah buku kedua dari Baek Se Hee. Di buku sebelumnya, yaitu I Want To Die but I Want To Eat Tteokpokki, sang penulis telah sukses mengajak para pembaca untuk dapat lebih mencintai diri mereka sendiri. Di buku pertama, ia fokus pada pembahasan mengenai saran, nasihat, dan evaluasi diri untuk menerima diri apa adanya. Buku tersebut berhasil mendapatkan predikat best seller di Korea Selatan, termasuk di Indonesia.

IBeli dan Baca Sekarang!

Di buku keduanya ini, Baek Se Hee lebih fokus pada distimia atau depresi ringan yang terus menerus ia alami. Ia membagikan catatan pengobatannya dalam mengatasi penyakit tersebut. Perjuangan dan keberanian sang penulis dalam menulis apa yang ia rasakan patut diapresiasi. Dari buku ini, kita belajar untuk bisa menerima diri kita sendiri agar luka batin kita bisa sembuh.

4. Nasgor: Makanan Sejuta Mamat - Kang Harnaz

Melihat judulnya, kamu mungkin mengira buku ini adalah buku resep. Eits, jangan salah. Buku ini memang judulnya saja yang bernama makanan, tetapi isinya bisa bikin kamu tercengang. Dari buku ini, kita diajak belajar sejarah, budaya, hingga filsafat. Kita akan diajak keliling dunia melalui nasi goreng.

Buku ini  juga mengenalkan kita pada jenis-jenis nasi goreng yang ada di belahan dunia. Inilah nasi goreng, makanan sejuta umat. Tapi, hati-hati ya, membacanya bisa bikin kamu ngidam nasi goreng lho, hehehe. 😋

NasgorBeli dan Baca Sekarang!

6. Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles - Naru Narumi

Sekarang ada rekomendasi komik, nih, untuk kamu si pecinta mi ramen. Komik karya Naru Narumi ini juga telah dianimasikan, lho. Dengan cerita bertema makanan, membaca komik ini dijamin bikin kamu jadi ngidam ramen! 🤤🍜

Komik ini menceritakan tentang sosok gadis yang misterius dan pendiam bernama Koizumi. Tak banyak yang tahu bahwa dia adalah pecinta ramen, bahkan bisa dibilang penggila ramen. Dia rela mengeksplorasi berbagai restoran ramen demi kecintaannya pada ramen.

MsIkuti Perjalanan Koizumi Mengeksplorasi Ramen Di Sini!

Koizumi akan mengajak kita untuk merasakan nikmatnya mencicipi berbagai macam ramen, baik yang dijual di pinggir jalan, restoran, masakan rumah, hingga ramen instan. Kita juga bisa belajar banyak budaya ramen di Jepang melalui komik ini, lho. Ditambah lagi, ilustrasi mi ramen yang disajikan di dalam komik sudah pasti bakal bikin kamu jadi ngiler!


Baca juga: Awas Batal Puasa! Ini 7 Rekomendasi Buku yang Tunjukkan Makanan Lezat


Nah, itu dia kumpulan buku-buku dengan judul bernama makanan. Ternyata buku yang berjudul makanan ga selalu isinya tentang resep ya, tapi justru isi dan maknanya lebih dari sekadar itu. 😍

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, lho. Tentunya dengan diskon menarik yang bisa kamu dapatkan! Jangan lupa untuk mampir dahulu ke halaman promo yang berisi promo spesial yang melimpah, langsung klik di bawah ini. ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Kumparan.com

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus