Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Rekomendasi Buku Tentang Sejarah Jepang

5 Rekomendasi Buku Tentang Sejarah Jepang

Jepang memiliki sejarah panjang dan dikenal dengan karya klasiknya yang begitu populer. Adapun karya sastra Jepang lainnya yang sangat menarik dan unik, mulai dari film, musik, hingga norma-norma pada umumnya.

Menariknya, beberapa penulis populer Jepang selalu membuat karya dengan suasana kehidupan sehari-hari, namun menjadi luar biasa berkat kalimat-kalimat indahnya. Bahkan seringkali, mereka membuat sesuatu yang berbeda, diluar nalar dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, banyaknya peminat dan penggemar karya-karya Jepang yang begitu fenomenal membuat banyak orang tertarik akan sejarah Jepang. Oleh karena itu, sekarang Admin berikan lima rekomendasi buku yang akan membuat kamu semakin penasaran dan ingin datang ke negara ini.

5 Rekomendasi Buku Sejarah Jepang

1. Why? Japan - Jung Hye Na

Jepang merupakan negara kepulauan di Asia Timur yang seringkali dilanda bencana alam, mulai dari gempa bumi berkekuatan rendah hingga tinggi, letusan gunung berapi, dan lainnya.

bukuIkuti Kisahnya Disini!

Letusan gunung berapi dikarenakan Jepang berada di Lingkaran Api Pasifik yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik. Adapun gempa bumi yang sering terjadi mengakibatkan tsunami dan menimbulkan kerusakan.

Disamping itu, Jepang ternyata salah satu negara yang unik karena masih menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat yang telah dijalankan oleh para leluhur mereka hingga terus berlanjut ke generasi selanjutnya.

Nah, lewat komik pendidikan yang cocok untuk semua umur ini, kamu bisa mengenal Jepang lebih dalam lewat bahasa yang mudah dimengerti, dan gambar yang semakin membuat kamu ingin pergi ke Jepang.

2. The New Seikatsu Kaizen - Susy Ong

Dikenal sebagai negara modern dan maju sejak pertengahan abad ke-20 hingga sekarang ini, Jepang selalu menimbulkan kekaguman dari berbagai bangsa, termasuk di Indonesia. Contohnya dunia akademisi dan jurnalistik, Indonesia sering kali mengutip keberhasilan jepang seperti perihal cultural determinism atau budaya sebagai faktor penentunya.

bukuIkuti Kisahnya Disini!

Jepang dianggap berhasil karena memiliki budaya yang unggul. Opini ini melahirkan kesimpulan bahwa jika bangsa lain ingin maju seperti Jepang, maka perlu mempelajari cara Jepang mempertahankan kebudayaannya.

Melalui Seikatsu Kaizen ini, pembaca diajak menelusuri perjalanan sejarah modernisasi Jepang sejak tahun 1860-an. Pembaca akan mengetahui segala upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Jepang, sehingga berhasil mewujudkan negara yang maju, modern, dan sejahtera. Hal paling eksklusif di Jepang adalah negara ini memiliki rakyat yang sangat disiplin, rajin, produktif, dan mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The New Seikatsu Kaizen

3. Shakai Kaizo - Susy Ong

Susy Ong akhirnya meluncurkan kelanjutan buku dari Seikatsu Kaizen. Kali ini penulis memaparkan hal-hal yang telah terjadi dalam 100 tahun, mulai dari reformasi Jepang hingga berbagai aspek kehidupan masyarakatnya.

bukuIkuti Kisahnya Disini!

Besarnya peran pemerintah menjadi penentu keberhasilan perubahan pola hidup dan mindset rakyat Jepang, mulai dari bangsa yang tidak mengetahui aturan dan selalu kalah dalam peperangan, hingga menjadi sebuah bangsa yang unggul dan tidak terkalahkan di segala bidang.

Buku ini membahas mengenai reformasi-reformasi dalam pemerintahan yang dapat ditiru oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia untuk menuju bangsa yang lebih baik dan gemilang.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Shakai Kaizo

3. Japanese Traditional Tales - Yei Theodora Ozaki

Buku yang kisahkan legenda-legenda di negeri Matahari Terbit ini berisi mitos dan kisah anak-anak, seperti mengisahkan anak yang muncul dalam buah persik, putri cantik dari negeri bulan, kerajaan naga laut, dan berbagai kisah menarik lainnya.

bukuIkuti Kisahnya Disini!

Buku ini berisi kumpulan 22 cerita klasik asal negeri Jepang, mulai dari cerita yang sudah mendunia hingga cerita yang belum pernah diketahui oleh banyak orang. Setiap lembarnya sudah diterjemahkan dengan tetap menjaga gaya bahasa yang unik, mudah dipahami, dan kisah yang super menyenangkan.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Japanese Traditional Tales

5. Taiko - Eiji Yoshikawa

Buku super tebal yang ditulis oleh Eiji Yoshikawa ini memiliki latar belakang pada abad ke-16. Dalam masa ini, Jepang sedang mengalami pergolakan kekuasaan, kehancuran benteng, penjarahan, hingga pembakaran ladang yang besar.

Kehancuran yang memporak-porandakan negeri Sakura ini, mengantarkan tiga orang pahlawan yang bercita-cita menyatukan kembali negeri Jepang seperti sedia kala. Mereka bertiga bernama Nobunaga, Lesayu dan Hideyoshi. Karakter yang berlawanan tidak membuat mereka menyerah begitu saja.

bukuIkuti Kisahnya Disini!

Mereka berusaha sekuat tenaga demi mengembalikan negerinya, mulai dari merencanakan misi, menyatukan tujuan, dan berjuang ditengah peperangan sampai titik darah penghabisan. Hingga akhirnya, Hideyoshi dan dua temannya berhasil mengubahnya.

Jepang memiliki titik terang dan harapan hidup yang baru, saingan dan para musuh mulai menjadi sekutu. Hideyoshi mampu membuka kunci gerbang benteng dan membuka pikiran banyak orang hingga berbuah kedamaian.


Baca juga: Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan yang Seru Abis!


Ayo, segera miliki semua buku yang kisahkan sejarah Jepang ini! Jangan sampai ketinggalan juga dengan diskon spesial yang ada di Gramedia.com ya. Cek semua promo menarik yang sedang berlangsung di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia yang terdekat dari rumahmu, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: freepik.com


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus