5 Rekomendasi Buku Seru yang Tokoh Utamanya Hewan

5 Rekomendasi Buku Seru yang Tokoh Utamanya Hewan

. 5 min read

Film dan beberapa dongeng, seringkali menjadikan hewan sebagai peran utamanya. Selain itu, dongeng-dongeng yang selalu menemani kita di waktu kecil kerap kali disebut dengan fabel.

Dongeng-dongeng ini biasanya menokohkan hewan-hewan baik, cerdik, atau serakah, yang tokoh utamanya selalu ada di sekitar kita seperti kancil, kelinci, kura-kura, dan masih banyak lagi.

Hewan yang diibaratkan sebagai manusia ini ternyata membuat kisah yang diceritakan menjadi lebih menarik. Tokoh-tokoh hewan ini akan membuat kita berhasil mengembangkan imajinasi menjadi lebih luas.

Menariknya, membaca buku yang jadikan hewan sebagai tokoh utamanya ini akan membuat kita sebagai manusia diajak berkelana menjalajahi dunia dari sisi para hewan. Bagi yang belum pernah membaca buku dengan karakter hewan, hal ini tentu sangat menarik untuk dicoba.

Hewan-hewan ini akan mengenalkan kamu akan dunianya, dan membuat kamu menemukan cara pandang yang lebih menarik. Admin disini akan memberikan rekomendasi buku yang jadikan hewan sebagai tokoh utamanya.

5 Rekomendasi Buku yang Hewan Jadi Tokoh Utamanya

1. The Dog Who Dared To Dream - Hwang Sun Mi

Pada rekomendasi buku pertama ini, kamu harus siap sedia mengusap air mata karena anjing ras sapsali ini memiliki kisah hidup yang sangat menyedihkan, mengharukan, dan sangat tragis yang tak berkesudahan.

Perjalanan panjang dari kisah hidup hewan peliharaan milik kakek tua ini mampu membuat emosi pembaca meledak seketika, terharu, hingga merenungkan arti hidup yang sesungguhnya. Hubungan binatang dengan tuannya serta dengan bintang-bintang lain di rumah Tuan Pita Suara, akan digambarkan dalam fabel ini.

bukuIkuti Kisah Dunia Hewan Hanya Disini!

Buku ini kisahkan seekor anjing bernama Bulu Panjang, anjing berbulu hitam yang lebat dari ras sapsali. Bulu Panjang lahir berbeda daripada anjing lainnya. Bulu hitam legam dan panjangnya seringkali dikesampingkan oleh para saudaranya.

Bulu Panjang yang berbeda, tetap memiliki mimpi yang sama seperti saudara-saudaranya. Ia ingin hidup ditengah kehangatan keluarga. Namun, setiap kali datangnya musim dingin, kejadian buruk selalu menimpa keluarganya.

Kematian saudaranya, kepergian ibunya, perpisahan dengan anaknya, dan juga ia harus menelan pahit bahwa Tuan Pita Suara ternyata selalu menjual anak-anak anjing demi menyambung hidupnya.

2. The Hen Who Dreamed She Could Fly - Hwang Sun Mi

Mungkin menangisi tokoh fiksi dengan karakter manusia sudah menjadi keseharian beberapa orang, tapi pernahkan kamu menangisi tokoh ayam yang memiliki kisah super emosional ini? Fabel ini kisahkan ayam yang memiliki banyak hal untuk diceritakan, mulai dari cinta, keberanian, pengorbanan, hingga impiannya selama ini.

bukuIkuti Kisah Dunia Hewan Hanya Disini!

Kisah ini diawali dari balik kandang, ada seekor ayam petelur yang menyebut dirinya sendiri dengan julukan Daun. Ia selalu menyaksikan kehidupan keluarga di halaman yang penuh kebahagiaan. Mulai dari Ayam Betina yang sedang mengerami telur, Bebek-bebek berbaris menuju bendungan, Anjing Tua yang selalu kalah ketika berebut makanan dengan Ayam Jantan, dan kisah menarik lainnya diluar kandang ini.

Sang ayam yang bernama Daun, memiliki mimpi untuk berhenti menjadi ayam petelur. Daun ingin keluar, bebas, dan menjadi ibu setelah bertelur dan mengeraminya.

Daun sangat ketakutan, karena saat dirinya diberikan kesempatan untuk keluar kandang. Ia selalu berhadapan dengan penolakan keluarga halaman dan ancaman Musang yang hendang menerkamnya. Hidup di luar kandang ternyata tidak semudah yang Daun bayangkan. Hingga suatu ketika Daun berhasil menetaskan si Jambul Hijau, seekor anak bebek yang berbeda dengan bebek-bebek di halaman.

3. I Am A Cat - Soseki Natsume

Kisahkan kucing tanpa nama yang menetap di rumah Mr. Sneaze ini akan menceritakan pandangannya mengenai segala perilaku manusia yang kerap dilihatnya dan dinilai sebagai hal bodoh memalukan.

Melalui kaca mata si kucing super cerdik ini, pembaca akan terhibur sekaligus tersindir dengan satir-satir di dalamnya saat manusia dinilai langsung oleh sang kucing tanpa nama ini.

bukuIkuti Kisah Dunia Hewan Hanya Disini!

Buku ini merupakan cerita pendek pertama yang ditulis pada tahun 1904 oleh Soseki Natsume. Menariknya, satire tentang manusia secara umum ini ditampilkan oleh kehebatan kucing dengan gaya penulisan yang meyakinkan.

Kucing yang sampai saat ini tidak memiliki nama, tidak ingat tempat lahirnya. Namun, ia selalu ingat ketika pertama kalinya bertemu dengan manusia ditempat gelap dan basah.

Kucing tanpa nama ini mengeong-ngeong kepada seorang shosei atau pelajar yang tinggal menumpang di suatu rumah dan membantu pekerjaan rumah tangga di tempat itu. Pelajar yang katanya ditakuti kucing ini, seringkali menangkap kucing lalu memakannya dan memasaknya. Karena belum ada bukti yang nyata dan belum tahu sama sekali, maka Kucing tanpa nama ini tidak pernah takut kepada manusia.

4. O - Eka Kurniawan

Buku ini kisahkan monyet betina bernama O yang sedang berjuang mencari tambatan hatinya. Kisah asmara yang disajikan berhasil menjadikan buku ini semakin unik, apalagi dengan alur maju mundur dan multi sudut pandangnya berhasil dibuat sempurna oleh sang penulis.

bukuIkuti Kisah Dunia Hewan Hanya Disini!

O merupakan seekor monyet yang mengenang kekasihnya, Entang Kosasih namanya. Monyet urakan dengan mimpi setinggi langit ini selalu tidak masuk akal, seperti ingin menjadi manusia, mengikuti Armo gundul yang konon katanya telah berubah menjadi manusia, dan kisahnya selalu diceritakan turun-temurun oleh para monyet di kawasan Rawa Kalong.

Kekasih hatinya yang telah pergi, membuat O memutuskan untuk mencari kekasihnya dengan mengikuti grup topeng monyet, pawangnya bernama Betalumur. Hingga suatu hari ia bertepat di sebuah pasar, O melihat poster penyanyi terkenal sebagai Kaisar Dangdut, dan hal ini membuat dirinya yakin jika sang kekasih yang bernama Entang Kosasih telah berhasil menjadi manusia.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> O

5. English Classics: Black Beauty - Anna Sewell

Bagaikan buku harian, cerita dalam buku ini mengisahkan perjalanan seekor kuda hitam cantik dari satu tuan ke tuan yang lainnya, dari satu rumah ke rumah lainnya, dan dari satu nama ke nama yang lainnya.

Kuda hitam yang cantik ini amat manis, hangat, dan memiliki kisah dengan segudang pesan moral yang mengalir begitu saja.

bukuIkuti Kisah Dunia Hewan Hanya Disini!

Black Beauty merupakan seekor kuda muda yang menikmati hidupnya menjadi kuda bebas dan penuh bahagia. Ia dibimbing dengan baik oleh sang ibu kuda yang selalu sayang padanya sekaligus menanamkan nilai-nilai kehidupan di sebuah peternakan sederhana.

Sang ibu selalu menekankan jika hidup kuda tergantung pada majikannya, mereka beruntung jika mendapatkan majikan yang baik namun kadang pula mereka sengsara jika memiliki majikan yang kejam. Nasib mengantarkan mereka ke takdir yang mau tidak mau harus mereka terima.

Menariknya buku ini, kita akan akan diajak untuk belajar cara merawat kuda yang baik dan menyayanginya sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang sama-sama membutuhkan kasih sayang.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> English Classics: Black Beauty


Baca juga: Pecinta Kucing Merapat, Ini 9 Rekomendasi Buku yang Berisi Cerita Kucing


Ayo, segera koleksi buku-bukunya yang mampu memberikan pesan moral dari kisah hewan-hewan manis ini! Di Gramedia.com masih ada diskon spesial buat kamu. Buruan cek semua promonya yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com sekarang juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Dok. Gramedia.com