Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Rekomendasi Buku Latihan untuk Lolos Tes CPNS 2024, Siapkan Sekarang

5 Rekomendasi Buku Latihan untuk Lolos Tes CPNS 2024, Siapkan Sekarang

Halo Grameds! Ada kabar gembira nih untuk kamu yang bercita-cita jadi ASN! Tes seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau yang lebih dikenal tes seleksi CPNS akan kembali dibuka di tahun 2024 ini.

Walau belum ada informasi resmi dari badan pemerintahan terkait jadwal pasti dari tes CPNS 2024, sudah ada beberapa bocoran yang menyebutkan rangkaian tes CPNS 2024 akan dilangsungkan pada April hingga Juni 2024. Maka dari itu, untuk Grameds yang berencana mengikuti tes seleksi CPNS 2024 harus mulai bersiap-siap, nih!

Sebelum itu, Grameds perlu tahu hal-hal terkait tes CPNS. Seperti rangkaian tes CPNS 2024, syarat-syarat mendaftar tes CPNS, dan tentu saja, rekomendasi buku-buku latihan ampuh yang bisa menemani Grameds belajar dan berlatih  untuk menghadapi tes CPNS yang berlapis-lapis.

Tanpa menunggu lama, mari kita bahas bersama yuk, Grameds!

Rangkaian Tes CPNS 2024

Mirip seperti tes CPNS tahun lalu, terdapat dua jenis Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilangsungkan seleksinya di tahun ini, yaitu PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Apa sih perbedaan PNS dan PPPK?  Perbedaan antara PNS dan PPPK adalah PNS diangkat untuk perjanjian kerja dengan jangka waktu relatif lama, sementara PPPK diangkat untuk perjanjian kerja dengan jangka waktu tertentu. Masa kerja PPPK paling singkat adalah satu tahun. Masa kerja tersebut dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan penilaian kinerja.

Untuk bisa menjabat sebagai PNS atau PPPK, seseorang harus melewati serangkaian tes dan seleksi. Bagi yang mendaftar sebagai CPNS, ada tiga rangkaian seleksi: 1) Seleksi Administrasi, 2) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan 3) Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi pertama adalah Seleksi Administrasi. Pada seleksi ini, pelamar diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas sesuai permintaan tiap instansi ke website sscasn.bkn.go.id. Meski terbilang mudah, namun jika tidak teliti, Grameds juga bisa gagal, lho!

Pada Seleksi Kompetensi Dasar, pelamar akan diberikan 110 soal yang terdiri dari 45 butir Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 30 butir Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan 35 butir Tes Intelegensi Umum (TIU). Sementara, untuk Seleksi Kompetensi Bidang, setiap formasi dan lembaga pemerintahan memiliki kebijakan sendiri dalam pelaksanaan maupun tes yang diujikan.

Sementara itu, untuk pelamar PPPK hanya akan melewati dua seleksi. Keduanya adalah Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi. Pada Seleksi Kompetensi, pelamar akan mengikuti tiga tes, yakni, tes manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Dilansir dari berbagai sumber, pada tes seleksi CASN 20204 ini akan memiliki 3 periode, yaitu sebagai berikut:

  • Periode 1: pengumuman, dan seleksi administrasi, dan seleksi kedinasan mulai pekan ketiga Maret 2024.
  • Periode 2: pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Juni 2024.
  • Periode 3: pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Agustus 2024.

Berdasarkan sumber dari akun media sosial resmi cpnsindonesia.id, formasi yang akan dibuka pada tes seleksi CASN 2024 terdiri dari 2 formasi: formasi CPNS dan formasi PPPK. Dengan formasi CPNS sebanyak 630 ribu dan formasi PPPK sebanyak 1,6 juta.

Syarat Mendaftar Tes CPNS dan PPPK

Berikut syarat mendaftar menjadi CASN sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Jabatan khusus yang dipilih presiden memiliki batas usia hingga 40 tahun.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih).
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta.
  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
  10. Beberapa instansi dan lembaga pemerintahan juga mencantumkan syarat khusus bagi pelamar.

Selain syarat di atas, terdapat beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk Seleksi Administrasi:

  1. Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan.
  2. Fotokopi atau scan KTP elektronik.
  3. Salinan akta kelahiran.
  4. Salinan surat keterangan.
  5. Pas foto formal.
  6. CV atau daftar riwayat hidup.
  7. Surat pernyataan penempatan di mana pun.
  8. Setiap instansi mungkin menambahkan syarat khusus dokumen yang diperlukan.

Mengingat tes CPNS dan PPPK mulai dibuka bulan depan, selain melengkapi dokumen persyaratan, Grameds sudah bersiap belum nih untuk menghadapi tes seleksi? Apakah Grameds bingung materi apa saja yang akan diujikan? Atau, khawatir dengan soal-soalnya?

Tenang saja, Grameds! Gramin punya 5 buku latihan soal yang bisa membantu Grameds untuk mempersiapkan tes seleksi CPNS 2024. Langsung saja kita tengok buku-buku latihannya yuk Grameds!

5 Rekomendasi Buku Latihan Lolos CPNS 2024

Sukses Seleksi Tes CPNS 2024-2025

BukuCek Di Sini

Buku ini merupakan terbitan dari Anak Hebat Indonesia. Buku ini berisi penjelasan proses seleksi CPNS, pemahaman tentang tahap-tahap ujian yang melibatkan tes tulis, wawancara, dan asesmen kompetensi. Grameds akan dipandu melalui langkah-langkah strategis untuk menghadapi setiap tahap tes dengan percaya diri dan kesiapan maksimal. Tidak hanya itu, salah satu poin fokus utama buku ini adalah memberikan Grameds wawasan tentang materi ujian, termasuk pengetahuan TKP - TIU - TWK - TOEFL - TOEIC.

Buku Paten Kisi-Kisi Resmi CPNS CAT 2024/2025

BukuCek Di Sini!

Buku yang disusun oleh Siti Khalimatussa’diyah, S.Pd., Dkk berisi seputar ASN, CPNS, kisi-kisi terbaru, dan alur seleksi tes CPNS ter-update 2024. Buku yang diterbitkan oleh Pixelindo ini terdiri dari Rangkuman Materi, Drilling soal, dan pembahasan Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Grameds juga akan mendapatkan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan menggunakan metode penalaran dan analitis. Selain itu, Grameds akan mendapatkan bonus buku saku UUD 1945, E-Book TPA dan E-Book TOEFL, serta ratusan variasi soal TWK, TIU, dan TKP yang disertai pembahasannya dalam bentuk E-Book.

Modul Resmi Taktis CPNS 2024

BukuCek Di Sini!

Modul Resmi Taktik CPNS 2024 merupakan buku yang disusun oleh Tim Tentor ASN+. Buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan latihan menjawab soal-soal tes CPNS. Selain itu, Grameds juga akan mendapatkan panduan menjawab soal dengan cara cepat. Buku terbitan Grada Cendikia ini sudah sesuai dengan kisi-kisi KEMENPAN-RB, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

All New Tes CPNS 2024/2025

BukuCek Di Sini!

Buku latihan ini disusun oleh Tim Garuda Medika dan Tim Mitrasiswa yang terdiri dari praktisi psikotes dan juga PNS. Materi yang ditawarkan buku ini terbilang lengkap. Mulai dari panduan lengkap tes CPNS terbaru, ringkasan materi TWK, TIU, dan TKP, 12 paket soal dan jawaban SKD, 18 paket soal SKB, serta ada banyak bonus-bonus lainnya yang bisa Grameds dapatkan dengan scan QR code.

Panduan Wajib CAT CPNS 2024

BukuCek Di Sini!

Buku yang disusun oleh Tim Asn Genius ini berdasarkan kisi-kisi CAT CPNS Terbaru dari KEMENPAN-RB dan FR (Field Report) orang-orang  yang telah mengikuti SKD & SKB CPNS. Buku ini berisi pendalaman materi CAT CPNS, mulai dari TWK, TKP, hingga TIU. Hanya dengan harga Rp 117.000, Grameds akan mendapatkan 18 Paket Soal Tryout SKD, 26 Paket Soal Tryout SKB, 3 Paket Soal Psikotes, Paket TOEFL & TOEIC + Pembahasan, dan bonus bergabung Grup Belajar CPNS, Bimbel Online CPNS, Tryout Online, dan lain-lain.


Baca Juga: 5 Buku Ini Bisa Bantu Kamu Lolos Passing Grade Tes CPNS


5 Rekomendasi Buku Latihan Tes CPNS 2023 untuk Meraih Mimpi Kamu Menjadi ASN

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pekerjaan yang didamba banyak orang. Selain karena mengabdi pada negara, ASN juga menerima gaji tetap setiap bulannya.

Kabarnya, di tahun 2023 ini, pemerintah akan kembali membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk masyarakat umum. Bulan April lalu, formasi yang dibutuhkan di setiap instansi sudah diajukan. Pembukaan tes CPNS akan diumumkan bulan Juni 2023 nanti.

Sebelum itu, Grameds perlu tahu hal-hal terkait tes CPNS. Seperti rangkaian tes CPNS 2023, syarat-syarat mendaftar tes CPNS, dan tentu saja, rekomendasi buku-buku tokcer yang bisa menemani Grameds belajar untuk menghadapi tes CPNS yang berlapis-lapis.

Tanpa menunggu lama, yuk kita bahas bersama!

Rangkaian Tes CPNS 2023

Ada dua jenis Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilangsungkan seleksinya di tahun ini, yaitu PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Perbedaan antara PNS dan PPPK adalah PPPK diangkat untuk perjanjian kerja dengan jangka waktu tertentu. Masa kerja PPPK paling singkat adalah satu tahun. Masa kerja tersebut dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan penilaian kinerja.

Untuk menjabat sebagai PNS atau PPPK, seseorang harus melewati serangkaian tes dan seleksi. Bagi yang mendaftar sebagai CPNS, ada tiga rangkaian seleksi. Yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi pertama adalah Seleksi Administrasi. Pada Seleksi ini, pelamar diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas sesuai permintaan tiap instansi ke website sscasn.bkn.go.id. Meski terbilang mudah, namun jika tidak teliti, Grameds bisa gagal lho!

Pada Seleksi Kompetensi Dasar, pelamar akan diberikan 110 soal yang terdiri dari 45 butir Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 30 butir Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan 35 butir Tes Intelegensi Umum (TIU). Sedangkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang, setiap formasi dan lembaga pemerintahan memiliki kebijakan sendiri dalam pelaksanaan maupun tes yang diujikan.

Sedangkan pelamar PPPK hanya akan melewati dua seleksi. Keduanya adalah Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi. Pada Seleksi Kompetensi, pelamar akan mengikuti tiga tes, yakni, tes manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Syarat Mendaftar Tes CPNS dan PPPK

Berikut syarat mendaftar menjadi CASN sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Jabatan khusus yang dipilih presiden memiliki batas usia hingga 40 tahun.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih).
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta.
  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
  10. Beberapa instansi dan lembaga pemerintahan juga mencantumkan syarat khusus bagi pelamar.

Dokumen yang dibutuhkan untuk Seleksi Administrasi:

  1. Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan.
  2. Fotokopi atau scan KTP elektronik.
  3. Salinan akta kelahiran.
  4. Salinan surat keterangan.
  5. Pas foto formal.
  6. CV atau daftar riwayat hidup.
  7. Surat pernyataan penempatan di mana pun.
  8. Setiap instansi mungkin menambahkan syarat khusus dokumen yang diperlukan.

Mengingat tes CPNS dan PPPK akan dibuka bulan depan, selain melengkapi dokumen persyaratan, sudahkah Grameds bersiap menghadapi tes seleksi? Grameds bingung materi apa saja yang akan diujikan? Atau, khawatir dengan soal-soalnya?

Tenang aja, Grameds! Sini Gramin bisikin buku-buku kece yang bisa bantu Grameds belajar demi mengejar mimpi jadi ASN. Penasaran? Langsung aja kita bahas satu-satu.

5 Rekomendasi Buku Latihan Tes CPNS 2023

1. All New Tes Cpns 2023/2024

rekomendasiBeli Sekarang!

Buku ini disusun oleh Tim Garuda Medika dan Tim Mitrasiswa yang terdiri dari praktisi psikotes dan juga PNS. Isinya terbilang lengkap. Mulai dari panduan lengkap tes CPNS terbaru, ringkasan materi TWK, TIU, dan TKP, 12 paket soal dan jawaban SKD, 18 paket soal SKB, serta ada banyak bonus-bonus lainnya yang bisa Grameds dapatkan dengan scan QR code. Buku ini juga sudah dilengkapi dengan materi anti radikalisme, lho!

.2. Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024

rekomendasiBeli Sekarang!

Buku yang disusun oleh Raditya Panji Umbara dan Sahda Halim ini memiliki banyak sekali keunggulan. Selain dilengkapi dengan paket soal SKD dan SKB serta materi anti radikalisme, buku ini juga menawarkan akses tryout harian dan tryout nasional! Ditambah lagi, Grameds akan diberikan akses gratis ke 4 aplikasi Android CPNS. Wah, sambil rebahan juga bisa asah ilmu nih Grameds!

3. Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024

rekomendasiBeli Sekarang!

Dengan harga lebih rendah dibanding buku sebelumnya, kualitas buku ini tidak perlu diragukan. Disusun oleh Tim Smart Education, buku ini dilengkapi materi, kumpulan soal beserta jawabannya, serta aplikasi Android dan juga tryout. Selain itu, buku ini menitikberatkan materi-materi yang akan diujikan sesuai arahan PERMENPANRB.

4. Pedoman Resmi Seleksi Tes CPNS CAT 2023/2024

rekomendasiBeli Sekarang!

Salah satu Buku Tes CPNS yang menyandang predikat Mega Best Seller ini memiliki isi yang lengkap. Ada kumpulan paket soal SKD dan SKB, kisi-kisi soal, aplikasi Android gratis, tryout, dan juga info PPPK. Satu lagi kelebihan yang nggak kalah menarik adalah buku ini memberikan cara PINTAR dalam mengerjakan soal. Jadi Grameds bakal dikasih bocoran nih supaya bisa mengerjakan soal sat set sat set nggak pakai lama!

5. Paket Paten Lolos Tes CPNS CAT 2023/2024

rekomendasiBeli Sekarang!

Dibandingkan rekomendasi Buku lainnya, buku yang disusun oleh Siti Khalimatus Sa'diyah, S.Pd. ini lebih tebal. Buku ini terdiri dari materi, bank soal, dan pembahasan yang lengkap. Tidak hanya itu, dengan membeli buku ini, Grameds juga akan mendapatkan e-book TPA dan e-book TOEFL secara gratis! Grameds juga akan diberikan akses untuk mengikuti tryout, lho.

Nah, itulah rekomendasi buku-buku keren nan komplit yang bisa membantu Grameds dalam belajar mempersiapkan tes seleksi CPNS. Semangat ya, Grameds! Meski saingannya banyak dan seleksinya ketat, tidak ada yang tidak mungkin terjadi jika Grameds sudah maksimal dalam berusaha dan berdoa.

Apa pun hasilnya nanti, itu pasti yang terbaik buat Grameds. Nggak ada yang salah dari mempelajari sesuatu, karena suatu saat nanti, ilmu itu pasti akan berguna. Jadi tunggu apa lagi, yuk gali potensi banyak-banyak dari Buku Tes CPNS yang Gramin rekomendasikan!

Jangan lupa, kamu bisa berbelanja lebih hemat dengan promo-promo di Gramedia.com, ya! Klik banner di bawah ini untuk melihat promo yang sedang berjalan di Gramedia.com, dan borong bukunya sekarang juga!🛒⬇️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Freepik.com

Penulis: Laila Wu, Yuliani Tri Puspitaningrum


Enter your email below to join our newsletter