5 Buku Ini Bisa Bantu Kamu Lolos Passing Grade Tes CPNS

5 Buku Ini Bisa Bantu Kamu Lolos Passing Grade Tes CPNS

. 3 min read

Bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, tentunya sudah tahu jika pendaftaran berlangsung sejak minggu kedua September hingga minggu kedua Oktober 2018.

Setelah dinyatakan lolos, nantinya peserta CPNS 2018 akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk SKD CPNS 2018 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada 100 soal dalam tes SKD yang terbagi dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Penentuan lolosnya peserta CPNS 2018 dalam tes ini menggunakan nilai ambang batas atau passing grade. Nilai tersebut sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait selaku penyelenggara, seperti dilansir dari setkab.go.id.

CPNS-6Source: Pacitanku.com

Untuk pendaftar kategori umum, nilai ambang batas 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK. Untuk pelamar sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 298 dengan nilai TIU minimal 85. Terakhir, untuk penyandang disabilitas nilai kumulatifnya 260, dengan TIU minimal 70. Putra-putri Papua/Papua Barat, nilai akumulatif 260 dengan TIU minimal 60. Untuk eks tenaga honorer K-II, nilai akumulatif minimal 260 dan TIU minimal 60.

Sementara untuk SKB adalah tes yang dilakukan sesuai dengan bidang dan posisi pilihan tiap pelamar. Terbagi dalam dua tes, yaitu tes pengetahuan menggunakan sistem CAT dan juga tes wawancara.

SKD dan SKB CPNS 2018 ini akan dilaksanakan sepanjang minggu ketiga Oktober 2018. Hal yang harus digaris bawahi adalah, bobot penilaian untuk SKD sebesar 40 persen, sementara SKB sebesar 60 persen.

Untuk menambah kepercayaan diri menjawab soal-soal SKD dan SKB, ada baiknya belajar dari buku-buku yang sudah dipersiapkan secara khusus. Misalkan saja, 5 buku soal-soal CPNS 2018 berikut ini:

1. Panduan Tes Resmi CPNS & BUMN 2018-2019

Buku karya Aryo Dewantara ini berisikan modul materi update terlengkap. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal Tes Kemampuan Dasar, termasuk untuk latihan menjawab sesi wawancara dan juga psikotes.

2. Top Sukses Tes CPNS CAT 2018/2019 + CD

Buku dari Tim Bintang Psikologi ini akan membedah kisi-kisi soal tes CPNS. Soal-soal di buku ini dibuat sesuai dengan Permenpan-RB.

3. All in One Diktat Superlengkap Tes ASN/CPNS

Modul yang disusun oleh Dita Puspa Wulandari ini berisikan soal lengkap dengan pembahasannya. Materinya meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, tes kematangan pribadi dan seleksi kompetensi bidang.

4. Sistem Kebut Semalam Lolos Tes CPNS Cukup 1X Tes Tembus CPNS

Buku dari Isti Fina Indriana, S.Si ini dibuat sesuai standar tes CPNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa kementerian lainnya.

5. All-New Tes CPNS 2018/2019

Selain berisikan soal-soal latihan, buku ini dilengkapi dengan tips dan trik dalam bentuk video tutorial. Sama seperti buku rekomendasi lainnya, buku ini dilengkapi dengan sistem CAT.


Gimana, sudah siapkah menjalani tes CPNS? Kalau masih bingung, kamu bisa melihat koleksi buku-buku tes CPNS lainnya di Gramedia.com.

Selamat belajar!


Header image source: Bantenpos.com