5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

. 3 min read

Buku karya Mark Manson ini memiliki judul yang lumayan panjang, yaitu Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Tak cuma judul, tapi dalam versi terjemahan bahasa Indonesia-nya, buku ini juga memiliki tagline tambahan, yaitu "pendekatan yang waras demi menjalani hidup yang baik."

Dari judul dan tagline-nya saja, kita tentu bisa menebak bahwa buku dengan judul asli The Subtle Art of Not Giving A F-ck ini berisikan hal-hal yang perlu pembaca tahu agar bisa menjalani hidup yang bahagia.

Situs psychologytoday.com, mencoba meringkas hal-hal penting yang bisa diambil dari buku self improvement ini. Tentunya, dari hal-hal ini juga, kamu akan lebih paham tentang konsep "bodo amat" yang dimaksud oleh sang penulis.

Berikut 5 hal penting yang bisa kamu pelajari dari buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat.

1. Kita berhak untuk bahagia

WATTPAD
Source: unsplash.com

Bahagia di sini tentunya secara lahir batin. Seseorang bisa saja terlihat punya gaya hidup yang glamor, namun dalam hatinya terasa hampa.

Seperti itu juga yang dialami Manson. Hingga akhirnya dia mencari makna hidup yang baik-baik saja. Baginya, hidup yang baik dan bahagia bisa dirasakan jika seseorang bisa bodo amat pada hal-hal yang memang sepantasnya diabaikan.

Kini tinggal kamu yang memilih, ingin bahagia sepenuhnya atau tidak. Karena mungkin saja kebahagiaan kamu terasa tidak lengkap karena terlalu fokus pada hal-hal yang sebenarnya tidak penting bagi hidup.

2. Terlalu fokus pada hal-hal yang seharusnya bisa diabaikan

WATTPAD
Source: unsplash.com

"Saat kita terlalu peduli pada hal-hal ini, kita menghabiskan banyak waktu untuk lari dari masalah kita daripada berdamai dengan masalah itu sendiri," ujar Manson seperti dilansir dari Psychologytoday.com.

Hal-hal yang dimaksud Manson itu berjumlah delapan poin, yaitu; membuat orang kagum, selalu benar, menjadi sukses, menyenangkan serta sopan, senang, selalu merasa baik-baik saja, menjadi sempurna, dan semua aman juga pasti.

Menurut Manson, kunci hidup tenang tak perlu memikirkan semua poin-poin tersebut. Fokus pada hal yang benar-benar kalian pedulikan. Karena kita tidak mungkin baik-baik saja atau bahagia selalu sepanjang waktu.

3. Cari tahu apa yang sebenarnya layak dipedulikan dan diinginkan

WATTPAD
Source: unsplash.com

Benarkah kamu memaknai sesuatu dengan segenap hati? Para orangtua selalu mengatakan anak mereka adalah segalanya. Tapi tak jarang juga, ibu-ibu menomorduakan menjemput anak sekolah, demi diskon brand kesayangan di mall.

Apa pilihan yang kamu buat? Apa yang perlu kamu abaikan, yang seharusnya tidak kamu lakukan? Dalam bukunya, Manson akan mengajakmu agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kamu selalu memilih apa yang lebih berharga, dari waktu ke waktu. Menurut Manson, begitulah perubahan terjadi. Perlahan-lahan, dari waktu ke waktu, dengan setiap pilihan yang kamu buat akan berubah sesuai prioritas.

4. Fokus pada hal yang lebih penting

WATTPAD
Source: unsplash.com

Misalkan saja, sebagai orangtua kamu pada akhirnya akan menyadari tentang diskon yang seharusnya bisa diabaikan.

Langkah selanjutnya adalah membentuk kesadaran dengan pertanyaan "seandainya". "Seandainya saya tidak peduli dengan diskon di mall, apa yang akan terjadi selanjutnya?".

Buat beberapa kalimat "seandainya" yang lain, yang masih berhubungan dengan hidupmu, dan bayangkan kira-kira apa yang akan terjadi dengan hidupmu.

5. Semua akan baik-baik saja dengan bersikap bodo amat

WATTPAD

Pada akhirnya, kalian akan memahami bahwa semua yang tadinya penting itu ternyata tidak begitu berpengaruh pada hidup kalian. Pelan-pelan akan muncul hal-hal di luar kebiasaan, yang bisa membuat kalian lebih hidup, yang selaras dengan nilai-nilai yang membuat hidup lebih tenang.

Nilai-nilai itu yang nantinya akan tumbuh bersama kalian dan membuat kalian bisa memaknai kebahagiaan lewat sikap bodo amat.


WATTPAD

Menarik bukan? Berniat membaca dan membeli bukunya? Langsung pesan ya di Gramedia.com. Kebetulan untuk 300 pembeli pertama buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, akan mendapatkan lanyard gratis. Promo ini berlaku sepanjang November 2018 ya, Grameds!


Header image source: Harian Nasional
Source text: Psychologytoday.com