Technology

Pengertian Teknologi, Jenis, serta Manfaatnya dalam Kehidupan

Teknologi adalah
Written by Amira K

Teknologi adalah – Teknologi adalah seluruh sarana yang kemudian menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan serta kenyamanan hidup manusia. Pemanfaatannya pada setiap bidang berbeda-beda. Berikut di bawah ini adalah pengertian menurut ahli serta 10 jenis teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari:

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Di era perkembangan seperti saat ini masyarakat kemudian banyak yang telah memanfaatkan teknologi dalam kegiatannya sehari-hari. Berbagai sektor kemudian memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatannya.

Secara umum, pengertiannya adalah sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Para ahli pun kemudian memiliki pengertian tersendiri mengenai teknologi.

Pengertian lainnya adalah pembahasan sistematis atas seni terapan ataupun pertukangan. Hal ini juga mengacu pada literatur dari Yunani yang kemudian menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne dan bermakna wacana seni.

1. Capra

Merupakan salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan ataupun pertukangan. Hal ini sendiri mengacu pada literatur dari Yunani yang kemudian menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne dan bermakna wacana seni.

2. Manuel Castells

Sebagai suatu kumpulan alat, aturan serta prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah mengenai sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang akan memungkinkan terjadinya pengulangan.

3. Toynbee

Pengertiannya sendiri ialah adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini kemduian akan membuktikan bahwa manusia tak dapat hidup hanya untuk makan semata, tapi juga membutuhkan lebih dari itu.

4. Gary J. Anglin

Menurut gary ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga berbagai pengetahuan lain dengan yang secara bersistem serta mensistem bertujuan untuk memecahkan masalah manusia.

5. Merriam Webster

Sebagai salah satu penerapan pengetahuan praktis khususnya pada suatu bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas ini sendiri umumnya menggunakan proses teknis, metode, serta pengetahuan; juga berbagai aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

6. Jacques Ellil

Pengertian diantaranya adalah keseluruhan metode yang dengan secara rasional kemudian mengarah kepada ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

7. Miarso

Bentuk proses yang kemudian meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan sendiri dapat menggunakan ataupun menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain ini telah ada. Hal ini kemudian juga menyatakan bahwa teknologi sebagai suatu bagian integral dari yang terkandung dalam suatu sistem tertentu.

8. Poerbahawadja Harahap

Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya kemudian mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki mengenai suatu cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu kepada berbagai ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu.

Definisi ini juga mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang kemudian banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.

9. Naisbitt (2002)

Naisbit (2002) mengutip kepada pengertian dari teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa sebagai suatu benda serta objek, serta bahan serta wujud yang berbeda jika dibandingkan dengan manusia biasa.

10. Miarso (2007)

Pendapat lainnya mengenai pengertian ini kemudian diungkapkan oleh Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang akan meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan ini kemudian akan menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan juga bahwa teknologi sebagai suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

11. Djojohadikusumo (1994)

Djojohadikusumo (1994) mendefinisikan sebagai suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu sains serta ilmu kerekayasaan atau ilmu engineering. Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya teknologi dapat juga diartikan memiliki dua dimensi, yaitu diantaranya dimensi engineering dan dimensi science. Kedua dimensi ini kemudian akan saling terkait antara yang satu dan yang lain selama masa perkembangan dan juga penciptaan dari sebuah teknologi, yang tak dapat saling terpisahkan.

Jenis Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, teknologi telah hadir di berbagai bidang sesuai juga dengan kebutuhan manusia. Adapun jenis teknologi yang umumnya ditemukan di kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Teknologi adalah

unsplash.com

1. Teknologi dalam Bidang Informasi

Teknologi informasi atau TI merupakan suatu teknologi yang mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada satu sama lain dengan tepat dan cepat. Teknologi ini sendiri terdiri atas perangkat lunak serta perangkat keras yang dibutuhkan dalam menyampaikan informasi tersebut. Contoh diantaranya adalah website, televisi, radio, dan lain sebagainya.

2. Teknologi Bidang Komunikasi

Jenis lainnya diantaranya adalah teknologi komunikasi. Teknologi ini membantu manusia dalam berkomunikasi antar sesamanya serta dalam menggunakan perangkat tertentu. Jenis ini yang mungkin saat ini paling terasa di berbagai kehidupan manusia. Contoh teknologi komunikasi diantaranya adalah pada email, smartphone, serta aplikasi pesan singkat.

3. Teknologi Bidang Transportasi

Teknologi transportasi sebagai suatu perangkat yang membantu manusia melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang cepat. Kehadiran ini juga kemudian membuat mobilitas manusia menjadi lebih efisien. Contoh ini diantaranya kereta api, pesawat, kereta listrik, mobil listrik, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Bidang Pendidikan

Siapa sangka jika pada suatu sistem pendidikan didalamnya terdapat unsur teknologi. Jenis ini kemudian diciptakan untuk dapat meningkatkan kinerja pembelajar. Beberapa contoh pendidikan diantaranya adalah metode pengajaran, alat laboratorium, pembelajaran daring, dan lain-lain.

5. Teknologi Bidang Kesehatan

Jenis ini kemudian digunakan juga dalam kegiatan medis. Teknologi kesehatan atau medis sendiri memiliki cakupan yang sangat luas. inovasi ini kemudian bermanfaat dalam memelihara kesehatan manusia, juga mengurangi rasa sakit, dan mempercepat pemulihan. Contoh di bidang ini sendiri diantaranya pada termometer, stetoskop, alat suntik, infus, software konsultasi kesehatan, dan lain sebagainya.

6. Teknologi Bidang Konstruksi

Jenis ini juga berhubungan dengan alat serta cara yang digunakan dalam membangun struktur bangunan baik dari struktur dasar ataupun pada tingkat lanjutan. Contoh teknologi ini diantaranya pada alat berat untuk konstruksi, metode kerja konstruksi, dan lain sebagainya.

7. Teknologi Bidang Pertanian

Di bidang pertanian ataupun agrikultur juga menggunakan teknologi berupa mesin ataupun teknik budidaya tertentu. Tujuannya diantaranya adalah meningkatkan produksi pertanian. Contoh ini diantaranya pada traktor, alat pengering hasil panen, mesin pemilah bibit, dan masih banyak lagi.

8. Teknologi Bidang Arsitektur

Teknologi arsitektur diantaranya pada komponen dari rekayasa bangunan serta arsitektur yang berhubungan langsung dengan metode konstruksi, desain bangunan, serta bahan bangunan. Teknologi ini juga diperlukan untuk keperluan desain bangunan baik pada interior maupun eksterior. Contoh arsitektur yaitu diantaranya rekayasa bangunan, desain bangunan, dan lain sebagainya.

9. Artificial Intelligence (AI)

AI sebagai suatu cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk mencapai kecerdasan yang kemudian ditunjukkan oleh mesin. Teknologi ini juga terdiri dari beberapa disiplin ilmu diantaranya adalah matematika, filsafat, teknik, psikologi, ilmu saraf, ekonomi, komputer, dan teori kontrol. Contoh AI diantaranya ada pada Google, asisten virtual, fitur rekomendasi di platform digital, dan lain-lain.

Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi adalah

unsplash.com

Selain terbagi menjadi beberapa jenis, teknologi kemudian akan memberikan banyak manfaat di segala bidang. Berikut ini diantaranya beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Check these out!

1. Mudah menerima informasi

Sisi positif perkembangan teknologi yang pertama ialah ada pada kemudahan dalam menerima informasi, baik lokal hingga internasional. Tidak seperti di jaman dahulu, di era modern seperti ini kita kemudian tidak perlu repot dalam membeli koran.

Untuk membaca berita atau mendapatkan informasi terbaru cukup hanya dengan membuka Google serta menanyakan kabar terbaru pada hari itu. Otomatis Google kemudian akan menayangkan beberapa informasi dan berita terkini kalian hanya perlu klik salah satu judulnya serta membaca tulisan di dalamnya.

2. Mudah berkomunikasi

Dengan adanya aplikasi pesan yang dapat mengirim pesan baik itu pesan suara maupun pesan tulisan serta telepon, yang kemudian akan memudahkan dalam berkomunikasi. Tidak seperti masa lampau, berkomunikasi masih harus melalui surat dan harus mengirimnya ke kantor pos. Surat ini tidak bisa langsung sampai kepada penerima surat. Serta memerlukan biaya yang cukup mahal dan memakan waktu yang lama.

Pada era modern seperti ini sekarang kamu hanya perlu mengirim pesan atau informasi ke orang lain cukup hanya dengan membuka aplikasi pesan tersebut. Dengan menggunakan aplikasi mengirim pesan, kamu sudah dapat mengirimkan pesan secara langsung yang akan diterima pada saat kalian selesai mengirimnya. Tidak memerlukan biaya serta memakan waktu yang cukup lama. Sungguh mempermudah hidup bukan?

3. Belanja Lebih Praktis

Jika dahulu kita harus pergi ke pasar atau tempat belanja lainnya serta memakan waktu yang lama. Beda halnya dengan saat ini, kamu cukup memesan berbagai kebutuhan hanya dengan menggunakan aplikasi belanja online. Kemudian membayarnya serta menunggu pesanan sampai ke rumah tanpa perlu repot ke luar rumah.

Waktu yang dibutuhkan dalam mengirim pesanan juga sangat singkat. Kamu bisa bebas berbelanja kapanpun tanpa takut tokonya belum buka ataupun sudah tutup. Selain itu tak perlu menghabiskan atau memotong banyak waktu sehingga sangat fleksibel hanya melalui smartphone dan laptop yang kemudian sangat mempermudah hidup.

4. Belajar Menjadi lebih mudah

Jika dulu kita harus membeli buku yang tebal dan memakan biaya yang tidak sedikit. Saat ini kamu hanya perlu membeli ebook yang meski tak sedikit yang berbayar, namun banyak pula e-book yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain bisa membaca buku dengan mudah, pesatnya perkembangan teknologi kemudian akan memudahkan dalam proses belajar mengajar. Apalagi di saat pandemi seperti ini. Manfaat perkembangan teknologi yang satu ini juga sangat diperlukan bagi kaum pelajar maupun guru yang mengajar.

Buku-Buku Terkait Teknologi

1. Sains & Teknologi – Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan & Kebutuhan

Teknologi adalah

Setiap penemuan dalam bidang sains dan teknologi lahir dari pemikiran manusia karena berbagai kebutuhan, terutama untuk membuat hidup kita lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih sehat. Namun, pemikiran saja jelas tidak cukup. Setiap pemikiran atau ide-ide baru perlu diperdalam, diperluas, diuji sehingga betul-betul bisa melahirkan sesuatu yang berguna bagi hidup manusia.

Berbagai ide yang ada dalam buku ini merupakan hasil penelitian dan pemikiran orang-orang yang sangat peduli akan peningkatan kualitas hidup dan kemajuan bangsa dan negeri ini. Mereka sungguh berharap gagasan yang mereka lontarkan bisa menggerakkan orang-orang lain untuk mengembangkan dan mendalami ide mereka agar melahirkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

2. Kebebasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Sebuah Esei Etika

Kebebasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Sebuah Esei Etika

Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) bukan sekadar pengetahuan dan alat yang kita hasilkan dan gunakan. Ia dapat menentukan apa yang dipikirkan dan dilakukan manusia. Inilah paradoks subjektivitas manusia menghadapi persoalan baru.

Apa yang dapat saya lakukan dengan waktu hidup saya yang semakin lama semakin cepat dan intensif dewasa ini? Apa artinya tanggung jawab saya terhadap sesama, masyarakat, dan lingkungan, jika waktu yang saya miliki adalah sebuah waktu teknologis, waktu yang ditentukan oleh logika iptek yang tidak saya sadari?

Dalam perspektif inilah, seluruh bangunan etika tidak bisa lepas dari pertanyaan siapa kita, tidak terkecuali ketika kita hendak membangun sebuah etika iptek. Iptek tidak bisa indiferen terhadap masalah etika lagi. Bahkan semakin cepat ia berkembang semakin urgen ia berpaling pada etika. Buku ini bermaksud untuk memperbaiki salah kaprah tentang kebebasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Digital Mindset: Menyiapkan Generasi Muda Indonesia Menghadapi Disrupsi Teknologi

Teknologi adalah

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini, Indonesia sebagai negara berkembang dituntut untuk mengikuti arus globalisasi dunia. oleh karena itu, Indonesia dituntut memiliki digital mindset.

Pola pikir digital atau digital mindset bukan cuma tentang kemampuan mengoperasikan teknologi digital secara teknis, tetapi merupakan sikap dan Perilaku yang memiliki orientasi untuk memanfaatkan teknologi digital bagi kepentingan organisasi untuk menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, cepa , mudah, dan praktis.

4. Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi

Teknologi adalah

Globalisasi yang menurut McLuhan akan menghasilkan suatu Desa Global mendapatkan sanggahan dari Manuel Castells. Bagi Castells yang terjadi adalah masyarakat yang saling terhubung (network society). Untuk itu, globalisasi tidak sampai mampu merevolusi budaya, sebagaimana yang disampaikan oleh McLuhan.

Masyarakat jaringan merupakan fenomena baru yang hadir abad ke-20, yang merupakan masyarakat di mana struktur-struktur organisasi dan elemen-elemen berjalan dengan logika jaringan. Masyarakat jaringan adalah di mana individu-individu saling terhubung dengan individu lain yang keberadaannya entah di mana.

Penemuan internet telah menghasilkan ruang dan media baru, dengan karakteristik masyarakat yang berbeda, dan juga munculnya budaya-budaya baru. Cyberspace atau ruang maya telah melahirkan tipe masyarakat baru yang begitu interaktif dalam berkomunikasi. Tak hanya sekadar menjadi konsumen dari berbagai macam informasi dan konten media baru, namun khalayak umum dapat pula berperan sebagai produsen sekaligus distributor informasi dan konten media baru.

Secara kategoris kehidupan masyarakat modern sekarang dapat dibedakan dalam tiga macam masyarakat, yaitu masyarakat realitas, masyarakat simbolik, dan masyarakat siber (cyber society). Fenomena masyarakat realitas, merujuk pada masyarakat yang menciptakan dan mengolah makna, yang terbentuk oleh interaksi sosial di dunia nyata.

Masyarakat simbolik adalah masyarakat yang dibentuk oleh konstruksi media atas realitas yang terjadi di dalam masyarakat. Sedangkan masyarakat siber (cyber society) berada dalam struktur model komunikasi yang kompleks.

Demikian pengertian teknologi serta berbagai contoh dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Grameds juga bisa membaca dan mendapatkan buku-buku terkait teknologi dengan mengunjungi gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Dampak Positif dan Negatif IPTEK 
  2. Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Umat Manusia
  3. Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi 
  4. Ciri-Ciri dan Dampak Modernisasi di Berbagai Bidang 
  5. Ketahui Kerugian & Dampak Internet serta Langkah Menanggulanginya 
  6. Inilah Deretan Dampak Sosial Informatika yang Perlu Diketahui 

About the author

Amira K

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik.