Bahasa Inggris

Pengertian & Contoh Motivation Letter

Written by Tasya Talitha

Motivation letter biasanya digunakan untuk melamar suatu program misalnya pada penerimaan masuk ke sebuah universitas untuk program beasiswa, melamar ke organisasi non-profit, menjadi sukarelawan, hingga melamar di suatu pekerjaan magang. Mirip dengan cover letter yang biasanya digunakan ketika melamar suatu pekerjaan. Dalam surat lamaran sendiri, kamu harus menyatakan dengan jelas posisi yang dilamar serta menjelaskan mengapa kamu cocok dengan posisi tersebut. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai Motivation Letter berikut ini:

Pengertian Motivation Letter

Motivation Letter adalah surat pengantar dengan pendamping dokumen lain seperti resume atau summary.

Pada umumnya menjadi syarat wajib dalam mendaftar beasiswa tak terkecuali beasiswa luar negeri. Motivation letter juga berfungsi menjelaskan mengapa kamu sebagai pelamar sangat cocok menjadi kandidat yang tepat untuk suatu program tertentu atau beasiswa. Dengan kata lain, tujuan utama motivation letter adalah meyakinkan para recruiter terkait kandidat yang cocok untuk suatu posisi tertentu.

Secara umum, motivation letter sendiri akan memuat kualifikasi dan prestasi seseorang dalam beberapa tahun terakhir. Suatu Lembaga penyedia beasiswa sendiri tentunya ingin mengenal lebih dalam tentang dirimu. Untuk itu, fungsi motivation letter adalah menjabarkan mengenai latar belakang pendidikan, motivasi, cita-cita, pengalaman, dan kelebihan yang dimiliki.

Online Game for Your Better English

Online Game for Your Better English

Beli Buku di Gramedia

Buku ini menjelaskan dengan rinci cara online game dapat membantu kalian belajar bahasa Inggris. Dengan membaca buku ini, kalian dapat meningkatkan keterampilan listening dan speaking dengan Mobile Legends, belajar reading dari Clash Royale, memperkaya kosakata lewat game Hangman, dan banyak lagi materi yang dapat kalian pelajari dari online game.

Memang banyak metode untuk belajar bahasa inggris, tetapi apabila kalian bisa mempelajarinya sambil bermain online game, pasti kegiatan belajar akan lebih menyenangkan, ‘kan?

Struktur Penulisan Motivation Letter

Motivation letter sebaiknya dituliskan dengan tidak bertele-tele dan berlebihan. Tak perlu membuat naskah drama atau biografi hidup secara Panjang lebar untuk menjelaskan diri dan kelebihan secara singkat dan padat untuk mendaftar. Berikut ini beberapa kiat menuliskan motivation letter agar lebih baik dibanding pelamar lainnya:

  • Jelaskan dengan singkat mengenai dirimu. Jelaskan identitas dengan jelas, termasuk kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.
  • Jabarkan latar belakang pendidikan. Motivation letter umumnya digunakan dalam bidang pendidikan, sehingga latar belakang yang baik akan berpengaruh besar dalam proses seleksi.
  • Tuliskan prestasi dan pengalaman yang pernah kamu raih sebelumnya. Pengalaman dan prestasi dalam pendidikan atau bidang kerja ini akan mendorong perekrut untuk memahami dirimu dengan lebih baik. Jabarkan dengan jelas pengalaman dan prestasi yang kamu miliki.
  • Jabarkan kompetensi yang akan berpengaruh dalam suatu proses seleksi, tonjolkan kompetensi
  • Jelaskan alasan mendaftar. Berikan alasan yang jelas dan lugas serta jujur, sehingga perekrut dapat melihat minat serta alasan yang kuat untuk merekrut mu.
  • Dalam pengajuan beasiswa, jelaskan mata kuliah yang menjadi minat utama nya. Jelaskan minat besar yang kamu miliki agar mereka dapat memahamimu dengan lebih baik untuk menunjang perekrutan
  • Jelaskan mengapa kamu pantas mendapatkannya. Uraikan keunggulan dan rencana yang kamu miliki jika terpilih dalam seleksi.
  • Jelaskan apa saja rencana Masa depan yang kamu miliki sebab tentunya Perekrut ingin mengetahui potensi yang kamu miliki jika kamu menjadi kandidat yang terpilih, sehingga apa rencanamu di Masa depan Akan mempengaruhi hasil seleksi.
Belajar di Rumah: Intensif Percakapan Bhs Inggris Sehari-Hari

Belajar di Rumah: Intensif Percakapan Bhs Inggris Sehari-Hari

Beli Buku di Gramedia
Buku ini menyajikan cara pembelajaran percakapan bahasa Inggris yang cepat dan efektif agar para pembelajar segera bisa menguasai keterampilan speaking dan lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Tersaji kurang lebih 2.000 kalimat atau ungkapan bahasa Indonesia sehari-hari dan menyajikan padanannya dalam bahasa Inggris. Ribuan kalimat itu dikelompokkan menjadi 400 unit yang mana setiap unit terdiri atas 3 sampai 5 butir ungkapan atau kalimat percakapan untuk dikuasai para pembelajar secara bertahap dan intensif.

Langkah Membuat Motivation Letter

Sebelum mengirim surat motivasi, sebaiknya kamu mengoreksi dengan baik dahulu surat yang kamu tuliskan dengan memperhatikan berbagai hal detail. Perbaiki semua kesalahan eja dan tata Bahasa Indonesia serta logika kalimat pada setiap paragraf. Berikut ini tips yang dapat kamu terapkan dalam mewujudkan motivation letter terbaik.

1. Sesuaikan Format Penulisan

Bila terdapat ketentuan dalam penulisan surat motivasi seperti format, panjang tulisan dan konten yang telah ditetapkan sebelumnya, maka kamu harus menyesuaikannya. Menulis sesuai kepribadian dengan senatural mungkin

2. Gunakan Penulisan Bahasa Inggris yang Baik

Gunakan Bahasa Inggris dengan grammar yang baik dan penulisan yang jelas, resmi namun mudah dipahami. Hindari menggunakan singkatan atau istilah yang sulit dimengerti. Fokuslah dalam mendeskripsikan kekuatan dan keunggulanmu

3. Pembuka

Pembuka sebagai suatu hal penting dalam membuat motivation letter. Motivation letter sebaiknya dibuat dengan menarik dan tidak berlebihan. Jabarkan nama, asal sekolah, universitas, dan aktivitas yang saat ini kamu lakukan. Jelaskan mengapa kamu tertarik untuk mendaftar ke program beasiswa tersebut. Kamu juga bisa membuat paragraf pembuka motivation letter dengan latar belakang bidang yang kamu incar. Misalnya, kamu mendaftar beasiswa S2 arsitektur di luar negeri. Untuk itu, kamu bisa menjelaskan kondisi dunia arsitektur saat ini.

4. Isi

Setelah pembuka, cara membuat motivation letter selanjutnya adalah menjelaskan terkait kegiatan, prestasi, keahlian, motivasi, pengalaman, visi misi, serta tujuan jangka pendek dan jangka Panjang yang kamu miliki. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa membuktikan dengan sertifikat-sertifikat program secara terpisah.

5. Penutup

Cara membuat motivation letter selanjutnya adalah menuliskan bagian penutup. Pada bagian ini, sampaikan harapan yang kamu miliki jika diterima dalam program tersebut. Jelaskan hal apa saja yang akan kamu lakukan jika diterima. Yakinkanlah bahwa kamu adalah kandidat terbaik dan tepat. Sampaikan tujuan dan tekad secara singkat, jelas, dan tegas untuk menunjukkan rasa percaya dirimu meskipun dalam bentuk tulisan.

6. Perhatikan Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Beberapa hal perlu dihindari agar motivation letter terlihat kredibel, diantaranya hindari typo. Cek kembali setelah selesai membuat motivation letter. Penggunaan Bahasa inggris yang baik, hindari menggunakan Bahasa Inggris gaul atau informal karena akan membuatmu tampak tidak profesional. Jangan juga menunjukkan ketidakpercayaan diri dalam motivation letter karena perekrut Akan berusaha mengenal dirimu lewat motivation letter yang kamu miliki, apalagi mengeluh dan menyalahkan keadaan. Jika ingin menuliskan kekurangan atau masalah dalam motivation letter, hindari mengeluh atau menyalahkan keadaan. Sebaiknya tunjukkan solusi dan rencana Masa depan untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Buat dengan Menarik

Faktanya, motivation letter memang hanya lembaran kertas. Tapi melalui lembaran kertas ini kamu harus mampu menunjukkan segala yang ada di pikiranmu. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa motivation letter-mu menarik untuk dibaca. Intinya, jika kamu yang menulis saja tidak tertarik saat membacanya, apalagi dengan pihak universitas.

8. Fokus pada Satu Aspek

Fokuslah pada satu aspek terbaik principle kamu miliki atau cerita terbaik dalam hidupmu sehingga pembaca benar-benar bisa mengenalmu melalui motivation letter principle kamu buat. Kamu harus tahu bahwa penting untuk membuat pembaca tahu apa topik principle ingin kamu angkat, dan sebisa mungkin buat alur principle runtut Iranian language awal hingga akhir essay.

9. Jangan Hanya Bercerita

Tunjukan saat membuat motivation letter, hindari untuk menggunakan phrase, kalimat atau opini umum seperti “Saya suka bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia”. Lebih baik jika memasukkan alasan yang lebih spesifik seperti alasan dan hal-hal yang kamu lakukan untuk mengembangkan idemu. Jelaskan, apa yang menjadi alasanmu suka bertemu dengan orang baru, apa saja yang senang kamu diskusikan dengan mereka, hingga apa saja alasan yang mendasari pertemuan itu. Selain itu sebisa mungkin hindari untuk menulis sesuatu yang kamu pikir pihak kampus ingin mendengarnya. Akan lebih baik jika motivation letter kemudian dapat menjawab semua pertanyaan (guiding questions) dari pihak kampus.

10. Maksimalkan Batas Jumlah Kata

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti berapa jumlah kata yang diharuskan dalam suatu penulisan motivation letter. Kamu dapat menyesuaikan jumlah kata ini dengan persyaratan yang diberikan oleh pihak kampus atau penyedia beasiswa. Saat membuat draft pertama, jangan pedulikan batasan jumlah kata ini. buat saja motivation letter sesuai dengan keinginanmu. Nah, setelah draft jadi dan kamu melakukan review maka kamu bisa melakukan pemotongan di beberapa bagian yang kamu anggap tidak perlu. Sebisa mungkin hasil akhir motivation letter harus sesuai dengan batasan jumlah kata yang ditentukan ya.

Super Book 2500 Kosakata Bahasa Inggris Tersering Digunakan

Super Book 2500 Kosakata Bahasa Inggris Tersering Digunakan

Beli Buku di Gramedia
Super Book 2500 Kosakata Bahasa Inggris 
Tersering Digunakan akan menampilkan kosakata yang kerap digunakan dalam percakapan keseharian, kemudian kosakata yang kerap muncul dalam buku, surat kabar, dan majalah, serta kosakata terpenting dalam beragam tes, seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS. Tak hanya itu, ada beragam metode, seperti metode significant, spaced, dan controled repetition. 

Contoh Motivation Letter

Contoh 1

Dear Sir/Madam, I am Sisca, a graduate student from Atlas University in the capital of Indonesia, with a Bachelor’s degree in English Education. The aim of this motivation letter is to use the letter of the alphabet University 2020 Education educational program. Since I graduated, I have even been teaching English to high school students in one of the schooling centers In the capital of Indonesia.

Atlas University has prepared me for knowledgeable operating life. it’s jointly helped me develop each of my English and teaching skills through coaching and situation. My initial situation was at the ‘English is Fun!’ tuition center situated in the capital of Indonesia. I’m assured to say that I have even improved my skills as well as understanding however students might learn English to support their interests. That’s way, I used to be dedicated to the most effective interns because of my distinctive method. Besides, I’m want to take further tasks privately teaching and act with individuals. For me, the 2020 Education educational program is a noteworthy journey that may even be serving my skills. Since I’m an Associate in Nursing English enthusiast myself, I’m sure that this program can bring a positive impact on my achievements and experiences. Hence, I’m willing to undertake any challenges offered by the program in a while.

Thank you for reviewing my motivation letter. I will be able to assert my personal info for you to rearrange Associate in Nursing interview sessions. Please kindly contact me if you discover me as an appropriate candidate for the program. I foresee hearing additional notice.

Best regards,
Sisca
Jakarta,
sisca123@yahoo.com

Contoh 2

Dear Sir/Madam,

By this motivation letter, I’m applying for the Petra University 2020 scholarship program. My name is Adi, I even graduated from State University at urban center with a Bachelor’s degree in negotiation. I have even been in the Associate in Nursing situation program at the British Embassy capital of Indonesia for 3 months.

State University has prepared me for knowledgeable operating life, as well as however I might develop my speaking and language skills throughout the situation. i’m not solely speaking English, however conjointly Mandarin language further. i’m want to do speaking and displays ahead of those that attended international seminars at the British People’s Embassy. As I even have been reading concerning Petra University 2020 scholarship program, I’m sure that it’ll help me improve my skills, particularly in speaking and maintaining smart relations with individuals. Besides the exciting expertise, I’m assured that I will undertake any challenges offered by this program.

Thank you for reviewing my motivation letter. If you discover me as an appropriate candidate for the program, I will be able to kindly wait for the Associate in Nursing interview invite. Here is my personal info that may assist you to contact me anytime.

Best regards,
Adi
Bandung,
Adi321@gmail.com

Writing: Skills and Strategies for Academic

Writing: Skills and Strategies for Academic

Beli Buku di Gramedia

Kemampuan menulis esai sudah menjadi tuntutan saat ini, terutama dalam dunia akademik. Namun, sering kali kita mendengar keluhan bahwa menulis itu sulit, terutama menulis dalam bahasa Inggris.  Hal ini terjadi karena kita belum menguasai keterampilan dan strategi menulis berbahasa Inggris yang baik.

Writing: Skills and Strategies for Academic hadir menyuguhkan strategi dan latihan untuk memiliki keterampilan menulis yang mumpuni. Disusun berdasarkan tahapan menulis mulai dari menulis kalimat, paragraf, hingga esai.

Contoh 3

Designation.

The Selection Committee PKBH FH, This motivation letter I’m writing to precise my nice interest in applying for as PKBH FH employees. Once I saw a vision of the Mission of the help agency & Law field, I think that I’m worthy and really curious about attempting to check-in.

This interest relies on my background in law that actually can not be separated from the school I even have traveled to for roughly 3 years within the Law school of the University. My goal is to check in and learns additional concerning granting legal aid and conjointly as a part of my career within the future. Lecture materials that I even have traveled whereas at the Law school of the UNIVERSITY and conjointly a touch little bit of my expertise within the field of legal help are my encouragement to enter into this section of PKBH FH GADJAH MADA UNIVERSITY, and after all, it becomes a powerful foundation on behalf of me to be able to offer legal help to the community that caught the legal problems.

The aim of my entry within the PKBH FH UGM was to realize extra expertise within the field of granting legal help to the community. Besides that, with my entries often within the LBH, I hope that information I gained throughout lectures while sitting on the bench is often helpful for me to further than others. I think that I used to be a tough employee and that the World Health Organization will add groups in any answer of the legal cases and has the innovation to boost the long run of law in the country.  I hope to be able to learn a great deal from these legal aid establishments.

Respect me,
Rony Anwar Fauzi

Contoh 4

Signature,
Mr / Mrs. HRD

PT. Angkasa with respect, Based on the job information that I get from the job portal, I want to express my interest in job vacancies in your company with a position as a Marketing Associate. I am an S1 graduate of Business Administration from the University of Indonesia in 2018. With my degree as S.AB. I am sure that I am very suitable and worthy to be considered with the qualifications needed for this position. As a student, I have learned a lot about the knowledge and skills needed to help develop and encourage appropriate and effective marketing strategies.

For work experience, I have internship experience in one of the well-known companies, PT. Prima Indonesia, in the marketing division. There, I learned a lot about how companies determine what products or services will be sold and how to reach the target demographics and how to deal with and respond to the demands of competitors. Not only that, I have the opportunity to work with experienced professionals who teach me an easy way to understand the concept of a complex marketer at certain times.

In addition to the internship experience, I also have an active organizational experience where I am a member of the BEM University in the public relations division. This experience proved to be very helpful to me in improving my communication skills and problem-solving. I’m also a very skilled person who allows me to join and mingle with a group or team culture and continue to strive to achieve common goals amid competition and failure and setbacks.

Best regards,
Alexander Bloom

Demikian segala hal tentang Motivation Letter mulai dari pengertian, struktur, tips penulisan dan contoh Motivation Letternya. Semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Writing: Get to Basic

Writing: Get to Basic

Beli Buku di Gramedia
Buku ini menyajikan topik-topik dasar yang dibutuhkan untuk dapat menulis dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Terdapat lima topik besar yang disajikan, yaitu Parts of Speech, Subject-Predicate, Simple Present Tense, Simple Past Tense dan Simple Future Tense.

Buku ini juga menyediakan dua unit review yang berguna untuk mengukur pemahaman pembaca setelah membaca topik-topik yang disajikan. Setiap unit memiliki empat bagian, yaitu Thinking Ahead, Zooming In, Mr. Corner, dan Reflection.

About the author

Tasya Talitha