"Your Name" versi Novel karya Makoto Shinkai Akan Terbit di Indonesia?

"Your Name" versi Novel karya Makoto Shinkai Akan Terbit di Indonesia?

. 3 min read

Bagaimana jika cerita Taki dan Mitsuha yang saling memasuki tubuh satu sama lain dihadirkan dalam Bahasa Indonesia? Hal tersebut sedang diusahakan oleh Penerbit Haru. Melalui akun @managerharu di Instagram, perwakilan Penerbit Haru membuat pengumuman dan membuka diskusi tentang animo pembaca di Indonesia terhadap novel adaptasi film Kimi no Na wa (dikenal juga dengan judul Your Name) karya Makoto Shinkai tersebut.

Dalam postingan yang disebarkan sekitar seminggu lalu @managerharu bertanya soal tekad menerbitkan novel Your Name ini. “Novel ini sudah ada filmnya, juga sudah lama, memangnya kalian mau ini terbit?” ujarnya dalam caption Instagram. Respons netizen terhadap postingan tersebut sungguh positif; sebagian besar dari mereka menginginkan novel tersebut terbit dalam Bahasa Indonesia.

Saat dihubungi melalui WhatsApp, perwakilan Penerbit Haru Andry Setiawan menjelaskan alasan untuk menerbitkannya di Indonesia. Menurutnya, Your Name bukan sekadar “cerita yang bagus”. Budaya tradisional yang diusung dalam Your Name sudah diikuti oleh warga setempat selama ribuan tahun. Sayangnya, tidak ada orang yang tahu akar dan tujuan budaya tersebut. Terlebih lagi, mereka tidak tahu apa makna dari budaya yang sudah mereka anut sejak lama ini.

“Dalam Your Name, Kumihimo, kuchikami-zake, tarian-tariannya punya alasan dan latar belakang yang bahkan pada akhirnya menyelamatkan sebuah kota. Dengan naskah ini sih berharapnya kita juga bisa memikirkan kembali budaya kita sendiri, kemudian bertanya: pernahkah kita memikirkan akar dan maknanya?” terang Andry.

Akun Instagram @managerharu, kemudian memberikan update terbaru mengenai kemungkinan diterbitkannya Your Name dan hak penerbitannya yang Penerbit Hatu tanyakan kepada pihak agensi bukunya. Balasannya sungguh bikin waswas. Hak cipta terjemahan dan penerbitannya masih tersedia, tapi ada penerbit lain di Indonesia yang juga mengincar judul yang sama.

Untuk mendapat lebih banyak dukungan, Andry Setiawan membuat public chat di LINE. Hal tersebut bertujuan sebagai wadah diskusi tentang perkembangan lisensi naskah Your Name secara langsung. “Mungkin bahkan kita bisa merencanakan sebuah kolaborasi jika pada suatu saat nanti judul ini bisa kami dapatkan,” tulisnya di Instagram Story @konstantin999.

Alasan Penerbit Haru baru ingin menerbitkan novel Your Name adalah karena mereka baru merasa siap pada saat ini ketimbang tiga tahun lalu—yang merupakan tahun rilis novel tersebut. Selain itu, mereka merasa dukungan terus bertambah tidak hanya dari kalangan pencinta sastra, tapi juga dari pencinta budaya Jepang termasuk anime dan manga.

“Dan lagi, para penggemar J-Lit adalah orang-orang yang setia memberikan dukungan tersebut. Semoga pembaca terus mendukung kami,” pungkas Andry.

Penerbit Haru adalah sebuah penerbit asal Indonesia yang menerbitkan novel-novel terjemahan Bahasa Indonesia dari negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Thailand. Kebanyakan dari buku-buku terbitan penerbit ini dilabeli sesuai dengan asal negara novelnya, seperti J-Lit (asal Jepang), K-Iyagi (asal Korea Selatan), dan M-Novel (asal daratan China).

Beberapa judul yang diterbitkan oleh Penerbit Haru adalah The Traveling Cat Chronicles karya Arikawa Hiro, Confession karya Minato Kanae, dan The Boy Who Bought Me Breakfast During the Whole Year karya Ikumisa.

Makoto
Makoto Shinkai (Sumber Gambar: Wikipedia)

Sutradara asal Jepang Makoto Shinkai membuat skenario Your Name yang filmnya tayang pada 2016. Film anime ini sukses secara komersial dan meraih gelar box office dengan raihan jumlah penonton mencapai 960.000 orang pada hari ketiga waktu tayangnya. Pada tahun yang sama, novel adaptasi dari skenario film Makoto Shinkai tersebut juga terbit dalam Bahasa Jepang dengan judul serupa.

Film anime Makoto Shinkai lainnya yang terkenal adalah 5 Centimeters per Second (2007) dan Weathering with You (2019)—yang sedang tayang di bioskop-bioskop di Indonesia saat ini.

Apakah Penerbit Haru akan mendapatkan hak cipta penerjemahan dan penerbitan novel adaptasi Your Name karya Makoto Shinkai? Mari kita tunggu infonya bersama-sama.


Sumber gambar header: Instagram @kirei.life