Wotakoi: Kisah Lucu Pasangan Otaku yang Menggelitik Nan Romantis. Cocok untuk Wibu!

Wotakoi: Kisah Lucu Pasangan Otaku yang Menggelitik Nan Romantis. Cocok untuk Wibu!

. 4 min read

Susah-susah nutupin kalau diri sendiri adalah seorang otaku, eh akhirnya dapat pacar yang juga punya hobi sama. Kelakuan romantisme dua orang ini emang gemes banget. Apalagi untuk kamu para wibu sejati, pasti jadi bikin pengen punya pacar yang wibu juga deh, hehe. Cerita tentang pasangan otaku (menyukai hal-hal seperti anime, manga, game, dll) ini sudah hadir di Indonesia lewat penerbit m&c! dengan imprint Akasha pada bulan Juni 2021 lalu.

Berjudul Wotakoi: Love is Hard for Otaku atau Wotaku ni Koi wa Muzukashii (ヲタクに恋は難しい) di Jepang, manga ini bergenre komedi romantis dan masuk dalam kategori manga Josei, atau diperuntukan untuk wanita dewasa berumur 18-40 tahun. Komik Josei cukup jarang masuk ke Indonesia lho. Maka dari itu, kepopuleran manga ini langsung membuat komiknya ludes terjual dan masuk deretan buku paling dicari pada bulan Juni lalu di Gramedia.com.

Dengan tipe slice of life, komedi romantisnya juga lebih relatable, atau yang biasa dialami pada wanita dewasa. Berkisah tentang Narumi, wanita seorang otaku, fujoshi (penggemar BL), ia bahkan membuat dan menggambar komiknya juga, hingga mencintai idol.

Namun ia berusaha menutupi hal ini dengan orang-orang di sekitarnya, terutama di lingkungan kerja. Hal ini karena ia merasa orang-orang menganggap sebelah mata para otaku, dan tidak akan ada yang menyukainya. Apalagi trauma masa lalu yang membuat sang mantan pacar memutuskan hubungan mereka karena hobinya yang nyeleneh itu.

wotakoi
Kabakura, Narumi, Hirotaka, Koyanagi (Sumber foto: themagicrain.com)

Demi menghindari sang mantan di kantor lama dan kembali menutupi rahasia terbesarnya itu, Narumi pun pindah kerja. Di hari pertamanya bekerja, ia tidak sengaja bertemu dengan teman dekatnya saat SMP, Hirotaka. Belum berapa jam di kantor baru, Hirotaka malah terang-terangan menanyakan apakah Narumi akan hadir di Summer Comiket (festival pasar komik) atau tidak.

Narumi buru-buru mengajak Hirotaka untuk makan di restoran setelah pulang kerja. Sebenarnya, tujuan Narumi ingin bicara pada Hirotaka untuk tidak mengungkit hobinya tersebut. Ia juga berusaha memastikan agar Hirotaka tidak membocorkan rahasia itu. Jika tidak, Narumi akan membocorkan kemaniakan Hirotaka pada game. Tapi, Hirotaka si gamers sejati ini tidak masalah jika orang-orang tahu tentang hobinya ini, hihi.

Untunglah, saat Hirotaka menanyakan Summer Comiket, hanya ada Koyanagi, senpai atau senior Narumi di kantor, dan Kabakura, pacar Koyanagi dan teman baik Hirotaka. Untungnya lagi, mereka berdua juga sama-sama otaku hanya berbeda kesukaan saja.

Koyanagi seorang cosplayer yang biasa melakukan crossdresser (berperan sebagai karakter laki-laki) dan juga menyukai game dan manga. Sedangkan Kabakura menyukai kisah bishoujo (anime/manga berisi gadis-gadis cantik) atau superhero. Tapi, Kabakura juga tidak terlalu ingin dilihat bahwa ia adalah seorang otaku.

wotakoi
Narumi & Hirotaka (Sumber foto: moesucks.com)

Setelah mendengar cerita Narumi yang berusaha untuk menutupi hobinya itu agar mudah kembali menemukan cinta, Hirotaka mengatakan untuk cari pacar yang sama-sama otaku juga. Maksudnya menunjuk ke dirinya sendiri sih, hehe.

Hirotaka ini langsung terang-terangan menawarkan dirinya untuk menjadi pacar Narumi, karena dia adalah seorang otaku, bisa membantu Narumi di festival Comiket, dan membantu memenangkan game yang Narumi mainkan. Tak disangka, Narumi juga langsung menerima tanpa basa-basi! Sungguh cara menembak yang unik ya, hihi..

Wotakoi ini sudah cukup banyak diangkat ke berbagai media lho! Manga yang dibuat oleh Fujita Nimi ini pertama kali hadir di webmanga Pixiv pada tahun 2014. Kemudian menjadi serial komik di Ichijinsha's Comic Pool, dan diterbitkan menjadi bentuk cetak pada tahun 2015. Di Jepang sendiri serial manga ini sudah menyelesaikan chapter-nya di webmanga pada bulan Juni kemarin. Dan untuk versi cetaknya, sudah ada sampai 10 volume dan berhasil terjual 12 juta copy, baik print maupun online.

Serial animenya juga sudah rampung dalam 11 episode pada tahun 2018. Tahun 2020 kemarin, film live action-nya juga hadir dan berhasil masuk box office di hari pertama penayangannya. Wotakoi juga mengeluarkan OAD (Original Animation DVD) yang biasa dibundel khusus bersamaan dengan manga cetaknya. Pertama di tahun 2019 yang dijual bersamaan dengan volume ke-7, kedua di bulan Februari lalu bersamaan dengan volume ke-10.

Kisah sehari-hari para otaku ini juga sudah menuju volume akhirnya di volume ke-11, yang akan rilis pada Oktober 2021, bersamaan dengan OAD terbarunya lagi. Wah, bagaimana ya akhir dari kisah cinta Narumi dan Hirotaka ini? Semoga selalu bahagia bersama ya. Tim editorial dari Wotakoi juga mengatakan akan mengeluarkan seri spin off-nya, lho!

Jangan ragu untuk mengikuti seri Wotakoi: Love is Hard for Otaku. Kisah cinta yang sulit dipahami, karena mereka seorang otaku ini cukup unik dan menggelitik untuk diikuti. Apalagi setelah Narumi dan Hirotaka berpacaran, kadang kala mereka malah bertingkah canggung. Tapi rasa sayang Hirotaka begitu tulus dan selalu berusaha membuat hubungan mereka cair tanpa rasa kaku.

Apalagi ditambah kocaknya hubungan Koyanagi dan Kabakura yang selalu saja berantem tapi sama-sama sayang. Pokoknya kisah romantisnya nggak kalah bikin senyum-senyum sendiri, terlebih buat kamu yang wibu. Jadi mau coba cari pacar yang wibu juga kan? Hihihi. 🥰

Jadi jangan sampai ketinggalan dan kehabisan komik Wotakoi: Love is Hard for Otaku di Gramedia.com. Langsung checkout sekarang, selagi ada diskon melimpah. Klik di bawah ini untuk cek bukunya ya!

Volume 1

wotakoiBeli dan Baca Sekarang!

Volume 2

wotakoiBeli dan Baca Sekarang!

Masih ada koleksi manga lainnya yang bisa kamu jajal di Gramedia.com. Kamu juga bisa pesan lewat chat WhatsApp lho! Ini adalah layanan Pesan Antar terbaru dari Gramedia.com. Kamu bisa pilih menggunakan pengiriman instant (khusus Jabodetabek), dan pesananmu akan dikirim lebih cepat! Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini ya.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: monstersandcritics.com